Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus? Tentu kamu akan merasa kebingungan jika file Whatsapp kamu tiba-tiba tidak ada. Entah itu karena terhapus atau karena penyebab lain. Namun kamu tentu saja masih bisa memulihkan file Whatsapp yang terhapus lho.

Sebagian orang pernah secara tidak sengaja menghapus chat ataupun file Whatsapp di gadget mereka. Padahal chat itu bisa saja berisi file-file yang begitu penting yang kamu perlukan. Bila kejadian tersebut menimpa kamu, jangan khawatir.

Pasalnya kamu masih bisa lho untuk mengembalikan dan memulihkan file Whatsapp kamu yang terhapus tadi. Dan file kamu yang begitu penting akan dengan mudah kamu miliki kembali.

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus
Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Pernah ngga kamu mengirimkan sebuah file melalui Whatsapp namun tiba-tiba file kamu tidak ada? Barangkali file kamu terhapus? Itu mungkin saja terjadi dan kamu langsung merasa kebingungan. Namun masih ada cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus lho.

1. Buka Aplikasi Whatsapp Kamu

Cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus yang pertama kali tentu saja kamu harus membuka aplikasi Whatsapp itu sendiri. Bagaimana bisa kamu mengembalikan file yang terhapus tanpa membuka aplikasinya?

Whatsapp sendiri biasanya akan melakukan pencadangan secara otomatis tanpa diketahui oleh penggunanya. Dan biasanya pencadangan itu terjadi sekitar pukul 02:00 WIB. File yang dicadangkan Whatsapp akan berada di smartphone kamu selama 7 hari. Jadi jika ingin mengembalikan file yang terhapus pastikan umur file tersebut tidak lebih dari 7 hari.

Terkait:  Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

2. Periksa Pencadangan Whatsapp

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mengembalikan file Whatsapp yang terhapus adalah dengan memeriksa pencadangan pada akun Whatsapp kamu. Buka aplikasi Whatsapp, klik ikon titik tiga pada pojok kanan atas kolom chat. Kemudian pilih setting atau setelan. Akan muncul beberapa pilihan, ketuk opsi chat dan kemudian ketuk cadangan chat atau chat backup.

Akan muncul notifikasi data Last Backup atau pencadangan terakhir. Kamu akan melihat waktu pencadangan otomatis yang dilakukan Whatsapp. Jika ragu, kamu bisa menekan tombol kotak hijau dengan tulisan back up atau cadangkan.

3. Uninstall Whatsapp

Kemudian hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menghapus atau menguninstall aplikasi Whatsapp yang ada di ponsel kamu. Hal ini bertujuan agar proses pencadangan kamu nanti berjalan dengan lancar.

Kamu pun bisa melakukan pencopotan aplikasi dengan menekan ikon Whatsapp pada homescreen selama beberapa detik dan pilih Uninstall. Dan juga kamu bisa mencopotnya melalui menu Setelan pada gadget kamu dan pergi ke Manajer Aplikasi.

4. Install Ulang Whatsapp

Setelah kamu berhasil melakukan pencopotan, tentu saja kamu harus memasang dan menginstallnya kembali. Silahkan kamu pergi ke Google Play Store atau App Store kamu untuk melakukan download dan install aplikasi Whatsapp. Pastikan ruang penyimpanan gadget kamu masih longgar ya.

5. Registrasi Whatsapp

Langkah selanjutnya dalam cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus berikutnya adalah melakukan registrasi ulang. Dengan begitu kamu bisa masuk dan kembali lagi ke akun Whatsapp kamu.

Buka Whatsapp untuk mendaftarkan ulang nomor handphone. Ketikkan nomor handphone yang akan kamu sambungkan pada perangkat Whatsapp. Selanjutnya pada layar akan muncul konfirmasi ulang pilih ok atau next. Pastikan sinyal kamu stabil agar bisa mendapatkan kode verifikasi dari Whatsapp.

Terkait:  Cara Melihat Cadangan Chat Whatsapp di Google Drive

6. Verifikasi Nomor Handphone

Setelah registrasi, kamu tidak dapat langsung menggunakan Whatsapp. Whatsapp akan mengirim kode otentik ke nomor telepon kamu yang akan kamu gunakan sebagai kode verifikasi.

Untuk mengetahui kode otentiknya, cukup memeriksa isi kotak masuk pesan kamu. Proses ini berjalan otomatis. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai. Proses otentikasi nomor bertujuan memastikan keamanan Whatsapp kamu dengan dua langkah yang kodenya hanya kamu saja yang tau.

7. Restore File yang Hilang

Selesai proses otentikasi dan verifikasi selesai, Whatsapp akan mendeteksi bahwa ada file yang tersimpan pada handphone Anda. Whatsapp akan menawarkan kamu untuk mengembalikan file yang telah dicadangkan sebelumnya hanya dengan menekan atau memilih opsi restore atau kembalikan pesan. Kamu hanya perlu menunggunya beberapa saat untuk mendapatkan kembali file yang terhapus.

8. File Berhasil Kembali

Sembari menunggu semua file yang telah dicadangkan dikembalikan. Whatsapp akan menampilkan foto profil dan nama kamu, jika ingin mengubahnya, kamu cukup memilih opsi berikutnya atau next.

Jika tidak ingin menggantinya, diamkan hingga proses pengembalian selesai. Lama proses bergantung pada seberapa banyak dan besar ukuran file yang dicadangkan. Whatsapp akan mengembalikan semua file tanpa ada kekurangan.

Demikian tadi beberapa langkah cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus yang bisa kamu ikuti untuk memulihkan file yang hilang dari gadget kamu. Tentu saja kamu tidak perlu merasa khawatir jika suatu saat kamu mengalami file Whatsapp yang hilang karena kamu masih bisa memulihkannya.

Related posts