Cara Mengemudi Mobil Matic

Cara Mengemudi Mobil Matic
Cara Mengemudi Mobil Matic

Bagaimana cara mengemudi mobil matic? Kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk memulai belajar mengemudi. Dan kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika ingin memulai mengemudi.

Jika kamu baru pertama kali mengemudi mobil matic pasti akan sedikit merasa bingung karena beberapa hal berbeda dengan mobil manual. Apalagi jika kamu belum pernah mengemudi sebelumnya. Namun hal itu tidak akan mengurungkan niatmu untuk memulai belajar mengemudi.

Read More

Lantas bagaimana cara mengemudi mobil matic jika kita ingin belajar? Tentunya ada beberapa hal terlebih dahulu yang akan kamu perhatikan dan pelajari sebelum memulai belajar mengemudi. Kamu perlu memahaminya agar saat kamu memasuki jalan raya, kamu bisa mengatasi semua hal yang ada.

Tips Berkendara yang Baik

Untuk menjadi pengendara yang baik pastinya kamu akan membutuhkan dan memperlajari ini. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat kamu di jalan raya.

  • Fokus dengan jalanan
  • Memahami transmisi
  • Kenali fitur mobil
  • Pahami rambu lali lintas yang ada
  • Semangat dalam berlatih berkendara
  • Jangan pernah panik

Cara Mengemudi Mobil Matic

Cara Mengemudi Mobil Matic
Cara Mengemudi Mobil Matic

Mengemudi mobil matic untuk sebagian orang adalah hal mudah, namun bagi sebagian orang yang baru belajar mengemudi mungkin akan sedikit sulit. Lantas, bagaimana cara mengemudi mobil matic? Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk memulai mengemudi.

1. Pahami Lalu Lintas

Sebelum kamu belajar cara mengemudi mobil matoc, alangkah baiknya kamu belajar untuk memahami lalu lintas yang ada. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan sebagai pengendara yang baik kamu bukan hanya akan memahami lalu lintas namun juga akan mematuhi rambu yang ada.

2. Fokus ke Jalan

Setalah kamu memahami lalu lintas yang ada, pastikan jika kamu akan konsentrasi ke jalanan. Jika kamu merasa ngantuk ataupun lelah, sebaiknya kamu urungkan niat untuk belajar mengemudi. Karena bukan hanya membahayakan diri sendiri, namun juga akan membahayakan orang lain.

3. Pastikan Tuas di Posisi P atau Parkir

Sebelum kamu memulai mengemudi di mobil matic, pastikan dahulu bahwa tuas berada diposisi yang benar sebelum mulai starter dan mengemudi. Sebelum menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N. Jika posisi tuas berada di posisi selain P dan N bisa dipastikan bahwa mobil tidak akan bisa dinyalakan.

4. Jangan Langsung Starter

Jika kamu sudah menaruh kunci pada tempatnya, pastikan jangan menyalakan mesin terlebih dahulu. Namun, pastikan dahulu untuk menunggu sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Pada beberapa jenis mobil matic biasanya untuk memberi indicator telah menyala dan kelistrikan sudah hidup maka mobil akan memberikan suara. Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka kamu sudah bisa menyalakan mesin mobil tersebut.

5. Injak Rem Sebelum Starter

Untuk beberapa mobil matic tertentu mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jika kamu tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika sedang menstarter mobil langsung saja menginjak rem. Namun pada beberapa mobil matic, cara ini tidak diperlukan. Jadi pastikan dahulu kamu mengetahui jenis kendaraan yang kamu gunakan.

6. Injak Rem Saat Pindahkan Tuas

Jika mesin sudah menyala dan kamu sudah memastikan langkah-langkah sebelumnya sudah aman. Kamu sudah bisa memulai untuk memindahkan tuas ke posisi R atau ke posisi D. Tergantung darimana kamu akan keluar.

Pada mobil matic memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, dan juga M. Namun ketika kamumemindahkan tuas pada persneling, lebih baik untuk dibarengi dengan menginjak pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

7. Pahami Fungsi Transmisi

Tuas transmisi atau yang juga disebut sebagai perseling adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Pastikan kamu sudah memahami secara betul setiap fungsi dari transmisi sebelum mengendarai mobil matic. Selain memberikan rasa aman saat berkendara jika kamu sudah memahaminya, kamu juga akan terhindar dari kesalahan ketika memindahkan gigi pada transmisi.

8. Gunakan Mode Berkendara

Kini berbagai mobil matic bahkan sudah dilengkapi dengan riding mode. Kamu bisa memilih mode yang sesuai salah satunya adalah mode ekonomis. Mode yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang ingin berkendara dengan lebih santai menggunakan mobil matic. Jika kamu ingin berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, bisa menggunakan mode sport. Mode yang satu ini akan membuat performa mesin mobil menjadi lebih maksimal.

9. Gunakan Transmisi Manual

Biasanya mobil matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, kamu tidak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak kopling. Kamu hanya perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi M atau manual. Jika sudah dan kamu ingin berpindah gigi, kamu cukup menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan juga tuas (-) untuk mengurangi gigi.

Untuk menambah ataupun mengurangi gigi pada sistem manual mobil matic ini kamu hanya perlu menginjak rem. Jadi cukup mudah untuk kamu gunakan dan berkendara dengan nyaman.

Demikian tadi beberapa langkah cara mengemudi mobil matic yang bisa kamu pelajari saat kamu mulai belajar mengemudi mobil. Terkhusus mobil matic. Walaupun berbeda dengan mobil manual, namun kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang begitu penting.

Related posts