Cara Reset Remote AC Samsung

Bagaimana cara reset remote AC Samsung? Samsung, sebagai pabrikan asal dari Korea Selatan, menawarkan banyak pilihan produk elektronik berkualitas yang digemari masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terkecuali untuk produk AC atau air conditioner-nya. Namun sayangnya, sesudah pemakaian dalam waktu yang lama, baik AC maupun remote AC kerap mengalami kendala. Apabila remoet AC-mu mengalami kerusakan, maka Kamu harus me-reset remote AC Samsung milikmu.

Penyebab AC Tidak Bisa Diremote

Sebelum membahas cara reset remote AC Samsung, Kamu harus mengetahui beberapa masalah yang terjadi pada remote AC. Berikut ulasannya :

1. Daya yang Tersimpan Pada Baterai Remote Habis

Sebenarnya, selain Kamu mulai melakukan cara reset remote AC Samsung pastikan dulu apakah remotenya sudah rusak atau baterai remote-nya yang ternyata sudah habis.

Seperti kita ketahui, biasanya remote kontrol bisa dipakai sebagaimana dengan fungsinya, sebab remote biasanya memiliki baterai. Kehadiran baterai di dalam remote AC ini sangat penting, memiliki fungsi utama dalam menyalakan layar pada remote. Selain itu, juga dapat membantu mengkoneksikan sensor di dalam remote ke dalam sensor yang terdapat pada unit indoor.

Apabila daya baterainya habis, remote tentu saja tak dapat dipakai. Adapun cirinya yaitu layar remote meredup atau mungkin tak menunjukkan layar remote sebagaimana dalam kondisi normal.

Terkait:  Cara Reset Password Gmail

Maka dari itu, apabila AC-mu tak dapat di remote tiba-tiba, maka langkah awal yang harus dilakukan ialah mengecek kondisi baterai pada remote. Cobalah menggantinya menggunakan baterai baru.

Biasanya remote AC memakai baterai berukuran A3, dimana dapat Kamu peroleh baik di minimarket maupun warung.

2. Sensor AC Tidak Responsive atau Bermasalah

Penyebab AC tak dapat di remote selanjutnya ialah bisa saja ada masalah yang terjadi dalam sensor AC. Berikut beberapa masalah yang bisa terjadi diantaranya :

  • Mata sensor yang terkena air. Biasanya terjadi sesudah AC dicuci, lalu AC menjadi tak bisa dinyalakan memakai remote. Mata sensor pada unit indoor kemungkinan terkena oleh cipratan air ketika AC diberishkan.
  • Soket sensor yang mengenor. Biasanya penyambungan antara bagian PCP modul dengan sensor memakai sistem socket. Meskipun hal tersebut tergolong kuat, sebab lamanya penggunaan membuatnya longgar atau kendor. Di samping itu, kotoran seperti partikel atau debu yang menempel pada socket bisa menjadi penyebab sensor menjadi tidak responsive.
  • Sensor melemah. Terkadang sensor AC mulai melemah, jadi sudah tak lagi responsive seperti sedia kala. Hal tersebut terjadi akibat sensor yang sudah lama dipakai. Meskipun demikian, biasanya hal ini masih dapat diatasi dengan cara menggantinya memakai yang baru.
  • Mata sensor yang tertutup oleh cap unit indoor. Ketika Kamu membersihkan AC, cap Indoor pastinya akan dilepas. Setelah selesa, Kamu akan memasangnya kembali. Namun seringkali proses pemasangan pada cap indoor kurang tepat sehingga bisa menutupi bagian sensor AC. Inilah yang membuat sensor pada unit indoor dengan sensor remote AC jadi tidak connect.

3. Thermistor Bermasalah

Meskipun jarang, tapi thermistor bermasalah juga dapat menyebabkan AC tak dapat dimatikan atau dinyalakan memakai remote. Adapun fungsi utama dari thermistor ialah sebagai otomatis untuk mengatur suhu ruangan di mesin AC.

Terkait:  Cara Reset Printer Epson L120

Untuk AC tertentu, biasanya kerusakan thermistor akan ditandai oleh lampu timer yang kedap kedip. Selain itu, juga dapat menimbulkan bunyi “tuling tuling”.

