Cara Cek Layar Xiaomi

Cara cek layar Xiaomi bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari cara manual, bahkan sampai menggunakan aplikasi tambahan. Selain itu, cara ini juga berguna untuk memeriksa keaslian layar LCD dari smartphone Xiaomi baik dalam kondisi second ataupun kondisi baru.

Terkadang, saat akan membeli sesuatu, kita harus benar-benar teliti. Termasuk salah satu nya saat membeli smartphone dengan harga yang mungkin cukup mahal. Oleh karena itu, ketika kalian ingin membeli smartphone Xiaomi baik dalam kondisi second ataupun baru, kesehatan hardware harus sangat diperhatikan.

Tentunya, ini bisa menjadi pencegahan agar kalian tidak mendapati kualitas hardware yang buruk, ataupun terjadi kerusakan pada layar LCD kalian. Sebagaimana kita tau, Xiaomi merupakan vendor smartphone yang dikenal memiliki beragam tipe smartphone dengan harga yang terjangkau.

Hal inilah yang membuat banyak pengguna lebih memilih Xiaomi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Baik dalam berkomunikasi, melakukan chatting, atau bahkan berkirim pesan melalui email dan yang lainnya.

Namun jika kalian sembarang membeli produk Xiaomi tanpa memperhatikan kualitas hardware seperti LCD, maka kebayang kan, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis? Apalagi, LCD atau Layar merupakan hal vital yang sangat mempengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri.

Cara Cek Layar Xiaomi

Cara Cek Layar Xiaomi
Cek Layar Xiaomi

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas beberapa Cara Cek Layar Xiaomi secara lengkap, untuk kamu yang mungkin mengalami beberapa masalah pada layar, ataupun hendak membeli ponsel Xiaomi dalam kondisi second ataupun baru.

Cara Cek Layar Xiaomi lewat Kode Rahasia Xiaomi

Sama seperti cara cek layar HP Realme, dan Cara cek Layar Oppo. Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan kode rahasia yang terdapat pada tiap tiap smartphone yang digunakan, salah satunya adalah Xiaomi.

Cara ini berguna untuk menampilkan mode rahasia yang ada pada perangkat Xiaomi, untuk melakukan pengetesan atau pengecekan hardware. Caranya adalah

  • Buka Aplikasi telpon / dial phone di perangkat Xiaomi kalian
  • Ketikkan kode rahasia berikut *#*#64663#*#*
  • Setelah muncul Engineering Mode atau FQC Test, pilih saja menu Color yang berada pada nomor 9
  • Kemudian, setelah masuk ke menu Color, silahkan pilih Touchscreen

Nah, setelah berhasil masuk kedalam menu Touchscreen, silahkan ikuti semua panduan dan Instruksi yang muncul, pastikan semua pengetesan menampilkan hasil Normal atau Passed.

Jika hasil nya adalah Normal atau Passed, maka bisa dipastikan kualitas dan kondisi Layar LCD kalian adalah Asli dan bukan produk abal-abal atau palsu.

Cek Sensitivitas

Untuk mengetahui tingkat sensitivitas dari Layar LCD, pada saat masuk ke menu FQC Test kalian bisa memilih menu Touch Sensor ataupun Touch Panel Selftest. Dan setelah itu tinggal ikuti saja instruksi yang diberikan, untuk mengecek tingkat sensitivitas layar LCD kalian.

Cara Cek Layar Xiaomi dengan Aplikasi Pengecek Touchscreen

Langkah kedua adalah kita bisa menggunakan beberapa Aplikasi yang berguna untuk mengecek layar Xiaomi. Adapun untuk caranya tentu disesuaikan dengan tiap aplikasinya. Karena, ada beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan. Seperti.

