Cara Bermain Bibit

Cara Bermain Bibit

Bagaimana cara bermain bibit? Bibit adalah salah satu aplikasi yang paling banyak di gemari di dunia investasi yang dibuat oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Fokusnya adalah ke investasi reksa dana dengan banyak aset yang bisa kamu miliki.

Beberapa reksadana yang bisa kamu miliki diantaranya ada jenis reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana campuran, dan lain sebagainya. Bagi yang bingung memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan karaktermu, maka bibit akan membantu memilihkannya berdasarkan profil yang kamu masukan. Dengan begitu, Kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Saat ini aplikasi bibit sudah di download hingga 1 juta kali pada play store dan mendapatkan ulasan baik dengan rating 4,6. Sedangkan untuk rating di app store mencapai 4,8. Artinya jika dilihat dari data tersebut, maka tingkat kepercayaan masyarakat mengenai aplikasi bibit ini cukup tinggi sehingga kamu bisa berinvestasi dengan nyaman tanpa ragu.

Kelebihan yang dimiliki oleh bibit salah satunya adalah memiliki fitur AI yang dinamakan dengan Robo Advisor. Fungsinya adalah memberikan rekomendasi dan bisa menyesuaikan pola investasi dilihat dari kategori umur, level risiko, penghasilan dan taret tujuan dalam berinvestasi.

Cara Bermain Bibit

Cara Bermain Bibit
Tutorial Bermain Reksadana di Bibit

Tutorial Bermain Bibit Bagi Pemula

Setelah kamu yakin dengan aplikasi bibit, tentu kamu harus mencoba berinvestasi di bibit ini agar uang yang kamu miliki bisa bertambah sesuai dengan fluktuasi pasar yang cenderung naik.

Reksadana pun terbilang investasi yang paling aman jika dibandingkan dengan aset digital uang dalam bentuk kripto. Oleh karena itu, dibawah ini adalah langkah-langkah cara bermain bibit menggunakan aplikasi bibit yang bisa kamu ikuti :

Step 1 : Registrasi Akun

Bagi kamu yang belum memiliki akun, maka Kamu wajib mempunyai akun di bibit terlebih dahulu baru bisa melakukan investasi reksadana. Dalam cara bermain bibit pertama, berikut beberapa langkah registrasi akun bibit :

  • Instal aplikasi bibit dari play store sebagai tahap pertama dalam proses registrasi.
  • Setelah diinstal, buka aplikasinya dan masuk ke menu registrasi
  • Selanjutnya klik register untuk proses registrasi pada aplikasi bibit.
  • Pada rincian register, masukan tanggal lahir kamu dengan mengisi kuesioner singkat dengan menjawab 6 pertanyaan dengan jujur sesuai dengan tujuan investasi yang akan kamu lakukan.
  • Berikutnya klik lanjut, kemudian di halaman berikutnya kamu akan dimintai untuk mengisi nomor hp aktif yang digunakan untuk menerima SMS berupa kode verifikasi.
  • Pada halaman berikutnya, masukan biodata sesuai dengan kolom yang disediakan. Diantaranya seperti alamat email, pendidikan, nama bank, sumber penghasilan, dan kolom lainnya yang diangap perlu di isi.
  • Upload KTP kamu secara langsung dengan menggunakan kamera hp.
  • Jangan lupa foto selfie dengan memegang KTP aslimu dan di akhiri dengan membubuhkan tanda tangan sesuai dengan yang sudah disediakan.
  • Di layar berikutnya, Isilah pin pribadi untuk tujuan dalam pengamanan transaksi yang kamu lakukan.
  • Jika kamu telah masuk ke tahap akhir, Kamu akan mendapatkan email dari bibit untuk verifikasi data.
  • Setelah itu, tunggulah maksimal dalam waktu 24 jam data yang kamu masukan akan di verifikasi oleh tim verifikator dari bibit dan KSEI.

Step 2 : Pembelian Awal Reksadana

Jika sudah berhasil pada tahap registrasi, cara bermain bibit selanjutnya, Kamu sudah bisa memulai investasi dengan aplikasi bibit. Adapun langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Ketahui Profil Resikomu

Pada jendela utama aplikasi bibit, kamu akan mendapatkan informasi mengenai rekomendasi dari Robo advisor sesuai dengan profil yang kamu masukan sebelumnya.

Jika kamu cenderung lebih berat ke dalam jenis investasi reksadana pasar uang, maka secara otomatis persentase pembagian dana akan lebih besar ke dalam reksa dana pasar uang. Adapun sisanya masuk ke reksa dana yang lain.

