Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel

Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel

Bagaimana cara perpanjang masa aktif Telkomsel? Masa aktif kartu merupakan hal terpenting yang perlu dipastikan agar Kamu tetap nyaman menggunakan operator seluler Telkomsel khususnya. Sebab layanan telekomunikasi operator seluler, entah itu SMS, panggilan telepon atau jaringan internet tak dapat dilakukan, jika kartumu memasuki masa tenggang.

Setidaknya Telkomsel memiliki 3 jenis SIM Card, diantaranya LOOP, SimPATI dan kartu AS bagi pelanggan prabayar, sedangkan Kartu Halo sendiri untuk kartu pascabayar.

Read More

Melakukan perpanjangan masa aktif kartu Telkomsel maupun cara pengecekan masa aktif pada 4 jenis kartu tersebut tidaklah sulit. Karena Kamu dapat mengecek masa aktif lewat SMS, aplikasi Telkomsel, menu dial dan website. Akan tetapi, tiap-tiap jenis kartu tersebut mempunyai kebijakan waktu perpanjangan tertentu.

Mengecek Masa Aktif Telkomsel

Sebelum melanjutkan cara perpanjang masa aktif Telkomsel, tentu saja Kamu harus mengecek masa aktif Telkomsel terlebih dahulu. Untuk melakukan pengecekan masa aktif Telkomsel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan berikut ini :

1. Mengecek Masa Aktif Telkomsel via Kode USSD

Cara pertama untuk mengecek masa aktif kartu Telkomsel termudah yaitu dapat dilakukan melalui kode dial phone atau USSD di nomor *888#. Tak hanya mudah, pengecekan masa aktif Telkomsel dengan cara ini juga tidak berbayar atau gratis.

Adapun caranya tinggal menekan *888# kemudian tekan panggil. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan informasi sisa pulsa dan masa aktif kartu Telkomsel yang muncul di layar sesudah panggilan telepon berhasil.

2. Mengecek Masa Aktif Lewat Asisten Virtual Telkomsel

Kamu juga dapat melakukan pengecekan masa aktif kartu Telkomsel dengan menggunakan Asisten Virtual Telkomsel. Caranya cukup mengunjungi akun Telkomsel resmi lewat kanal-kanal di bawah ini :

  • Telegram di : tsel.me/telegramVA2
  • LINE di : tsel.me/lineVA2
  • My Telkomsel di alamat : my.telkomsel.com/app/chatbot
  • Alamat web di : www.telkomsel.com
  • WhatsApp di : tsel.me/wa2
  • Facebook Messenger di : tsel.me/fbV2

Apabila Kamu mengakses kanal tersebut, maka Kamu tinggal mengetik “Hai” saja, kemudian pilih opsi “Cek Pulsa” dan kirim. Sesudah itu, Kamu akan mendapatkan informasi tentang pulsa dan masa aktif kartu lewat asisten virtual Te;komsel.

Asisten virtual Telkomsel sendiri ialah layanan digital yang berbasis chatting untuk mempermudah pengguna untuk melakukan pengecekan sisa pulsa, tukar poin Telkomsek, masa aktif kuota internet, pembelian paket, menemukan lokasi GraPARI paling dekat atau lainnya.

3. Mengecek Masa Aktif Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel lainnya juga dapat dilakukan lewat aplikasi MyTelkomsel. MyTelkomsel Apps tentu saja harus diunduh dan diinstall terlebih dahulu di perangkat smartphone-mu sebelum memakainya.

Kemudian buka My Telkomsel Apps, kemudian Kamu akan menemukan kolom yang berisi nomor hp, dan masukkan nomor hp Telkomsel dan verifikasi. Setelah itu, akan muncul tampilan berupa informsai tentang jumlah pulsa kartu Telkomsel dan masa aktifnya.

Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel

Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel
Perpanjang Masa Aktif Telkomsel

Perpanjang Masa Aktif Telkomsel Mudah

Jika Kamu sudah mengetahui masa aktif kartu Telkomselmu melalui pengecekan masa aktif Telkomsel di atas, kini Kamu tinggal memperpanjang masa aktif Telkomsel. Biasanya cara perpanjang masa aktif Telkomsel sendiri cukup mudah dilakukan, dan Kamu dapat mengikuti panduannya apabila masa aktif kartumu sudah mau habis atau dalam masa tenggang. Kamu bisa mencobanya mulai dari pengisian ulang pulsa, pembelian masa aktif, hingga memakai pulsa tersisa.

Akan tetapi, harus diingat bahwa diantara jenis kartu provider Telkomsel, baik LOOP, SimPATI dan AS mempunyai kebijakan yang berbeda mengenai perpanjangan masa aktif kartu. Berikut ini, Kamu rangkum beberapa cara perpanjang masa aktif Telkomsel dari kartu AS, LOOP dan SimPATI.

Metode 1 : Perpanjang Masa Aktif Kartu SimPATI

Cara perpanjang masa aktif Telkomsel SimPATI yang pertama bisa Kamu lakukan dengan pengisian ulang pulsa sekaligus aktivasi paket mneyesuaikan masa aktif, baik itu kartunya masih aktif atau dalam masa tenggang.

