Cara Reset Mesin Cuci Electrolux

Bagaimana sih cara reset mesin cuci Electrolux? Tiap produk elektronik memiliki usia tersendiri, yang mana terkadang kita sering mengalami sejumlah masalah yang terjadi. Hal tersebut terjadi bisa saja karena pengguna sering mengabaikan prosedur pabrik, serta kurangnya melakukan pemeliharaan rutin.

Sama halnya dengan alat elektronik umumnya, produk mesin cuci Electrolux pun kerap mengalami beberapa masalah berupa karusakan komponen atau terjadinya error. Di samping itu, ongkos penggantian suku cadang dan perbaikannya pun bisa dikatakan cukup mahal.

Read More

Pada beberapa kasus masalah yang sifatnya cukup ringan, tentunya masih bisa diperbaiki tanpa bantuan seorang teknisi. Namun, jika modulnya rusak secara otomatis bisa berpengaruh pada keseluruhan kinerja mesin cuci itu sendiri.

Dengan mahalnya biaya perbaikan inilah, membuat banyak orang seringkali lebih memilih cara reset mesin cuci Electrolux. Namun sebelumnya, bagi Kamu yang tertarik memilih mesin cuci Electrolux, Kamu tentu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan mesin cuci Electrolux terlebih dahulu.

Kelebihan Mesin Cuci Electrolux

Jika Kamu masih ragu memilih mesin cuci Electrolux, mungkin perlu mengetahui kelebihan brand Electrolux terlebih dahulu. Berikut ulasan keunggulan mesin cuci Electrolux :

1. Termasuk Merk Global

Mesin cuci Electrolux adalah mesin cuci dari brand perusahaan global, karena perusahaan ini cukup populer bahkan bisa bersaing bersama merk terkemuka lainnya. Bahkan reputasi produsen Electrolux sendiri terbilang baik, sebab sudah memperoleh kepercayaan hingga dari jutaan konsumennya.

Terkait:  Cara Reset Password Gmail

Brand atau perusahaan telah memfokuskan diri merakit produk peralatan rumah tangga maupun peralatan khusus dari kalangan profesional. Selain itu, brand sendiri adalah kelebihan utama karena faktor utama banyak orang melakukan pembelian biasanya karena faktor brand itu sendiri.

2. Praktis dan Hemat Listrik

Mesin cuci diproduksi brand Electrolux biasanya mengutamakan penggunaan listrik yang lebih irit, terlebih seri motor inverter bisa menghemat energi sampai 70%. Sehingga, Kamu tak pusing lagi untuk memikirkan beban biaya tagihan per bulannya.

Melakukan pencucian pakaian dengan mesin cuci Electrolux sendiri leibh praktis, Kamu bahkan dapat melakukan aktivitas multitasking di waktu bersamaan. Ini artinya, ketika mengoperasikan perangkat Kamu bisa sembari mengerjakan beberapa pekerjaan rumah lainnya.

3. Produk Berkualitas

Jika dilihat dari reputasi merk, produk mesin cuci Electrolux mempunyai kualitas yang tak diragukan lagi melalui dukungan pelayanan terbaik. Ada banyak varian kapasitas dan produk menyesuaikan kebutuhan calon pelanggannya.

Teknologi dan fiturnya tentu tak usah diragukan kembali, sebab merk ini didesain secara serius guna memenuhi kebutuhan bagi para profesional. Dapat dikatakan, ini sebanding dengan epsaing lain bahkan dari segi aspek tertentu lebih unggul.

4. Terdapat Panduan Lengkap

Berbeda dari merk lainnya, merk Electrolux sendiri menawarkan panduan lengkapi bagi tiap jenis produk yang ada di katalog penjualan. Biasanya hal sepele tersebut seringkali dilupakan produsen besar, justru padahal pengguna memerlukan buku petunjuk.

Tak hanya versi hardcopy-nya, tetapi Kamu juga dapat memperoleh file berupa manual book secara digital via website resmi pabrik Electroluc. Panduan berupa berbagai macam aturan keselamatan instalasi, metode penanganan kendala dan petunjuk operasional.

Kekurangan Mesin Cuci Electrolux

Melalui banyaknya kelebihan mesin cuci Electrolux, ternyata masih ada kekurangan yang dimiliki. Berikut ini :

1. Harga Produknya Mahal

Meskipun banyak kelebihan, Electrolux menawarkan harga yang cukup mahal jika dibandingkan merk lainnya. Inilah yang menjadikan para pelanggan yang budgetnya terbatas mesti mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk bisa memiliki mesin cuci Electrolux.

