Cara Merawat Hamster

  • Whatsapp

Sebenarnya cara merawat hamster bisa dikatakan gampang-gampang susah, berbeda dengan merawat hewan peliharaan lainnya. Karena jika tidak dirawat dengan baik, biasanya hamster akan cepat mati dan tidak awet. Hamster adalah salah satu binatang peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Inilah alasan kenapa banyak orang tertarik merawat binatang yang satu ini.

Mengenal Hamster

Bagi Kamu yang ingin merawat hamster, sebelum memahami cara merawat hamster tentu saja Kamu harus benar-benar mengenal hewan yang satu ini. Hamster sebenarnya termasuk hewan mungil dan termasuk ke dalam keluarga tikus tapi hewan ini dapat dijadikan peliharaan. Sebenarnya, hamster termasuk hewan mungil yang cukup mudah dirawat, inilah alasan kenapa banyak orang tertarik memilikinya.

Read More

Binatanya hamster biasanya hidup liar yang biasanya bersembunyi di siang hari di dalam tanah, agar terhindar dari predator yang berbahaya. Sementara di malam hari, biasanya hamster akan mencari makan.

Karakteristik hamster sendiri memiliki tubuh serta ekor lebih pendek jika dibandingkan tikus. Di samping itu, biasanya bulu hamster lebih halus dan lebat sehingga menjadikan tampilannya lebih menggemaskan. Selain itu, binatang mungil ini juga terkenal karena keaktifan dan kelincahannya, inilah alasan kenapa Kamu harus menambahkan area bermain untuk hamster kesayanganmu. Selain itu, tempat tinggal hamster yang nyaman bisa membuatnya semakin nyaman bergerak sekaligus membuatnya agar terhindar penyakit.

Hamster juga termasuk binatang yang tak dapat melihat objek dari jarak jauh serta buta warna. Walaupun demikian, indra penciuman hewan ini sangat baik, mereka bahkan dapat mencium aroma badannya yang menempel pada beberapa benda.

Tak hanya itu, hamster juga dapat mengenali posisi benda di sekitarnya dengan baik. Bahkan hamster kerap mengeluarkan aroma tidak sedap apabila tidak dibersihkan secara rutin. Karena itu, Kamu harus memperhatikan kebersihan pada hamster sekaligus kandangnya supaya tidak mengganggu area lingkungan sekitarnya.

Terkait:  Cara Merawat Hamster Syrian

Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster
Merawat Hamster Mudah

Tutorial Merawat Hamster

Ada beberapa langkah cara merawat hamster yang bisa Kamu lakukan agar hamstermu tumbuh dengan sehat dan bersih. Berikut ulasannya :

1. Memilih Kandang yang Tepat

Untuk merawat hamster dengan baik yang pertama, Kamu harus memilih kandang yang tepat dan dibutuhkan hamster. Setiap hamster memerlukan kandang yang juga berbeda. Akan tetapi, semuanya tentu memerlukan tempat cukup luas agar bisa bertahan hidup.

Biasanya kandang hamster normal berukuran sekitar 0,24 m2 (60×30 cm). Sebaiknya kandang dibuat dari plastik tebal atau kaca dengan beberapa bagian lubang kecil di bagian atasnya untuk ventilasi. Selain itu, Kamu juga dapat melubangi kandang bagian atas dan menggantinya memakai kawat supaya hamster bisa bernafas.

2. Mengisi Kandang Hamster dengan Peralatan Lengkap

Di samping memperhatikan kandangnya, penting juga untuk menambahkan peralatan ke dalam kandang hamster. Peralatan tersebut diperlukan demi kelangsungan hidup hewan mungil ini. Tujuannya supaya mereka tidak stres serta bisa tumbuh sehat, maka Kamu membutuhkan pipa air minum, alat bermain dan tempat makan.

Namun untuk alat bermain sendiri, Kamu tak membutuhkannya jika hamstermu malas dan bersifat pasif seperti hamster Syrian. Pada hamster yang memerlukan banyak gerak, maka Kamu memerlukan roda berputar.

3. Mengetahui Naluri Hamster

Tak hanya sekedar melengkapi kandangnya saja, tapi cara merawat hamster ini juga sangat penting. Sebab jika diabaikan, maka hewan peliharaanmu akan mati. Tidak semua jenis hamster jinak dapat tinggal bersama. Kamu juga harus tahu bahwa hamster termasuk hewan teritorial dan biasanya sangat menjaga wilayah kekuasaannya.

