Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi

  • Whatsapp

Bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Hp Xiaomi? Setiap merek HP tentu memiliki banyak keunggulan yang bisa membuat pemiliknya betah seharian berselancar di hp. Mengingat setiap perangkat hp memiliki banyak keunggulan, baik dari segi performa hpnya itu sendiri, kamera yang dibenamkannya, hingga menawarkan aplikasi-aplikasi menarik.

Karena perbedaan keunggulan spek hp tersebut, Kamu tentu saja bisa memilih perangkat yang Kamu inginkan sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia. Dengan semakin besar dana yang Kamu miliki, Kamu tentunya lebih leluasa memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Xiaomi sendiri merupakan salah satu merk Hp yang kian populer. Keberadaannya bahkan mampu menyusul kompetitor kuat yang sebelumnya sudah merajai market Indonesia. Menariknya lagi, hp Xiaomi disematkan spesifikasi menarik dengan harga terjangkau. Mengingat smartphone Xiaomi menyasar konsumen kalangan menengah ke bawah. Meskipun demikian tampilan dan kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi.

Menariknya lagi Kamu yang menggunakan perangkat Xiaomi akan dimanjakan dengan tampilan interface MIUI yang bersanding dengan sistem operasi android. Selain itu, hal yang paling menarik dari fitur MIUI Xiaomi ini ialah Kamu bisa menyembuyikan aplikasi di perangkat androidmu.

Keberadaan fitur ini cukuplah menarik karena tidak semua merek HP mengusung fitur ini. Adapun dikatakan menarik karena Kamu bisa menyembunyikan file atau data yang bersifat privasi sehingga data tersebut tidak diketahui oleh orang sembarangan. Selain itu, Kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi yang sudah kamu instal dengan alasan menjaga privasi yang ada pada aplikasi tersebut.

Kenapa Harus Menyembunyikan Aplikasi di Hp?

Umumnya bisa diketahui alasan – alasan kenapa orang menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi, mulai dari alasan pribadi hingga pekerjaan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa alasan menyembunyikan aplikasi pada HP :

Terkait:  Cara Melacak Handphone Xiaomi yang Hilang

1. Alasan Privasi

Alasan ini adalah alasan utama kenapa orang dengan sadar menyembunyikan aplikasi pada HP, karena aktivitasnya tidak ingin di ketahui oleh orang lain. Contohnya adalah tidak ingin catatan pribadi terbaca oleh orang lain. Misalnya Kamu seringkali mencatat urusan rumah tangga sampai catatan riwayat kesehatan. Karena HP zaman sekarang sudah bisa menyimpan apapun dalam bentuk digital, tentu saja hal – hal yang bersifat pribadi sangat sensitif untuk diketahui oleh orang lain.

Selain itu, alasan lainnya ialah tidak ingin media sosial yang kamu miliki dibuka oleh orang lain, seperti membuat status yang tidak pantas oleh hacker atau orang di akun media sosial milikmu. Dengan alasan tersebut, tentu saja penting sekali menyembunyikan aplikasi sosieal media yang ada di hp, mulai dari twitter, Instagram dan Facebook.

Alasan privasi selanjutnya adalah tidak ingin galery foto dan video kamu diketahui oleh orang lain, dengan begitu tidak ada alasan untuk tidak menyembunyikan galery pada menu HP kamu.

2. Alasan Pekerjaan

Bagi kamu yang memiliki ketergantungan menyimpan data – data dan dokumen penting terkait pekerjaan, tentu saja tidak ingin diketahui oleh orang lain dengan alasan privasi karena takut di salah gunakan. Jika catatan tersebut bocor kepada orang lain, baik atasan atau parahnya bocor sampai ke tangan bawahanmu, tentu saja bisa berbahaya.

