Cara Naik Lift

Cara Naik Lift

Bagaimana cara naik lift? Lift atau disebut juga sebagai elevator ialah sebuah alat angkut transportasi vertikal untuk mengangkut barang atau orang. Biasanya, lift digunakan sebagai alternatif pengganti eskalator atau tangga untuk naik ke lantai atas. Keberadaan lift sering kita jumpai di gedung-gedung tinggi perkantoran, apartemen, hingga di mall-mall atau pusat perbelanjaan.

Dengan adanya lift tentu saja sangat membantu siapapun yang ingin menaiki lantai atas tanpa perlu repot-repot menaiki tangga. Kamu tak perlu menguras tenaga untuk menaiki lantai atas sebuah gedung. Karena lift membuatnya lebih praktis dan mudah untuk sampai ke tempat tujuanmu.

Read More

Untuk sebagian orang, mungkin kehadiran lift sendiri merupakan hal baru. Maka dari itu, Kamu memerlukan panduan khusus untuk naik lift agar tak terjadi kesalahan saat menaikinya. Misalnya terjebak di dalam lift, kesalahan dalam menekan nomor lantai bahkan dapat mengakibatkan resiko kecelakaan fatal karena kurang informasi mengenai cara naik lift dengan benar. Apalagi jika Kamu harus repot-repot menaiki tangga hanya karena Kamu tidak mengetahui bagaimana cara mengoperasikan alat angkut transportasi ini.

Mengenal Lift

Sekilas mengenai lift yaitu alat untuk mengangkut orang atau benda dari lantai bawah ke lantai atas atau sebaliknya dengan berjalan secara vertikal. Kapasitas beban lift sangat terbatas, sehingga kamu harus melihat perkiraan beban orang atau barang yang akan masuk ke dalam lift. Biasanya ada tulisan kapasitas maksimal pada lift sebagai panduan.

Selain itu, ada banyak tombol yang harus bisa kamu operasikan yaitu tombol untuk membuka pintu lift dan tombol untuk menutup pintu lift. Selain itu juga ada tombol angka yang menunjukkan lantai di setiap ruangan pada gedung tersebut.

Cara Naik Lift

Cara Naik Lift
Panduan Naik Lift Mudah

Panduan Cara Menaiki Lift dengan Mudah

Bagi Kamu yang belum mengetahui bagaimana cara naik lift, berikut beberapa panduan dasar yang harus Kamu ikuti saat menaiki alat ini di gedung perkantoran atau mall-mall, di bawah ini :

1. Berdiri di Depan Lift/Elevator

Silahkan berdiri di depan elevator dan langsung tekan tombol bergambar segitiga yang ujungnya langsung mengarah ke bagian atas atau ke bawah jika Kamu ada di lantai atas. Sementara, jika kamu ingin ke lantai atas maka harus menekan tombol segitiga yang mengarah ke atas.

2. Tekan Tombol Segitiga

Setelah menekan tombol bergambar segitiga, tunggu terlebih dahulu lift tersebut berhenti tepat didepanmu. Misalnya saja, Kamu ada di lantai dasar sementar lift masih ada di lantai teratas, jadi Kamu perlu menunggunya sampai lift tiba ke lantai dasar.

3. Masuk ke Dalam Lift Segera

Langkah cara naik lift selanjutnya, setelah lift berhenti tepat di lantai dasar atau di depanmu, biasaanya lift langsung terbuka secara otomatis. Akan tetapi, pastikan Kamu harus segera masuk ke dalam lift agar pintung tak tertutup kembali. Silahkan pegang pintu lift sebagai antisipasi supaya pintu lift tak tertutup otomatis jika orang-orang didepannya belum masuk ke lift tersebut.

4. Tekan Tombol Nomor Lantai Tujuan

Setelah masuk ke dalam lift, berikutnya tinggal tekan nomor di tombol yang tersedia di dalam lift. Nomor tersebut biasanya menunjukkan nomor lantai. Apabila gedung keberadaanmu mempunyai 10 lantai, pada lift biasanya akan terdapat tombol angka mulai dari nomor 1 sampai 10. Hal ini juga berlaku bagi gedung yang mempunyai lebih dari 10 lantai atau kurang, Kamu tinggal tekan nomor lantai yang akan dituju.

