Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Nama FIF sudah sangat familiar sebagai salah satu lembaga pembiayaan ternama, bahkan lembaga leasing ini sudah mempunyai track record baik di masyarakat. Mengingat layanannya sudah tersebar hingga ke seluruh Indonesia, tentu akan lebih mudah menjumpai nasabah FIF. Tak terkecuali bagi Kamu nasabah bank BRI, yang telah mengambil salah satu produk FIF dengan cara kredit.  Menariknya lagi, Kamu juga bisa mengikuti cara bayar FIF lewat ATM BRI dengan mudah.

FIF kerap menawarkan banyak pilihan layanan dan kemudahan untuk para debitur yang ingin membayar angsuran FIF setiap bulannya. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan layanan ATM bank terkenal di Indonesia, yakni BRI. Karenanya Kamu bisa leluasa melakukan pembayaran angsuran lewat mesin ATM BRI, khususnya bagi nasabah bank BRI. Apalagi jaringan ATM BRI yang bisa dibilang cukup luas, membuat nasabah tidak kesulitan apalagi harus telat membayar angsuran FIF.

Read More

Apa Saja Ketentuan Bayar FIF Melalui ATM BRI?

Jika ingin membayar angsuran FIF melalui ATM bank BRI, Kamu harus memperhatikan ketentuannya terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, ketentuannya sangat mudah kok, cek ulasannya di bawah ini :

Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BRI

1. Kode Institusi FIF

Ketentuan agar Kamu bisa membayar angsuran FIF melalui ATM adalah pelanggan FIF wajib mengetahui kode perusahaan FIF terlebih dahulu. Kode institusi untuk perusahaan FIF adalah 1001, apabila Kamu kurang yakin sebaiknya cek kembali ketika pemrosesan pembayaran di mesin ATM BRI.

2. Nomor Kontrak/Pelanggan FIF

Kamu juga harus mengingat atau mencatat nomor kontrak/pelanggan FIF agar proses pembayaran angsuran FIF berhasil dilakukan. Hal ini dikarenakan saat membayar angsuran FIF melalui ATM BRI, Kamu akan diminta menginputkan nomor kontrak/pelanggan FIF nantinya.

3. Saldo Mencukupi di Rekening BRI

Persyaratan bayar FIF lewat ATM BRI selanjutnya ialah pastikan Kamu mempunyai saldo di rekening tabungan BRI milikmu. Jadi pastikan saldo di rekening BRI-mu masih cukup, sebab jika tidak dapat menghambat proses pembayaran angsuran FIF.

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI
Bayar FIF Lewat ATM BRI

Tutorial Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI Mudah

Jika sudah mencatat atau mungkin menyimpan foto nomor kontrak FIF, Kamu tinggal mencoba cara bayar FIF lewat ATM BRI dengan langkah-langkah berikut :

1. Datang ke Gerai ATM BRI Terdekat

Cara pembayaran FIF lewat ATM BRI yang pertama yaitu silahkan pergi ke gerai ATM BRI terdekat, sembari membawa kartu ATM BRI dan nomor kontrak FIF yang akan digunakan.  Jangan lupa, pastikan kartu ATM BRI milikmu ada saldonya ya!

2. Masukkan Kartu ATM BRI

Jika sudah berada di depan mesin ATM, langkah selanjutnya Kamu tinggal masukkan kartu ATM BRI saja. Silahkan pastikan dulu posisi kartu ATM yang dimasukkan sudah benar, supaya transaksi bisa diproses. Selain itu, cara ini juga mencegah agar kartu tak tertelan.

4. Pilih Layanan Bahasa Indonesia

Cara bayar FIF lewat ATM BRI selanjutnya, jika kartu sudah dimasukkan dengan benar, Kamu tinggal pilih layanan bahasa Indonesia. Adapun tujuannya ialah supaya bisa mengikuti tahapan-tahapan proses pembayaran FIF dengan mudah.

Terkait:  Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan

5. Inputkan PIN ATM BRI Dengan Benar

Tak hanya posisi kartu ATM BRI saja yang harus dimasukkan dengan benar, Kamu juga wajib menginputkan PIN ATM BRI-mu dengan tepat. Tujuannya supaya kartu ATM BRI-mu tak terblokir apabila salah memasukkan 3 kali PIN.

6. Pilih Menu Lainnya

Di halaman utama pada mesin ATM, Kamu bisa memilih menu ‘Lainnya’.

7. Pembayaran atau Pembelian

Cara pembayaran FIF lewat ATM BRI berikutnya, pilih ‘Pembayaran’. Jika belum muncul menu bertuliskan ‘Angsuran’ silahkan pilih lagi ‘Pembayaran Lainnya’ di mesin ATM.

