Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri
Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri

Inflasi nilai rupiah kerap kali terjadi seiring kondisi yang terjadi di dunia. Hingga akhirnya di bank sendiri, hal tersebut menjadi sebuah topik yang menarik. Banyak nasabah harus mencari informasi terlebih dahulu sebelum ia menukar uang dollar yang dimilikinya. Demi permudah proses transaksi, customer dianjurkan untuk kenali cara aktivasi kartu Mandiri. Proses cepat.

Tepat di tanggal 28 Maret 2022, nilai tukar dari mata uang rupiah diketahui semakin menurun dari dollar AS. Data yang dirilis di Blommberg, menyatakan pada pukul 09.27 WIB Indonesia ada di bawah tingkatan Rp 14.360/ dollar AS. Bisa dikatakan turun hingga 0,1 % yakni ada di angka Rp 14.346/ dollar. Oleh sebab itu, Mandiri rencanakan kenaikan suku bunga nasabah.

Read More

Tindakan tersebut, dilakukan oleh pihak Bank Mandiri untuk menimalisir lonjakan inflasi di lingkupnya. Peningkatan yang dilakukan dengan mengandalkan keagresifan ini, didukung karena pengamatan yang terjadi dalam dunia perdagangan nilai valas secara global. Selain itu, jelang menyambut bulan suci Ramadhan, kenaikan pasar di sektor pangan ikut meningkat.

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri
Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri Online

Direktur IT dari Bank Mandiri saat ini, beliau bernama Timothy Utama. Dirinya menyatakan pendapat, bahwa digitalisasi yang dikembangkan oleh setiap bank termasuk Mandiri. Hampir setiap perusahaan perbankan baik BUMN maupun swasta sedang berkompetisi mencari cara agar dapat bersaing dengan perkembangan teknologi. Tertama dalam hadapi “Talent Crunch”.

Dimana, ada sebagian masyarakat yang belum siap untuk menghadapi kecanggihan di fintech atau perbankan secara online. Oleh sebab itu, Mandiri berupaya untuk tetap menjaga kantor cabang yang ada. Namun, disiasati dengan relokalisasi bangunan atau penutupan beberapa outlet resmi.. Supaya, nasabah dapat lebih terdorong menggunakan Livin’ S. App atau Kopra.

Cara aktivasi kartu ATM Mandiri online, bisa kalian lakukan melalui mesin ATM atau dapat memanfaatkan Livin’ Super App. Unduh di Google Play Store atau App Store. Pastikan user sudah menggunakan OS 5.0 ke atas agar operasionalnya berjalan dengan lancar. Pengguna smartphone dari merek Huawei, bisa mengunduhnya di AppGallery. Berikut cara daftarnya!

  • Buka aplikasi Livin’ by Mandiri, di laman utama kalian bisa pilih menggunakan bahasa English atau Indonesia
  • Pilih tombol “Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri” > tap Masuk atau Login
  • Isi Data dari Kartu Debit yang kalian miliki pada kolom Nomor Kartu
  • Lengkapi juga kolom Tanggal Kadaluwarsa dapat dilihat di badan fisik Kartu Debit
  • Informasi selanjutnya, yaitu pengisian Tanggal Lahir (demi keamanan untuk pencocokan data dengan yang dimiliki oleh perbankan Mandiri) > tap tombol Lanjut
  • Verifikasi dilakukan dengan cara pilih “Kirim SMS Verifikasi”
  • Lihat panel notifikasi di hp kalian, lalu copy kode uniknya
  • Kembali ke aplikasi Livin’ untuk menempel atau paste kode yang telah kalian salin sebelumnya
  • Tunggu sampai muncul notifikasi “Verifikasi Berhasil” di layar
  • Mulai isi kata sandi pada tampilan “Buat Password” dengan memasukkan huruf dan angka untuk membuat kata sandinya menjadi rumit (demi keamanan nasabah)
  • Selanjutnya, di bagian laman “Buat PIN” kalian masukkan 6 digit angka (boleh sama dengan PIN ATM)
  • Lakukan “Konfirmasi PIN” satu kali lagi pada laman “Sekali Lagi”
  • Masukkan PIN dari Kartu Debit kalian pada halaman berikutnya
  • Ulangi PIN sebanyak 1 kali di tampilan selanjutnya
  • Proses atau cara aktivasi Kartu ATM Mandiri kalian telah berhasil. Selamat ya!

Pengaktifan m-banking Mandiri di aplikasi Livin’ ini, dapat kalian lakukan hanya dari rumah saja tanpa harus antre di bank secara langsung. Asalkan, kamu telah memenuhi semua syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak Bank Mandiri. Adapun persyaratan yang dimaksud, yakni:

  1. Sudah bergabung menjadi bagian dari salah satu nasabah Bank Mandiri. Apabila persyaratan nomor 1 ini belum kalian penuhi, diwajibkan unutk langsung datang ke kantor cabang terdekat untuk buka rekening. Bisa juga dilakukan via online, dengan kunjungi website join.bankmandiri.co.id
  2. Minimalnya mempunyai  kartu Mandiri debit atau kredit
  3. Aktivasi layanan SMS finance, serta sudah memiliki MPIN. Kalian dapat hubungi CS Mandiri di 14000 atau langsung ke kantor cabang. Jangan lupa untuk bawa kelengkapan dokumen seperti, kartu identitas diri (KTP/Passport), kartu debit, serta buku cetak dari tabungan Mandiri
  4. Nomor telepon aktif yang sudah kalian gunakan untuk registrasi di awal pembukaan buku rekening Mandiri. Operator yang didukung, diantaranya ada 3 (Tri), Telkomsel, XL, Indosat, dan Smartfren
  5. Isi saldo pulsa utama cukup untuk melakukan aktivasi dari Livin’ by Mandiri. Karena, operator akan mengirimkan user kode verifikasi melalui SMS. Biayanya, dikenakan kepada penerima isi pesan tersebut
  6. OS atau Operating System yang mendukung pengoperasian aplikasi Livin’, yakni minimumnya lollipop 5.1 atau pengguna iPhone di iOS versi up to 8.

Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri di Mesin ATM

Masih ada metode lainnya lagi yang bisa kalian manfaatkan untuk lakukan aktivasi mobile banking di aplikasi Livin’ by Mandiri. Kamu, bisa langsung saja cari mesin ATM terdekat yang ada. Selain itu, pada umumnya tersebar luas di area padat penduduk atau bebeapa lokasi publik. Contoh, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan atau mall, rumah sakit, dan sekolahan.

Cara aktivasi kartu ATM Mandiri di mesin ATM ini, dapat mempermudah nasabah untuk lakukan transaksi melalui ponsel genggam miliknya dimanapun dirinya berada. Ada banyak sekali keuntungan yang ditawarkan. Mulai dari voucher, undian berhadiah, hingga investasi yang bisa kamu terapkan ketika ingin saldomu ditabung untuk jangka waktu yang panjang.

  • Kunjungi mesin ATM dari Bank Mandiri terdekat (bisa di kategori khusus tunai, non-tunai, atau keduanya)
  • Masukkan ke dalam mesin ATM tersebut kartu debit Mandiri kalian
  • Isi kode PIN dari kartu debit pada layar
  • Klik menu “Transaksi Lainnya”
  • Klik opsi “Pendaftaran untuk E-Banking”
  • Klik di tampilan berikunya “Internet Banking”
  • Klik tombol “Setuju” untuk konfirmasi aksi user
  • Ulangi kode PIN dari kartu debit Mandiri kalian sesuai instruksi di layar (demi keamanan)
  • Mulai masukkan PIN yang telah kalian tentukan untuk digunakan dalam fitur E-Banking Mandiri (dianjurkan untuk menggunakan kode PIN yang berbeda dengan apa yang sudah dipasang di kartu debit kalian)
  • Lakukan konfirmasi dari PIN E-Banking Mandiri kalian
  • Tunggu sampai mesin ATM mengeluarkan tanda bukti atau struk yang didalamnya bertuliskan kdoe akses yang dapat kalian gunakan dalam jangka waktu 14 hari berikutnya
  • Apabila sudah melewati kurun waktu 14 hari, maka kode aksesnya hangus. Otomatis, kalian harus mengulangi prosedur cara aktivasi kartu ATM Mandiri dari awal.

Limit yang dapat kalian terima untuk transaksi melalui m-banking di Livin’ by Mandiri ini, yaitu sebesar Rp 10 juta per harinya. Sedangkan dalam satu kali transfer, maksimalnya ada di angka Rp 1 juta. Hal tersebut, tergantung juga dari jenis kartu debit yang kalian gunakan. Ada kategori Visa, MasterCard, serta GPN. Semakin bagus kartunya, limit yang didapatkan besar.

Sekian penjelasan mengenai cara aktivasi kartu ATM Mandiri kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Happy fasting for all moeslem. Bye..

Related posts