Cara Mengecek ISBN Buku

Bagaimana cara mengecek ISBN Buku? ISBN atau singkatan dari International Standard Book Number, yang menyatakan nomor seri dari sebuah buku. Jadi, ISBN merupakan badan yang berwenang menerbitkan kode pada produk buku.

Nomor seri ISBN pada buku biasanya dijadikan sebagai identitas buku. Jika kalian gemar membaca, mungkin sering melihat kode ISBN. Dalam hal ini, ISBN biasanya digunakan untuk mengecek keaslian buku. Karena ISBN adalah bukti keaslian sebuah buku yang diterbitkan.

Pengertian ISBN

ISBN (International Serial Book Number) adalah nomor seri yang terdiri atas kode unik dan seringkali dijadikan identitas sebuah produk buku.

Dengan adanya ISBN maka akan melindungi karya seseorang dari plagiat. Melalui pengecekan ISBN buku, maka kita akan melihat detail informasi identitas buku itu sendiri.

Ada beberapa informasi yang disajikan, seperti nama penulis, judul buku, penerbit, hingga unsur lainnya.

Karena ISBN hanya dikeluarkan oleh instansi pemerintah yang berwenang yaitu oleh Perpusnas. Bagi kalian yang ingin mendaftarkan hasil karyanya harus melalui instansi tersebut.

Tujuannya karya yang tertuang dalam bentuk bacaan atau buku yang memiliki hak paten dapat terdokumentasikan.

ISBN yang berjumlah 13 angka unik diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di London. Sedangkan Perpusataan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada setiap penerbit yang berada di Indonesia dan Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Pendaftaran ISBN sangat mudah dilakukan, hanya perlu mendaftar ISBN dengan mengunggah berkas, melakukan verifikasi berkas yang diinput sesuai dengan permintaan pernerbit. Untuk selanjutnya, jika ISBN sudah diterbitkan, maka penerbit bisa mendownloadnya secara mandiri lewat akun penerbit.

Jika kalian butuh informasi lebih lanjut tentang pendaftaran ISBN dan informasi lainnya, silakan kunjungi laman web resmi ISBN di : https://ISBN.perpusnas.go.id/.

Apa Saja Fungsi ISBN?

Bagi kalian yang tertarik dengan informasi mengenai fungsi ISBN, berikut penjabarannya :

1. Memperkuat Identitas Buku

Dasar utama dari adanya ISBN adalah untuk menguatkan identitas dari buku yang di edarkan. Dengan adanya ISBN ini, dapat diketahui judul buku yang telah terdaftar, penulis buku, hingga penerbitnya. Sehigga legalitas buku tersebut terjamin.

ISBN bisa menjadi pembeda antara buku yang satu dengan buku lainnya walaupun tema dari isi buku tersebut sama. Akan tetapi, melalui adanya ISBN ini bisa meminimalisir resiko buku tertukar ketika melakukan pembelian buku.

2. Mengetahui Siapa Saja Penulisnya

Menariknya lagi, penulis yang ingin mendaftar ISBN sebenarnya tidak perlu mengurusnya sendiri, karena semuanya akan di urus oleh penerbit yang menerbitkan hasil karyanya. Hal ini bisa memotivasi banyak penulis dalam menjual hasil karyanya. Selain itu, dapat meningkatkan produktivitas penulis di Indonesia.

Berbicara mengenai pendaftaran hasil karya untuk mendapatkan ISBN, maka sekarang sudah dipermudah melalui layanan satu pintu. Jika sudah ada informasi terkait buku yang akan diedarkan, maka sudah menjadi bagian dari database bibliografi.

Database tersebut biasanya akan muncul pada terbitan Katalog Dalam Terbitan (KDT) yang berada di Perpustakaan Nasional Indonesia.

3. Menjamin Kredibilitas Buku

Salah satu unsur penting untuk melihat legalitas buku yang di edarkan di pasaran adalah adanya kode ISBN tersebut. Dengan adanya ISBN, maka kredibilitas buku tidak perlu diragukan lagi. Bahkan kebanyakan buku yang telah terdaftar dengan kode ISBN merupakan best seller.

Hal ini dikarenakan setiap penerbit yang menerbitkan hasil karya seseorang akan dibantu oleh tim khusus. Terutama dari kalangan editor yang berpengalaman dan professional, karenanya bisa menjamin mutu dan kualitas isi buku, sehingga buku tersebut menjadi layak disebarluaskan.

