Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

  • Whatsapp

Bagaimana cara merawat mesin cuci 2 tabung? Aktivitas mencuci termasuk salah satu pekerjaan berat yang harus dilakukan oleh ibu rumah tangga. Bagi ibu rumah tangga yang bekerja, tentu saja akan sangat kerepotan jika harus mencuci baju, apalagi dalam jumlah yang banyak. Inilah alasan kenapa banyak orang yang cenderung mempercayakan mesin cuci untuk membantu pekerjaan mereka.

Mesin cuci itu sendiri sebenarnya terdiri atas 2 jenis, diantaranya mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Masyarakat kebanyakan kini masih memakai mesin cuci dua tabung.

Tentang Mesin Cuci 2 Tabung dan Kelebihannya

Produk mesin cuci dua tabung ialah mesin cuci dengan 2 tempat yang dipakai untuk mencuci serta mengeringkan. Dimana kedua fungsi ini terletak pada tabung berbeda. Keunggulan memakai meisn cuci 2 tabung ialah harganya yang cenderung lebih murah serta mempunyai pemakaian daya listrik lebih rendah.

Sementara itu, kekurangan mesin cuci dua tabung ialah kurang praktis. Pasalnya pengguna harus memindahkan pakaian secara manual dari tabung pencuci menuju tabung pengering. Di samping itu, memakai mesin cuci 2 tabung juga memerlukan volume air lebih banyak dan mempunyai tingkat kekeringan sekitar 70%.

Hal tersebut tentunya berbeda jika memakai mesin cuci 1 tabung. Dalam mesin cuci 1 tabung, mempunyai cara pemakaian lebih praktis sebab mesinnya dapat bekerja otomatis. Adapun maksud dari otomatis di sini ialah para pengguna tak perlu membilas serta mengeringkan dengan cara manual. Selain itu, tak perlu repot-repot memindahkan pakaian ke dalam tabung lainnya.

Terkait:  Cara Merawat Dompet Kulit

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung
Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Bagaimana Merawat Mesin Cuci 2 Tabung Agar Awet?

Jika Kamu memiliki mesin cuci 2 tabung, tentu saja agar mesin cuci lebih awet digunakan, Kamu harus melakukan perawatan dengan benar. Ada beberapa langkah cara merawat mesin cuci 2 tabung dengan baik berikut ini :

1. Pakai Detergen Khusus Untuk Mesin Cuci

Cara merawat mesin cuci 2 tabung pertama ialah pakai detergen khusus mesin cuci. Detergen khusus tersebut biasanya berupa detergen cair, dengan tingkat kelarutan tinggi pada air serta tidak menggumpal. Selain itu, sebaiknya pilih detergen yang beraroma segar, selain itu pastikan detergen mengandung anti bakteri.

Alangkah baiknya detergen dituangkan sesuai takarang yang terdapat di belakang kemasan. Pemakaian detergen berlebihan justru bisa membuat detergen dapat meninggalkan residu. Akibatnya, semua kotoran yang ada di dalam pakaian pun menumpuk, bahkan bisa menghambat kinerja dari mesin cuci itu sendiri.

2. Membilas Tabung Sesudah Digunakan

Mengingat mesin cuci dua tabung termasuk mesin cuci termasuk mesin cuci semi otomatis, sehingga pengguna harus melakukan perawatan serta pengecekan kebersihan pada tabung mesin cuci. Untuk membersihkan tabung itu sendiri, salah satunya ialah dengan membilas tabung memakai air. Setelah mencuci, silahkan isi tabung pada mesin cuci memakai air bersih dan atur dalam mode cleaning.

Setelah itu, supaya proses pembersihan lebih maksimal, Kamu bisa membersihkan filter mesin cuci di dalam tabung. Caranya dengan menghilangkan gumpalan kotoran, lumut-lumut hingga kerak yang menempel.

3.  Bersihkan Laci Pada Mesin Cuci

Laci yang terdapat dalam mesin cuci umumnya berpotensi menjadi sarang jamur atau bakteri. Supaya bisa membersihkan laci mesinnya, Kamu bisa mengeluarkan laci mesin cuci tersebut. Lalu bersihkan memakai sikat kecil, jika perlu pakai air panas agar hasil pembersihannya lebih baik.

