7+ Cara Mengatasi Indihome Lemot yang Benar (Tested) 🐒

Cara Mengatasi Indihome Lemot
Cara Mengatasi Indihome Lemot

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengatasi Indihome lemot? Indihome termasuk layanan internet residensial dari PT. Telekomunikasi Indonesia. Banyak yang sudah menggunakan wifi Indihome, karena memang menawarkan kestabilan sinyal atau jaringan internet. 

Ada banyak pilihan paket internet yang ditawarkan Indihome dengan kecepatan berbeda, antara lain mulai dari yang terkecil 10 Mbps hingga yang terbesar 100 Mbps. Selain internet, Indihome juga menyediakan layanan telepon rumah dan televisi interaktif untuk keluarga dirumah.

Namun, meskipun Indihome mengklaim sebagai penyedia internet tercepat di Indonesia, tidak jarang pengguna Indihome mengalami masalah klasik yaitu lemot atau lambat saat mengakses internet.

Ada beberapa faktor seperti karena penempatan router yang salah, kerusakan pada perangkat, pengguna yang terlalu banyak, atau mungkin gangguan dari pihak Indihome sendiri.

Untuk mengatasi masalah lemot pada Indihome, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Semua metode ini tentu saja, tidak memerlukan biaya tambahan atau bantuan teknisi sehingga kamu pun dalam melakukannya sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Indihome Lemot

Cara Mengatasi Indihome Lemot
Cara Mengatasi Indihome Lemot

Jika kamu mengalami masalah serupa seperti jaringan wifi Indihome yang lemot, maka ada beberapa cara mengatasi Indihome lemot yang bisa kamu lakukan berikut : 

1. Mengatasi Indihome Lemot dengan Memakai Satu Stop Kontak untuk Modem

Cara mengatasi Indihome lemot yang pertama yaitu menggunakan satu stop kontak khusus untuk modem Indihome.

Hindari penggunaan banyak perangkat listrik pada stop kontak yang digunakan untuk modem, karena hal tersebut dapat mengganggu aliran listrik dan menyebabkan modem tidak bekerja secara optimal.

Modem merupakan perangkat yang bertugas untuk menerima dan mengirim sinyal internet dari kabel optik ke router WiFi.

Jika modem tidak mendapatkan listrik yang cukup atau stabil, maka sinyal internet akan terganggu dan menjadi lemot pada saat digunakan.

Oleh karena itu, gunakanlah satu stop kontak khusus untuk modem Indihome, selain itu pastikan stop kontak tersebut dalam keadaan baik, tidak rusak atau bahkan kendor.

Jika perlu, gunakan pula stabilizer listrik untuk menjaga jika tegangan listrik tidak stabil.

2. Mengatasi Indihome Lemot dengan Bersihkan Cache di Browser

Kamu bisa membersihkan cache di browser yang kamu gunakan untuk mengakses internet. Cache merupakan file sementara yang disimpan oleh browser saat kamu mengunjungi sebuah situs web.

Selain itu, cache berfungsi untuk mempercepat proses loading situs web yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Namun kelemahannya, jika cache terlalu banyak dan tidak dibersihkan secara berkala, maka cache akan memenuhi ruang penyimpanan dan membebani kinerja browser saat digunakan selanjutnya.

Hal ini akan akan membuat browser menjadi lemot dan lambat saat membuka situs web baru.

Untuk membersihkan cache di browser, silakan masuk ke menu pengaturan browser yang kamu gunakan kemudian pilih opsi untuk menghapus riwayat browsing, cache, cookie, dan data lainnya yang membebani kinerja browser.

Setiap browser memiliki cara yang berbeda untuk membersihkan cache, jadi pastikan kamu mengikuti petunjuk yang sesuai dengan browser yang kamu gunakan.

3. Mengatasi Indihome Lemot dengan Lakukan Restart pada Router atau Modem

Cara mengatasi Indihome lemot yang ketiga yaitu dengan melakukan restart pada router atau modem Indihome. Restart adalah suatu proses untuk mematikan dan menyalakan kembali perangkat secara manual.

Restart berguna untuk menyegarkan sistem dan dapat memperbaiki error yang mungkin terjadi pada router atau modem kamu.

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal internet dari modem ke perangkat lain melalui WiFi. Jika router mengalami kerusakan atau eror, maka sinyal WiFi akan terganggu dan menjadi lemot.

