Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Apakah kamu resah dengan keberadaan aplikasi bawaan yang tidak terpakai di perangkat milikmu? Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan tersebut? Artikel kali ini akan membantumu menghapus aplikasi dengan cepat dan mudah.

Apa Aplikasi Bawaan itu?

Aplikasi bawaan adalah sebutan yang diberikan untuk aplikasi yang terinstall di HP kita bahkan saat kondisi HP baru. Aplikasi ini biasanya tergantung sistem operasi dan perusahaan produsen HP tersebut. Terkadang, aplikasi dari sponsor yang ikut mendukung produsen HP pun sudah terpasang di HP sebagai aplikasi bawaan. Karena tak semua aplikasi dibutuhkan oleh pemilik, biasanya pemilik mencari cara menghapus aplikasi bawaan di HP miliknya. Lantas, apa saja aplikasi bawaan itu?

Aplikasi bawaan biasanya merupakan aplikasi yang dibutuhkan oleh seorang pengguna selama menggunakan ponsel. Untuk aplikasi bawaan yang tersedia pun bermacam-macam tergantung merk dan produsen ponsel tersebut. Namun ada beberapa aplikasi yang hampir terdapat di semua merk ponsel, yaitu :

  • Chrome. Aplikasi Chrome adalah versi mobile dari Google Chrome yang merupakan web browser utama di sebagian HP Android. Meskipun, tak jarang HP dengan merk tertentu pun mengikutkan aplikasi web browser kepunyaan mereka di dalam HP yang dijual di pasaran.
  • Google Play Store.¬†Aplikasi ini merupakan aplikasi wajib bagi HP Android. Pasalnya, Google Play Store merupakan aplikasi yang mengijinkan pengguna HP untuk mengunduh dan menginstall aplikasi Android yang ada di dalam Google Play Store. Google Play Store hadir sebagai aplikasi bawaan sebagai satu grup bersama Google Play Book, Google News and Weather, Google Calendar, Google Contact, dll.
  • Radio FM. Meskipun sudah jarang sekali perangkat kekinian yang memasukkan fitur ini ke dalam produk pasaran mereka, namun aplikasi Radio FM sempat booming beberapa tahun silam. Hampir semua HP yang dirilis sebelum tahun 2016, memiliki aplikasi radio FM sebagai aplikasi bawaannya.
  • WPS. Aplikasi ini adalah aplikasi pengolah kata, angka dan presentasi yang dikemas dalam bentuk aplikasi Android. Kebutuhan seseorang untuk melakukan pekerjaan melalui HP membuat para produsen HP berinisiatif untuk menambahkan aplikasi WPS sebagai aplikasi Office nya HP. Ini dikarenakan WPS merupakan software opensource yang gratis dan memiliki fitur yang sudah menyerupai aplikasi buatan Microsoft.

Beberapa Aplikasi yang Pantang Dihapus

Meskipun merasa tidak menggunakan aplikasi bawaan, namun kita tak boleh seenaknya menghapus semua aplikasi bawaan dari HP kita. hal ini dikarenakan aplikasi bawaan terkadang bekerja di belakang layar, melakukan pekerjaannya sembari kita berselancar ria di dunia maya. Daftar aplikasi bawaan yang tak boleh dihapus antara lain :