2. Tekan Tombol Investasi

Langkah cara bermain bibit selanjutnya, jika sudah mengetahui profil resikomu, silahkan klik tombol investasi sekarang yang ada di bagian bawah layar.

3. Masukkan Nominal Investasi

Pada jendela berikutnya, masukan nominal investasi yang akan kamu investasikan, adapun minimal pembelian yang diberlakukan bibit yaitu minimal Rp. 100.000.

4. Baca Skema dan Klik Bayar Sekarang

Baca dengan seksama isi dari prospektus jika telah menentukan nominal yang akan di investasikan. Setelah itu, selanjutnya tinggal klik “Bayar Sekarang”.

5. Pilih Metode Pembayaran

Pilihlah metode pembayaran yang kamu inginkan. Kelebihan dari bibit bisa menggunakan berbagai cara untuk pembayarannya. Adapun pembayarannya bisa melalui Gopay, LinkAja, Virtual Account, hingga transfer secara manual.

6. Akhiri Klik Tombol Bayar

Silahkan tekan tombol “Bayar”, sebagai langkah akhir dalam proses pembelian reksa dana yang direkomendasikan oleh Bibit.

7. Pilih Jenis Reksadana

Bagi kamu yang ingin memilih reksa dana sesuai pilihanmu, kamu cukup pilih pada kolom pencarian di atas layar dan pilih tipe reksa dana yang kamu inginkan. Untuk pembayarannya langkah-langkahnya sama dengan di atas.

Itulah langkah-langkah pembelian reksadana dalam cara bermain bibit. Dimana nantinya reksadana yang sudah dibeli menjadi asset untuk passive income dengan keuntungan yang maksimal. Kamu hanya perlu menyimpannya dalam beberapa waktu kedepan sampai keuntungannya terlihat.

Jika ingin mengetahui jumlah keuntungan yang dihasilkan dari pembelian reksa dana sebelumnya, cukup pilih menu Portfolio yang berada di deretan menu utama di bagian bawah sejajar dengan menu Home.

Pada tampilan menu tersebut akan terlihat mengenai jumlah Portfolio yang kamu miliki, ditambah dengan total keuntungan dalam bentuk rupiah dan persentase keuntungannya.

Dibawahnya kamu akan melihat rincian pembelian seperti dana tabungan, dana pensiun, dan lain sebagainya ditambah dengan informasi cara pembelian memakai Robo atau secara manual.

Cara Menjual Reksadana di Bibit

Cara bermain Bibit selanjutnya berlaku bagi yang ingin jual reksadana di aplikasi Bibit. Bagi kamu yang ingin menjual reksa dana pada aplikasi bibit karena sudah terlihat keuntungannya, Kamu tinggal ikuti prosesnya di bawah ini :

1. Pilih Portofolio

Pilihlah portfolio yang hendak kamu jual. Posisinya berada di halaman utama aplikasi bibit. Jika sudah memilih langkah selanjutnya cukup klik Jual.

2. Penentuan Nominal

Mengenai nominal jumlah reksadana yang akan dijual, Kamu bisa menentukannya sendiri. Ini artinya, Kamu bisa menjual Sebagian reksadana ataupun menjualnya secara keseluruhan. Jika Kamu masih ingin berinvestasi dengan harapan sisa reksadana yang belum dijual dapat bertambah keuntungannya, Kamu bisa menjual Sebagian saja.

Bacalah persayaratan mengenai proses penjualan reksa dana tersebut. Pastikan agar persyaratan tersebut benar-benar kamu pahami, jika sudah paham tinggal klik “Setuju” dan “Jual”.

3. PIN

Masukkan PIN yang sudah kamu buat pada awal registraai. Untuk pengisiannya, sebaiknya hati-hati, agar transksi penjualan reksadana tidak gagal. Kamu pun harus menunggu untuk memperbaiki PIN yang salah input tersebut.

Jika sudah memasukan nomor PIN, selanjutnya kamu hanya melakukan konfirmasi mengenai transaksi penjualan reksa dana nya.

4. Verifikasi Email

Kamu akan mendapatkan verifikasi email mengenai penjualan reksadana yang kamu lakukan. Jika sudah menerima email tersebut, maka selanjutnya kamu tinggal tunggu hasil penjualan reksa dana tersebut ke nomor rekening yang kamu daftarkan seblumnya.

Cukup mudah bukan cara bermain bibit? Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk memulai investasi jangka panjang lebih baik menggunakan aplikasi bibit yang sudah terpercaya dan sudah terdaftar di BAPEBTI.

 

 

Related posts