5+ Cara Agar Pintar dan Cerdas Tanpa Belajar Lagi

Cara Agar Pintar
Cara Agar Pintar

Pintar memiliki banyak arti. Salah satunya yaitu, perilaku yang mampu kamu olah dari waktu ke waktu secara teratur. Lantas, cara agar pintar itu seperti apa sih?

Kepintaran seseorang bisa dibentuk sedari usia dini. Bahkan sejak masih di dalam kandungan pun seseorang sudah dapat distimulasi kecerdasannya. Berikut adalah beberapa caranya:

Cara Agar Pintar

Cara Agar Pintar
Cara Agar Pintar

Cara agar pintar satu ini, patut kamu coba terutama untuk para calon orang tua yang sedang menunggu buah hati lahir ke dunia. Pasti aman, karena informasi diambil langsung dari saran para dokter ahli kandungan. Yuk, coba!

1. Hindari Asap Rokok dan Minuman yang Mengandung Alkohol

Hai moms, untuk kamu yang sebelumnya terbiasa minum minuman beralkohol atau parahnya lagi menghisap batang nikotin sebaiknya langsung stop saat sedang mengandung. Harus ya!

Sebab, berdasarkan dari American Academy of Pediatrics disebutkan bahwa ibu hamil sangat dilarang untuk mengkonsumsi alkohol. Karena, tidak ada batasan minimum yang aman untuk hal tersebut. Termasuk, menghirup asap rokok.

2. Rutin Mengkonsumsi Telur

Maka dari itu, supaya si kecil nantinya bisa tumbuh pintar dan cerdas kamu harus rajin untuk mengkonsumsi telur. Pasalnya, zat kolin yang ada di dalam kuning telur sangat bagus dalam membentuk pertumbuhan otak bayi. Secukupnya saja makannya, tidak berlebihan.

3. Olahraga Ringan

Cara agar pintar satu ini, tidak hanya berlaku untuk para moms saja. Kamu yang masih single atau bahkan lansia sekalipun sangat dianjurkan melakukannya. Apalagi, kalau bukan olahraga.

Tidak perlu olahraga berat seperti mengangkat beban atau push up. Kamu bisa mulai dengan meditasi, yoga, atau berjalan kaki setiap hari. Lakukan selama 15-30 menit secara rutin.

4. Dengarkan Musik dan Gerakan Menari

Musik klasik seringkali dianggap sebagai media yang dapat menstimulasi perkembangan otak pada janin. Ternyata, itu fakta dan mitos. Karena sebenarnya, semua genre musik itu baik.

Dimana efek dari mendengarkan musik itu sendiri, bisa mendorong nalar visual yang bersifat sementara. Begitupula dengan menari yang bisa dukung integrasi keterampilan sensorik dan motorik pada bayi maupun orang dewasa.

5. Ajak Si Kecil Berbicara dan Membaca

Selanjutnya, kamu harus rajin mengajak si kecil untuk mengobrol secara aktif saat masih ada di dalam kandungan. Karena dengan begitu, bayi akan dengan mudah mengenal kata-kata.

Membaca juga sangat bagus untuk perkembangan kecerdasan si kecil. Bahkan, bisa membuat ikatan batin antara ibu dan bayi jadi lebih kuat. Biasakan hal tersebut mulai dari sekarang ya moms.

Cara Agar Pintar Tanpa Belajar

Mau pintar tanpa harus belajar? Bisa dong. Bukan sepenuhnya kamu tidak belajar. Melainkan, caranya saja yang diubah agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Berikut tipsnya:

  1. Asah soft skill kamu dengan berlatih setiap hari
  2. Bergabung dengan orang-orang yang memiliki tingkat kepintaran tinggi
  3. Mengikuti update sosial media yang bersifat edukatif dan informatif
  4. Pergi ke tempat yang baru sambil melakukan observasi
  5. Ikuti perkembangan berita terkini, baik melalui media online ataupun offline
  6. Jangan malu untuk bertanya tentang hal apapun yang tidak kamu pahami
  7. Mainkan games yang dapat membantu kamu untuk mengasah kemmpuan otak

Cara Agar Pintar Berbicara

Kepintaran seseorang dapat terlihat dari segi sensorik dan motoriknya. Nah, buat kamu yang ingin terlihat pintar di hadapan umum. Maka, harus jago juga komunikasinya. Ini tipsnya:

  1. Biasakan diri untuk bertatapan atau kontak mata dengan orang yang diajak berbicara
  2. Perhatikan intonasi suara saat sedang mendeskripsikan sesuatu
  3. Tunjukkan bahasa tubuh yang tepat dengan pengucapan kalimat yang disampaikan
  4. Latih indera pendengaran kamu melalui musik atau mendengarkan berita
  5. Berikan rasa empati saat memberikan saran kepada lawan bicara

Sudah merasa pintar kan sekarang? Biar makin sempurna kepintaran kamu, simak juga cara agar otak cepat menangkap pada artikel sebelumnya. Learn with fun!

Related posts