Cara Naik Eskalator

Cara Naik Eskalator

Bagaimana cara naik eskalator? Eskalator adalah tangga berjalan yang menggunakan mesin sebagai penggeraknya. Keberadaan eskalator hanya berada ditempat – tempat tertentu saja. Yang paling sering kita jumpai keberadaan eskalator ini biasanya ada d pusat perbelanjaan seperti mall, hotel bintang 4 dan bintang 5, hingga restaurant mewah.

Sebenarnya fungsi dari eskalator hampir sama dengan lift. Hanya saja bedanya jika lift bergerak naik secara vertikal dengan beban maksimal yang sudah ditentukan dan berbentuk kotak persegi. Sedangkan untuk eskalator sendiri berbentuk tangga dan hanya naik 1 tingkat saja dari lantai 1 ke lantai 2.

Read More

Keberadaan eskalator umumnya hanya berada di perkotaan saja, sehingga bagi kamu yang tinggal di pedesaan jika ingin merasakan bagaimana naik eskalator maka harus pergi ke kota untuk mencoba merasakan sensasinya.

Selain untuk mempermudah akses dari lantai satu ke lantai lainnya, keberadaan lift menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik jumlah pengunjung lebih banyak. Jika kamu pergi ke lokasi pusat perbelanjaan yang hanya mengandalkan tangga biasa saja, maka kemungkinan kamu kurang tertarik untuk mengunjunginya, apalagi gedung tersebut lebih dari 3 lantai.

Cara Naik Eskalator

Cara Naik Eskalator
Tips Naik Eskalator Aman

Bagaimana Cara Naik Eskalator?

Bagi kamu yang ingin mencoba naik eskalator, kamu memperhatikan beberapa langkah cara naik eskalator dibawah ini, diantaranya :

1. Gunakan Eskalator Sesuai Kebutuhan

Di setiap gedung yang memiliki eskalator, tentu akan selalu ada 2 jenis lift yaitu lift untuk naik ke lantai atas dan lift untuk turun dari lantai atas ke lantai bawah. Kamu cukup pilih tujuan kamu akan pergi ke mana, ke atas atau ke bawah. Yang paling penting kamu tidak boleh melawan arah pergerakan eskalator karena akan membahayakan kamu dan juga membahayakan orang lain.

2. Pijakan Kaki Yang Benar dan Selalu Pegang Handrail

Kamu yang pertama kali pasti akan kaget ketika akan menaiki eskalator, karena bukan hanya tangga nya saja yang berjalan akan tetapi pegangan nya juga ikut bergerak. Pegangan tangan tersebut disebut juga handrail. Dalam cara naik eskalator dengan benar, pastikan untuk memegang handrail dan lakukan pijakan kaki yang benar.

Jika kamu salah sedikit saja terkait pijakan kaki dan tangan yang tidak sama, maka kemungkinan kamu bisa terjatuh. Oleh karena itu antara kaki dan tangan harus seirama. Dahulukan satu kaki dulu, bisa kaki kanan ata kaki kiri. Posisikan badan kamu dekat dengan handrail. Sesuaikan antara kaki dan tangan harus pegang handrail dengan benar agar tidak terjatuh.

3. Cara Naik Eskalator Berada di Posisi Tengah

Karena eskalator itu lebih lebar bentuknya dari tubuh kita, maka selain dekat dengan handrail, tentu saja karena situasi dan kondisi memaksa kamu berada di tengah- tengah ketika naik eskalator. Cara naik eskalator dengan posisi badan di tengah – tengah yaitu sama seperti dekat dengan handrail, kamu harus menginjakan kaki kanan atau kaki kiri terlebih dahulu sambil jaga keseimbangan agar kamu tidak terjatuh.

4. Bersikap Tenang Ketika Sedang Menaiki Eskalator

Bukan bagi orang yang baru merasakan naik eskalator saja yang merasa enggan dan takut saat turun dari eskalator, namun yang sudah sering naik eskalator juga terkadang merasa cemas ketika akan turun. Kecemasan tersebut sangatlah wajar mengingat antara eskalator dengan lantai setelahnya yang tidak bergerak menuntutmu untuk menjaga keseimbangan badan.

