Cara Tune Up Mobil

Cara Tune Up Mobil
Cara Tune Up Mobil

Performa dari sebuah mesin kendaraan, baik itu roda dua atau roda empat sekalipun. Suatu saat pasti akan menurun seiring perjalanan waktu. Apalagi, kalau digunakan setiap hari. Ada kalanya, entah turun mesin dan masalah lainnya mulai bermunculan. Oleh sebab itu, penting untuk kalian cari tahu cara tune up mobil. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Hal serupa dilakukan juga terhadap kendaraan. Jangan sampai, terjadi kecelakaan di jalan raya yang diakibatkan karena kelalalaian dari pengecekan kondisi mobil. Umumnya, Kamu perlu lakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah sebelum mulai berpergian. Mulai dari oli mesin, putaran kipas pendingin, filter, selang bensin, dan lain sebagainya. Harus pasti aman.

Ganti timing belt, dianjurkan mulai dilakukan setelah menempuh 50.000 km. Sedangkan air filter atau lebih sering disebut dengan saringan udara, dilakukan pergantiannya setelah masuk jarak tempuh sejauh 10.000 km. Perkara kondisi mesin sendiri, kalau kalian orang awam dan tidak terlalu paham segera lakukan pemeriksaannya di bengkel. Biayanya juga terjangkau loh.

Cara Tune Up Mobil

Cara Tune Up Mobil
Cara Tune Up Mobil

Cara Tune Up Mobil Avanza

Salah satu merek kendaraan roda empat yang kerap disebut-sebut sebagai mobil keluarga, itu adalah Avanza. Toyota Avanza terbaru keluaran tahun 2022, memiliki desain yang sangat berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Tampak lebih mewah, elegan, dan berani. Kisaran harga yang dipatok di pasarannya, mulai dari Rp 228,3 juta sampai dengan Rp 342,8 juta.

5 varian segar dari Toyota Avanza, untuk kalian yang sedang mencari mobil berkualitas tapi harganya relatif terjangkau. Ada 1.3E MT terdiri dari 7 kursi, dengan 1329 cc. Lalu, 1.5 G MT yang kapasitas mesinnya capai 1496 cc. Kemudian, jenis 1.5 G CVT TSS, 1.3 E CVT, serta 1.3 E STD. Model lampu  double seperti voxy dan vellfire, dan ada teknologi LED juga.

Bagian interior yang bisa kalian modifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna. Fitur bawaan dari perusahaan yang sudah sangat lengkap. Head unit dengan model touchscreen, konektor USB ke smartphone, dan masih banyak lagi. Tapi ingat, kembali sebelum lakukan perjalanan jauh, sebaiknya Kamu perlu lakukan cara tune up mobil Avanza. Simak disini!

1. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Kalian yang ingin praktekan cara tune up mobil, apapun itu merek mobilnya perlu persiapkan peralatan terlebih dahulu. Kali ini, karena yang dibahas adalah mobil Toyota Avanza ada hal yang sedikit berbeda dari Avanza Xenia. Pertama-tama mulai dengan memasang pelindung di bagian interior maupun eksterior dekat mesin kendaraan. Setelah itu, Kamu bisa langsung cek.

2. Melepaskan Filter Udara

Cara tune up mobil berikutnya, adalah melakukan pengecekan di engine management system. Berhasil, melihat kualitas dari sistem tersebut. Kalian dapat memulai bongkar filter untuk periksa saringan udara pada kendaraan. Bila tampak sangat hitam, maka direkomendasikan ganti dengan yang baru. Namun, kalau hanya 1/3 nya saja yang terlihat menghitam, masih ok.

Siasati dengan lakukan pembersihan menggunakan udara bertekanan. Caranya, bisa langsung minta bantuan dari montir yang ada di bengkel. Setelah selesai melakukan pemeriksaan filter, jangan lupa tutup kembali tempat filternya sampai rapat. Kalau di Toyota Avanza, modelnya bukan menggunakan baut. Melainkan, seperti klip yang dapat dibuka tutup secara mudah.

3. Lakukan Pemeriksaan pada Sistem Pendinginan

Berlanjut ke pemeriksaan di bagian sistem pendingin, khususnya pada reservoir. Apabila air yang didalamnya masih berisi full, maka tidak ada yang perlu diutak atik kembali. Kemudian, kalian dapat memeriksa radiator. Apakah terdapat kebocoran di dalamnya atau tidak. Hal ini, bisa diketahui dengan cara memperhatikan tutup radiator. Pasang, dan coba penekanan udara.

4. Pemeriksaan di Bagian Radiator

Penekanan udara ini, diberikan sesuai dengan kapasitas tekanan tutup adaptornya. Contoh, di angka 1.1 psi. Kondisi aman, ditunjukkan melalui tidak berubahnya penunjuk jarum di alat tekanan udara. Artinya, tetap sama seperti ketika pertama kali dipasangkan alatnya. Namun, bila terdapat pergerakan di jarumnya, kemungkinan besar ada kebocoran di bagian reservoir.

5. Lakukan Pemeriksaan pada Baterai

Langkah selanjutnya, cara tune up mobil yang perlu kalian perhatikan adalah periksa bagian kondisi dari baterai kendaraan. Pertama kali, perhatikan body dari baterai tersebut. Lanjut ke kondisi dari terminal, serta voltase akinya. Apabila dibutuhkan, lakukan juga pemeriksaan dari sisi elektrolit. Hanya saja, dibutuhkan penanganan khusus supaya tidak berbahaya.

Alat yang kalian butuhkan untuk melakukan pengecekan pada bagian baterai kendaraan, yaitu avometer digital. Selain pengukurannya dijamin lebih akurat, angka yang ditunjukkan pun tampak lebih teliti. Otomatis, hasil yang terlihat dapat memastikan bahwa kondisi dari baterai tetap bagus atau sebaliknya. Bukan hanya sekedar perkiraan, tapi ada data yang bersifat valid.

Cara Tune Up Mobil Sigra

Buat kalian yang masih bingung dengan arti dari tune up, dapat diartikan sebagai cara untuk lakukan penyetelan kembali dari semua komponen yang terpasang di kendaraan. Langkah- langkahnya cukup sederhana. Oleh karena itu, bisa dikerjakan di rumah saja. Asalkan, Kamu dibekali dengan informasi atau pengetahuan yang mumpuni. Biar, tidak asal menyimpulkan.

Cara tune up mobil Sigra, hampir tidak jauh berbeda dengan merek Toyota. Kendaraan hasil produksi dari Daihatsu ini, perlu kalian lakukan perawatan secara berkala. Terlebih, kalau jangka waktu pemakaiannya sudah lama. Tujuannya, agar setiap komponen yang terpasang di mesin dapat awet. Selain itu, diharapkan performanya juga bisa turut meningkat. Stay safe!

Beberapa gejala yang sering ditunjukkan ketika kendaraanmu membutuhkan tune up ini, ada 2 hal. Pertama, disaat mesin mobil terasa berat. Misalnya, saat jalanan menanjak kemampuan dari mobilmu tampak tidak mampu melaluinya. Kedua, ketika pengeluaran bahan bakar dari kendaraan tampak lebih boros dari sebelumnya. Kamu, bisa perhatikannya di Speedometer.

Malas lakukan pemeriksaan kondisi kendaraan secara pribadi? Langsung saja minta bantuan dari para ahli. Bawa ke bengkel resmi terdekat dari tempat tinggalmu. Kalau mobilmu adalah Daihatsu Sigra, ada poin-poin penting yang nantinya akan dicek saat dibawa ke montir. Apa saja kira-kira hal yang akan diperiksa disana? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  • Ganti oli mesin
  • Tune up mesin + rem
  • Ganti ban serep
  • Ganti oli garden atau diferensial
  • Ganti busi
  • Inspeksi 150 poin atau full inspection
  • Derek atau towing
  • Problem inspection atau pengecekan masalah
  • Tune up mesin

Pastikan untuk mengetahui model mobil pribadimu. Apakah termasuk Ceria, Ayla, Feroza, Copen, dan lain sebagainya. Kemudian, periksa keluaran tahun berapakah kendaraan yang akan kalian tune up. Terakhir, pilih varian dari mobilnya. Termasuk ke dalam manual di 1000 cc atau malah 1000 cc automatic. Yakin dengan semua informasi dasar tersebut, yuk dicek.

Maksudnya, disini cek perkiraan harganya ya… ada salah satu situs rekomendasi seperti montir.id yang bisa diakses tanpa harus memiliki akun. Pesan via online, cek konsumsi biaya sebelum dibawa ke bengkel. Bisa juga, download aplikasinya di Play Store. Mager nih mau ke bengkelnya? Tenang.. mekanik montir yang akan datang ke rumahmu. Ada garansinya!

Sekian penjelasan mengenai cara tune up mobil di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. See you on the next topics. Stay safe, and enjoy your days. Bye!

Related posts