Terkait:  Cara Reset Password Windows 10

2. Tingginya Biaya Service

Walaupun mesin cuci ini lebih awet digunakan untuk jangka waktu yang lama, namun biasanya tergantung dari penggunaan produk itu sendiri. Jika ada perangkat yang rusak, harga suku cadang dan biaya service-nya cukup tinggi. Inilah bahan pertimbangan yang seringkali membuat calon pembeli harus berpikir dua kali untuk membeli produk ini atau tidak.

Kendala Ringan Pada Mesin Cuci

Di bawah ini ada beberapa kendala umum yang bisa terjadi dan umumnya dapat diatasi dengan cara reset mesin cuci Electrolux. Diantaranya sebagai berikut :

1. Papan Kontrol yang Macet

Papan kontrol biasanya berisi beberapa tombol dengan fungsinya tersendiri untuk menjalankan peralatan mesin cuci. Menjalankan perangkat tentu saja harus sesuai dengan prosedur buku petunjuk secara resmi. Sehingga jangan pernah menekannya sembarangan.

Adapun kesalahan pemakaian terkadang menyebabkan tombol pada mesin cuci macet, seringkali tak dapat menjalankan instruksi start/pause. Namun Kamu tak usah khawatir jika mengalami hal ini, tinggal reset saja dan unit pun akan kembali normal.

2. Kode Error yang Muncul

Pada mesin cuci otomatis biasanya memiliki fitur berupa self diganosis untuk mendeteksi terjadinya malfungsi sekaligus memberi informasi ke pihak penggunanya. Pemberitahuan kode error biasanya muncul di display papan kontrol dan perlu diterjemahkan sendiri.

Adapun kode kesalahan ini adalah tanda unit telah mengalami permasalahan atau kendala ringan hingga berat, karena itu membuat mesin cuci menolak operasional. Pada beberapa kasus yang sederhana, biasanya dapat diatasny dengan melakukan reset modul.

Cara Reset Mesin Cuci Electrolux

Cara Reset Mesin Cuci Elektrolux
Reset Mesin Cuci Electrolux

Tutorial Reset Mesin Cuci Electrolux

Memahami perbaikan biasanya akan meminimalisir ketergantungan layanan service pada orang lain. Selain itu juga dapat membantu meminimalisir pengeluaran yang tak dibutuhkan selama kita dapat mengatasi masalah yang cenderung ringan.

Terkait:  Cara Reset Macbook

Adapun cara reset mesin cuci Electrolux sendiri dapat dijadikan solusi sebelum Kamu menghubungi jasa perbaikan mesin cuci. Ini dia langkah-langkah untuk me-reset mesin cuci Electrolux :

1. Reset Mesin Cuci Electrolux Semua Tipe

Cara reset mesin cuci Electrolux ini biasanya dapat bekerja di seluruh produk mesin cuci Electrolux, entah itu yang bertipe top loading maupun front loading. Berikut langkah-langkahnya :

  • Tekan power jika ingin mematikan mesin cuci.
  • Silahkan cabut kabel power pada stop kontak untuk menghentikan aliran arus listrik.
  • Diamkan selama sekitar 10 menit.
  • Tekan kemudian tahan start atau pause hingga 5 detik dan lepaskan.
  • Hubungkan kabel power kembali ke steker seperti sedia kala.
  • Nyalakan mesin cuci dan jalankan siklus.

2. Reset Mesin Cuci Electrolux Front Loading

Langkah kedua dapat dicoba jika mesin cuci Electrolux yang Kamu pakai berjenis front loading, yang mana papan kontrol ada tombol yang dapat diputar.

  • Matikan display pada papan kontrol caranya dengan menekan on/off.
  • Silahkan tekan kemudian tahan tombol pause atau start dan tombol pilihan terdekat dengan bersamaan.
  • Ketika Kamu menahan perpaduan tombol tersebut, lalu putar cycle searah dengan arah jarum jam.
  • Selanjutnya mesin akan berkedip atau berbunyi “bip” lalu lepaskan lagi tombol kombinasi.
  • Putar kembali tombol cycle dengan perlahan serta berhenti di tiap klik, lakukan terus hingga mentok.
  • Kini ubah ke dalam pengaturan apapun lalu matikan unit.

Sebenarnya ada banyak sekali permasalahan yang dapat diatasi sendiri, bahkan membuat unit bisa berfungsi lagi. Dengan begitu, cara reset mesin cuci Electrolux dapat dilakukan sebagai solusi sebelum menghubungi service center. Semoga bermanfaat!

Related posts