Cara Verifikasi Akun Youtube

Tahukah Kamu bahwa cara verifikasi akun Youtube penting sekali dilakukan? Ya, karena verifikasi akun Youtube bertujuan untuk membuktikan bahwa Kamu bukan robot. Youtube telah memberikan persyaratan kepada channel-channel Youtube baru untuk melakukan verifikasi demi memastikan keaslian channel atau akun Youtube yang bersangkutan. Bahkan dengan verifikasi ini, Kamu bisa mengakses berbagai fitur menarik dari Youtube.

Yuk, Kenali Lebih Lanjut Tentang Verifikasi Akun Youtube!

Verifikasi channel atau akun Youtube menjadi salah satu metode wajib yang ditentukan pihak Youtube untuk mengamankan akun yang dipakai pada channel Youtube dari phising, spamming, hingga hacking. 

Melalui verifikasi dua langkah pada akun Google milikmu, secara otomatis akun Youtube juga telah terverifikasi, namun tidka untuk verifikasi berupa kode SMS ke nomor hp. Walaupun Kamu telah mengaktifkan tahapan verifikasi dua langkah pada akun Google, biasanya akan diminta pula melakukan verifikasi ulang di tiap-tiap channel Youtube.

Mengapa Harus Verifikasi Akun Youtube?

Tujuan verifikasi akun ini tak lain ialah untuk melindungi komunitas pengguna Youtube terhadap penipuan atau aksi spamming, serta dapat melindungi channel Youtube dari tindak peretasan. Tak hanya itu, ada beberapa alasan lainnya kenapa Kamu harus memverifikasi akun Youtube, berikut ini :

1. Kamu Bisa Upload Video Lebih dari 15 Menit

Bagi yang baru pertama kali membuat akun Youtube, mungkin awalnya hanya bisa membuat atau mengupload video kurang dari 15 menit saja. Tapi, jika Kamu ingin meningkatkan performa channel Youtube-mu dengan menambah durasi video lebih dari 15 menit, Kamu wajib mencoba cara verifikasi akun Youtube.

2. Bisa Mengganti Thumbnail kustom

Thumbnail otomatis mungkin kurang begitu menantang, dan ini biasanya diberikan ketika Kamu memposting video pertama kali di Youtube. Jika ingin mengganti thumbnail secara custom atau sesuka hati, Kamu wajib memverifikasi channel Youtube milikmu.

3. Mengajukan Banding Conten ID Lebih Mudah

Kamu juga bisa mengajukan banding content ID jika sudah memverifikasi akun Youtube milikmu.

4. Bukan Tak Mungkin Bisa Monetisasi Otomatis

Jika channel Youtube milikmu telah memenuhi persyaratan untuk monetisasi, secara otomatis jika Kamu sudah memverifikasi akun Youtube dapat langsung mengajukan monetisasi. Bahkan Kamu bisa masuk ke antrian peninjauan Youtube. Wah, keren kan?

Eittss, Verifikasi Youtube Juga Ada Syaratnya Lho!

Sebelum lanjut ke cara verifikasi akun Youtube, Kamu juga harus tahu bahwa ternyata untuk verifikasi channel Youtube juga ada syarat yang harus dipenuhi. Susah nggak sih syaratnya? Jangan khawatir, jika Kamu orang yang konsisten ingin menjadi Youtuber, pasti bakal lebih mudah memenuhi syarat di bawah ini :

  • Wajib mempunyai subscriber setidkanya 100.000 subscriber.
  • Keaslian akun harus terbukti dan orisinalistas konten video juga harus diperhatikan.
  • Youtube memprioritaskan akun dengan bukti otentik yang menunjukkan keaslian channel Youtube seseorang, seperti selebriti dan musisi misalnya.
  • Youtube mempertimbangkan verifikasi channel Youtube yang mempunyai tingkat popularitas tinggi.

Wah, gimana susah nggak? Bagi Kamu yang suka tantangan dan serius di bidang Youtuber pastinya bisa melewati tantangan ini!

Cara Verifikasi Akun Youtube

Cara Verifikasi Akun Youtube
Verifikasi Akun Youtube

Tutorial Verifikasi Akun Youtube

Jika dirasa Kamu sudah mampu melewati tantangan dari Youtube di atas, kini saatnya memulai cara verifikasi akun Youtube. Perlu diketahui, Youtube memperkenankan 2 pilihan cara verifikasi channel Youtube memakai 2 perangkat, yaitu via hp dan laptop. So, Kamu bisa pilih tutorial di bawah ini tergantung perangkat yang Kamu pakai!

