Cara Cek Pulsa Smartfren

Bagaimana cara cek pulsa Smartfren? Smartfren merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi berbasis CDMA yang saat peluncurannya telah menarik hingga jutaan konsumen di Indonesia.

Mengingat teknologi CDMA adalah teknologi yang menyediakan tarif komunikasi lebih terjangkau dan kualitas sinyal lebih baik, tentu wajar jika banyak pengguna ponsel melirik Smartfren.

Tak hanya itu saja, jaringan CDMA mempunyai proteksi tinggi jadi banyak dipilih guna melakukan komunikasi bersifat rahasia atau penting. Seolah tak mau kalah dari provider GSM yang lain, Smartfren selalu memberikan inovasi terbaru dengan meluncurkan program 4G LTE Advanced dan CDMA EVDO.

Teknologi tersebut tentu saja sangat berguna dan telah mendapatkan reaksi positif dari penggunanya. Bagi Kamu pengguna baru Smartfren, Kamu mungkin masih belum mengetahui cara cek pulsa Smartfren.

Informasi cara cek pulsa Smartfren tentu saja merupakan hal paling dasar yang wajib Kamu kuasai jika menggunakan provider ini. Ada beberapa pilihan cara yang dapat Kamu coba untuk mengetahui sisa pulsa Smartfrenmu.

Cara Cek Pulsa Smartfren

Cara Cek Pulsa SmartFren
Cek Pulsa SmartFren

Dengan mengetahui pengecekan pulsa Smartfren tentu saja Kamu tidak perlu was-was saat menggunakannya.

Namun walaupun termasuk hal paling mendasar yang wajib diketahui, tapi hingga kini banyak pengguna yang masih belum memahami cara pengecekan pulsa Smartfren, entah itu memakai metode dial, SMS, atau metode lainnya.

Oleh karena itu, berikut Kami sajikan ulasan cara cek pulsa Smartfren mudah :

Cek Pulsa Smartfren Melalui Dial Phone

Cara cek pulsa Smartfren yang pertama ialah dengan memakai panggilan dial phone atau kode USSD. Dimana hampir seluruh operator seluler menawarkan akses panggilan USSD atau dial up untuk mengecek sisa pulsa kartu mereka.

Melalui cara ini, Kamu bisa melakukannya dengan cepat dan mudah. Selain itu, Kamu juga tidak memerlukan biaya untuk menggunakan layanan ini. Oleh karenanya, Kamu bisa melakukan pengecekan sisa pulsa sepuasnya tanpa khawatir pulsa terpotong.

Berikut ulasan cara cek pulsa Smartfren via USSD di bawah ini :

  • Buka ponselmu, kemudian silahkan masuk ke menu dial up atau panggilan telepon.
  • Setelah itu, tekan kode *999# di Hpmu.
  • Silahkan tekan call atau panggil.
  • Tunggu beberapa saat, sampai mendapat balasan SMS dari provider Smartfren yang memberitahukan tentang sisa pulsa yang Kamu miliki.

Cek Pulsa Smartfren Melalui SMS

Nah, jika Kamu tidak ingin ribet harus menghafal kode dial up atau USSD di atas, Kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Cara cek pulsa Smartfren via SMS sangat praktis. Cukup ikuti perintah yang disajikan di bawah ini :

  • Silahkan buka Hp dan langsung buka aplikasi pesan singkat atau SMS di Hp-mu.
  • Lalu Kamu bisa mengetikkan SMS dengan format, ketik : CEK di halaman SMS lalu tinggal kirimkan ke 999.
  • Setelah itu, silahkan tunggu sampai ada balasan SMS dari provider Smartfren yang memberitahukan sisa pulsa kartu Smartfrenmu.

Bagaimana, sangat mudah kan? Kamu tidak perlu menghafal kode USSD dan cara ini juga tidak membutuhkan biaya.

