Cara Order Gosend Sameday

Gojek memang telah menawarkan layanan Gosend, sebagai layanan untuk pengantaran barang. Kamu dapat memakai layanan yang satu ini untuk bisa berkirim barang, serta barang yang diantar pada hari itu ke alamat penerima. Salah satu layanan yang diberikan adalah Gosend Sameday. Lalu, bagaimana cara order Gosend Sameday?

Sebelum membahasnya, mari kita ulas sedikit tentang layanan Gosend. Kehadiran layanan Gosend sendiri sangat membantu pemilik online shop. Karena Gosend telah menjadi opsi banyak pembeli, sebab barang bisa tiba lebih cepat dibandingkan ekspedisi biasa. Melalui layanan Gosend, maka barang bisa tiba ke penerima di hari itu juga. Hal ini berbeda dari layanan ekspedisi seperti  JNE dan J&T, karena barang terlebih dulu harus diproses langsung ke kantor, kemudian barang tersebut akan diantarkan kurir secara langsung ke alamat penerima.

Read More

Cara Order Gosend Sameday

Cara Order Gosend Sameday
Order Gosend Sameday

Tutorial Order Gosend Sameday

Gosend Sameday termasuk salah salah layanan jasa kirim paket yang digawangi oleh Gojek. Dinamakan Gosend Sameday, sebab Kamu bisa mengirimkan maupun menerima barang pada hari itu juga. Ini artinya, paket bisa datang lebih cepat di hari yang sama karena. Gosend Sameday bisa Kamu jumpai di aplikasi Gojek maupun metode pengiriman di marketplace sebagai salah satu opsi ekspedisi.

Cara order Gosend Sameday sebenarnya cukup mudah, kini bahkan layanan ini telah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia. Kamu bisa melakukan pemesanan pengiriman dan penerimaan barang lewat Gosend Sameday.

Terkait:  Cara Gosend Lewat Grab

Misalnya saja, Kamu memesan barang di Tokopedia, maka Kamu bisa memilih layanan ekspedisi Gosend Sameday. Asalkan lokasimu memungkinkan layanan pengiriman barang bisa dikirim dan diantarkan langsung di hari  itu juga dan pada saat itu juga.

  • Setelah Kamu membeli barang di Tokopedia, maka Kamu tinggal menentukan alamat lengkap serta titik spot denah lokasimu dari opsi pengaturan.
  • Jika sudah ditentukan, Kamu bisa berbelanja barang sesuai yang diinginkan. Selanjutnya tekan beli, dan pilih kurir pengiriman.
  • Selanjutnya, akan tersedia beberapa pilihan ongkir serta harga nominal produk yang wajib dibayar, kemudian lanjutkan dengan cara ketuk bayar.
  • Lalu pilih sistem pembayaran sesuai yang diinginkan.
  • Biasanya untuk pengiriman jasa ekspedisi Gosend Sameday di Tokopedia, hanya dapat dilakukan pada jarak 40 km saja dari lokasi penjual dan di lingkungan kota tertentu. Selain itu, para penjual bisa mengklik “cari driver” jika ingin pick up barang yang dipesan mulai dari jam 09.00 sampai jam 16.00.

Itulah tahapan cara order Gosend Sameday dengan marketplace Tokopedia.

Perbedaan Gosend Instant dan Sameday

Gosend bisa dikatakan sebagai salah satu opsi layanan ekspedisi yang banyak dipakai karena bisa sampai dengan cepat dengan biaya ongkir terjangkau. Berdasarkan layanannya, Kamu harus tahu perbedaan antara Gosend Sameday dan Gosend Instant agar lebih gampang memilih opsi ekspedisi sesuai kebutuhan.

Gosend Instant maupun Sameday pada dasarnya tersedia di aplikasi Gojek atau sebagai jasa pengiriman di berbagai marketplace secara online. Keunggulan Gosend jika dibandingkan dengan jasa ekspedisi biasanya ialah paket langsung dijemput oleh driver Gojek, kemudian diantarkan menuju alamat tujuan. Jadi, Kamu tak perlu harus menunggu paket dalam waktu yang lama. Lain halnya dengan jasa ekspedisi lainnya yang mewajibkan transit terlebih dahulu di fasilitas pengiriman.

Terkait:  Cara Order di Tokopedia

Walaupun demikian, tak semua wilayah yang ada di Indonesia mendukung layanan pengiriman menggunakan Gosend Sameday dan Gosend Instant. Di saming itu, mengenai jarak pengiriman layanan Gosend sendiri sangat terbatas, sebab maksimal hanya berlaku bagi antar kota maupun dalam kota.

