Cara Bikin Eyeliner

Cara Bikin Eyeliner

Bagi kaum cewek, kecantikan dan penampilan adalah nomor satu yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Terutama bagi cewek kantoran yang bekerja, memakai riasan tentu sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan tak jarang juga perusahaan membiayai biaya make up, agar penampilan karyawannya tetap terjaga. Salah satu riasan yang sering mendapat perhatian khusus ialah riasan bagian mata, seperti eyeliner. Terkesan simpel memang, tapi tahu nggak sih cara bikin eyeliner agar mata terlihat lebih tegas dan menawan itu cukup susah juga lho!

Demi memberikan tampilan yang tegas pada mata, salah satu trik bikin eyeliner tampak on point yaitu dengan membuat winged liner. Nah lho, bagi Kamu yang baru pegang make up mungkin masih bingung, apa itu winged liner? Ya, winged liner atau eyeliner bersayap ialah gaya riasan bagi wanita yang kini populer. Caranya dengan menggambar line pada mata dari sudut bagian dalam mata, hingga ke sudut bagian luar, lalu menghubungkannya pada ujung alis.

Ada beberapa selebriti dunia yang mempopulerkan kembali gaya riasan ini, yakni Taylor Swift yang seringkali terlihat menggunakannya saat berada di atas panggung.

Cara Bikin Eyeliner

Cara Bikin Eyeliner
Tutorial Bikin Eyeliner Sayap

Tutorial Dasar Membuat Winged Eyelilner

Sebenarnya ada beberapa metode dalam pengaplikasian gaya riasan winged eyeliner. Biasanya memakai liner cair menggunakan kuas. Kamu bisa juga memakai kuas eyeliner yang bersudut serta memakai eyeshadow untuk dijadikan liner.

Ini dia cara bikin eyeliner sayap dasar dengan memakai liquid liner :

  • Silahkan oleskan primer terlebih dahulu ke kelopak maupun bulu matamu, kemudian jepit bulu mata memakai penjepit khusus bulu mata. Demi memastikan agar maskara tak menodai mata yang bersayap.
  • Gambar garis tepat di tengah garis pada bulu mata bagian atasmu, panjangkan ke bagian luar menuju bagian sudut luar pada mata. Gambar garis yang lain dari arah tengah garis bagian bulu mata bawahmu, silahkan rentangkan ke arah luar menuju bagian sudut luar pada mata. Dengan begitu, winged liner dapat dikuasai. Akan tetapi, melalui teknik pemakaian eyeliner yang tepat, dapat membuat tampilan riasan terlihat lebih cantik dan natural.

Jika ingin menampilkan sayap eyeliner tampak alami yaitu dengan mengaplikasikan garis eyeliner tipis-tipis di sudut bagian luar matamu. Lalu kemudian bentuk garis lebih tebal secara bertahap ketika Kamu bergerak ke bagian sudut yang dalam.

Trik Bikin Eyeliner Sayap Tampak Alami

Sebenarnya nggak mudah bikin eyeliner sayap di awalnya, namun jika Kamu terus berlatih mencoba cara bikin eyeliner sayap, bukan hal tak mungkin menjadi terbiasa :

1. Persiapkan Kelopak Matamu Memakai Concealer dan Primer

Concealer dan primer merupakan 2 produk riasan yang terpenting. Biasanya keduanya dipakai untuk mengatur make up-mu dan menjadikannya lebih tahan lama. Namun, pernahkah Kamu berpikir memakai primer di kelopak matamu?

Perlu Kamu ketahui, lid primer merupakan produk yang biasanya diterapkan di kelopak mata dan diaplikasikan sebelum memakai eyeliner ataupun eyeshadow. Terbuat dari bahan silikon, sehingga membantu eyeshadow bisa lebih tahan lama sekaligus untuk meminimalisir agar tidak kusut atau bahkan memudar.

2. Pakai Kuas Meruncing Untuk Mengaplikasikan Produk di Bagian Sudut Luar Mata

Kamu bisa memakai kuas yang runcing saat menerapkan eyeliner di sudut bagian luar matamu. Metode ini termasuk metode umum yang sering dipakai penata rias. Biasanya kuas yang tirus akan sangat ideal menerapkan produk di bagian sudut luar serta memadukannya dengan area kulit.