4. Membersihkan Mesin Cuci dengan Baking Soda

Cara merawat mesin cuci 2 tabung berikutnya ialah dengan memanfaatkan baking soda. Tidak hanya untuk dijadikan bahan pengembang pembuatan kue, ternyata baking soda pun dapat digunakan untuk membersihkan mesin cuci dan kamar mandi. Mesin cuci lama yang terlalu sering dipakai seringkali meninggalkan kerak pada pinggiran tabungnya.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing

Untuk membersihkan kerak tabung mesin cuci, Kamu bisa mencampurkan 1/2 gelas baking soda kemudian masukkan ke tabung mesin cuci dan tambahkan dengan air bersih hingga batas penuh. Selanjutnya nyalakan mesin hingga 10 menit sampai seluruh kotoran terangkat serta warna airnya lebih gelap.

Air baking soda di dalam tabung semakin lama biasanya menjadi semakin baik, silahkan tunggu selama 1-2 jam dan buang air dari tabung. Dalam membersihkan tabung bagian pengeringnya, Kamu tinggal membilas bagian tabung menggunakan air panas supaya kotoran terangkat. Lalu bersihkan tabung menggunakan campuran bakin soda dan air memakai sikat atau kain.

5. Lap Bagian Dalam Pada Tabung Mesin Cuci

Kamu tahu bahwa bagian dalam pada mesin cuci dapat berpotensi menjadi tempat paling lembab, jika tidak dilakukan proses pengeringan secara seksama, maka mesin pun akan berbau serta menjadi rusak. Maka dari itu, Kamu bisa mengelap dan membersihkan bagian dalam pada tabung mesin cuci memakai lap atau kain kering. Sebaiknya pakai lap yang lembut supaya tidak merusak mesin cuci.

6. Jangan Memasukkan atau Mencuci Terlalu Banyak Pakaian

Cara merawat mesin cuci 2 tabung ialah sebaiknya jangan memasukkan baju terlalu banyak. Setiap unit mesin cuci mempunyai kapasitas sendiri untuk bekerja. Supaya tetap awet digunakan dan dapat bekerja dengan cara optimal, penggunaan mesin cuci sebaiknya jangan dipaksakan melebihi kapasitas.

Karena akibat dari penggunana mesin cuci yang melebihi kapasitas dan dipaksakan, dapat membuatnya mengalami kerusakan sebab membuat bebannya lebih berat. Sebab cara ini bukannya membuat baju lebih bersih justru, semakin rusak.

7. Pastikan Mencabut Kabel Mesin Cuci dari Colokan Sesudah Memakainya

Jangan biasakan tidak mencabut kabel peralatan elektronik, sebab bisa membuat kabel korslet sehingga memicu fluktuasi pada voltase mesin. Selain itu, hal yang sama juga bisa terjadi jika pengguna lupa mencabut kabel serta membiarkan saluran listrik berjalan terus. Sebaiknya hindari kesalahan ini dengan cara mencabut kabel sesudah menggunakan mesin cuci.

Terkait:  Cara Merawat Calathea Black Lipstick

8. Jangan Mematikan Paksa Timer Mesin Cuci

Cara merawat mesin cuci 2 tabung selanjutnya ialah jangan mematikan paksa timer mesin cuci. Jika timer dipaksa berhenti sebelum pengaturan atau setting yang sudah ditentukan, pastinya bisa memicu sistem otomatis mesin cuci menjadi tidak berfungsi. Kehadiran timer mesin cuci 2 tabung umumnya berlangsung secara semi otomatis serta searah jarum jam. Kamu bisa usahakan agar tidak melakukan utak atik timer mesin cuci yang menyala ketika mecin cuci sedang bekerja.

9. Matikan Tombol Power Mesin Cuci

Pastikan agar tombol power mesin cuci dalam kondisi off sebelum kabel dicabut. Jangan sampai Kamu memberhentikan mesin cuci secara paksa serta mesin dalam kondisi stand by. Ini bisa membuat mesin cuci menjadi lebih cepat rusak akibat panas. Adapun untuk membantu menonaktifkan mesin cuci ketika mesin sedang selesai bekerja, Kamu bisa membuka tutup pada mesin cuci supaya mesin bisa berhenti dengan sempurna.

10. Jangan Merendam Pakaian Terlalu Lama

Mengingat mesin cuci adalah mesin otomatis serta bisa melakukan tugasnya dengan efektif, pengguna terkadang lupa sudah meninggalkan rendaman baju yang terlalu lama pada mesin.

Sebenarnya hal ini tak disarankan, sebab bisa membuat baju yang sudah dicuci jadi berbau tidak sedap dan lembab. Jamur dan bakteri bisa berkembang biak dalam baju yang lembab,akibatnya bisa berdampak terhadap kebersihan pakaian serta mesin cuci itu sendiri.

Itulah 10 cara merawat mesin cuci 2 tabung yang bisa Kamu lakukan agar mesin cuci dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Related posts