Cara Cek Nomor As

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh provider Telkomsel, sebagai operator telekomunikasi seluler yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Adapun salah satunya ialah jangkauan dan layanannya yang tersebar luas di seluruh wilayah tanah air. Selain itu, pengguna AS sebagai salah satu produk Telkomsel juga bisa mengecek nomor kartu AS sendiri dengan cara cek Nomor AS mudah yang telah disediakan provider raksasa ini.

Ya, Telkomsel memang menawarkan berbagai macam pilihan kartu perdana, seperti kartu simPATI, Loop, Kartu As, dan kartu Halo untuk pascabayar.

Sebelum pemerintah mewajibkan pendaftaran untuk setiap pengguna kartu SIM, tentu saja ada banyak pengguna yang memiliki beberapa nomor ponsel. Tidak sedikit pula yang kerap berganti SIM Card khusus untuk internet, karena mereka biasanya mencari provider yang harganya terjangkau.

Jika Kamu yang aktivitasnya sangat bergantung dengan beberapa nomor ponsel sekaligus, pasti Kamu sering lupa nomor ponselmu sendiri, seperti saat ingin melakukan pengisian kuota internet atau pulsa.

Karena itu, penting sekali mengetahui pengecekan nomor ponsel sendiri, sebab jika ada beberapa hal penting, orang lain biasanya akan langsung meminta nomor ponselmu sendiri untuk menjalin komunikasi.

Bagi para pengguna Telkomsel khususnya kartu As, ada beberapa pilihan cara cek nomor As yang bisa Kamu gunakan di bawah ini!

Cara Cek Nomor Kartu As

Cara Cek Nomor As
Cek Nomor As | Img by: Freepik.com

Kartu AS adalah produk kartu GSM pasca bayar dari Telkomsel yang sangat pas bagi Kamu yang menginginkan kartu seluler dengan jangkauan sinyal terbaik.

Kartu AS juga turut memberikan banyak pilihan bonus yang harganya cukup terjangkau untuk tiap paket internet yang ditawarkan. Terutama tarif SMS dan telepon yang lebih terjangkau daripada produk Telkomsel yang lainnya.

Jika Kamu membutuhkan nomor As-mu untuk keperluan pengisian ulang pulsa/kuota internet atau bahkan untuk keperluan lain, tapi tiba-tiba lupa dengan nomor As sendiri, bisa coba cara cek nomor As di bawah ini :

1. Cek Nomor As Melalui Dial Phone

Cara yang satu ini mungkin sudah sangat familiar bagi Kamu yang ingin mengecek nomor As sendiri dengan cepat. Hanya saja, untuk melakukannya Kamu harus menghafal kode dial up yang dipakai untuk mengetahui nomor As yang Kamu gunakan.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama-tama tekan nomor atau kode dial up di *808# di layar ponsel, lalu tekan Yes/Ok/Call.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saaat sampai muncul tampilan pop up otomatis di Hpmu yang berisi informasi mengenai nomor kartu As yang Kamu gunakan.
  • Sebagai pengingat, Kamu bisa melakukan capture atau screenshot layar untuk menyimpan informasi tentang nomor As yang Kamu gunakan. Silahkan pilih “dismiss”  setelah selesai melakukannya.

Cara cek nomor Kartu As yang satu ini biasanya akan dikenakan biaya dengan tarif terjangkau, yaitu sekitar Rp. 55 saja. Jadi, pastikan Kamu memiliki pulsa reguler yang mencukupi saat akan memakai layanan dial up ini.

2. Cek Nomor As Via Aplikasi My Telkomsel

Sama halnya dengan provider besar di Indonesia lainnya, Telkomsel juga turut memberikan layanan aplikasi untuk mempermudah para penggunanya mengakses semua informasi tentang produk Telkomsel. Adapun aplikasi tersebut bernama My Telkomsel.