3. Mengangkat Kuas ke Cakrawala Mata

Cara bikin eyeliner sayap selanjutnya akan mengajarimu cara menerapkan eyeshadow di bagian lipatan mata. Langkah pertama, buka matamu kemudian temukan lipatan matamu. Kamu bisa melakukannya dengan cara lihat dirimu sendiri di depan cermin atau bisa juga memakai tanganmu untuk menutupi salah satu mata. Baru selanjutnya, terapkan pada bagian mata yang lain.

Setelah itu, ambil kuasmu kemudian sapukan ke seluruh bagian dengan lembut. Kamu harus memulainya di bagian sudut luar kemudian bekerja hingga ke bagian dalam, ingat jangan sampai Kamu melewatkan area manapun.

Itulah tutorial dasar cara bikin eyeliner sayap yang sedang populer untuk mempertajam atau mempertegas riasan matamu lebih menarik. Jika Kamu biasanya memakai produk-produk eyeliner yang bisa dibeli di toko kosmetik atau supermarket, gimana kalau Kamu kini menerapkan eyeliner alami. Memangnya bisa ya, bikin eyeliner alami? tentu bisa, dan Kamu bisa membuktikannya dengan mempraktekkannya.

Cara Bikin Eyeliner DIY (Do It Yourself) Alami dari Arang Aktif

Jika Kamu tak ingin melewatkan riasan eyeliner, tapi ingin tetap hemat atau mungkin khawatir kulit mengalami iritasi jika terlalu sering, Kamu pun bisa mencoba alternatif cara bikin eyeliner alami.

Cara yang bisa Kamu coba ialah dengan memakai arang aktif. Kamu bisa membeli arang aktif di toko kesehatan maupun di apotek. Biasanya arang aktif dijadikan obat gangguan pencernaan, karena itu baisanya dijual berbentuk kapsul. Nah, baahan hitam alami ini tentu saja sangat efektif dipakai sebagai bahan pembuataan eyeliner. Jika sudah dapat, ikuti tahapan-tahapan pembuatannya berikut :

1. Pecahkan Beberapa Kapsul Arang Aktif ke Wadah Kecil

Kamu bisa memakai wadaha eye shadow maupun pelembab bibir, atau wadah apapun yang Kamu miliki. Silahkan buka kapsulnya dan masukkan arang aktifnya pada wadah tersebut.

2. Mencelupkan Kuas Eyeliner Pada Arang

Kamu bisa memakai arang aktif tanpa campuran apapun sebagai bahan eyeliner. Biasanya arang aktif akan bercampur dengan sendirinya dengan minyal alami dari kulitmu, sampai menempel saat dipakai. Silahkan celupkan kuas khusus eyeliner ke wadah tersebut lalu pakai eyeliner sesuka hatimu.

3. Coba Buat Memakai Tekstur Berbeda

Jika Kamu menginginkan eyeliner dengan konsistensi yang kental, seperti gel misalanya, Kamu bisa mencampurnya dengan minyak atau aair biar lembab. Tambahkan 1-2 tetes lalu campur samapai bahan eyeliner ini memiliki konsistensi sesuai keinginan.

Trik Lainnya Memakai Eyeliner

Selain tips-tips cara bikin eyeliner, Kamu juga harus memperhatikan hal di bawah ini terkait cara memakai eyeliner. Berikut ulasannya :

1. Menggunakan Eyeshadow

Jika Kamu kehabisan eyeliner, sedangkan Kamu membutuhkannya pada saatt itu juga. Di waktu-waktu darurat, Kamu bisa memilih alternatif memakai eyeshadow. Pakai eyeshadow yang berwarna gelap, baik itu cokelat gelap attau hitam. Lalu pulaskan memakai liner brush atau sikat liner kemudian buat goresan di bulu mata agar memberikan efek eyeliner.

2. Pakai Maskara

Jika Kamu harus terburu-buru kuliah atau berangkat kerja, Kamu juga bisa mengandalkan maskara. Adapun caranya, tinggal oleskan sebanyak 2-3 lapis maskara ke bulu mata, sampai menyentuh bagian akar pada bulu mata. Cara ini disebutkan bisa membuat mata tampak memakai eyeliner. Asalkan, ketika pengaplikasiannya harus menyentuh akarnya.

3. Jangan Meregangkan Kulit di Area Mata

Saat sedang menggunakan eyeliner di area mata, hindari meregangkan kulit yang ada di sekitar mata. Sebab hal tersebut bisa mengaburkan eyeliner, bahkan membentuk goresan yang menjadikan tampilan eyeliner-mu berantakan.

Itulah kumpulan cara bikin eyeliner, termasuk membuat winged eyeliner yang sempurna untukmu. Bagaimana, mudah bukan?

 

Related posts