Cara Belajar Nyetir Mobil Manual

Bagaimana cara belajar nyetir mobil manual? Bagaimana fungsi dari persneling mobil manual? Apa saja langkah mudah untuk Belajar Nyetir Mobil manual sendiri?

Ngomongin tentang mobil manual, mungkin sebagian kita sudah mengetahui atau bahkan memiliki mobil dengan jenis transmisi manual yang banyak ditemukan di Indonesia. Mobil dengan transmisi manual sendiri biasanya memiliki sistem 3 pedal, yang mana ketiga pedal tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yakni Gas, Rem, dan juga Kopling.

Nah, yang membedakan mobil manual dan mobil matic adalah jelas dari sistem atau cara kerja mesin nya, serta juga pedal yang digunakan. Jika pada mobil matic kita hanya menemukan pedal rem dan juga pedal gas, maka di dalam mobil manual, kita bisa menemukan pedal Kopling, yang mana berfungsi untuk transmisi pada saat pengguna memindahkan persneling gear atau gigi pada mobil manual.

Selain sudah banyak digunakan oleh masyarakat indonesia, mobil manual sendiri juga dikenal sangat ramah dan hemat BBM. Ditambah dengan berkembangnya teknologi di segi otomotif, yang membuat para produsen kendaraan seperti mobil berlomba untuk menghadirkan inovasi terbaru.

Walaupun begitu, tak semua orang mengerti untuk menggunakan mobil manual, sebab pengguna harus bisa mengoperasikan pedal kopling untuk memindahkan persneling rasio gear, dan juga menghafal posisi dari rasio gear.

Tetapi jika dibandingkan dengan mobil matic, mobil manual lebih memiliki keunggulan dari segi kenyamanan. Sebab, walaupun harus berkelumit dengan posisi persneling rasio gear, kaki pengguna mobil matic bisa lebih santai apabila mereka sudah memahami cara kerja dari pedal kopling untuk memidahkan rasio gear.

Sedangkan jika di mobil matic, pengguna harus lebih sering memainkan pedal rem untuk berpindah transmisi mesin yang mana masih menggunakan sistem CVT, itulah mengapa banyak juga pengguna mobil matic yang mengeluhkan cepat pegal ketika berkendara menggunakan mobil matic.

Itulah mengapa saat ini juga banyak sekali jasa atau biro latihan mobil yang menggunakan mobil matic ataupun manual, sebab untuk bisa menguasai teknik menyetir yang benar, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa apa saja hal penting yang harus diperhatikan ketika akan mulai belajar mengemudi.

Dan jika kamu adalah salah satu orang yang ingin belajar mengendarai mobil manual, berikut ini adalah cara belajar nyetir mobil manual yang bisa kamu coba.

Cara Belajar Nyetir Mobil Manual

Cara Belajar Nyetir Mobil Manual
Belajar Nyetir Mobil Manual

Posisikan Rasio Gear / Gigi dalam Kondisi Netral terlebih dulu

Hal paling penting sebelum berkendara atau menyetir adalah, pastikan terlebih dahulu kondisi rasio gear atau kondisi gigi mobil berada dalam mode N atau Netral. Hal ini bertujuan agar mobil tidak langsung jumping atau terpental kedepan akibat rasio gear masih dalam kondisi 1 – 6.

Untuk memeriksanya, kalian bisa terlebih dahulu menyalakan mobil dalam kondisi ON saja, tanpa menhidupkan mesin. Kemudian perhatikan pada bagian speedometer mobil yang ada di dashboard, pastikan huruf N yang muncul berwarna Hijau.

Atau jika mungkin kalian tidak sengaja lupa menetralkan kendaraan, kalian bisa terlebih dahulu menyalakan mobil dalam kondisi ON saja, kemudian menginjak pedal kopling, dan memindahkan persneling ke mode N atau neutral.

Jika sudah dalam mode N, maka kemudian kalian bisa menyalakan mobil seperti biasa dengan menekan kunci kearah ON sambil menekannya kedepan sampai mobil menyala seperti biasa.

