Cara Download Dokumen di Google Classroom

Bagaimana sih cara download dokumen di Google Classroom? Ya, Google classroom merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Google yang berfokus pada pembelajaran jarak jauh. Layanan ini merupakan layanan yang tergabung pada G suite for education, dimana proses pembelajarannya terhubung antara guru dan murid via online.

Dengan adanya layanan Google Classroom, tentunya membuat proses pembelajaran tak hanya dapat dilakukan secara luring (luar jaringan), tetapi juga bisa dilakukan di dalam jaringan (daring). Sistem pembelajaran seperti ini tentu saja tak terbatas waktu. Karenanya membuat interaksi antara guru dan murid dapat dilakukan kapanpun.

Read More

Menggunakan Google Classroom

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan Google Classroom ialah Kamu harus mengakses jaringan internet dengan koneksi yang stabil. Tujuannya supaya proses pembelajaran dalam jaringan bisa berjalan tanpa hambatan hanya gara-gara tidak ada pulsa atau tidak stabilnya jaringan internet.

Dengan menggunakan Google Classroom, maka guru bisa dengan mudah memberikan materi pembelajaran atau tugas yang tergabung pada kelas online. Jika kamu tidak tergabung dengan kelas online, maka kamu tidak bisa melihat tugas maupun materi ajar.

Dengan kecanggihan Google Classroom, guru tidak perlu repot-repot melakukan upload dokumen satu per satu. Sekarang ini, kamu bisa mengunggah dokumen secara keseluruhan dalam sekali upload saja, sehingga secara otomatis semua murid bisa langsung melihatnya.

Bagi kamu yang baru menggunakan Goolge Classroom pertama kali, pastinya akan merasa kebingungan jika hendak mengunduh dokumen di Google Classroom yang diberikan guru untuk dipelajari. Oleh karena itu, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara download dokumen di Google Classroom dengan sangat mudah. Namun sebelumnya, Kami akan membagikan kelebihan Google Classroom terlebih dahulu yang harus Kamu ketahui.

Terkait:  Cara Mengarsipkan Kelas di Google Classroom

Apa Saja Sih Kelebihan Google Classroom?

Bagi kamu yang belum mengenal Google Classroom, ada beberapa kelebihan yang harus Kamu pahami terkait penggunaan Google Classroom itu sendiri. Adapun kelebihan tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Mobile Friendly

Google Classroom bisa digunakan baik lewat hp maupun laptop. Kususnya bagi Kamu yang memakai perangkat Hp untuk mengikuti aktivitas pembelajaran lewat Google Classroom, jangan khawatir mengoperasikannya karena aplikasi ini bersifat mobile friendly. Adapun tujuannya ialah agar semua murid dan guru bisa menggunakan aplikasinya dengan sangat mudah.

2. Semua File Tersimpan Otomatis di Google Drive

Jika guru atau murid melakukan sharing data berupa file dokumen, maka file dokumen tersebut akan secara otomatis tersimpan pada Google Drive. Ini artinya, file tersebut aman dan tidak akan hilang selama pengguna tidak menghapusnya.

Apabila Kamu memerlukannya untuk membuka file dokumen, maka kamu tinggal membukanya kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet. Tentu saja file yang akan kamu download masih tersedia di Google Drive.

3. Mempermudah Manajemen Tugas

Kelebihan dari Google Classroom yaitu bisa melakukan manajemen tugas dengan sangat mudah. Dimana nantinya, siswa yang berada di dalam kelas akan mengetahui informasi pemberian materi atau tugas kapan yang telah diberikan guru kapanpun.

Pemberitahuan tersebut bukan hanya pada aplikasi Google Classroom saja, tetapi juga akan masuk ke akun email yang terdaftar. Sehingga siswa tidak akan melewati berbagai informasi yang diberikan oleh guru.

Bukan itu saja, guru bisa dengan mudah mengidentifikasi siapa saja siswa yang telah mengerjakan tugas. Selain itu, siswa juga bisa dengan mudah dalam mengerjakan tugas, caranya dengan melihat Classwork. Untuk selanjutnya, guru tinggal memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan yang dikerjakan oleh siswa.

Terkait:  Cara Bergabung di Google Classroom

4. Tidak Memerlukan Kertas

Karena Google Classroom sepenuhnya dilakukan secara online, maka sepenuhnya juga bisa kamu lakukan pembelajaran dan menghafal materi berikut mengerjakan tugas secara online. Nilai yang kamu peroleh akan secara otomatis terekap oleh guru.