Metode 1 : Verifikasi Akun Youtube via Hp

Tertarik dong memiliki tanda centang selayaknya Youtuber  terkenal di Indonesia? Jika sudah yakin, Kamu bisa langsung coba cara verifikasi akun Youtube via hp berikut!

1. Buka Web Browser di Hp

Kamu bisa membuka laman web https://www.youtube.com/verify di browser perangkat yang Kamu pakai. Selanjutnya, login ke akun Youtube milikmu yang mau diverifikasi.

2. Silahkan Pilih Negara dan Metode Verifikasi

Setelah itu, Kamu biasanya akan diminta memilih dimana negara asalmu. So, pilih saja Indonesia!

Jika sudah, tinggal pilih metode verifikasi yang ingin Kamu lakukan, apakah lewat telepon atau SMS. Selanjutnya, masukkan nomor hp yang Kamu pakai yang masih aktif tentunya. Jadi, nantinya Kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim langsung ke nomor hpmu. Silahkan tekan “Kirim”.

3. Inputkan Kode Verifikasi

Kamu bisa tunggu sampai mendapatkan telepon/SMS yang berisikan kode verifikasi. Setela itu, langsung saja ketikkan kode verifikasi di kolom yang telah tersedia, lalu tekan “Kirim”.

4. Akun Berhasil Diverifikasi

Untuk penentuan akun Youtube berhasil diverifikasi atau tidaknya, nanti Kamu bisa langsung menerima notifikasi dari Youtube.

Metode 2 : Verifikasi Akun Youtube di PC

Cara verifikasi akun Youtube di komputer atau laptop sebenarnya sama saja dengan di hp. Kamu cukup mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Buka Situs Web Youtube

Silahkan buka web browser di laptop atau PC, lalu kunjungi laman Youtube. Nah, setelah masuk ke akun Youtube, silahkan klik foto profil kemudian pilih Settings.

2. Tekan “Channel Status and Features

Di tab account, silahkan tekan pilihan “Channel status and features” tepat di bawah profilmu. Lalu tinggal tekan “verify” di sebelah foto profil jika ingin melakukan verifikasi.

3. Isi Data Lengkap Untuk Verifikasi

Sama seperti cara verifikasi akun Youtube di hp, Kamu juga akan diminta memilih dimana negara asalmu, silahkan pilih Indonesia. Kemudian, pilih metode pengiriman verifikasi apakah melalui panggilan telepon atau SMS. Inputkan pula nomor hp aktif yang dipakai. Setelah diisi semua, tinggal tekan “submit”.

4. Verifikasi Akun Sukses Dilakukan

Jika sudah mengikuti tahapan-tahapan di atas, biasanya Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa verifikasi akun Youtube telah berhasil dilakukan.

Bagaimana Jika Tidak Mendapatkan Kode Verifikasi?

Nah, salah satu kendala yang sering terjadi saat mencoba verifikasi akun Youtube ialah Kamu tidak mendapatkan kode verifikasi. Sebenarnya, ada beberapa kemungkinan yang membuat kode verifikasi tidak terkirim, diantaranya :

  • Nomor ponsel sudah dipakai sebelumnya.
  • Sedang mengalami gangguan sinyal.
  • SIM Card-mu dalam jaringan 4G tapi Hp belum memiliki fitur VoLTE.

Lalu, gimana solusinya? Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa opsi yang dapat dicoba :

1. Pakai Nomor Hp Lain

Jika Kamu mempunyai nomor ponsel lain, Kamu bisa memakai nomor tersebut.

2. Mengganti Layanan SIM Card

Mengganti layanan kartu SIM atau provider dapat membantumu mengatasi kode verifikasi yang tertunda dari Youtube.

3. Mencoba Lagi Beberapa Saat

Jika masih belum berhasil bagaimana? Ini kemungkinan, Kamu sedang mengalami gangguan jaringan. Jadi, tunggu saja beberapa waktu dan coba kembali setelahnya.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi kode verifikasi yang belum juga terkirim atau Kamu belum menerima kode verifikasi.

Selain itu, setelah mengikuti cara verifikasi akun Youtube di atas, jika Kamu masih gagal, jangan khawatir. Karena sekali lagi, keberhasilan verifikasi yang dilakukan tergantung dari peninjauan yang dilakukan oleh pihak Youtube. Jika masih gagal, pastikan untuk memenuhi tantangan atau persyaratan yang diajukan Youtube untuk verifikasi akun. Semoga membantu!

 

 

Related posts