Aplikasi My Telkomsel, memungkinkan Kamu untuk mendapatkan informasi tentang fitur-fitur berikut ini :

  • Bisa mengecek jumlah pulsa As, masa aktif kartu As, dan paket internet yang aktif.
  • Bisa memantau jumlah serta penggunaan kuota  atau data dan mengecek masa aktifnya.
  • Bisa mengakses nomor As melalui sosial media dan email yang Kamu miliki.
  • Bisa melakukan pengisian ulang pulsa apabila Kamu mempunyai nomor Prabayar dari Telkomsel, atau melakukan pembayaran tagihan bagi pengguna Pascabayar.
  • Bisa melakukan pembelian paket Telkomsel, seperti paket SMS, nelpon, Internet hingga paket Maxstream.
  • Bisa mengetahui lokasi outlet grapari terdekat yang ada di kotamu.
  • Bisa mengetahui status nomor Telkomsel dan jumlah POIN Telkomsel.
  • Bisa melakukan redeem atau penukaran POIN Telkomsel ke berbagai pilihan tawaran yang tersedia di merchant program Telkomsel POIN.

Itulah beberapa layanan dan fitur yang tersedia di aplikasi My Telkomsel yang bisa Kamu gunakan.
Bagi Kamu yang ingin mengetahui nomor As sendiri di aplikasi My Telkomsel, maka Kamu dapat mengakses My Telkomsel dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Pastikan kuota data kartu As-mu mencukupi untuk melakukan cara cek nomor As via My Telkomsel ini.

Cara Mengecek Nomor Kartu As

Ini dia langkahnya:

  • Pertama-tama silahkan download kemudian install aplikasi My Telkomsel terlebih dahulu di ponselmu.
  • Jika aplikasi sudah terpasang, silahkan buka aplikasi tersebut. Lalu untuk penggunaan aplikasi pertama kali, Kamu biasanya harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu.
  • Setelah membuka aplikasi, pilih layanan bahasa yang Kamu gunakan. Setelah itu tap di tombol Masuk.
  • Selanjutnya masukkan nomor AS yang Kamu gunakan dan tap untuk melanjutkan. Kamu pun bisa login memakai akun Twitter atau Facebook, tapi pastikan nomor kartu As yang Kamu pakai harus terdaftar sebelumnya.
  • Setelah itu, tunggu beberapa lama dan pihak Telkomsel akan langsung mengirimkan OTP berbentuk 4 digit angka lewat SMS.
  • Untuk aplikasi My Telkomsel terbaru, biasanya kode verifikasi sudah tak lagi dikirimkan ke beberapa perangkat smartphone, sebagai gantinya Telkomsel akan mengirimkan link. Dengan link ini, nomor Telkomselmu tetap aman dari aksi penipuan, sebab link yang Kamu terima lewat SMS tak dapat dibuka apabila diteruskan lagi ke nomor lain.
  • Setelah menerima link SMS, Kamu cukup mengkliknya dan secara otomatis Kamu bisa login ke aplikasi.
  • Di halaman utama aplikasi MyTelkomsel, akan tersedia nomor As yang Kamu gunakan yang sudah terdaftar pada aplikasi.

Jadi, untuk melakukan cara cek nomor As menggunakan aplikasi MyTelkomsel, Kamu harus mendaftar nomormu terlebih dahulu. Jika sudah melakukan pendaftaran, Kamu cukup login memakai akun Facebook/twittermu, selanjutnya Kamu bisa mengecek dan mengetahui nomor As sendiri.

3. Cara Cek Nomor Kartu As Lewat Bantuan Operator

Nah, bagi Kamu pengguna kartu As, Kamu bisa menghubungi layanan call center Telkomsel untuk mengetahui nomor As yang Kamu gunakan. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama sillahkan buka menu panggilan di Hpmu.
  • Setelah itu, tekan nomor 188 di ponsel dan klik Panggil.
  • Selanjutnya Kamu bisa berbicara langsung dengan staf customer service Telkomsel dan bisa menanyakan tentang nomor kartu As milikmu.

Layanan ini biasanya berbayar, mulai dari Rp. 300 hingga Rp. 400,- per panggilan.

Bagi kamu yang sedang berlibur atau pergi ke luar negeri, maka Kamu bisa menghubungi nomor +628110000333 di menu panggilan.

Namun jika Kamu kebetulan lupa membawa ponsel yang menggunakan SIM Card Telkomsel, sebaiknya hubungi call center layanan nasional di 0807-1811-811.

Jadi, nomor layanan tersebut dapat dihubungi walaupun dari provider/operator lain, seperti XL atau Indosat misalnya.

Nah, itulah 3 pilihan cara cek nomor As yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Bagaimana, sangat mudah kan?

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019