Jika disatukan bersama hamster lainnya, biasanya mereka akan berkelahi hingga mati. Namun jenis hamster seperti Winter white serta Roborovski bisa tinggal bersama hamster lainnya. Meskipun demikian, Kamu tetap harus memastikan agar mereka tampak akrab di dalam kandang yang bersekat kaca. Setelah akrab baru pindahkan ke dalam satu kandang.

Terkait:  Cara Merawat Monstera

4. Menambahkan Alas Kandang

Tentu saja alas kandang yang dimaksud bukan kardus atau karpet yang umumnya dijual di pasaran, melainkan serutan kayu. Biasanya serutan kayu lembut digunakan untuk pijakan serta tempat hamster beristirahat. Ketebalan alas kandang pada hamster setidaknya dibuat minimal 5 cm. Selain itu, biasanya kayu serut tersebut dari aspen.

Sebaiknya hindari pemakaian serutan kayu dari pohon pinus maupun cedar, sebab bisa merusak kesehatan binatang kesayanganmu ini. Kayu jenis ini tidak baik bagi pernafasan hamster, sebab mengandung butiran berukuran kecil yang bisa beterbangan di kandang. Selain itu, selalu bersihkan alas pada kandang hamster selama 2 hari sekali untuk mencegah bakteri.

5. Kebutuhan Makan dan Minum

Tentu saja, Kamu juga harus bisa memenuhi kebutuhan makan dan minum hamster dalam cara merawat hamster. Mangkuk makanan hamster sebaiknya terbuat dari material cukup berat supaya tak mudah terbalik. Selain itu, terbuat dari material yang tahan gigitan hamster. Adapun salah satu pilihan bahan ideal untuk wadah makanan hamster ialah logam berbentuk stainless steel.

Silahkan tempatkan wadah makanan hamster untuk kebutuhan makan mereka. Kamu bisa memberikan makanan hamster berupa pelet, karena makanan ini mempunyai kelebihan tersendiri. Pasalnya pelet khusus untuk hamster bisa memberikan nutrisi seimbang bagi hamster jika dibandingkan memberinya makanan bijian saja atau makanan segar.

Namun sebaiknya tidak mencampur biji-bijian dan pelet hamster. Karena hamster cenderung lebih memilih makanan biji-bijian dengan nutrisi kurang lengkap jika dibandingkan pelet. Kamu bisa memberikan makan hamster setiap hari, caranya dengan mengisi 3/4 mangkuknya.

Selain itu, hamster pun boleh sesekali mengkonsumsi sayuran seperti labu, wortel, kembang kol, brokoli, bayam, timun dan lainnya. Kamu bisa memberikan bentuk potongan berukuran kecil yang bisa dimakan oleh hamster. Jangan berikan buah-buahan pada hamster sebab kandungan yang tinggi gula akan sulit dicerna, sedangkan pencernaan hamster cukup sensitif.

Terkait:  Cara Merawat Kucing Persia

Dalam cara merawat hamster ini, perhatikan pula porsi makannya tidak berlebihan. Sebab hamster yang merasa kekenyangan  biasanya akan menyimpan makanannya di tempat persembunyiannya agar dapat dimakan kemudian hari.

6. Memberikan Air Bersih Untuk Minum

Kamu bisa menyandingkan air putih yang bersih dan makanan segar untuk kebutuhan makan dan minum hamster. Biasanya air yang bersih disediakan pada pipa air minum. Memiliki bentuk corong yang bisa disedot oleh hamster saat mereka kehausan.

Selain itu, air bersih tersebut wajib diganti sehari sekali sebab baik kualitas maupun temperatur airnya bisa berganti cepat. Hamster juga tidak suka dengan air bersuhu hangat. Biasanya mereka lebih senang memilih air yang segar. Oleh karenanya, pastikan air pada pipa tempat minum hamster selalu dingin.

7. Mengajak Hamster Bermain

Meskipun tak selincah anjing dan kucing yang memerlukan waktu bermain dengan cara rutin. Namun hewan pengerat yang satu ini pun tak dapat disekap di kandang begitu saja dalam waktu yang cukup lama. Nah, dari sinilah Kamu memerlukan tempat bermain untuk hamster.

Tak perlu ribet-ribet dan tempat yang mewah, Kamu hanya perlu akuarium yang berukuran 80 x 80 cm dengan berbagai mainan hamster. Adapun mainan tersebut berupa roda putar beserta terowongan plastik. Jika Kamu tak ingin repot-repot membangun akuarium, maka Kamu bisa memilih bola jogging untuk hamster. Alat yang satu ini bisa membuat hamster merasa lebih nyaman juga aktif di rumah.

Nah, itulah 7 langkah cara merawat hamster mulai dari membuat kandang hingga melengkapi kandangnya dengan peralatan bermain hamster agar lebih nyaman berada di dalam kandang.

Related posts