Cara Menyetir Mobil Matic

Bagaimana cara menyetir mobil matic? Saat membeli sebuah kendaraan, Kamu akan dihadapkan pada dua pilihan tipe, yaitu mobil matic dan mobil manual. Mobil matic sendiri adalah mobil yang kini banyak diincar dibandingkan tipe mobil manual. Hal ini dikarenakan cara mengendarainya dianggap lebih mudah daripada mobil manual. Mengingat dengan mobil manual, Kamu harus bisa menyeimbangkan antara pedal kopling, rem dan gas.

Apa Saja Perbedaan Mobil Matic dan Manual?

Sebelum kita membahas cara menyetir mobil matic, Kamu harus tahu dulu apa saja perbedaan antara mobil matic dengan mobil manual.

Read More

Secara umum dilihat dari transmisinya, mobil dibagi ke dalam dua jenis yaitu mobil matic dan mobil manual, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahui detail perbedaan kedua tipe mobil ini, berikut ulasannya :

1. Perbedaan Harga

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil matic adalah tipe mobil yang dibanderol dengan harga cukup mahal, jika dibandingkan mobil manual. Adapun alasannya, perawatan mobil transmisi otomatis ini bisa dikatakan cukup mahal. Kamu bisa melihatnya dari sparepart maupun komponen lain pada mobil matic.

2. Sistem Pengoperasian Mobil

Mobil manual memiliki 3 pedal yang harus kamu operasikan yaitu kopling, gas dan rem. Berbeda dengan mobil matic hanya memiliki 2 pedal saja yaitu gas dan rem.

Pengoperasian mobil manual yaitu pertama dengan menginjak kopling lalu pindahkan tuas gigi yang berada di bagian samping kiri sopir ke gigi 1, 2, 3, 4 atau 5. Biasanya tergantung pada kondisi dan kontur jalanan yang Kamu lewati. Untuk melakukan pengereman, jangan lupa dilakukan secara perlahan sembari menginjak pedal kopling. Sebab jika rem dilakukan secara mendadak tanpa menginjak kopling, membuat mesin mobil menjadi mati.

Terkait:  Cara Pakai Mobil Matic

Biasanya pada pengoperasian mobil bertransmisi otomatis, saat hendak memindahkan transmisi gigi, secara otomatis dilakukan dengan memakai alat yang sudah disematkan pada mobil matic, yakni gearbox.

Pada mobil manual akan lebih sering menggunakan kinerja kaki dan tangan jika dibandingkan mobil matic. Apalagi jika kondisi jalanan sedang macet, Kamu harus siap-siap saja menyeimbangkan antara pedal gas, rem dan kopling agar mobil tidak mati. Lain halnya dengan mobil matic, saat kondisi macet sekalipun, Kamu tak perlu repot-repot lagi melakukan transmisi sesering mungkin.

3. Tingkat Kenyamanan Saat Berkendara

Ketika berbicara mengenai kenyamanan saat berkendara, tentu saja penilaiannya sangat subyektif karena setiap orang memiliki pandangan tersendiri. Meskipun demikian, Kamu akan merasa lebih nyaman dan santai jika memakai mobil matic dibandingkan mobil bertransmisi manual. Karena mobil ini memerlukan lebih banyak energi saat mengendarainya. Sehingga wajar jika pengemudinya akan lebih mudah mengalami kelelahan.

4. Sistem Perawatan

Mungkin untuk perawatan rutin bulanan, mobil manual memiliki keuntungan dibandingkan dengan mobil matic karena tidak akan banyak mengeluarkan biaya. Apabila kendaraan maticmu mengalami masalah, setidaknya Kamu harus memanggil teknisi yang benar-benar ahli. Berbeda dengan mobil manual, pada kondisi tertentu saat terjadi masalah Kamu bisa melakukan sedikit perbaikan dengan mengikuti panduan yang banyak dibahas di internet.

Setelah membahas perbedaan mobil matic dan manual di atas, maka bisa disimpulkan bahwa mobil bertransmisi otomatis atau matic memiliki banyak kelebihan yang bisa didapatkan dibandingkan mobil manual. Jika Kamu memiliki anggaran berlebih, maka tak ada salahnya memilih mobil bertransmisi otomatis dengan merek sesuai kebutuhan dan keinginanmu.

Kendaraan roda empat bertransmisi otomatis, sangat banyak ditemukan di setiap merek mobil terkenal, mulai dari pabrikan Toyota, Daihatsu, Honda, hingga Hyundai. Namun diantara semua merk mobil di pasaran otomotif di atas, lebih baik cari merk mobil yang menawarkan ketersediaan sparepart melimpah. Adapun alasannya, saat mobilmu mengalami masalah maka Kamu akan lebih mudah mengganti sparepart yang telah rusak. Tentu saja, dengan semakin langka Kamu mencari sparepart mobil, maka harga perawatannya pun akan semakin mahal.

