Cara Order Barang Langsung dari Pabrik

Cara Order Barang Langsung dari Pabrik

Bagaimana sih cara order barang langsung dari pabrik? Jika Kamu ingin memulai sebuah bisnis dengan berjualan, tentu saja memilih produk atau barang dari pabrik langsung menjadi cara yang paling efektif. Karena dengan begitu, Kamu akan mendapakan harga yang lebih murah, sehingga bisa menetapkan harga yang layak kepada konsumen dan tetap mendapatkan keuntungan yang lebih.

Memulai usaha memang tidak mudah, apalagi bagi seorang pemula pastinya akan kesulitan mengingat keterbatasan modal. Jadi, cara yang dapat dilakukan tentunya dengan kulakan. Adapun pengertian kulakan itu sendiri, adalah aktivitas yang dilakukan penjual untuk membeli produk dari produsen dengan jumlah tertentu. Adapun yang dituju sebagai tempat kulakan ialah distributor, supplier, hingga produsen dari pabrik langsung.

Sebenarnya mencari keuntungan cukup banyak adalah hak untuk para pedagang maupun pebisnis, asalkan tak merugikan pembeli. Kulakan dengan cara mencari tangan pertama dengan tujuan agar memperoleh produk yang harganya murah agar dapat dijual kembali. Ini bisa dijadikan sebagai sebuah strategi menekan modal agar biaya yang harus dikeluarkan sedikit. Lalu, bagaimana cara order barang langsung dari pabrik?

Cara Order Barang Langsung dari Pabrik

Cara Order Barang Langsung dari Pabrik
Order Barang Langsung dari Pabrik

Panduan Order Barang Langsung dari Pabrik

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara order barang langsung dari pabrik yang bisa dilakukan untuk menekan modal usaha. Jika Kamu belum pernah memesan barang langsung dari pabrik, berikut ada beberapa panduannya :

1. Dengan Mendatangi Sentra Industri atau Bazar

Cara order barang langsung dari pabrik pertama ialah dengan mendatangi langsung sentra industri atau bazar. Kamu dapat memperoleh barang dari produsen langsung dengan harga lebih terjangkau melalui cara ini. Mendatangi langsung supplier ke tempat berjualan bisa membuatmu mendapatkan banyak keuntungan, yakni Kamu dapat melihat semua proses produksi. Selain itu, Kamu juga dapat melihat barang atau produknya secara langsung serta dapat memilih kualitas barang sesuai yang Kamu inginkan untuk dijual lagi. Kamu juga dapat berinteraksi bersama produsen langsung untuk menekan resiko kerugian.

2. Mendatangi UMKM

Cara kedua yaitu dengan mendatangi UMKM langsung. Untuk UMKM, Kamu tak harus pergi ke pabrik besar melainkan harus mendatangi UMKM di wilayahmu. Jika Kamu merasa jeli, kebanyakan UMKM biasanya adalah tangan pertama serta berperan langsung sebagai produsennya. Kamu dapat memesan barang atau produk dari pihak UMKM sesuai jumlah pesanan.

Walaupun begitu, Kamu harus benar-benar selektif memilih UMKM, silahkan pilih UMKM profesional yang telah berizin resmi, semisal P-IRT khusus untuk makanan serta lamanya waktu operasionalnya. Adapun tujuannya ialah untuk tetap menjamin keberlangsungan usaha atau produk yang dihasilkan. Hal tersebut tentu menjadi hal kukrang baik jika permintaan produk sudah banyak tapi UMKM tiba-tiba harus gulung tikar. Maka dari itu, dibutuhkan sikap selektif untuk memilih UMKM. Adapun alasan memilih UMKM sendiri ialah prosesnya survei serta membandingkan harganya lebih mudah jika dibandingkan pabrik yang berskala besar harus mengurus sistem perizinan lebih dulu.

3. Bergabung Bersama Komunitas

Kamu juga bisa mendapatkan produk dari distributor dengan bergabung bersama komunitas para pengusaha atau pedagang. Selain itu, Kamu dapat meminta informasi tentang distributor dari penjual lain. Distributor juga terkadang masuk ke komunitas tersebut.

4. Mencarinya di Majalah Bisnis

Cara lainnya ialah dengan berlangganan atau melihat majalah bisnis. Karena dalam majalah bisnis tersebut bisa saja ada iklan produk yang dicari. Kemudian Kamu dapat menghubungi kontak iklan di iklan yang ada.