  • Google Play Service. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bekerja di belakang layar. Kamu tak akan menemukan aplikasi ini di daftar aplikasi HP mu, namun selama kamu menggunakan akun Google dan melakukan aktivitas bersosial media, aplikasi ini selalu aktif. Ingat, aplikasi ini tak boleh dihapus meskipun terlihat tidak pernah kamu gunakan.
  • Aplikasi Telepon. Apakah kamu menyadari bahwa aplikasi Telepon yang ada di HP mu untuk melakukan panggilan termasuk aplikasi bawaan? Ya tentu karena aplikasi tersebut sudah terinstall saat kamu membeli HP dalam kondisi baru. Namun meskipun termasuk ke dalam aplikasi bawaan, kamu tak boleh sembarangan menghapus aplikasi ini dari HP mu. Apa jadinya Ponsel milikmu tanpa kemampuan menelepon? Telepon seluler macam apa yang tidak memiliki aplikasi Telepon?
  • ¬†Aplikasi Kontak. Seorang kawan lama menghubungimu, dan kamu ingin menyimpan nomornya. Aplikasi Kontak adalah aplikasi yang bertugas untuk menyimpan data nomor semua kontak di HP mu. Jangan sembarangan menghapus aplikasi kontak karena berpotensi kamu tidak akan pernah tahu siapa yang sedang menghubungimu.
  • Aplikasi Jam. Aplikasi Jam termasuk salah satu aplikasi bawaan paling penting dari sebuah HP. Bayangkan, seberapa banyak orang saat ini yang lebih sering melihat jam melalui HP daripada melihat jam di jam dinding atau jam tangan? Bahkan keberadaan jam dinding pun sudah mulai tergantikan dengan jam di HP kita masing masing. Untuk itu, jangan pernah sembarangan menghapus aplikasi Jam dari ponselmu.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Sekarang, bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan? Banyak cara yang diajarkan di internet mengenai bagaimana menghapus aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan sistem root. Namun hal ini berisiko tinggi dapat berpengaruh pada performa HP karena salah menghapus komponen sistem HP. Di lain sisi, ada juga yang mengajarkan menggunakan aplikasi CCleaner. Namun, hal ini dirasa tidak efisien karena CCleaner justru menambah beban aplikasi di perangkat HP dan tidak menyelesaikan masalah. Lalu bagaimana cara efektif dan efisien untuk menghapus aplikasi bawaan?

Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android

Bagi kamu pengguna HP Android, untuk menghapus aplikasi bawaan bukanlah hal yang sulit. Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka pengaturan Kemudian, pilih aplikasi dan notifikasi.
  • Pilih lihat semua aplikasi.
  • Lalu, pilih aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus.
  • Klik Uninstall untuk menghapus aplikasi tersebut. Apabila tidak ada pilihan uninstall, Anda bisa memilih pilihan disable.

Lakukan cara ini kepada setiap aplikasi bawaan yang tidak kamu gunakan. Pastikan pula untuk tidak menghapus aplikasi bawaan yang penting.

Menghapus Aplikasi Bawaan di HP iPhone

Bagi kamu pengguna iPhone, kamu tentu ingin menghapus aplikasi bawaan juga. Tak perlu risau karena cara menghapus aplikasi bawaan di iPhone sangat mudah, yaitu :

  • Tekan agak lama ikon aplikasi yang akan dihapus.
  • Kemudian pilih Delete App.
  • Pilih Delete lagi untuk menyelesaikan penghapusan aplikasi.

Sebenarnya, aplikasi di iPhone tidak bisa dihapus. Namun, setelah peluncuran iPhone 10, Apple memperbolehkan beberapa aplikasi bawaan yang dianggap tak berguna. Aplikasi itu termasuk Calculator, Calendar, Compass, Contacts, FaceTime, Home, iBooks, iCloud Drive, iTunes Store, Mail, Maps, Music, News, Notes, Podcasts, Reminders, Stocks, Tips, Videos, Voice Memos, Watch dan Weather.

Manfaat Menghapus Aplikasi Bawaan

Menghapus aplikasi bawaan tentu membawa dampak positif bagi si pengguna HP. Manfaat yang didapat dari menghapus aplikasi bawaan adalah :

  • Membebaskan RAM. Meskipun tidak berjalan, keberadaan aplikasi bawaan di HP kamu berpotensi untuk memakan ruang di RAM perangkatmu. Bagi para pengguna HP kentang mungkin sudah berpengalaman bagaimana rasanya ketika RAM terlalu penuh. Performa HP akan sangat lambat dan tidak maksimal. Menghapus aplikasi bawaan berarti memberikan ruang agar HP mu dapat bekerja maksimal sesuai kebutuhanmu.
  • Irit Konsumsi Baterai. Apabila performa HP ringan, konsumsi baterai tidak akan terlalu boros. Itu artinya jika kamu menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai, kamu akan lebih irit dalam penggunaan baterai HP mu.

Demikian adalah artikel terkait cara menghapus aplikasi bawaan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Selalu berhati-hati dalam berteknologi, jangan hapus aplikasi bawaan sembarangan. Meskipun itu terlihat seperti tidak kamu gunakan, bukan berarti ia tidak berguna. Semoga bermanfaat.

eN Ha Syarief
Penulis Blog, Pengajar Les Matematika, Ilustrator, Stand Up Comedian. Apapun yang berpeluang disebut profesi. Tidak punya pekerjaan dan gaji tetap, karena yang terpenting adalah tetap bekerja, agar tetap memperoleh gaji.