Cara Aktivasi Akun Belajar ID

Cara Aktivasi Akun Belajar ID
Cara Aktivasi Akun Belajar ID

Meningkatnya metode pengajaran di Indonesia, membuat kegiatan belajar mengajar jadi lebih bervariatif dari sebelumnya. Salah satunya, akun pembelajaran yang dikeluarkan pada tahun 2020 oleh Kemendikbud. Oleh sebab itu, kalian perlu mempelajari cara aktivasi akun belajar ID. Supaya, peserta didik tidak ketinggalan informasi dan kamu jadi bisa belajar dimana saja.

Akun Belajar ID ini, memiliki pengertian sebagai nama dari sebuah pengguna atau user yang memiliki tanda belajar,id lengkap dengan password untuk mengaksesnya. Dimana, seluruh bagian dari mereka yang bertugas di dunia pendidikan, dapat saling bersinergi untuk lakukan kegiatan belajar mengajar secara efektif. Akses mudah. Tersedia tombol Bantuan di website.

“Butuh Bantuan” atau fitur tambahan bagi kalian yang mengalami kendala. Aksesnya hanya berlaku pada jam operasional kerja saja. Yaitu, mulai dari hari Senin hingga Jum’at pada jam 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Belum termasuk adanya hari libur nasional. Artinya, rentang hari tersebut berlaku ketika tidak ada tanggal merah. Penyelenggaraan Webinar, bisa.

Cara Aktivasi Akun Belajar ID

Cara Aktivasi Akun Belajar ID
Cara Aktivasi Akun Belajar ID

Cara Aktivasi Akun Belajar ID di HP

Registrasi atau aktivasi akun digital, pada dasarnya membutuhkan informasi data diri pemula. Sama halnya, ketika kalian ingin mendapatkan ID di akun pembelajaran. Akan tetapi, perlu digarisbawahi, hanya mereka yang tergabung dalam lingkup pendidikan saja. Bukan siapapun apalagi umum. Aksesnya, berlaku untuk para pendidik, peserta, maupun tenaga kependidikan.

Cara aktivasi akun belajar ID di hp yang akan dijelaskan kali ini. Ditujukan kepada mereka yang berperan sebagai siswa, guru, serta tenaga kependidikan. Karena, tahapannya berbeda untuk kalian yang termasuk ke dalam salah satu pemegang atau operator dari sebuah lembaga sekolah. Apakah kamu salah satu kategori yang dimaksudkan? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Peroleh user ID atau nama akun, serta kata sandi untuk dapat mengakses laman website belajar.id
  2. Secara umum, poin nomor 1 dapat diperoleh melalui informasi yang diberikan oleh pihak operator yang bertugas di sekolah kalian
  3. Masuk ke halaman situs mail.google.com. Kemudian, isi nama akun kalian, serta masukkan kata sandi yang telah diperoleh sebelumnya
  4. Pengguna atau pemilik akun, akan menemukan pemberitahuan untuk setuju dengan persyaratan dan ketentuan yang telah diprogram oleh pihak Akun Pembelajaran. Lalu, kamu diminta agar mengubah akses masuknya (kata sandi) akunmu
  5. Berhasil, kalian telah selesai mengganti kata sandi dan Akun Pembelajaran baru sudah dapat digunakan.

Catatan tambahan, peserta atau tenaga pendidik dapat memperoleh akun dengan cara mandiri. Artinya, kalian tidak perlu terpaku dengan informasi yang diberikan oleh pihak operator satuan kependidikan di sekolahmu. Daripada lama menunggu kabar, sebaiknya coba langsung saja ajukan permohonan pembuatan akunnnya melalui situs belajar.id. Berikut cara daftarnya.

1. Masuk ke halaman utama dari situs belajar.id

2. Lengkapi informasi dari data yang tertera, diantaranya:

  1. Nama Lengkap
  2. Nama Ibu Kandung (Ortu)
  3. Tipe Pengguna (Peserta Didik atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
  4. Tanggal Lahir
  5. NPSN (Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional) atau pilih Lupa NPSN, bila tidak ingat

3. Pilih tombol biru Periksa Akun Pembelajaran untuk beralih ke cara aktivasi akun belajar ID berikutnya

4. Tunggu sampai kalian memperoleh informasi mengenai apakah Akun Pembelajaran telah tersedia atau masih dalam proses. Simak beberapa kemungkinan kondisi yang menjelaskan mengapa hal tersebut dapat kalian alami:

a. Akun sulit ditemukan

Pengguna yang mengalami kendala belum menemukan ketersediaan atau akun sulit untuk ditemukan. Kalian bisa langsung coba dengan memeriksakan data yang telah diinput sebelumnya. Caranya, lihat di bagian laman pemeriksaan. Apabila hal tersebut sudah dilakukan namun tidak menunjukkan perubahan. Hubungi Operator Sekolah.