Cek Pulsa Smartfren dengan Menelpon Layanan Operator

Di samping bisa menghubungi layanan operator via SMS, Kamu juga bisa menghubungi layanan call center atau operator lewat pesan suara jika ingin mengecek sisa pulsa kartu Smartfren. Silahkan simak panduan cara cek pulsa Smartfren dengan menelpon layanan operator di bawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka ponselmu terlebih dahulu. Jika sudah, buka opsi Panggilan Telepon di ponselmu.
  • Setelah itu, ketikkan 999 di layar ponsel menggunakan nomor Smartfren yang akan dicek.
  • Selanjutnya jika sudah tersambung dengan layanan operator, Kamu hanya tinggal mengikuti petunjuk atau instruksi yang diperintahkan dari operator.
  • Kemudian Kamu pun akan menerima informasi tentang sisa pulsa kartu Smartfren yang dimiliki.
  • Selesai, kini Kamu sudah sukses mengetahui pulsa kartu Smartfren yang Kamu gunakan.

Ya, cara ini juga paling mudah karena Kamu tidak perlu menghafalkan format SMS dan kode USSD untuk mengecek pulsa. Kamu hanya perlu menghafal nomor operator Smartfren saja di 999.

Cek Pulsa Smartfren Melalui Aplikasi My Smartfren

Sama seperti provider lainnya, Smartfren juga memberikan layanan digital melalui aplikasi My Smartfren untuk mengetahui berbagai informasi perihal kartu Smartfren, mulai dari nomor Smartfren, sisa pulsa, sisa kuota, dan informasi menarik lainnya mengenai layanan promo dan fitur dari provider Smartfren terbaru.

Adapun cara cek pulsa Smartfren melalui aplikasi My Smartfren, cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Jika Kamu masih belum mempunyai aplikasi My Smartfren, Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut dan menginstallnya di App Store untuk pengguna iOS dan PLay Store untuk pengguna android.
  • Jika sudah selesai mengunduh dan memasang aplikasi My Smartfren di ponselmu, selanjutnya tinggal buka aplikasi saja.
  • Selain itu, jika Kamu memakai kartu Smartfren yang akan dicek pulsanya untuk koneksi internet di Hp, secara otomatis bisa langsung masuk ke aplikasi tanpa harus membuat akun atau login terlebih dulu.
  • Akan tetapi jika tidak, Kamu harus masuk memakai akun yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Setelah berhasil masuk ke aplikasi My Smartfren di ponselmu, selanjutnya di halaman utama ditampilkan informasi tentang jumlah pulsa Smartfren yang Kamu miliki.
  • Di samping itu, masih di halaman yang sama akan menampilkan beberapa informasi menarik lainnya seperti kuota SMS, nelpon, kuota internet, dan nomor Smartfrenmu.
  • Selesai, kini Kamu pun sudah sukses mengetahui pulsa kartu Smartfrenmu.

Cek Pulsa Smartfren Via Website

Cara cek pulsa Smartfren terakhir yang bisa Kamu lakukan lainnya ialah dengan mengunjungi website resmi Smartfren. Kamu bisa melakukan cara ini di smartphone maupjn di laptop.

Keunggulan cara ini dibandingkan dengan cara menggunakan aplikasi ialah, Kamu tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Cukup mengunjungi web resmi Smartfren saja dan ketahui informasi tentang sisa pulsa Smartfren yang Kamu miliki.

Adapun langkah-langkah cara cek pulsa Smartfren via website ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka web browser di ponsel, komputer atau laptop yang Kamu miliki.
  • Jika sudah, silahkan kunjungi website Smartren di https://my.smartfren.com.
  • Setelah itu, Kamu bisa langsung login memakai username beserta password di akun Smartfrenmu. Akan tetapi, jika Kamu masih belum mempunyai akun, sebaiknya lakukan registrasi akun terlebih dahulu. Caranya cukup klik “Daftar” lalu isi data-data diri lengkap sesuai petunjuk.
  • Selanjutnya juka sudah masuk atau login, Kamu bisa melihat informasi tentang kartu Smartfren, seperti sisa pula Smartfren yang Kamu miliki, nomor Smartfren dan kuota internet yang tersisa.
  • Kini Kamu pun sudah sukses mengetahui jumlah sisa pulsa kartu Smartfren.

Diantara cara cek pulsa Smartfren yang dijelaskan di atas, mungkin yang paling mudah dan bisa dilakukan tanpa menyedot pulsa ialah dengan USSD atau dial up.

Akan tetapi, jika Kamu juga harus mengetahui informasi kuota dan paket internet terupdate yang ditawarkan oleh Smartfren, Kamu harus mengunduh aplikasi My Smartfren.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019