Terkait:  Cara Menyetir Mobil Manual

Cara Menyetir Mobil Matic

Cara Menyetir Mobil Matic
Menyetir Mobil Matic

Panduan Menyetir Mobil Matic

Jika Kamu baru memiliki mobil matic, dan ingin belajar mobil matic agar bisa bermanuver dengan mudah di jalan raya, tentu harus mengikuti panduan cara menyetir mobil matic dengan mudah. Sebenarnya cara belajar mengemudi mobil matic sendiri lebih mudah dibandingkan mobil bertransmisi manual. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Posisi Pertama Tuas Dalam Posisi P

Adapun arti dari posisi P ini ialah Parkir. Dengan kata lain, sebelum menyalakan mobil, pastikan duli tuas yang ada di samping kiri sopir dalam posisi N (Normal) atau P (parking). Sebagai informasi, apabila Kamu menyalakan mesin mobil dan ternyata posisi tuas dalam posisi reverse atau R, maka kendaraan akan bergerak mundur.

2. Memastikan Semua Indikator Kendaraan Menyala Sebelum Menghidupkan Mesin

cara menyetir mobil matic ini paling penting, yakni jika kamu sudah memasukkan kunci ke dalam lubang kunci mobil, maka Kamu harus memutar sekali kemudian cek seluruh indikator pada mobil. Pastikan apakah semua indikator berfungsi dengan baik atau tidak. Hal tersebut bertujuan guna memastikan kondisi mobilmu masih dalam keadaan prima. Sehingga bisa menekan resiko terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Setelah memastikan semua indikatornya menyala, putar kembali ke kanan untuk menyalakan mesin mobil.

3. Saat Starter Mobil Injak Rem

Pada beberapa mobil matic, ketika ingin menghidupkan mesin maka harus menginjak rem. Dengan kata lain, saat hendak menyalakan kendaraan pastikan menginjak pedal rem lebih dulu baru kemudian lakukan starter mobil.

Pada mobil matic lainnya, hal ini tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu, pastikan untuk menanyakan ke pemilik kendaraan yang sebelumnya apabila Kamu membeli mobil second atau bisa juga ke sales jika membeli mobil baru. Pastikan apakah Kamu harus menginjak rem lebih dulu sebelum starter atau tidak.

Terkait:  Cara Jual Mobil Bekas

4. Menginjak Pedal Rem

Cara menyetir mobil matic selanjutnya saat mobil sudah dinyalakan, maka langkah berikutnya adalah pindahkan tuas yang awalnya dari posisi R atau pada posisi N dengan memindahkannya pada posisi D atau R. Jika ingin memindahkan tuas, sarannya adalah tetap harus menekan pedal rem agar menghindari kerusakan mesin yang tidak perlu.

5. Fungsi Tuas Transmisi Harus Benar-Benar Dipahami

Transmisi matic dan transmisi manual sangat berbeda, untuk mobil matic ada beberapa opsi pengaturan transmisi yaitu P (parkir), kemudian D (maju), lalu R (mundur), N (netral) dan terakhir adalah M (manual).

Tidak semua jenis mobil matic memiliki transmisi yang sama, namun setidaknya dasar mobil matic untuk transmisinya seperti yang dijelaskan di atas. Pahami setiap fungsi – fungsi nya untuk menghindari kecelakaan akibat ketidaktahuan mengenai fungsi transmisi mobil matic.

6. Mode Berkendara

Seiring dengan perkembangan mobil matic, saat ini ada beberapa pilihan mode berkendara tergantung dari kondisi jalan yang dilalui. Ada mode santai yang secara ekonomis akan lebih hemat energi termasuk hemat bahan bakar. Selain itu, ada pula mode sport yang dapat memaksimalkan kinerja mesin agar mobil yang dikendarai berada pada performa terbaiknya.

7. Teknik Berkendara di Tanjakan

Anggapan orang mengenai mobil matic biasanya performanya tidak begitu kuat saat bermanuver di tanjakan. Akan tetapi, anggapan tersebut ternyata salah besar karena setiap pabrikan mobil yang memproduksi mobil matic tentu saja sudah memperhitungkan berbagai jenis medan jalanan. Sebut saja di jalanan lurus, jalan menurun, termasuk menanjak.

Adapun caranya ialah menggunakan mode D untuk tanjakan yang biasa. Sementara untuk tanjakan curam bisa menggunakan mode M. Lalu tambahkan gigi ke posisi D1, D2, maupun D3.

Ya, itulah 7 step cara menyetir mobil matic yang bisa Kamu coba serta kuasai. Sehingga Kamu pun sudah siap bermanuver di jalan raya untuk menikmati kenyamanan berkendara dengan mobil matic barumu.

Related posts