Apalagi jika hp yang kamu miliki sering dipinjam oleh teman seprofesi, sangat risih tentunya jika data yang kamu miliki bisa di akses oleh orang lain. Dengan alasan tersebut, tentu saja menyembunyikan aplikasi agar terhindar dari tangan-tangan jail yang membuka dokumen – dokumen terkait pekerjaan sangat di perlukan.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai Handphone

3. Menghindari Uninstall Aplikasi Yang Tidak Disengaja

Hp kamu yang sering dipinjam oleh keluarga, terutama oleh anak – anak harus lebih waspada, karena dikhawatirkan mereka mengakses aplikasi yang seharusnya tidak boleh diakses saat dipinjamkan. Selain itu, dikhawatirkan si kecil meng-uninstall Hp secara tak sengaja.

Oleh karena itu, untuk menghindari ketidaksengajaan uninstal HP maka harus di sembunyikan untuk aplikasi – aplikasi yang di anggap sangat penting bagi kamu. Contohnya seperti office untuk membuka dokumen penting, aplikasi chatting yang cukup merepotkan ketika tidak sengaja di hapus, atau media sosial bisa kamu sembunyikan untuk menghindari tangan jahil menggunakan media sosial milik kamu.

Dengan alasan-alasan di atas, tentu jangan ragu lagi mencoba cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi dengan tutorial di bawah ini!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi
Menyembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi

Tutorial Menyembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi

Pada pembahasan sebelumnya sudah disinggung bahwa hanya HP yang memiliki fitur MIUI yang bisa meyembunyikan aplikasi – aplikasi pada HP. Bagi Kamu yang ingin mencobanya maka segera ganti Hpmu dengan yang memiliki fitur MIUI. Seperti yang tertera pada HP xiaomi untuk menikmati keamanan terkait privasi kamu.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi berikut ini :

  • Siapkan HP Xiaomi milikmu yang sudah mengusung fitur MIUI lalu masuk ke menu pengaturan dengan memilih opsi settings.
  • Selanjutnya pada kolom pencarian jika ingin mempermudah dalam menemukan fitur menyembunyikan aplikasi yaitu dengan mengetik App Invisible. Lalu setelah itu klik enter atau OK.
  • Setelah menemukan App Invisible, selanjutnya Kamu bisa masuk ke menu tersebut.
  • Pilihlah aplikasi – aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan memberikan centang pada aplikasi yang ingin di sembunyikan.
  • Kemudian pilih satu aplikasi atau beberapa aplikasi yang kamu anggap penting dengan tujuan privasi.
  • Setelah memberikan centang pada aplikasi tersebut lalu pilihlah OK sehingga pengaturan bisa tersimpan.
  • Langkah terakhir ialah pilih tombol OK untuk mengkonfirmasikan dan menyelesaikan proses menyembunyikan aplikasi yang akan Kamu sembunyikan.
Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Nah, itulah cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi yang bisa Kamu lakukan. Untuk memastikannya, silahkan masuk ke dalam tampilan utama yang menampilkan seluruh aplikasi yang terinstal di hp. Lalu cek, apakah aplikasi yang telah Kamu centang tadi masih ada. Jika ternyata tidak ada, maka Kamu sudah berhasil menyembunyikan aplikasi pada opsi App Invisible.

Bagi kamu ingin mengembalikan aplikasi yang disembunyikan, maka langkah – langkah nya adalah dengan menghilangkan tanda centang pada aplikasi yang berada di App Invisible. Terakhir kamu tinggal klik OK. Jika sudah berhasil lalu masuk ke menu utama dan pastikan aplikasi – aplikasi tersebut sudah ada lagi di menu utama.

Car Menyembunyikan Aplikasi di Hp Selain Xiaomi

Bagi kamu yang kebetulan tidak menggunakan hp xiaomi namun ingin menyembunyikan aplikasi tertentu, tentu saja Kamu tidak bisa memakai cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi. Meskipun demikian, tak perlu khawatir karena Kamu bisa mencoba cara lain untuk menyembunyikan aplikasi di android. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Kamu temui di play store maupun app store.

Contoh aplikasi yang bisa kamu download yaitu aplikasi Hide App – Hide Application. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menyembunyikan baik aplikasi maupun data – data penting. Selain itu coba juga aplikasi CM Locker atau aplikasi LOCKit yang tersedia secara gratis di play store atau app store. Bagaimana, mudah kan?

Demikianlah ulasan tentang cara menyembunyikan aplikasi di Hp Xiaomi yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts