Cara Auto Admit Google Meet

Cara Auto Admit Google Meet

Tahukah Kamu, bagaimana cara auto admit Google Meet? Jika masih belum tahu caranya, mari simak ulasannya sampai habis disini. Melalui Meet Auto Admit, maka Kamu nggak perlu ribet lagi melakukan invite orang ke dalam rapat secara manual. Kamu tinggal menginstal programnya, untuk sisanya sistem ekstensi yang akan menangani hal tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa Meet Auto Admit merupakan ekstensi dari Chrome gratis, untuk memungkinkanmu melakukan invite peserta rapat dengan mudah. Cukup dengan klik ‘Admit’ saja di Google Meet, secara otomatis peserta rapat akan langsung ditambahkan. Bahkan bisa juga dengan menambahkan ‘Admit All’ apabila beberapa orang telah tergabung pada rapat bersama.

Read More

Apabila Kamu menyelenggarakan meeting secara pribadi lewat platform Google Meet yang memungkinkan banyak peserta rapat, tentu akan sangat melelahkan jika harus mengundang satu per satu. Namun dengan memakai ekstensi bernama Meet Auto Admit ini, Kamu bisa melakukan hal tersebut secara auto-pilot. Caranya hanya perlu menginstal ekstensi Chrome tersebut. Dengan begitu, saat ada anggota rapat baru meminta bergabung, ekstensi tersebutlah yang akan menerimanya langsung ke dalam rapat.

Cara Auto Admit Google Meet

Cara Auto Admit Google Meet
Tutorial Auto Admit Google Meet

Tutorial Menerima Peserta Rapat via Google Meet

Cara auto admit ke Google Meet sebenarnya cukup mudah dan praktis. Dengan mengisntal Meet Auto Admit yang berasal dari Chrome Store. Untuk selanjutnya, ekstensi tersebut akan langsung bekerja sendiri. Jika instalasi sudah  berhasil dilakukan, Kamu akan mendapati ikonnya pada bilah alat yang ada di Chrome.

Kini Kamu tinggal membuka aplikasi Google Meet, kemudian buat rapat lalu share kode ke orang-orang yang akan Kamu undang. Saat mereka meminta bergabung ke dalam rapat, kini ekstensi akan langsung mengizinkan mereka untuk masuk otomatis. Dengan kata lain, ekstensi ini terus menerima pengguna ke dalam rapat tanpa harus Kamu yang melakukannya.

Melalui cara auto admit Google Meet inilah, Kamu bisa memakai ekstensi sederhana ini untuk lebih menghemat waktumu dengan Google Meet. Tinggal instal, kemudian ekstensi tersebut secara otomatis akan membiarkan beberapa orang mengikuti ruang rapat. Entah itu bergabung secara bersamaan atau satu per satu, dan ekstensi tersebut akan langsung mengurus penerimaan bergabung dengan sendirinya.

Cara Invite Google Meet

Selain cara auto admit Google Meet, Kamu juga bisa melakukan invite manual di Google Meet. Di setiap pertemuan online melalui Google Meet tentu saja biasanya ada host atau pemimpin rapat yang akan mengundang peserta yang lainnya. Selanjutnya fitur invite di aplikasi Google Meet umumnya dilakukan oleh dosen atau guru untuk melakukan invite murid-muridnya.

Begini cara invite manual di Google Meet untuk pemimpin rapat atau pengajar, berikut ini :

  • Silahkan buka situs atau aplikasi Google Meet.
  • Kemudian ketuk opsi Mulai Rapat kemudian pilih “Gabung Sekarang”.
  • Lalu muncul tampilan pop up bertuliskan “Share This to Invite Others”.
  • Kamu bisa memilih “Share” kemudian bagikan link lewat grup Telegram atau WhatsApp.

Di samping lewat cara membagikan link, Kamu juga bisa mengajak di Google Meet dapat dilakukan dengan menuliskan nama peserta meeting atau email peserta. Kamu tinggal ikuti tutorial berikut ini :

  • Jika sudsah berhasil membuat rapat Kamu tinggal ketuk “Add People”.
  • Kemudian tulis nama pengguna atau email di kolom yang telah tersedia.
  • Selanjutnya undangan rapat pun langsung masuk ke email mereka.

Itulah cara invite Google Meet yang dapat dilakukan secara manual. Jika ada cara yang lebih mudah tanpa harus mengundang orang satu per satu, alangkah baiknya Kamu mencoba cara auto admit Google Meet.