Order Barang Langsung dari Pabrik via Online

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, Kamu pun bisa memanfaatkan cara order barang langsung dari pabrik secara online, dengan panduan di bawah ini :

 

1. Bergabung Dengan Forum Bisnis

Cara order barang langsung dari pabrik berikutnya ialah dengan bergabung bersama  komunitas maupun forum bisnis. Karena jaringan internet dan teknologi yang kian luas, membuat masyarakat dapat memaksimalkannya guna menunjang berbagai aktivitas bisnis khususnya. Kamu yang ingin memperoleh produk dari konsumen langsung juga dapat memanfaatkan komunitas atau forum bisnis. Komunitas  bisnis yang dapat dimanfaatkan, diantaranya seperti Bersosial.com, KasKus, hingga komunitas bisnis yang ada di sosial media. Grup sosial seperti FB juga memungkinkanmu untuk bertemu langsung dengan produsen atau supplier yang barangnya sedang Kamu cari. Kamu juga dapat melakukan sharing di komunitas bisnis tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa kini semuanya menjadi lebih mudah berkat jaringan internet yang tersedia.

2. Website atau Toko Online

Kamu juga bisa langsung mengunjungi situs atau toko online produsen dari produk yang Kamu inginkan. Hal tersebut dapat dilakukan apabila Kamu belum menemukan toko online atau website yang menjual produk yang dicari. Apabila Kamu belum mempunyai gambaran mengenai suppliar atau produsen yang ingin dijadikan tempat kulakan, Kamu dapat mencari informasinya di media sosial. Kamu dapat memasukkan berbagai kata kunci atau keyword lewat fitur penelusuran.

3. Melalui Marketplace

Cara order barang langsung dari pabrik via online selanjutnya ialah melalui marketplace. Kini ada banyak marketplace di Indonesia sebagai tempat kulakan. Beberapa contoh marketplace sebagai tempat kulakan ialah Lazada, Tokopedia, Blibli, Shopee dan lainnya. Kamu dapat memperoleh produk dengan harga terjangkau, karena sudah banyak yang memakai marketplace tersebut sebagai tempat berjualan. Silahkan bandingkan harganya jika ingin mendapatkan harga terjangkau serta jangan lupa untuk menghitung biaya ongkirnya. Melalui harga pembelian produk yang terjangkau, Kamu jadi bisa memperoleh keuntungan lebih besar berdasarkan selisih antara harga beli dengan harga.

4. Situs Pembanding Harga

Langkah yang dapat dilakukan lainnya ialah melalui situs pembanding harga. Melalui situs web yang satu ini, Kamu dapat mencari toko online dan produsen termurah. Sebenarnya cara ini dapat dilakukan apabila Kamu belum mendapatkan toko yang harganya murah. Kamu dapat mengakses web seperti PriceArea.com, Telunjuk.com, PriceBook.co.id, dan Priceza.co.id. Umumnya harga yang akan dibandingkan adalah produk resmi dari e-commerce di Indonesia.

Tips Mendapatkan Distributor

Di bawah ini ada beberapa tips agar Kamu memperoleh distributor dengan benar, diantaranya :

1. Cek Kontak dan Alamat Distributor

Apabila distributor mempunyai situs web sendiri, Kamu bisa mengecek kembali apakah mereka mempunyai kontak dan alamat yang jelas. Selain itu, Kamu juga dapat melihat situs web mereka, apakah meyakinkan atau justru tidak.

2. Cek Rating dan Feedback Distributor

Apabila Kamu mencarinya lewat marketplace, cek feedback dan rating toko online distributor tersebut. Pastinya distributor terpercaya yang baik tentunya mempunyai feedback atau testimoni positif dari pelanggannya.

3. Harus Teliti

Terkadang yang kerap terlewatkan oleh banyak orang ialah ketelitian. Selain itu, pastikan untuk membaca deskripsi produk yang dijual distributor sebelum Kamu memesannya. Biasanya beberapa distributor memberikan harga terjangkau mengingat kondisi tertentu untuk produk jualannya. Oleh karena itu, pastikan Kamu harus teliti.

Itulah 4 langkah cara order barang langsung dari pabrik yang bisa Kamu coba untuk menekan harga jual kepada pembeli atau konsumen. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baru Diulas:

Related posts