Setiap nominal pengisian pulsa menawarkan masa aktif yang berbeda. Untuk pengisian ulang pulsa Rp. 5 ribu, Kamu dapat memperoleh perpanjangan masa aktif selama 7 hari. Sementara untuk pulsa nominal Rp. 10 ribu mendapatkan penambahan masa aktif selama 15 hari, begitupun seterusnya. Sedangkan penambahan masa aktif terlama hingga 330 hari dengan isi ulang pulsa senilai Rp. 1 juta.

Selain melakukan pengisian ulang pulsa, Kamu juga bisa mengaktifkan atau melakukan pembelian kuota internet SimPATI. Dengan keterangan berikut :

  • Untuk kuota internet sebesar 0,5-1,5 GB, penambahan masa aktifnya selama 3 hari.
  • Pembelian kuota 1-2,5 GB akan mendapatkan perpanjangan masa aktif 5 hari.
  • Kuota1,5-3,5 GB perpanjangan masa aktifnya selama 7 hari.
  • Untuk penambahan masa aktif selama 30 hari, Kamu bisa memilih kuota internet yang akan dipaketkan, yaitu untuk kuota 4GB, 10 GB dan 14 GB. Karena masing-masing ada penambahan masa aktif selama 30 hari.

Metode 2 : Perpanjang Masa Aktif Kartu AS

Dalam cara perpanjang masa aktif Telkomsel AS, Kamu harus memastikan ada penggunaan pulsa terlebih dahulu dengan minimal Rp. 1 dan melalui penggunaan kuota paket.

Sedangkan untuk melakukan pengisian pulsa AS sendiri berbeda dari SimPATI. Sebab jika pengisian ulang pulsa pada kartu AS dilakukan saat kartu masih dalam masa aktif, maka tak akan menambah masa aktif kartu itu sendiri.

Jadi, masa aktif pembelian pulsa pada kartu AS akan bertambah apabila dilakukan dalam masa tenggang yang masa berlakunya sampai 30 hari.

Jika ingin menambah masa aktif AS, maka Kamu dapat membeli paket. Dimana, aktivasi paket tersebut bisa memperpanjang masa aktif tergantung dari pembelian masa paketmu.

Metode 3 : Perpanjang Masa Aktif Kartu Loop

Kamu juga bisa memperpanjang masa akti kartu LOOP dengan melakukan pengisian pulsa dan paket data. Adapun jumlah masa berlaku akan bertambah berdasarkan masa berlaku paket atau pulsa itu sendiri.

1. Melalui Pengisian Pulsa

Jika Kamu melakukan pengisian ulang pulsa, maka Kamu akan mendapatkan pertambahan masa aktif kartu dengan penjelasan berikut :

  • Pada pengisian pulsa minimal Rp. 1-50 ribu, akan mendapatkan penambahan masa aktif 30 hari.
  • Untuk isi ulang pulsa nominal Rp. 50.001 sampai Rp. 100 ribu, perpanjangan masa aktif yang diperoleh selama 60 hari.
  • Pengisian ulang pulsa di atas Rp. 500 ribu, akan memperoleh penambahan masa aktif selama 365 hari atau 1 tahun.

2. Melalui Aktivasi Paket

Jika ingin melakukan penambahan masa aktif kartu melalui aktivasi paket kartu LOOP sendiri sama seperti kartu simPATI. Hanya saja perbedaan perpanjangan masa aktif, pada LOOP dengan kartu AS dan SimPATI ada di penggunaan pulsa. Pada kartu LOOP ada perpanjangan masa aktif sesudah penggunaan pulsa dengan minimal Rp. 1.

  • Penggunaan pulsa selama 30 hari kurang dari Rp. 1, maka akan masuk masa tenggang.
  • Pemakaian pulsa 30 hari senilai Rp. 5.000 sampai Rp. 50 ribu, masa perpanjangannya 30 hari.
  • Untuk pemakaian pulsa sekitar Rp. 50.001 – Rp. 100 ribu akan ada penambahan masa aktif selama 60 hari.
  • Sedangkan penggunaan pulsa di atas Rp. 500 ribu selama 30 hari akan ada perpanjangan masa aktif 365 hari.

Membeli Masa Aktif Telkomsel

Adapun cara yang dapat dilakukan lainnya untuk menambah masa aktif Telkomsel ialah dengan melakukan pembelian masa aktif. Metode ini disarankan bagi para pengguna Telkomsel dengan saldo pulsa yang tersisa tapi masa aktif kartunya hampir habis. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka opsi dial up di ponsel selulermu.
  • Ketik *999# di layar ponsel.
  • Kemudian pilih “Panggil”.
  • Lalu tunggu informasi tentang menu yang bisa dipilih yang tampil di layar, kemudian ketikkan nomor paket yang lainnya, pilih kirimkan serta ketik nomor atau angka pilihan lainnya. sampai opsi paket masa aktif muncul di layar, dan Kamu tinggal pilih saja.
  • Sesudah itu, Kamu akan melihat tampilan opsi paket masa aktif.
  • Silahkan pilih paket sesuai keinginan, dan tekan kirim. Kamu pun akan diminta mengkonfirmasi pembelian.

Ya, itulah 3+ langkah cara perpanjang masa aktif Telkomsel yang dapat Kamu coba untuk mendapatkan penambahan masa aktif kartu Telkomsel. Sehingga Kamu bisa tetap menggunakan kartu Telkomsel untuk berkomunikasi.

Related posts