Tugas kepada siswa tergantung dari guru yang bersangkutan yang akan memberikannya baik berupa pilihan ganda maupun berupa essay. Karena master jawaban ada pada guru sehingga nantinya akan sangat mudah dalam menilai hasil tugas yang dikerjakan oleh siswa tanpa menggunakan kertas sekalipun.

Cara Download Dokumen di Google Classroom

Cara Download Dokumen di Google Classroom
Download Dokumen di Google Classroom

Tutorial Download Dokumen di Google Classroom

Setelah mengetahui kelebihan tentang Google Classroom, Kamu pun bisa mengenal dan menggunakan Google Classroom dengan mudah. Untuk mengunakan Google Classroom bagi newbie, Kamu bisa mencoba cara pakai Google Classroom. Adapun jika ingin mengunduh dokumen, Kamu bisa mengikuti cara download dokumen di Google Classroom berikut :

1. Download Aplikasi

Menggunakan Google Classroom sebenarnya lebih mudah. Melalui aplikasi Google Classroom, Kamu pun bisa belajar ketika kamu sedang berada di luar rumah sekalipun tanpa menggunakan laptop. Sehingga Kamu tak perlu repot lagi ketika sedang berada di dalam perjalanan. Oleh karena itu, sebelum lanjut ke cara download dokumen di Google Classroom, pastikan Kamu mengunduh aplikasi Google Classroom terlebih dahulu.

Download aplikasinya lewat Google Classroom, kemudian cari Google Classroom di dalam opsi penelusuran aplikasi. Kemudian silahkan download aplikasinya, dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut sudah terinstal lewat perangkat hpmu. Selanjutnya, Kamu pun bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Akan tetapi, jika kamu merasa nyaman dengan menggunakan laptop, maka aplikasinya bisa langsung kamu instal di perangkat laptop melalui situs resmi Google Classroom. Dengan begitu kamu bisa melakukan pembelajaran secara online melalui google classroom memakai laptop.

2. Buka Aplikasi Google Classroom

Langkah cara download dokumen di Google Classroom selanjutnya ialah buka aplikasi Google Classroom. Jika aplikasinya sudah terinstal di hpmu, selanjutnya silahkan lakukan login dengan menggunakan akun Google milikmu untuk proses registrasinya.

Terkait:  Cara Download Foto di IG Tanpa Aplikasi

Jika sudah melakukan registrasi, maka kamu bisa memilih kelas yang sedang berlangsung untuk mendapatkan file dari Google Classroom.

3. Download Dokumen Lewat Hp

Setelah masuk ke kelas belajar, Kamu tinggal mencari menu 3 garis yang berada di bagian kiri atas pada layar hpmu lalu pilih opsi kelas. Setelah itu, cara download dokumen di Google Classroom berikutnya ialah cari letak file yang akan kamu unduh untuk bahan pembelajaran kamu.

Jika kebingungan, carilah postingan guru yang berisi dokumen yang akan kamu download pada bagian percakapan. Untuk memastikan bahwa file yang akan kamu download sudah sesuai, kamu bisa klik preview untuk melihat sekilas isi dari file dokumen tersebut.

Apabila file yang hendak kamu download sudah benar, selanjutnya klik tombol 3 titik yang berada di pojok sebelah kanan bagian atas. Disana kamu bisa menemukan fitur download di dalam menu yang tersedia. Silahkan klik download dan tunggu beberapa saat hingga proses download file dokumen berhasil di download.

4. Download Dokumen Lewat PC

Cara download dokumen di Google Classroom lewat PC sebenarnya cukup berbeda dari cara lewat hp. Adapun langkah pertamanya ialah masuk terlebih dahulu ke aplikasi Google Classroom yang sudah terinstal pada laptop lalu pilih kelas atau classwork.

Jika sudah pilih kelas, selanjutnya pilih tugas yang didalamnya ada file dokumen yang akan kamu download tersebut. Pilihlah file dokumen dengan mencari berkas yang akan kamu download.

Setelah menemukan file tersebut, silahkan klik tombol titik 3, selain itu bisa juga klik more action yang posisinya berada di pojok sebelah kanan atas. Jika sudah masuk, pilih open in new Windows dan kamu bisa langsung klik tombol download.

Apabila kamu kebingungan dimana letak tombol download, lihat ke sebelah kanan atas ada icon tanda panah yang mengarah ke bawah, itulah tombol download. Dengan klik icon tersebut, maka secara otomatis file yang dimaksudkan akan melakukan proses downloading.

Simpan file dokumen tersebut ke dalam perangkat laptop dengan masuk pada folder penyimpanan yang kamu inginkan. Sehingga nantinya bisa kamu cari dengan mudah, ketika akan melakukan pembelajaran secara mandiri.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara download dokumen di Google Classroom baik melalui Hp maupun laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Related posts