5. Menutup Lift Saat Ada Orang Keluar dari Lift

Jika kamu kebetulan sedang bersama orang lain yang akan pergi ke lantai berbeda, misalnya ke lantai 20 sementara Kamu akan naik ke lantai 50. Dengan begitu, lift secara otomatis akan berhenti dulu di lantai 20. Kemudian setibanyak di lantai 20, secara otomatis lift pun akan langsung terbuka. Setelah selesai, Kamu bisa menutup lift kembali dengan cara manual menekan tombol yang terdapat pada lift. Jika ingin menutupnya, tekan tombol dua pasang segitiga yang berhadapan satu sama lain.

6. Keluar Lift dan Pastikan Pintu Lift Tidak Menutup Otomatis

Cara naik lift selanjutnya, jika Kamu sudah berada di lantai yang Kamu tuju, lift pun akan langsung terbuka sendirinya. Tapi jangan lupa, pegang pintu lift supaya tidak menutup otomatis sebab bisa berbahaya apabila hal ini terjadi.

Itulah beberapa panduan cara naik lift yang dapat Kamu lakukan agar Kamu merasa lebih nyaman menaiki lift. Selain itu, Kamu juga tidak perlu panik lagi jika menaiki lift bersamaan dengan orang lain atau sendirian.

Etika Memakai Lift

Selain mengetahui cara naik lift di atas, Kamu juga harus mengetahui etika memakai lift dengan benar. Dengan begitu, Kamu merasa lebih nyaman begitupun orang yang bersamaan naik lift denganmu. Berikut penjelasannya :

1. Masuk Bergantian

Budayakan antri ketika akan masuk ke dalam lift. Jangan sampai saling berebut untuk masuk ke dalam lift karena akan sangat berbahaya jika terjadi hal – hal yang merugikan seperti terjepit pintu lift. Caranya adalah pegang pintu lift untuk menghindari pintu lift tertutup secara otomatis lalu persilahkan orang lain untuk masuk secara bergantian.

2. Dahulukan Orang yang Akan Keluar Lebih Dulu

Apabila Kamu hendak memakai fasiltias lift ke lantai yang Kamu tuju, namun di dalam lift ternyata ada orang lain yang akan keluar, pastikan untuk mendahulukan orang yang ingin keluar lebih dahulu. Hal ini sangat penting karena bertujuan untuk menghindari resiko terjepit yang disebabkan oleh pintu lift yang tertutup otomatis.

3. Dilarang Merokok

Meskipun Kamu termasuk perokok berat dan aktif, sebaiknya tahan kemauan untuk merokok di dalam lift terlebih dulu. Walaupun Kamu merasa bosan saat berada di dalam lift. Tahan dirimu untuk tidak merokok di dalam litf, di samping dapat mengganggu kenyamanan orang lain yang juga sedang menaiki lift bersamamu, hal ini juga bisa mengakibatkan berbunyinya alarm kebakaran. Kamu tentu saja tak ingin membuat orang lain panik hanya karena Kamu merokok saat berada di dalam lift.

4. Dilarang Berisik

Saat menaiki lift sebaiknya jangan berisik dan tidak menimbulkan kebisingan sebab bisa mengganggu kenyamanan orang lain yang juga sedang menggunakan elevator. Kamu hanya perlu diam saja sambil menunggu lift berhenti di lantai tujuanmu. Selain itu, Kamu perlu tahu bahwa lift biasanyadidesain semi kedap suara agar menghindari kebisingan mesin dari luar lift.

5. Overload

Setiap lift memiliki pengaturan otomatis ketika beban yang masuk ke dalam lift melebihi kapasitasnya. Jika melebihi kapasitas secara otomatis lift tidak akan jalan walaupun kamu menekan tombol tutup pintu lift atau menekan nomor lantai tujuan. Apabola hal tersebut terjadi, maka harus ada salah satu orang yang mengalah keluar dari lift hingga otomatis overload pada lift tidak berbunyi kembali. Dan orang yang keluar tersebut harus menunggu lift selanjutnya menuju lokasi yang akan dituju.

Beberapa etika dan cara naik lift di atas tentu saja akan sangat membantu bagi kamu baik yang sering menggunakan lift atau yang baru menggunakan lift sama sekali. Hal ini dikarenakan keselamatan adalah faktor yang harus di prioritskan.

Baru Diulas: 

Related posts