Gosend memang lebih cocok dipakai untuk pengiriman paket berskala kecil hingga menengah, serta kelebihannya bisa sehari sampai. Kamu bisa menghemat lebih banyak waktu, belum lagi akan ada asuransi pengiriman dari layanan Sameday dan Gosend Instan.

Untuk perbedaan Gosend Instant dan Gosend Same Day sendiri diantaranya :

1. Perbedaan Layanan

Gosend Instant merupakan layanan ekspedisi barang yang bisa dimanfaatkan dengan cara instan di satu area sama.  Sementara Gosend Same Day merupakan layanan multi drop off delivery atau multi pickup untuk mengirimkan paket dengan hemat dan tiba di hari itu juga.

Berdasarkan layanannya telah terlihat jika Gosend Instant lebih mengutamakan kecepatan untuk tiba di lokasi tujuan. Sementara untuk layanan Sameday sendiri perlu menunggu kurir terlebih dahulu untuk mengantarkan paket berdasarkan urutan pengiriman, karenanya membutuhkan waktu lebih lama.

2. Perbedaan Waktu Pengiriman

Adapun waktu pengiriman Gosend Instant sendiri rata-rata sekitar 1-2 jam.  Sementara untuk layanan Sameday sendiri mempunyai estimasi pengiriman selama 6-8 jam agar tiba ke lokasi tujuan, bahkan lebih lama lagi dibandingkan yang Instant.

3. Perbedaan Jarak

Jarak pengiriman Gosend Instant maksimal sekitar 40 km, sementara layanan Sameday sendiri 15 km. Dapat dikatakan bahwa Gosend Instan cakupannya lebih luas sebab bisa mencapai hingga luar provinsi maupun luar kota, dengan perbedaan 3 kali dari jarak pengirimannya.

4. Ukuran Paket

Jika Kamu memilih mamakai layanan Gosend Instanst, dengan begitu paket yang bisa dikirimkan maksimal berdimensi 70x70x50cm. Sementara layanan Sameday sendiri memppunyai dimensi paket yang ukurannya lebih kecil, sekitar 40x40x17 cm dan cukup tampak perbedaannya.

Terkait:  Cara Order Barang Langsung dari Pabrik

5. Tarif Gosend

Jika berbicara soal tarif, biasanya keduanya menerapkan sistem hitungan per km tappi ada perbedaan dari kota operasionalnya. Jika dilihat, Gosend Instant memang lebih murah  untuk layanan pengiriman jarak jauh, sementara jarak untuk jarak dekat sendiri lebih murah Sameday.

6. Bobot Paket Maksimal

Jika Kamu menggunakan layanan instant,  Kamu bisa mengirimkan produk dengan maksimal bobot 20 kg. Jika memilih layanan Sameday, maka bobot maksimalnya 5 kg sehingga barang yang dikirimkannya lebih kecil.

7. Cut Off Time

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari waktu operasional layanannya.  Pada layanan Gosend Instant, biasanya waktu operasionalnya berlangsung selama 24 jam, sementara layanan Sameday sendiri lebih terbatas sebab hanya aktif di jam 08.00 hingga jam 15.00.

8. Area  Jangkauan yang Berbeda

Hingga saat ini, layanan Gosend Sameday sendiri hanya tersedia di Jabodetabek serta Surabaya saja.  Sementara layanan  Instant sendiri mempunyai cakupan yang lebih luas, khususnya di kota besar yang ada di seluruh Indonesia.

9. Pickup Kurir

Kurir Gosend Instant biasanya mengambil paket, selanjutnya langsung mengantarkannya saat menerima orderan dari konsumen. Setelah itu, kurir dari Sameday langsung mengambil paket di beberapa tempat dan dikirimkan ke berbagai tempat tujuan sekaligus.

Dengan kata lain, layanan Sameday memerlukan waktu yang lebih lama dalam hal pengantaran paketnya, sebab kurirnya akan langsung menjemput serta mengumpulkannya lebih dulu. Walaupun demikian, kedua layanan ekspedisi ini masih tetap mengunggulkan proses pengiriman paket tiba di hari itu juga.

Kesimpulan

Bagi Kamu yang tinggal di area Jabodetabek dan Surabaya bisa memilih layanan Sameday untuk jasa ekspedisi sebab tarifnya cukup murah. Sementara wilayah kota besar di Indonesia lainnya hanya dapat  menggunakan Gosend Instan. Mengenai tarif serta kecepatan pengirimannya sendiri Instant lebih unggul, tapi soal kemudahannya Sameday diunggulkan sebab tersedia di berbagai toko online.

Demikian ulasan mengenai cara order Gosend Sameday yang bisa Kamu ikuti petunjuknya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts