Cara Setting Bluetooth Audio Mobil

cara Setting Bluetooth Audio Mobil

Sebenarnya cara setting bluetooth audio mobil sebenarnya sangat mudah. Momen ternyam saat mengemudi mobil ialah sembari mendengarkan lagu favorit memakai audio mobil. Menyetir sembari mendengarkan musik menjadikan suasana berkendara lebih hidup bahkan bisa mencegah rasa ngantuk, sehingga sangat pas untuk perjalanan jarak jauh. Namun, tentu saja volume-nya harus dalam batas wajar. Sebab jika terlalu keras, bisa membahayakanmu saat berkendara.

Apalagi untuk mobil versi terbaru saat ini telah dilengkapi head unit yang berteknologi tinggi memakai layar sentuh sehingga bisa difungsikan ke dalam berbagai hal, semisal GPS, berkomunikasi dan media hiburan.

Read More

Bagi Kamu yang baru memakai audio mobil, pastinya untuk audio mobil yang dilengkapi bluetooth harus benar-benar memahami cara setting audio bluetooth mobil.

Mengenal Audio Mobil dengan Bluetooth

Sebenarnya ada 2 jenis audio mobil bluetooth yang sering dijumpai, diantaranya audio mobil 2DIN dan 1DIN. Audio mobil 1DIN adalah audio player yang biasanya hanya dapat dipakai untuk mendengarkan suara atau audio saja, entah itu radio atau musik. Audio mobil 1 DIN memiliki bentuk yang lebih kecil dan simpel, belum lagi harganya lebih murah dibanding audio 2DIN.

Sementara, audio mobil 2 DIN adalah jenis sistem audio player dengan dukungan monitor, karenanya ukuran audio 2DIN ini lebih besar daripada 1DIN. Belum lagi, audio mobil jenis 2DIN pun dapat dipakai untuk menonton video atau dijadikan GPS pada beberapa jenis tertentu.

Cara Setting Bluetooth Audio Mobil

cara Setting Bluetooth Audio Mobil
Setting Bluetooth Audio Mobil

Panduan Setting Bluetooth Audio Mobil

Jika Kamu sudah mengetahui tipe audio mobil yang memakai bluetooth, kini Kamu harus tahu cara setting bluetooth audio mobil. Berikut ini, langkah-langkah yang bisa digunakan untuk mengatur bluetooth audio mobil, diantaranya :

1. Memilih Menu Setup

Pertama-tama, silahkan nyalakan perangkat audio mobil, lalu pilih opsi Setup. Apabila tak terlihat di menu utama, Kamu bisa mencari setup di audio mobil.

2. Memilih Opsi Menu System

Cara setting bluetooth audio mobil selanjutnya setelah ada di menu setup, seelanjutnya Kamu bisa memilih menu system.

3. Memilih Bluetooth Setup

Di bagian system, ada beberapa opsi menu lainnya, Kamu tinggal memilih bluetooth setup jika ingin melanjutkan proses setting bluetooth audio mobil.

4. Memilih Paired Device List

Jika sudah memasuki bluetooth setup, Kamu tinggal memilih opsi Paired Device List agar bisa menemukan perangkat lainnya.

5. Memilih Device

Cara setting bluetooth audio mobil selanjutnya ialah pilih device menyesuaikan perangkat yang akan dihubungkan. Lalu pilih opsi menu Connect. Jika perangkat lain belum terlihat, pilih opsi menu search.

6. Bluetooth Setting

Langkah selanjutnya atur bluetooth, kemudian pastikan posisi pengaturan bluetooth dalam posisi ON. Entah itu, device atau audio. 

Menyambungkan Bluetooth ke Mobil

Untuk menyambungkan bluetooth dari hp ke audio mobil, ada beberapa langkah yang bisa dicoba berikut :

1. Memastikan Audio Mobil Menyala

Pastikan dulu audio mobilmu selalu aktif, dengan menyalakan audio. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa menghubungkan ke perangkat bluetooth head unit harus sudah mempunyai koneksi bluetooth.

2. Nyalakan Bluetooth di Smartphone

Sesudah sistem audio mobil telah menyala, serta bluetooth-nya menyala, Kamu tinggal mengaktifkan bluetooth di perangkat hpmu. Adapun caranya, masuk ke dalam menu pengaturan lalu nyalakan bluetooth. Apabila bluetooth sudah menyala, silahkan buat terlihat atau visible oleh seluruh perangkat. Tujuannya supaya sinyal bluetooth dari audio mobil dengan smartphone dapat terkoneksi.

3. Memutar Musik di Smartphone

Setelah itu, pastikan audio mobil dan smartphone telah terkoneksi menggunakan bluetooth, silahkan coba memutar musik di perangkat smartphone-mu. Apabila Kamu mempunyai platform pemutar musik, putar musik memakai platform atau aplikasi tersebut.