  1. Touchscreen Test

Aplikasi ini berguna untuk kalian yang ingin melakukan pengecekan layar untuk mengetahui kondisi dari LCD yang kalian gunakan. Bahkan, dengan menggunakan aplikasi ini juga kalian bisa mengetahui tingkat ketepatan atau ketajaman warna yang ditampilkan pada Layar LCD. Caranya

  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi Touchscreen Test
  • Install aplikasi tersebut dan tunggu sampai selesai
  • Jalankan Aplikasi Touchscreen Test, dan ikuti semua instruksi yang diberikan

Dengan cara ini, pengguna bisa mengetahui kerusakan ataupun kualitas LCD dalam menampilkan warna. Bahkan, jika kamu memiliki 2 tipe smartphone Xiaomi yang sama, kamu bisa menggunakan aplikasi ini pada 2 devices yang sama untuk mengetahui apakah warna yang ditampilkan adalah sama, atau tidak.

  1. Multi Touch Test

Berbeda dengan Aplikasi sebelumnya, aplikasi Mutli Touch Test ini bisa digunakan untuk memeriksa sensitivitas touchscreen pada ponsel Xiaomi kalian. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk mengetahui apakah touchscreen Xiaomi mengalami kerusakan, atau tidak. Caranya

  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi Multi Touch
  • Install aplikasi tersebut dan tunggu sampai selesai
  • Jalankan aplikasinya, dan lakukan pengetesan sesuai Instruksi yang muncul.

Apabila hasil atau result dari Multi Touch tidak sesuai, maka otomatis aplikasi ini akan memberitahu kerusakan apa saja yang terjadi pada Layar LCD kalian.

  1. Display Tester

Untuk pengguna Xiaomi dengan Display Super Amoled, aplikasi yang satu ini cocok banget untuk mengetahui kerusakan ataupun error yang terjadi pada layar LCD.

Sebab, dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan pengetesan dengan melihat beragam gambar dengan warna tertentu saja. Caranya

  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi Display Tester
  • Install aplikasi tersebut dan tunggu sampai selesai
  • Jalankan Aplikasi Display Tester, dan lakukan pengetesan sesuai Instruksi yang muncul.

Selain melakukan pengecekan pada layar super amoled, aplikasi Display Tester juga memiliki beragam menu lain yang bisa kamu coba.

  1. Fix Dead Pixels

Terakhir ada aplikasi Dead Pixels. Aplikasi ini cocok banget buat pengguna Xiaomi yang mungkin saja mengalami kerusakan seperti Dead Pixel. Yap, kondisi Dead Pixel pada layar biasanya ditandai dengan munculnya bayangan yang mengganggu padangan pengguna.

Biasanya, bayangan yang muncul bisa saja searah vertikal ataupun horizontal. Untuk penggunannya pun juga mudah.

  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi Fix Dead Pixels
  • Install aplikasi tersebut dan tunggu sampai selesai
  • Jalankan Aplikasi Dead Pixels, dan biarkan aplikasi mendeteksi kerusakan yang terjadi pada layar.

Sama seperti aplikasi Muti touch, kalian juga bisa menikmati beragam menu yang tersedia didalamnya untuk melakukan hardware test pada LCD.

Cara Cek Layar Xiaomi secara Manual

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan secara manual. Maksudnya disini adalah, kalian bisa memeriksa kondisi LCD dengan beragam cara, mulai dari mematikan ponsel kemudian menyalakannya kembali dan melihat apakah ada kerusakan seperti dead pixel, atau juga sedikit menekan LCD, dan apakah terjadi ghost touch, dan melihat tiap sudut LCD, apakah ada kebocoran warna atau tidak.

Hal ini memang terdengar sangat ‘jadul’, namun untuk sebagian pengguna, cara ini kadang lebih efektif. Sehingga, kamu bisa menentukan apakah harus mengganti LCD dengan yang baru, atau hanya perlu melakukan kalibrasi layar ulang, untuk memperbaiki kondisi yang semakin buruk apabila dibiarkan.

Namun, apabila sudah terjadi Ghost Touch pada Layar Xiaomi, ada baiknya kalian melakukan konsultasi dengan services center dan melakukan perbaikan.

Dengan menerapkan beberapa Cara Cek Layar Xiaomi diatas tadi, tentunya ini bisa menjadi alternatif untuk mengetahui kerusakan pada LCD, atau untuk kamu hendak membeli ponsel Xiaomi baik dalam kondisi baru ataupun bekas.

Demikianlah untuk informasi kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi