Cara Download Dokumen di Google Classroom

Cara Download Dokumen di Google Classroom

Bagaimana sih cara download dokumen di Google Classroom? Ya, Google classroom merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Google yang berfokus pada pembelajaran jarak jauh. Layanan ini merupakan layanan yang tergabung pada G suite for education, dimana proses pembelajarannya terhubung antara guru dan murid via online.

Dengan adanya layanan Google Classroom, tentunya membuat proses pembelajaran tak hanya dapat dilakukan secara luring (luar jaringan), tetapi juga bisa dilakukan di dalam jaringan (daring). Sistem pembelajaran seperti ini tentu saja tak terbatas waktu. Karenanya membuat interaksi antara guru dan murid dapat dilakukan kapanpun.

Read More

Menggunakan Google Classroom

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan Google Classroom ialah Kamu harus mengakses jaringan internet dengan koneksi yang stabil. Tujuannya supaya proses pembelajaran dalam jaringan bisa berjalan tanpa hambatan hanya gara-gara tidak ada pulsa atau tidak stabilnya jaringan internet.

Dengan menggunakan Google Classroom, maka guru bisa dengan mudah memberikan materi pembelajaran atau tugas yang tergabung pada kelas online. Jika kamu tidak tergabung dengan kelas online, maka kamu tidak bisa melihat tugas maupun materi ajar.

Dengan kecanggihan Google Classroom, guru tidak perlu repot-repot melakukan upload dokumen satu per satu. Sekarang ini, kamu bisa mengunggah dokumen secara keseluruhan dalam sekali upload saja, sehingga secara otomatis semua murid bisa langsung melihatnya.

Bagi kamu yang baru menggunakan Goolge Classroom pertama kali, pastinya akan merasa kebingungan jika hendak mengunduh dokumen di Google Classroom yang diberikan guru untuk dipelajari. Oleh karena itu, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara download dokumen di Google Classroom dengan sangat mudah. Namun sebelumnya, Kami akan membagikan kelebihan Google Classroom terlebih dahulu yang harus Kamu ketahui.

Apa Saja Sih Kelebihan Google Classroom?

Bagi kamu yang belum mengenal Google Classroom, ada beberapa kelebihan yang harus Kamu pahami terkait penggunaan Google Classroom itu sendiri. Adapun kelebihan tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Mobile Friendly

Google Classroom bisa digunakan baik lewat hp maupun laptop. Kususnya bagi Kamu yang memakai perangkat Hp untuk mengikuti aktivitas pembelajaran lewat Google Classroom, jangan khawatir mengoperasikannya karena aplikasi ini bersifat mobile friendly. Adapun tujuannya ialah agar semua murid dan guru bisa menggunakan aplikasinya dengan sangat mudah.

2. Semua File Tersimpan Otomatis di Google Drive

Jika guru atau murid melakukan sharing data berupa file dokumen, maka file dokumen tersebut akan secara otomatis tersimpan pada Google Drive. Ini artinya, file tersebut aman dan tidak akan hilang selama pengguna tidak menghapusnya.

Apabila Kamu memerlukannya untuk membuka file dokumen, maka kamu tinggal membukanya kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet. Tentu saja file yang akan kamu download masih tersedia di Google Drive.

3. Mempermudah Manajemen Tugas

Kelebihan dari Google Classroom yaitu bisa melakukan manajemen tugas dengan sangat mudah. Dimana nantinya, siswa yang berada di dalam kelas akan mengetahui informasi pemberian materi atau tugas kapan yang telah diberikan guru kapanpun.

Pemberitahuan tersebut bukan hanya pada aplikasi Google Classroom saja, tetapi juga akan masuk ke akun email yang terdaftar. Sehingga siswa tidak akan melewati berbagai informasi yang diberikan oleh guru.

Bukan itu saja, guru bisa dengan mudah mengidentifikasi siapa saja siswa yang telah mengerjakan tugas. Selain itu, siswa juga bisa dengan mudah dalam mengerjakan tugas, caranya dengan melihat Classwork. Untuk selanjutnya, guru tinggal memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan yang dikerjakan oleh siswa.