Berdasarkan survei lapangan, ternyata ada saja yang terjatuh ketika hendak turun dari eskalator, ini disebabkan karena kecemasan berlebih yang akhirnya tidak tenang ketika sedang berada di eskalator. Salah sedikit saja, kaki kamu bisa terjepit pada eskalator. Tentu kecelakaan seperti ini tidak ingin kamu alami dan sebisa mungkin harus dihindari. Oleh karena itu, selalu bersikap tenang ketika menggunakan eskalator.

5. Cara Turun dari Eskalator

Baik eskalator naik maupun eskalator turun, langkah yang harus kamu dahulukan adalah salah satu kaki baik itu kaki kanan maupun kaki kiri. Jangan kedua – duanya turun sekaligus karena bisa saja kamu terjatuh. Tentukan momen yang pas pada saat tangga yang kamu injak akan masuk ke bagian dalam eskalator. Di saat seperti itu, sebaiknya segerakan kaki kanan atau kiri untuk turun dari eskalator dan diikuti dengan kaki yang satunya.

Tips Aman Menaiki Eskalator

Cukup mudah jika kamu betul – betul memahami cara naik eskalator dengan benar, dengan begitu Kamu bisa terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan. Agar kamu tetap aman dan nyaman, berikut ada tips bagi kamu yang akan naik eskalator :

1. Jangan Bawa Barang Berat

Usahakan tidak membawa barang – barang yang berat, perkirakan saja barang yang kamu bawa hanya 1/3 dari berat badan kamu. Jika kebetulan kamu membawa barang yang banyak dan berat, lebih baik kamu bawa barang bawaan tersebut dengan dicicil. Lebih baik kamu naik turun eskalator daripada terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

2. Posisi Badan di Tengah Eskalator

Posisi yang terbaik adalah berada di tengah, terlebih jika kamu sedang menggendong bayi atau balita. Dengan posisi di dekat handrail dikhawatirkan bisa terjadi kecelakaan yang menyebabkan kerugian seperti terjatuh dari eskalator.

3. Harus Konsentrasi

Ketika sedang menaiki eskalator, kamu harus hati – hati dan jangan terlalu banyak melamun atau bercanda jika sedang bersama orang lain.

4. Perhatikan Sepatu yang Dipakai

Bagi kamu yang memakai sepatu dengan menggunakan tali, pastikan agar tali sepatu benar – benar sudah kamu ikat, jangan sampai tali sepatumu tidak terikat atau ikatannya kurang kuat. Bisa saja akibat tali sepatu bisa masuk ke dalam celah pada tangga eskalator yang menyebabkan kakimu terjebak di eskalator.

5. Pegang Handrail Untuk Jaga Keseimbangan

Jika kebetulan kamu kurang bisa menyeimbangkan badan, jangan malu untuk pegang handrail baik handrail sebelah kanan atau handrail sebelah kiri. Atau jika perlu silahkan pegang dua – duanya karena keselamatan yang bisa dirasakan bukan orang lain melainkan hanya kamu yang bisa merasakannya.

6. Jangan Duduk di Tangga Eskalator

Seberapa pegal badan kamu, usahakan tidak duduk di atas tangga eskalator yang sedang berjalan. Karena akan membahayakan kamu dan juga orang lain. Tahan sebentar dan jika sudah turun dari eskalator baru kamu bisa cari tempat duduk hanya sekedar ingin rehat menghilangkan pegal.

7. Tentukan Momentum Ketika Naik atau Turun dari Eskalator

Kamu harus konsentrasi dan sigap ketika akan naik eskalator dan juga harus hati – hati serta kosentrasi ketika akan turun dari eskalator. Momentum yang pas akan membantu kamu menaiki eskalator dengan sangat nyaman, jika kamu merasa kelelahan, jangan terlalu memaksakan untuk naik eskalator. Istirahat sejenak baru bisa melanjutkan perjalanan menuju lantai berikutnya dengan menggunakan eskalator.

Itulah tips dan cara naik eskalator dengan benar bagi kamu yang akan menaiki eskalator agar kamu bisa terhindar dari kecelakaan yang tentunya tidak ingin kamu alami.

Adanya eskalator tentu akan membuat kamu merasa nyaman tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk naik atau turun dari lantai satu ke lantai berikutnya. Bersikaplah seolah kamu sudah pernah naik eskalator walaupun belum pernah sama sekali, karena justru hal tersebut bisa membuat kamu lebih berkonsentrasi.

Related posts