4. Memastikan Sistem Audio Musik Dapat Berjalan Lancar

Apabila smartphone dan audio sudah terkoneksi, cek dengan memilih play, next dan pause lewat tombol pada tape mobil. Kamu pun bisa mengganti saluran lagu lewat smartphone atau tape mobilmu.

5. Nikmati Musik

Cara setting bluetooth audio mobil dengan hp selanjutnya setelah semuanya terkoneksi, Kamu bisa mendengarkan lagu sesuai seleramu. Pastikan baterai ponselmu cukup, apalagi jika Kamu memakainya untuk mendengarkan musik di sepanjang perjalanan terutama untuk perjalanan jarak jauh.

Setting Audio Mobil di Berbagai Perangkat Lainnya

Selain cara setting bluetooth audio mobil di atas, Kamu juga bisa mencoba cara tersebut di beberapa perangkat berikut :

1. Setting Bluetooth Audio Mobil di Kabel Analog AUX

Sebenarnya, cara setting audio mobil dengan metode ini paling murah dan mudah. Apabila mobilmu telah dilengkapi kabel audio, pastinya lebih mudah. Kamu hanya perlu memasang perangkat kabel analog ke dalam outlet auxiliary dengan bentuk seperti jack speaker atau headphone. Namun jika tak ada, dapat memakai kaset adapter, dimana kabel auxnya dapat disambungkan ke hpmu.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan ambil perangkat kabel aux, lalu colokkan ke dalam lubang android, dan nyalakan tape di mobil.
  • Selanjutnya pastikan perangkat hp terhubung ke lubang aux dengan benar.
  • Pilih opsi menu av atau aux yang ada di layar tape.
  • Setelah itu, putar lagu di ponselmu.
  • Selanjutnya, lagu tersebut akan langsung bisa didengarkan di speaker mobil.

2. Setting Audio Mobil Memakai FM Transmitter

Ini adalah opsi menyambungkan hp ke audio mobil dengan menggunakan FM Transmitter. Namun yang harus dilihat adalah fitur ini biasanya hanya dapat dipakai apabila tidak tersedia osi di atas. Hanya saja, cara ini biasanya tergantung dari sinyal ketika audio mobil tersambung ke pancaran radio.

Hanya saja, kekurangannya ialah kualitas musik atau lagu yang diputar tersendad sebab fitur ini biasanya hanya mengandalkan sistem pancaran audio. Selain itu, kualitas suara yang dihasilkannya kurang begitu bagus, hal ini jauh berbeda dari kualitas audio atau suara yang diputar lewat hp.

Apabila mobilmu telah dilengkapi oleh semua fitur pemutar lagu di atas, tentu saja Kamu sangat beruntung. Namun jika tidak, tinggal pilih saja fitur atau perangkat di atas untuk memberikan kenyamanan saat mengendarai mobil.

3. Kabel USB

Cara menyambungkan audio mobil dari hp ini juga cukup mudah. Melalui kabel USB, Kamu dapat menghubungkan bersama perangkat penyimpanan eksternal yang lainnya. Setelah semuanya tersambung, Kamu dapat memilih musik yang tersimpan agar dapat diputar melalui audio mobil.

Adapun untuk menyambungkan lagu dari hp ke audio mobil melalui USB, adalah sebagai berikut :

  • Apabila port USB sudah cocok dengan perangkat audio mobil, Kamu cukup menyambungkan hp memakai adapter yang sesuai.
  • Pastikan sambungan port USB dapat mengidentifikasi hpmu.
  • Apabila hp telah tersambung dan berlaih ke dalam media penyimpanan, Kamu tinggal memilih USB Connection Mode atau USB Mass Storage saja.

Kenap Bluetooth Audio Mobil Tidak Bisa Connect?

Untuk pemula, tak jarang memiliki masalah perangkat bluetooth audio mobil yang tak bisa connect. Jika Kamu mengalaminya, cek dulu apakah perangkat bluetooth di hp sudah aktif atau belum.

Jika sudah aktif tapi tetap tak bisa terhubung atau tidak connect, sebaiknya pastikan perangkat bluetooth hp bisa terlihat. Sebab ada beberapa jenis bluetooth hp yang harus melakukan pengaturan agar bluetooth di hp bisa terlihat perangkat lain.

Apabila tak ada masalah di bluetooh hp, coba cek bluetooth di dalam audio mobil. Selain itu, pastikan bluetooth pada audio mobil dalam posisi on, agar bisa mencari perangkat lainnya.

Demikian ulasan tentang cara setting bluetooth audio mobil dan cara mengatasi bluetooth audio mobil yang tak bisa connect. Semoga membantu!

Related posts