4. Tidak Memerlukan Kertas

Karena Google Classroom sepenuhnya dilakukan secara online, maka sepenuhnya juga bisa kamu lakukan pembelajaran dan menghafal materi berikut mengerjakan tugas secara online. Nilai yang kamu peroleh akan secara otomatis terekap oleh guru.

Tugas kepada siswa tergantung dari guru yang bersangkutan yang akan memberikannya baik berupa pilihan ganda maupun berupa essay. Karena master jawaban ada pada guru sehingga nantinya akan sangat mudah dalam menilai hasil tugas yang dikerjakan oleh siswa tanpa menggunakan kertas sekalipun.

Cara Download Dokumen di Google Classroom

Cara Download Dokumen di Google Classroom
Download Dokumen di Google Classroom

Download Dokumen di Google Classroom Mudah

Setelah mengetahui kelebihan tentang Google Classroom, Kamu pun bisa mengenal dan menggunakan Google Classroom dengan mudah. Untuk mengunakan Google Classroom bagi newbie, Kamu bisa mencoba cara pakai Google Classroom. Adapun jika ingin mengunduh dokumen, Kamu bisa mengikuti cara download dokumen di Google Classroom berikut :

  1. Pertama, pastikan Google Classroom telah terinstall di android atau smartphone. Apabila belum terpasang, silakan unduh dan install aplikasinya di Play Store.
  2. Selanjutnya, buka Google Classroom dan login memakai akun email atau google yang dimiliki.
  3. Setelah itu, tekan kelas berisi file tempat kamu untuk mengunduh file di dalamnya.
  4. Lalu pilih dokumen berisi file tertentu yang ingin kamu download.
  5. Silakan pilih dokumen yang ingin diunduh.
  6. Setelah file tersebut terbuka, tekan ikon kotak panah di ujung kanan bagian kanan atas.
  7. Ketika ingin mengunduh file, berbentuk PDF, PPT atau Word sebaiknya pastikan smartphone android telah terpasang WPS Office.
  8. Jika kamu sudah menekan ikon kotak panah, selanjutnya dokumen yang akan diunduh akan langsung beralih menuju WPS Office.
  9. Tekan Alat dan di menu berkas tekan Simpan Sebagai.
  10. Setelah itu, tekan tempat penyimpanan tertentu yang diinginkan, pilih telepon.
  11. Ketuk Simpan.

Bagaimana Cara Mengatasi Tidak Bisa Buka Dokumen dari Google Classroom?

Kendala tidak bisa mengakses dokumen di Google Clasroom tidak bisa terjadi jika perangkat yang kamu gunakan telah mendukung format dokumen, seperti DOC, DOCX, PDF dan lainnya.

Lain halnya jika berkas hasil unduhan di Classroom tiba-tiba saja tidak dapat dibuka lewat android, laptop, PC atau iPhone. Ini artinya, kamu tidak akan dapat menginstall aplikasi yang support format file di atas.

Sebagai solusinya, silakan cek kembal format file pada file yang telah diberikan. Jika format filenya dalam bentuk PDF, maka kamu bisa mencari software atau aplikasi PDF langsung yang support perangkat tersebut.

Kesimpulan

Menggunakan layaan Classroom memang menawarkan banyak keunggulan dan fitur menarik yang dapat mempermudah murid dan guru untuk berinteraksi atau mengerjakan tugas secara daring.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan Google Classroom adalah dapat memudahkan guru memberikan tugas, nilai, membuat arsip, berkomunikasi dan mengecek laporan secara realtime.

Layanan Classroom dari Google bisa kamu akses memakai akun Google. Guna menunjang kebutuhan pengguna, maka Google Classroom dapat terhubung pada layanan Google yang lainnya. Sebut saja ada Google Drive, Google Calendar, Gmail, Slide, Docs dan masih banyak lagi.

Ketika menggunakan Classroom, para pengguna juga dapat membuat postingan dan bertukar file layaknya di platform sosial media. Sehingga, dosen atau guru bisa memberikan latihan soal dan kisi-kisi dengan mudah.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara download dokumen di Google Classroom baik melalui Hp maupun laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Related posts