b. Akun telah tersedia dan sudah bisa digunakan (aktif)

Bilaakun kalian sudah menunjukkan status tersedia dan aktif. Maka, kamu bisa langsung menggunakannya di website Akun Pembelajaran. Terutama, untuk kegiatan mengakses berbagai macam aplikasi khusus untuk metode pembelajaran.

c. Akun telah tersedia, tetapi belum dapat digunakan (non-aktif)

Terkadang, ditemukan kendala akunnya sudah tersedia namun masih dalam status non-aktif. Kalau kalian mengalami hal tersebut, coba ikuti prosedur berikut ini:

  • Mengirimkan rincian akun dengan penerimanya ditujukan untuk email pribadi yang sudah terdaftar di sistem. Tetapi, kalau kamu belum pernah sekalipun memperoleh kata sandi account. Tap Kirim Detail Akun ke Alamat Surel Pribadi Saya. Lalu, kalian akan menerima user ID dan password. Bisa kirim ke hp juga.
  • Periksa akun atau user ID serta password di email personal atau nomor hp penguna yang sudah terdaftar di Akun Pembelajaran
  • Mulai lakukan aktivasi account secara personal tanpa bantuan dari Operator Sekolah via aplikasi Gmail.

Cara Aktivasi Akun Belajar ID Menggunakan HP

Aktivasi yang dilakukan secara personal, dapat kalian lakukan melalui perangkat seluler. Hal ini, pasti lebih praktis dan bisa kalian lakukan kapan saja. Setelah mengikuti semua tahapan untuk pendaftaran akun. Kamu hanya perlu kirimkan rincian akunnya ke nomor hp aktif milik pribadi. Caranya, dengan pilih “Kirim SMS Detail Akun ke Nomor  HP Saya”. Tunggu reply.

Cara aktivasi akun belajar ID menggunakan hp. Buat kalian yang bekerja sebagai tenaga pendidik, pastikan kamu sudah terdaftar di Dapodik. Karena, pembagian akun belajar.id akan diberikan oleh pihak Pusdatim berdasarkan hasil pengambilan data utama di Dapodik. Tentu, pengguna tidak perlu khawatir terkait biaya. Soalnya, gratis dan bisa langsung diaktivasi saja.

Beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan untuk para guru yang belum memiliki data di Dapodik. Kalian tetap bisa mendapatkan Akun Pembelajaran melalui surat rekomendasi yang dituliskan oleh pihak admin sekolah. Setelah itu, surat pernyataan tersebut dikirimkan ke ult admin Kemendikbud. Format untuk surat pengajuannya, dapat kalian browsing di internet.

  1. Masuk ke aplikasi Gmail menggunakan akun belajar.id
  2. Pilih tombol Accept, setelah kalian menyelesaikan membaca syarat dan ketentuan tertulis yang muncul di layar hp kalian
  3. Reset kata sandi atau password lama menjadi kata sandi yang baru (usahakan diisi dengan 1 huruf kapital dan angka sebagai kombinasinya). Supaya, keamanannya lebih terjamin
  4. Kalian dapat menyimpan password baru dengan cara mencatat, atau bisa juga disimpan melalui bantuan akun Google. Nanti, secara otomatis user ID dan kata sandi kamu muncul ketika hendak login kembali menggunakan akun belajar.id tersebut.

Keuntungan dari cara aktivasi akun belajar ID ini sendiri, bisa langsung dirasakan oleh tenaga pendidik ketika melakukan kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kalian yang belum berhasil aktivasi segera diselesaikan. Berikut, beberapa keunggulannya,

  1. Kapasitas dari penyimpanan file yang tidak terbatas
  2. Layanan Google Meet Workspace Education yang menyediakan tambahan tools berupa angkat tangan, dan rekam video
  3. Video Call yang terhubung secara otomatis melalui Google Classroom
  4. Kapasitas Google Classroom yang lebih besar (20 Guru dan 1.000 Siswa)
  5. Import nilainya otomatis dan bisa mengecek originalitas tugas

Masih belum aktivasi akunnya juga? Segera ikuti langkah cara aktivasi akun belajar. Id sekarang juga. Rasakan kemudahan belajar dan mengajar dimanapun kalian berada. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Keep spirit and keep health. Bye!

Related posts