8. Memilih Angsuran

Jika sudah muncul menu ‘Angsuran’, silahkan pilih ‘Angsuran’ caranya dengan klik atau dengan tab di layar sesuai menu angsuran.

9. Inputkan Kode FIF dan Nomor Kontraknya

Dari sini, Kamu tinggal inputkan 4 digit berupa kode perusahaan FIF atau bisa langsung ketikkan 1001 dan tekan ‘Benar’. Selanjutnya tinggal inputkan nomor kontrak FIF-mu dan pilih benar.

10. Konfirmasi Pembayaran

JIka sudah, layar selanjutnya akan menampilkan data pembayaran secara detail, dari nomor kontrak, nama, biaya admin, angsuran berikut total tagihan untuk dibayar. Selain itu, pastikan sudah benar semuanya dan tekan ‘Ya’ agar cara bayar FIF lewat ATM BRI segera diproses.

Biaya Admin Bayar FIF Lewat ATM BRI

Jika Kamu penasaran dengan biaya admin untuk pembayaran angsuran FIF lewat ATM BRI, tak perlu khawatir. Karena biayanya cukup tejrangkau dibandingkan biaya admin untuk transfer antar bank. Besaran biaya admin FFIF melalui ATM BRI sendiri hanya Rp. 3.000 setiap transaksinya.

Panduan Bayar FIF Lewat Layanan BRI Lainnya

Selain cara bayar FIF lewat ATM BRI, Kamu juga bisa menggunakan layanan BRI lainnya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini :

Terkait:  Cara Transfer BRI ke BCA

1. Cara Bayar FIF Lewat BRImo (BRI Mobile)

Bayar FIF lewat BRImo setidaknya menawarkan beberapa keuntungan bagi penggunanya. Beberapa diantaranya, bayar tagihan tanpa perlu keluar rumah, dapat dilakukan kapan pun, lebih cepat dan mudah, serta biaya adminnya lebih ringan. Untuk membayar tagihan FIF melalui BRImo ini, Kamu harus sudah mendaftarkan layanan BRI Mobile terlebih dahulu di Customer Service BRI. Oke, langsung saja berikut tutorialnya :

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke dalam aplikasi BRImo, kemudian inputkan password dan username dengan benar.
  • Pada halaman utama, Kamu akan melihat tampilan menu yang tersedia, karena Kamu akan membayar angsuran FIF silahkan tap opsi Bayar/Beli.
  • Langkah berikutnya, pilih pembayaran dan lanjutkan ke proses pembayaran tagihan FIF.
  • Silahkan tap pada menu Cicilan Finance. Setelah itu, Kamu tinggal memilih ‘Jenis Cicilan’ kemudian pilih opsi ‘FIF’.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menginputkan nomor kontrak atau tagihan FIF-mu. Inputkan nomor kontraknya dengan benar.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan informasi pembayaran, lakukan pengecekan jika sudah lengkap dan benar. Inputkan password BRImo apabila ingin menyelesaikan proses transaksi.
  • Pembayaran angsuran FIF melalui BRImo pun sukses dilakukan, lakukan tangkapan layar struk pembayaran untuk dijadikan bukti.

2. Cara Bayar FIF Lewat Internet Banking BRI

Selain mengandalkan layanan BRIMO, Kamu juga bisa mencoba layanan internet banking BRI untuk membayar angsuran FIF. Sama seperti BRIMO, untuk menggunakan layanan internet banking BRI, Kamu harus mendaftar layanan IB BRI terlebih dahulul. Jika sudah, Kamu bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini :

  • Kunjungi situs resmi iB BRI melalui web browser yang Kamu pakai dilaptop atau di hp di alamat berikut : https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  • Inputkan user ID beserta password dan kode validasi. Lalu tekan login.
  • Silahkan pilih ‘Pembayaran’ lalu pilih ‘Cicilan’ serta tekan ‘Rekening Pinjaman’.
  • Pilih opsi ‘Cicilan FIF’, kemudian masukkan nomor kontrak FIF dan tekan OK.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan rincian pinjaman, tekan Konfirmasi.
  • Maka pembayaran secara otomatis akan berhasil dilakukan apabila saldo di rekening BRI-mu mencukupi.

Jadi selain bisa mencoba cara bayar FIF lewat ATM BRI di atas, Kamu juga bisa memilih layanan mobile banking BRI dan internet banking BRI. Khususnya bagi nasabah BRI, tinggal pilih mana layanan yang paling mudah.

 

 

Related posts