Cara Merawat Calathea Black Lipstick

  • Whatsapp

Calathea black lipstick adalah sejenis tanaman hias populer yang kini banyak dicari. Tanaman hias ini termasuk keluarga dari marantaceae dan berasal dari negara Amerika Serikat. Akan tetapi, berdasarkan beberapa sumber, calathea black lipstick termasuk varietas baru dari Papua. Bunga yang juga disebut dengan nama meranti ini mempunyai daun lebar yang bercorak khas pada tiap jenis tanamannya. Lalu, bagaimana cara merawat calathea black lipstick?

Jenis-Jenis Calathea

Bunga calathea di lingkungan yang sejuk dan teduh iala tempat yang ideal untuk tumbuh kembang calathea. Selain itu, tanaman ini apabila terkena sinar matahari daunnya langsung menggulung serta kualitas bunganya pun akan menurun. Selain calathea black lipstick, Kamu harus mengetahui jenis-jenis calathea lainnya diantaranya :

1. Calathea Ornata

Merupakan sejenis calathea dari Amerika Selatan. Jenis tanaman ini dikenal juga sebagai Pinstripe calathea. Tanaman calathea ornata ini tumbuh dengan batang lunak. Memiliki bentuk oval dan elips yang berukuran lebar. Daunnya berwarna hijau serta merah keunguan dan bermotif garis-garis yang berwarna putih di area sepanjang tulang daunnya.

2. Calathea Majestica

Ini adalah jenis calathea yang berukuran besar. Daun tanaman ini berwarna hijau tua di bagian atasnya sedangkan warna di bagian bawahnya cokelat keunguan. Memiliki panjang sekitar 60 cm dengan lebar berukuran 26 cm. Adapun bunga calathea majestica ini mempunyai warna dasar berwarna kuning muda, di bagian atasnya terlihat berwarna putih serta di bagian bawahnya berwarna hijau muda. Bunga calathea jenis ini muncul dari bagian tangkai panjang.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura Brazil

3. Calathea Rose Painted

Tanaman ini berasal dari Brazil bagian barat dan utara. Tanaman ini termasuk tanaman evergreen dan dapat tumbuh pada ketinggian tanaman 50 cm. Jenis daun calathea ini memiliki bentuk yang bundar serta bagian atas pada daunnya tampak berwarna hijau. Sedangkan pada daun bagian bawahnya berwarna merah.

Memiliki motif garis-garis yang berwarna cream atau pink pada urat serta permukaan daunnya. Jenis bunga calathea ini biasanya akan mekar saat musim panas dan berwarna putih serta berwarna ungu dan berukuran kecil, tidak mencolok. Meskipun demikian, bunga ini tetap indah dilihat.

4. Calathea Peacock

Tanaman calathea peacock atau calathea bulu merak adalah sejenis calathea dengan daun bermotif menarik dan cantik. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk lebar dengan bagian ujungnya yang lancip. Memiliki motif daun seperti bulu merak dengan daunnya yang berwarna kombinasi hijau keputihan, hijau muda dan hijau tua.

Calathea peacock adalah salah satu opsi tanamna indoor yang digunakan sebagai penghias ruangan yang disimpan di sudut rumah. Di samping itu, jenis tanaman calathea ini bisa menyerap paparan radikal bebas di dalam ruangan.

5. Calathea Black Lipstick

Tanaman calathea black lipstick adalah tanaman dari Papua. Tanaman ini biasanya dikenal sebagai calathea dottie di luar Indonesia. Akan tetapi, tanamna ini jarang sekali dijumpai di pasaran. Karakteristik calathea black lipstick terlihat dari warna daunnya.

Biasanya daun calathea memiliki warna hijau, tapi pada tanaman ini daunnya tampak berwarna gelap keunguan yang memiliki garis merah muda. Uniknya lagi, tanaman calathea ini biasanya lebih cocok apabila ditempatkan di dalam ruangan tanpa paparan sinar matahari langsung supaya warna daunnya menjadi optimal.

6. Calathea Makoyana

Calathea makoyana mempunyai corak garis-garis yang warna dasar di bagian bawah daunnya berwarna merah maroon, sedangkan pada bagian atasnya berwarna hijau. Tanaman calathea ini mempunyai bunga berwarna putih. Adapun lingkungan ideal tempat tanaman ini tumbuh ialah di lingkungan lembab yang bersuhu ideal 15 sampai 24oC.

