Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Bagaimana cara mengaktifkan Internet Banking BRI? Bank BRI saat ini masih menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia, sebenarnya hal yang wajar mengingat Bank BRI sudah dikenal masyarakat sampai ke pelosok. Sehingga masyarakat yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan akan lebih cepat mengenal Bank BRI ketimbang bank – bank lainnya yang hanya beroperasi di perkotaan.

Layanan yang bisa kamu nikmati adalah selain kamu bisa menabung tiap waktu, kamu juga bisa transfer uang baik sesama nomor rekening bank BRI maupun transfer antar bank. Caranya adalah kamu bisa datang langsung ke cabang terdekat dan langsung melakukan transaksi tersebut. Selain itu, bisa juga dilakukan lewat mesin ATM yang saat ini sudah tersebar di setiap cabang – cabang terdekat.

Read More

Kamu juga sebenarnya bisa menabung deposito dalam nominal tertentu sebagai bentuk investasi masa depan dan layanan lainnya yang pastinya menarik untuk diikuti sebagai nasabah Bank BRI. Jika Kamu masih belum terdaftar sebagai nasabah BRI, sebaiknya daftar langsung ke kantor cabang terdekat untuk bisa melakukan transaksi dengan nomor rekening bank BRI.

Saat ini, selain bertransaksi dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat atau melalui ATM BRI dan bisa juga ATM lainnya yang memiliki logo ATM Bersama. Kamu juga bisa melakukan berbagai macam aktifitas keuangan melalui internet banking BRI. Namun sayangnya tidak semua orang tahu dan paham mengenai layanan ini, padahal dengan mengaktifkan internet banking, maka segala urusan menjadi mudah. Karena Kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja dengan mudah dan cepat.

Fitur-Fitur Menarik Internet Banking BRI

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan layanan ini, maka kamu harus tahu fitur apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika sudah aktivasi internet Banking BRI, yaitu :

  • Kamu bisa tahu semua informasi transaksi yang terjadi di rekening BRI-mu. Misalnya saja dengan melihat saldo tabungan, saldo deposito yang kamu simpan, DPLK, sekaligus dapat mengecek mutasi rekening untuk beberapa bulan ke belakang..
  • Kamu juga bisa melakukan transfer dana baik itu ke sesama nomor rekening Bank BRI, antar Bank maupun RTGS. Perlu diketahui bahwa transfer antar bank berbeda akan dikenakan tarif sesuai dengan ketentuan, tetapi jika transfer ke sesama pengguna bank BRI maka Kamu tak akan dikenakan tarif sepeserpun.
  • Fitur lainnya yaitu bisa melakukan berbagai macam pembayaran dan penagihan dalam satu waktu. Contohnya adalah tagihan telepon, kartu kredit, pembayaran listrik sampai ke pembelian pulsa bisa kamu lakukan melalui Internet banking ini.
  • Komunikasi langsung bersama Customer Service bisa dilakukan melalui inbox yang terdapat dalam layanan Internet Banking.
  • Semua daftar pembayaran pelayanan nasabah bisa diketahui dengan mudah seperti informasi yang masuk ke pesan masuk, pesan yang pernah kamu kirim. Selain itu kamu juga bisa mengubah password, bisa mengubah alamat email yang sebelumnya telah didaftarkan dan ingin mengganti dengan email baru, catatan – catatan transfer dana hingga pembayaran tagihan.
  • Pembayaran premi asuransi seperti BRI Life bisa dilakukan dengan mudah.
  • Bisa melakukan permintaan mToken dengan sangat mudah.

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI
Mengaktifkan Internet Banking BRI

Tutorial Mengaktifkan Internet Banking BRI

Jika Kamu ingin menggunakan layanan internet banking BRI, ada beberapa tutorial cara mengaktifkan Internet Banking BRI yang bisa dilakukan. Berikut panduannya :

1. Daftar dan Aktivasi Layanan Internet Banking BRI via ATM

Dalam cara mengaktifkan internet banking BRI, langkah pertama tentu kamu harus daftar layanan tersebut lebih dulu. Untuk mendaftarnya sebenarnya cukup mudah dan tidak akan menyita waktu hingga berjam – jam. Untuk tahapannya bisa disimak berikut ini :