4. Membantu Mempromosikan Buku

ISBN seperti sebuah kode penjamin dari karya seseorang, artinya dengan adanya ISBN pada buku yang diedarkan akan membantu dalam promosi buku tersebut. Bukan sekadar mengejar royalty saja, tapi lebih ke arah memastikan apakah isi buku yang dimaksud benar-benar layak untuk di baca orang lain ataukah tidak.

Dengan adanya ISBN, maka cakupan edarnya akan semakin luas karena masyarakat dapat melihat ISBN sebagai dasar untuk meyakinkan diri mereka ketika ingin membaca bacaan yang berkualitas.

5. Ikut Berperan Aktif Mengembangkan Perpustakaan Nasional

Mengecek ISBN biasanya akan dilakukan pada situs resmi milik perpustakaan nasional. Dasarnya adalah, setiap buku yang sudah mendapatkan ISBN akan secara otomatis terdaftar di situs resmi milik pemerintah tersebut.

Dengan demikian, maka kita sebagai penikmat buku, secara tanpa sadar ikut berperan aktif dalam menghidupkan perpustakaan nasional Indonesia. Selain itu juga, ikut mendukung pada penulis aktif di Indonesia.

6. Mendukung Pendistribusian Buku

ISBN sebagai salah satu upaya dalam memperlancar pendistribusian buku ke setiap toko buku yang ada di seluruh Indonesia. Mungkin kalian pernah mendengarnya ada kesalahan pendistribusian dalam pengiriman buku, baik itu ke toko buku atau langsung ke pembeli. Kesalahan ini akan terjadi apabila distributor tidak memahami arti penting dari ISBN tersebut.

Jika tidak disertakan ISBN, maka proses distribusi tidak akan berjalan lancar dan tentu saja rawan akan tindakan kriminal. Hal ini tentu bisa menyebabkan kerugian materil terutama bagi penulis dan penerbit.

Sekali lagi, ISBN dapat membantu pendistribusian dan menghindari tertukarnya buku yang di pesan oleh toko buku maupun pembeli . Dengan demikian, kelancaran proses distribusi buku bisa tercapai dengan baik.

Cara Mengecek ISBN Buku

Cara Mengecek ISBN Buku
Tutorial Mengecek ISBN Buku

Untuk mengecek ISBN buku, kalian harus tahu kode bukunya terlebih dahulu, yang biasanya nterdiri dari 13 kombinasi angka yang sangat unik yang biasa di letakan pada bagian sampul belakang buku. Berikut cara mengecek ISBN buku yang bisa kalian ikuti di bawah ini :

1. Masuk ke situs resmi perpusnas

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah masuk ke situs resmi perpusnas denan masuk pada laman resminya di https://ISBN.perpusnas.go.id/.

Kalian bisa membuka laman tersebut dengan menggunakan browser baik pada laptop maupun pada hp smartphone asalkan memiliki koneksi internet yang cukup.

2. Ketik Nomor ISBN

Setelah laman resminya terbuka. Selanjutnya di halaman pertama dari laman tersebut akan terlihat kolom isian untuk beberapa pencarian di antaranya pencarian judul, pengarang, penerbit, dan ISBN.

Karena kalian ingin mencari hasil karya seseorang menggunakan nomor ISBN, maka silakan untuk memasukan nomor ISBN pada kolom yang telah disediakan lalu centang tulisan ISBN nya. Terakhir tinggal klik kolom pencarian tepat di sebebelah kanan dari kolom isian tersebut.

3. Hasil Pencarian ISBN

Setelah klik kolom pencarian, selanjutnya kalian akan di bawa pada laman baru yang berisi mengenai informasi dari ISBN yang kalian masukan. Informasi tersebut, mulai dari judul buku, seri, pengarang, penerbit, dan tidak lupa nomor ISBN nya.

Namun, jika sesudah menginputkan nomor ISBN, tapi ternyata tidak ada informasi apapun yang keluar, maka besar kemungkinan buku yang kalian miliki merupakan buku illegal. Atau buku tersebut bukan keluaran resmi dari penerbit langsung.

Itulah cara mengecek ISBN buku yang sangat mudah hanya melalui laman resmi dari perpustakaan nasional. Dengan mengecek buku tersebut maka kalian sebagai pembaca buku ikut mewujudkan dan mendukung buku-buku berkualitas dan legal secara hukum.

Related posts