Terkait:  Cara Merawat Bunga Aglonema

Mengenal Lebih Dekat Tentang Calathea Black Lipstick

Sebelum membahas cara merawat calathea black lipstick, Kamu harus tahu dulu karakter dan syarat pertumbuhan calathea black lipstick. Berikut ulasannya :

1. Mempunyai Tampilan Unik

Calathea black lipstick memiliki keunikan tersendiri dari warna dan corak daunnya. Daun tanaman tersebut hampir sama seperti jenis calathea yang lainnya, termasuk calathea rose painted. Akan tetapi, tampak perbedaan dari warna daun tanamannya yang unik. Selain itu, calathea rose painted mempunyai daun berwarna hijau yang bercorak warna cream atau putih.

Pada calathea black lipstick sendiri mempunyai warna daun gelap keunguan yang mempunyai corak bergaris merah mudah. Terlihat berwarna gelap bisa memancarkan kesan yang elegan dan kuat, karenanya dapat mempengaruhi karkater ruangan.

2. Tak Boleh Terpapar Sinar Matahari Langsung

Mirip seperti tanaman hias dalam ruangan lainnya, tanaman calathea black lipstick ini sangat ideal tumbuh di area indoor yang tak terpapar sinar matahari secara langsung. Metode ini bisa membuat daunnya menampilkan warna secara optimal.

3. Berguna Untuk Menyuplai Oksigen di Dalam Rumah

Tanaman meranti pun bisa menyuplai oksigen di ruangan rumah supaya selalu segar. Memiliki daun berwarna keunguan yang menawan sehingga membuat rumahmu semakin indah.

Cara Merawat Calathea Black Lipstick

Cara Merawat Calathea Black Lipstick
Merawat Calathea Black Lipstick

Tutorial Merawat Calathea Black Lipstick

Berikut di bawah ini ada beberapa panduan cara merawat calathea black lipstick dengan baik yang bisa Kamu coba. Ini dia ulasannya :

1. Mendapatkan Asupan Sinar Matahari yang Cukup

Tanaman ini termasuk sejenis tanaman hias yang tak bisa menerima paparan cahaya matahari langsung. Dengan demikian, tanaman ini harus diletakkan di area yang menerima penyinaran matahari yang terang namun tidak langsung. Calathea black lipstick biasanya akan tetap tumbuh dengan baik di area yang kurang pencahayaan.

Terkait:  Cara Merawat Hamster

Tanaman calathea sebaiknya diletakkan di dalam ruangan maupun di area yang tak secara langsung terpapar sinar matahari. Metode ini bisa mmebuat bagian daunnya menampilkan warna yang maksimal serta memancarkan sisi elegan.

2. Melakukan Penyiraman yang Cukup

Cara merawat calathea black lipstick berikutnya ialah melakukan penyiramna yang cukup pada tanaman. Kontrol terhadap sistem kelembaban lingkungan sekitar dan media tanam dapat dilakukan dengan penyiraman yang dengan intensitas yang cukup. Jenis tanaman hias ini memang memerlukan banyak air tapi penyiraman yang dilakukan setiap hari bisa membuat tanaman pun akan mati membusuk.

Selain itu, pastikan pot tanaman yang dipakai bisa mengalirkan air sisa sehingga air tak menggenang di dalam pot. Lebih baik Kamu menyiram tanaman calathea dengan tetap memperhatikan kondisi pada media tanamnya. Kamu bisa menyiram tanaman ketika media tanamnya tampak kering sedikit.

3. Tahap Pemupukan

Untuk pemberian pupuk biasanya dilakukan di awal penanaman, sebaiknya diberikan setiap sebulan sekali. Kemudian, pemupukan serta pemberian obat tanaman calathea ini dilakukan tiap 2 minggu sekali atau 3 bulan sekali tergantung dari kondisi tumbuhan. Biasanya tanaman ini memang tak gampang terkena penyakit dan hama. Namun Kamu dapat memberikannya pupuk NPK, pupuk kandang atau yang lainnya.

Selain itu cara merawat calathea black lipstick lainnya ialah ganti wadah atau pot secara teratur serta mengganti media tanam setiap 6 bulan sekali supaya lebih subur dan sehat. Jangan biarkan media tanam calathea bercampur dengan tanah, sebab bisa membuat tanaman membusuk.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat calathea black lipstick yang bisa Kamu coba jika Kamu penyuka tanaman yang satu ini. Semoga bermanfaat!

 

Related posts