4. PC Modul Error

Komponen PCB Modul bisa dikatakan sebagai komponen utama dengan fungsi mengontrol seluruh proses pendinginan dalam unit AC. Hal ini juga termasuk dalam menyalakan dan mematikan AC memakai remote. Apabila terjadi error pada moduk, masalah AC tentu saja tak akan dapat di remote.

Ada beberapa penyebab terjadinya error pada PCB, mungkin bisa disebabkan oleh tegangan rendah atau tinggi, atau ada komponen tertentu yang terbakar. Selain itu juga, tak menutup kemungkinan ada kabel acak-acakan akibat korsleting atau digigit tikus.

5. Remote AC Sudah Rusak, dan Tidak Dapat Digunakan

Adapun ciri remote AC mulai rusak yaitu ada bercak hitam pada bagian layar. Selain itu, masalah lainnya adalah sensor infrared pada remote AC sudah tak dapat menghubungkan pada sensor yang terdapat dalam unit indoor. Apabila hal tersebute terjadi, sebagai solusinya Kamu perlu mengganti remote tersebut.

Remote AC original dapat Kamu beli di jasa service center Samsung jika Kamu memakai AC merek Samsung. Atau Kamu juga bisa membelinya lewat teknisi AC yang sering Kamu gunakan jasanya.

Apabila terpaksa sulit mendapatkan remote AC yang original, bisa jadi karena sudah tak lagi produksi, Kamu bisa memakai remote AC universal. Selain harganya lebih murah, tentu saja remote AC universal ini dapat digunakan di semua merk AC.

Cara Reset Remote AC Samsung

Cara Reset Remote AC Samsung
Reset Remote AC Samsung

Reset Kode dan Setting Remote AC Samsung

Tentu saja berbeda dari cara melakukan setting pada remote AC Samsung yang baru, biasanya lebih mudah sebab secara otomatis tersambung pada perangkat. Namun dalam remote AC universal sendiri, diperlukan kode remote yang ditujukan untuk sinkronisasi. Kode remote tersebut biasanya terdiri dari 3 digit angka, kemudian dimasukkan saat proses pengaturan dilakukan.

Terkait:  Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Sebenarnya cara reset remote AC Samsung memakai remote universal tak akan dapat dilakukan jika tanpa memakai kode. Sebab remote tak akan merespon. Semenara itu, kode remote yang digunakan pada AC samsung sendiri kodenya mulai dari 610 hingga 629. Adapun cara setting-nya ialah sebagai berikut :

1. Nyalakan AC Samsungmu

Kamu harus menyalakan AC yang Kamu miliki terlebih dahulu. Karena remote AC rusak atau hilang, maka untuk menghidupkannya yaitu lewat tombol power di AC indoor.

2. Tekan Tombol Power Pada Remote Universal

Cara reset remote AC Samsung selanjutnya, pada remote universal Kamu tinggal menekan power sampai keluar angka suhu atau temperature di layarnya. Silahkan tekan lalu tahan tombol bertuliskan SET sampai muncul 3 angka berupa “000” di samping kanan bawah layar mulai berkedip.

3. Tekan Tombol Temp

Kamu bisa menekan tombol temp pada remote ke atas sampai angka yang tepat dengan memakai range kode AC Samsung. Seperti sudah dijelaskan di atas, kode reset untuk remote AC samsung sendiri ada di range 610 hingga 629.

4. Kunci Kode yang Sudah Dimasukkan

Jika telah terkoneksi, biasanya AC Indoor akan langsung berbunyi bip. Selanjutnya tekan OK di remote AC jika ingin mengunci kode yang dimasukkan tersebut, selanjutnya remote pun mulai bisa Kamu pakai.

Jika Kamu ingin membuka kunci pada remote AC Samsung lagi, tinggal tekan (+) pada remote beserta (-) dalam waktu bersamaan. Apabila temperatur yang terlihat bukan celcius, tapi fahrenheit. Kamu pun bisa melakukan pengaturan remote AC Samsung ke celcius dari fahrenheit dengan menekan Off dan Autp sampai 3 detik maupun lebih.

Demikianlah ulasan tentang cara reset remote AC Samsung yang dapat Kamu ikuti langkah-langkahnya apabila remote AC Samsungmu mengalami kerusakan dan ingin menggantinya dengan remote AC universal.

Related posts