Untuk melakukan restart pada router atau modem, kamu bisa mencabut kabel listrik dari perangkat tersebut kemudian tunggu beberapa detik sebelum mencolokkannya kembali. Atau kamu juga bisa dengan menekan tombol power atau reset yang ada di perangkat tersebut.

4. Mengatasi Indihome Lemot dengan Pakai Penguat Sinyal

Cara mengatasi Indihome lemot yang keempat yaitu dengan menggunakan penguat sinyal atau repeater WiFi. Penguat sinyal adalah perangkat tambahan yang berguna untuk memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal WiFi dari router yang digunakan .

Penguat sinyal berguna untuk mengatasi masalah lemot yang disebabkan oleh jarak atau halangan antara router dan perangkat.

Jika kamu memiliki rumah yang luas atau memiliki banyak dinding atau benda yang bisa menghalangi sinyal WiFi, maka yang paling tepat bisa menggunakan penguat sinyal untuk mendapatkan koneksi internet yang jauh lebih baik.

Kamu bisa memasang penguat sinyal di tempat yang strategis, misalnya di tengah-tengah rumah atau bisa juga di lantai atas yang memiliki jangkauan sinyal lebih luas.

Penguat sinyal bisa kamu beli di toko elektronik atau online dengan harga yang cukup bervariasi tergantung dari merk dan spesifikasi untuk masing-masing perangkat penguat sinyal.

Pastikan kamu memilih penguat sinyal yang kompatibel dengan router Indihome, selanjutnya ikuti petunjuk instalasinya dengan benar.

5. Tempatkan Modem WiFi di Area yang Menjangkau Aktivitas Pengguna

Cara mengatasi Indihome lemot yang kelima yaitu dengan menempatkan modem WiFi di area yang menjangkau aktivitas pengguna. Modem WiFi adalah perangkat yang menggabungkan fungsi modem dan router dalam satu perangkat. Kamu bisa mendapatkan modem Indihome dari Indihome sebagai salah satu paket layanannya.

Modem WiFi harus ditempatkan di area yang cukup luas dan terbuka yang bertujuan untuk menyebarkan sinyal WiFi dengan sangat baik ke seluruh ruangan. Hindari menempatkan modem WiFi di tempat yang tertutup, terlalu tinggi, terlalu rendah, atau mungkin dekat dengan perangkat elektronik lain yang bisa mengganggu sinyal WiFi.

Sebaiknya tempatkan modem WiFi di area yang dekat dengan aktivitas pengguna seperti di ruang tamu, ruang kerja, atau di sekitara kamar tidur. Jika perlu gunakan juga kabel ekstensi untuk memperpanjang kabel optik dari Indihome agar bisa mencapai area yang kamu inginkan.

6. Mengatasi Indihome Lemot dengan Sesuaikan Jumlah Pengguna

Cara mengatasi Indihome lemot yang keenam yaitu dengan menyesuaikan jumlah pengguna dengan kecepatan internet Indihome yang kamu miliki. Jumlah pengguna yang terlalu banyak bisa menyebabkan kecepatan internet Indihome menjadi berkurang dan lemot. Hal ini karena sinyal WiFi harus dibagi ke banyak perangkat yang tersambung.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya batasi jumlah pengguna yang terhubung ke WiFi Indihome kamu. Jika kamu memiliki paket internet Indihome dengan kecepatan 10 Mbps, maka sebaiknya pengguna tidak lebih dari 5 perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Jika kamu memiliki paket internet Indihome dengan kecepatan lebih tinggi, maka kamu bisa menambah jumlah pengguna sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa mencoba cara mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi

Selain itu kamu juga bisa mengatur prioritas penggunaan internet untuk perangkat tertentu misalnya untuk pekerjaan, belajar, atau untuk hiburan.

Untuk mengaturnya bisa dengan menggunakan aplikasi manajemen WiFi seperti WiFi Analyzer atau Netcut. Tujuannya adalah untuk mengontrol dan melihat pengguna WiFi Indihome yang terhubung.

7. Lakukan Pembaruan Sistem dan Aplikasi

Kamu juga bisa melakukan pembaruan sistem dan aplikasi pada perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses internet. Pembaruan sistem dan aplikasi adalah suatu proses untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru dari sistem operasi dan aplikasi yang ada di perangkat.

Kamu bisa mencoba salah satu atau beberapa cara mengatasi Indihome lemot untuk mengembalikan jaringan internet pada modem Indihome. Semoga membantu!

Related posts