Mengenal Kelebihan Google Meet

Selain bisa menggunakan ekstensi Chrome untuk melakukan cara auto admit Google Meet, ternyata ada segudang kelebihan yang bisa Kamu dapatkan dengan memakai Google Meet. Dengan memakai Google Meet, Kamu bisa melakukan meeting kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas waktu. Apalagi jika diharuskan rapat mendadak saat di luar jam kerja misalnya. Maka Kamu bisa memakai Google Meet sebagai platform meeting online.

Lebih dari itu, ternyata ada banyak kelebihan memakai Google Meet, diantaranya :

1. Bisa Belajar Kapan pun dan Dimana pun

Layanan Google Meet yang utama ialah melakukan panggilan video. Dengan layanan inilah, tentu saja pembelajaran online dapat dilakukan. Mengingat platform Google Meet ini dijalankan dengan cara terhubung ke internet, tentu saja waktu dan jarak tidak jadi persoalan.

Meskipun para murid dan edukator ada di tempat-tempat yang berbeda misalnya, mereka tetap dapat melangsungkan aktivitas pembelajaran virtual. Hal ini juga berlaku untuk pertemuan mendadak yang dilakukan oleh atasan di kantor.

Keunggulan Google Meet sebagai platform pembelajaran secara online pun akan terasa optimal jika Kamu berlangganan layanan Google Workspace. Jika Kamu berlangganan, Kamu nantinya dapat mengadakan kelas secara online dengan jumlah peserta 100-250. Biasanya tergantung dari jenis langganan yang Kamu pilih.

Untuk membantu murid-murid memperdalam pemahaman terhadap materi di sekolah, maka video pembelajaran digital ini bisa direkam serta dapat tersimpan langsung di Google Drive. Kamu pun bisa membagikannya ke murid-muridmu dengan mudah.

2. Menawarkan Fitur Pendukung Pembelajaran Interaktif

Kekhawatiran bagi seorang guru dalam aktivitas pembelajaran online ialah membuat murid menjadi lebih pasif, dengan begitu partisipasinya juga cenderung minim. Apalagi jika murid-murid terdistraksi oleh hal-hal lain, tak heran bila pembelajaran online lebih menantang dibandingkan kelas tatap muka.

Namun berbagai kelebihan dari platform Google Meet ini, menariknya bisa membantumu melangsungkan berbagai sesi pembelajaran secara efektif lewat fitur-fitur yang mendukungnya.

Dimana fitur tersebut ialah hand raising, sebagai fitur yang membuat para murid untuk “mengangkat tangan” dengan cara virtual jika mereka ingin menyampaikan sesuatu atau bertanya. Selain itu, Google Meet juga menawarkan papan tulis secara digital yang bisa dipakai apabila para murid ingin menjelaskan atau menuliskan hal tertentu. Sehingga, diskusi kelas juga menjadi semakin efektif.

3. Moderator Dapat Mengontrol Rapat Dengan Mudah

Tak hanya bertanggung jawab untuk menyampaikan materi, tapi pendidik atau guru biasanya berperan juga sebagai moderator di tiap sesi kelas digital/online. Kamu tak perlu lagi kebingungan, karena ada banyak kelebihan dan fitur Google Meet yang akan mempermudah peranmu.

Saat pembelajaran via online dilangsungkan, sebagai moderator Kamu berhak melakukan pin, mute, hingga menghapus peserta. Agar tidak terjadi distraksi, seorang moderator juga bisa mematikan fitur chat yang ada dalam video. Selain itu juga melakukan block untuk para peserta yang datang di kelas tapi tidak diundang sebelumnya.

Selain itu, pihak moderator juga mempunyai kontrol untuk menentukan mana peserta rapat yang perlu melakukan “knock” lebih dulu jika ingin ikut bergabung ke dalam kelas online.

Dengan kata lain, ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh platform Google Meet yang tak hanya digunakan sebagai platform meeting online untuk perusahaan/bisnis. Karena Google Meet juga sangat penting untuk membantu guru menyampaikan pelajaran secara online.

Demikian ulasan tentang cara auto admit Google Meet dan beberapa kelebihan menggunakan Google Meet sebagai platform pertemuan dan pembelajaran online. Semoga bermanfaat!

 

Related posts