  • Datang ke ATM terdekat, usahakan ATM yang kamu gunakan adalah ATM BRI, bukan ATM Bersama. Karena untuk mendaftar internet banking harus menggunakan ATM BRI.
  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin lalu pada layar akan muncul tampilan untuk memasukkan PIN. Kamu harus memasukkan PIN yang kamu miliki agar bisa masuk ke menu berikutnya.
  • Pada layar akan ada pilihan Lainnya. Kamu pilih menu tersebut lalu pilih menu Registrasi.
  • Jika sudah akan ada tampilan banyak pilihan diantaranya Internet Banking. Pilih menu tersebut.
  • Masukkan kembali PIN yang kamu gunakan untuk dijadikan Password default Internet Banking BRI.
  • Setelah itu akan ada perintah untuk memasukkan kembali PIN, maka masukkan lagi PIN sebelumnya.
  • Jika sudah, akan terlihat pada layar sebuah notifikasi jika registrasi untuk daftar internet banking BRI telah dilakukan.
  • Tunggu beberapa saat kemudian akan keluar struk yang berisi data – data seperti user ID dan rincian data lainnya yang keluar dari mesin ATM BRI.
  • Lakukan aktivasi lanjutan dengan masuk pada situs www.ib.bri.co.id. Lebih disarankan untuk membuka situs tersebut dengan menggunakan laptop atau komputer untuk lebih mempermudah dalam proses aktivasi. Browser yang digunakan bisa browser bawaan seperti Internet Explorer maupun Google Chrome. Tapi kamu juga bisa menggunakan browser pihak ketiga seperti Mozilla maupun Brave.

2. Daftar dan Aktivasi Internet Banking BRI

Jika kamu tidak ingin aktivasi melalui situs tersebut karena dinilai cukup merepotkan, kamu bisa mencoba cara mengaktifkan internet banking BRI dengan datang langsung ke Customer Service. Silahkan datangi kantor cabang BRI terdekat. Setelah itu, kamu harus antri menunggu giliran untuk menyelesaikan pendaftaran Internet Banking BRI ke Customer Service. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM, Identitas diri seperti KTP dan bila diperukan membawa buku tabungan.

Lebih jauh mengenai aktivasi langsung ke customer service, maka kamu harus mempersiapkan dokumen maupun identitas diri lainnya seperti :

  • Rekening tabungan BRI dilihat dari buku tabungan yang kamu miliki.
  • Memperlihatkan bukti identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM, KIMS maupun Pasport.
  • Isilah formulir yang akan kamu terima untuk proses aktivasi yang dinamakan formulir aktivasi Internet Banking.
  • Isilah nomor HP yang aktif, lebih disarankan jika kamu memiliki provider Telkomsel, Indosat ataupun XL. Karena ketiga provider tersebut bekerja sama dengan bank BRI.
  • Isilah alamat email yang aktif karena akan ada notifikasi masuk ke alamat email tersebut.

Jika syarat – syarat tersebut sudah siap dan proses cara mengaktifkan Internet banking BRI sudah dilakukan, maka bisa dipastikan proses aktivasi akan berjalan lancar.

Tips Aman Bertransaksi dengan IB BRI

Ada beberapa tips yang harus Kamu perhatikan saat bertransaksi dengan IB BRI, diantaranya :

1. Wajib Menjaga Data Pribadi dengan Baik

Sebaiknya jangan berikan informasi mengenai user id dan password internet banking BRI ke siapapun. Jangan berikan data pribadi bersifat rahasia, baik itu PIN, nomor token, dan lainnye, entah via email atau telepon.

2. Ketik URL IB BRI dengan Benar

Saat ingin bertransaksi, sebaiknya pastikan link URL yang Kamu masukkan merupakan situs resmi bank BRI. Apabila ada link URL email untuk membuka web internet banking, sebaiknya jangan langsung diklik. Sebab biasanya ini adalah modus aksi pencurian.

3. Membuat Password yang Cukup Rumit

Pastikan untuk membuat password IB BRI yang tak gampang ditebak. Sebaiknya buat kombinasi kata sandi yang susah ditebak dan rumit. Selain itu, jangan lupa pula mengupdatenya dengan berkala.

4. Kunci PC atau Ponsel dengan Sandi

Lindungi semua data pribadimu dalam PC atau ponsel dari pihak tak bertanggung jawab. Alangkah baiknya Kamu menggunakan sandi untuk menghunci perangkatmu dengan baik.

Demikianlah ulasan terkait cara mengaktifkan internet banking BRI, persyaratan dan cara menggunakan ib BRI dengan aman. Semoga bermanfaat!

Related posts