Nyalakan Mobil dalam Kondisi masih Terkunci Rem Tangan

Selanjutnya, pastikan terlebih dahulu tuas rem tangan yang terletak di dekat persneling untuk perpindahan rasio gigi. Hal ini bertujuan agar mobil tidak langsung melaju ketika kunci kontak dinyalakan.

Injak Rem dan Kopling saat Memindahkan Rasio Gear

Setelah siap untuk memulai dan mobil sudah menyala, maka selanjutnya kalian tinggal menginjak pedal rem agak dalam, dan kemudian menarik tuas rem tangan sembari menginjak pedal kopling. Setelah itu, jika kalian ingin mundur, pindahkan persneling ke mode R (tetap menginjak kopling dan rem) atau jika ingin maju, langsung saja pindahkan ke mode Gear 1 (juga tetap menginjak kopling dan rem). Dan ketika dirasa rasio gear sudah masuk, barulah lepas perlahan lahan pedal kopling dan juga rem secara perlahan.

Jangan terburu buru untuk menginjak pedal gas terlalu cepat. Sebab, ketika kopling dilepas secara perlahan, maka mobil akan tetap mendapatkan dorongan daya untuk mobil melaju walau dalam kecepatan minim. Dan ketika dirasa sudah stabil, barulah kalian bisa menginjak pedal gas secara bertahap (pelan pelan) sampai akhirnya mobil melaju dengan normal.

Nah, disinilah kendali atas gas, rem dan kopling sangat berpengaruh. Ketika mungkin kalian sudah melaju di kecepatan sekitar 60km/jam dan akan berpindah posisi gigi atau gear, maka kalian bisa melepas gas terlebih dahulu, lalu menekan kopling dengan sedikit menginjak pedal rem, lalu pindahkan persneling ke gigi 2 / 3, dan kemudian melepas kopling secara perlahan.

Untuk latihan pertama kali, rasanya hal ini akan sagat membuat ‘kagok’, namun dengan latihan yang konsisten dan juga rutin, pasti kalian bisa terbiasa untuk mengendalikan kontrol dari pedal gas, rem, dan juga kopling.

Jika kalian harus berhenti atau berada dilampu merah yang cukup lama, kalian bisa menggunakan 2 opsi, yakni menahan pedal rem agak lama, atau bahkan langsung menurunkan tuas rem tangan setelah mobil benar benar berhenti.

Jangan lupa untuk menstabilkan stir kalian walau sedang berada dijalan lurus, hindari membelokkan mobil dalam keadaan sembari menginjak pedal gas dengan kecepatan penuh atau diatas rata rata. Sebab apabila hal ini terjadi, kemungkinan mobil akan oleng dan terbanting kearah kanan atau kiri akan semakin besar.

Selanjutnya apabila kalian harus masuk kedalam sebuah gang dengan ukuran jalan yang hanya sekitar 1 mobil saja, maka kalian bisa mengambil jarak agak jauh ke kanan (apabila belok ke kiri) agak jauh, baru kemudian berbelok. Hal ini bertujuan agar mobil tidak tergores pada tembok gang ataupun menyebabkan kelecetan pada bodi mobil.

Dan tips terakhir untuk kamu yang sedang belajar nyetir mobil manual, perhatikan juga penggunaan rasio gigi pada medan menanjak dan menurun. Gunakan gear ukuran kecil, 1 atau 2 apabila dalam kondisi menanjak, dan kendalikan pedal rem dan gas apabila sedang berada di medan yang menurun.

Dengan memahami dan memperhatikan hal penting diatas, tentunya kalian bisa mulai untuk latihan berkendara. Namun sangat disarankan apabila kalian masih memliki rasa takut dan ragu, mulai saja untuk latihan disekitar jalan sepi dan luas, atau mungkin lapangan yang memang dikhususkan untuk latihan mobil.

Hindari langsung turun ke jalan raya yang ramai dan juga macet, agar prosess latihan dan juga pembiasaan diri dalam mengendarai mobil akan semakin mudah.

Sebagai penutup, itulah beberapa poin penting dan juga pembahasan tentang cara belajar nyetir mobil manual. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi