Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Bagaimana cara menonaktifkan kartu Indosat? Dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk mendaftarkan kartu SIM, mau tak mau tentu saja membuat kita harus mengikuti himbauan tersebut. Tujuan dari pendaftaran nomor kartu SIM dilakukan guna melindungi data para pengguna sekaligus memonitor aktivitas dari pengguna kartu. Pasalnya imbauan tersebut telah diterapkan sejak lama. Selain itu, seluruh operator seluler harus mengikutinya.

Namun, masih karena alasan perlindungan informasi data pribadi pengguna, Kamu hanya diperbolehkan mendaftarkan maksimal 3 kartu saja. Ini tentu saja berlaku bagi seluruh operator seluler, tak terkecuali Indosat. Jika Kamu ingin menggunakan 3 kartu SIM, maka Kamu perlu menonaktifkan kartu Indosat lainnya terlebih dahulu.

Menonaktifkan kartu Indosat sendiri dilakukan supaya Kamu dapat meregistrasikan dan menggunakan kartu Indosat yang lainnya. Oleh karena itu, Kamu tak perlu khawatir, jika sudah mendaftar tiga kartu kemudian ingin memakai kartu lainnya sebab Kamu bisa melakukan unreg kartu.

Keuntungan Memakai Kartu Indosat

Sebelum membahas cara menonaktifkan kartu Indosat, Kamu harus tahu bahwa kartu Indosat memiliki banyak kelebihan. Berikut ulasannya :

1. Menawarkan Banyak Piluhan Paket

Kartu Indosat menawarkan banyak pilihan paket yang dapat disesuaikan kebutuhan para penggunanya. Sebenarnya fitur ini tidak hanya ada dalam kartu Indosat, melainkan juga beberapa provider lainnya. Namun, bisa dibilang paket yang disediakan kartu Indosat lebih banyak dan lengkap.

Salah satunya, Indosat menyediakan paket Mentari Aura. Walaupun kartu yang Kamu pakai ialah kartu IM3. Tapi dengan memakai kartu IM3 atau Mentari, pengguna bisa mengubah paketnya, entah dari Mentari ke IM3 atau sebaliknya dari IM3 ke kartu Mentari.

2. Menawarkan Jaringan Cukup Luas

Provider Indosat juga bisa dikatakan sebagai jasa telekomunikasi yang ada di Indonesia dengan jaringan cukup luas hingga di seluruh nusantara. Apalagi berdasarkan pengalaman pengguna yang ada di kawasan Pulau Jawa, sinyal Indosat sangat mudah didapatkan. Sebab hampir seluruh di semua kecamatan telah tercover oleh sinyal Indosat.

3. Masa Aktif Kartu Indosat Akumulatif

Kelebihan kartu Indosat lainnya ialah masa aktif kartunya panjang. Ini sangat penting bagi Kamu yang bisa dikatakan jarang melakukan pengisian pulsa. Misalnya untuk pengisian pulsa Rp. 10 ribu saja, Kamu telah memperoleh masa aktif selama 14 hari.

4. Progam Senyum Indosat

Inilah salah satu kelebihan kartu Indosat, dimana setiap pengguna yang melakukan pengisian pulsa biasanya akan memperoleh poin. Poin yang Kamu peroleh ini dapat ditukar dengan paket gratis SMS, gratis bicara, perpanjangan masa aktif, gratis paket internet dan gratis SMS.

5. Menyediakan Aplikasi Terkait Informasi Kartu

Indosat juga menawarkan aplikasi pendukung untuk mempermudah para pengguna mengetahui berbagai informasi terupdate mengenai kartu yang pakai. Aplikasi tersebut ialah Indosat Assistant, yang menyediakan fasilitas tentang informasi kartu Indosat seperti paket yang Kamu pakai saat ini, pulsa Indosat, hingga informasi tentang CS. Di samping itu, lewat aplikasi ini para pengguna pun bisa mengganti layanan paket Indosat Sahabat.

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat
Menonaktifkan Kartu Indosat

Tutorial Menonaktifkan Kartu Indosat

Ada beberapa panduan cara menonaktifkan kartu Indosat yang bisa Kamu coba, baik melalui Telepon, SMS, maupun Customer Sevice. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya :

1. Menonaktifkan Kartu Indosat via SMS

Cara menonaktifkan kartu Indosat yang pertama ialah dengan menggunakan layanan SMS atau pesan singkat. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan terlebih dahulu Kamu memiliki pulsa reguler di Hp-mu. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Silahkan ambil perangkat hpmu.
  • Kemudian buka layanan atau aplikasi SMS.
  • Selanjutnya ketik format SMS : UNPAIR#NomroHP#. Adapun contohnya : UNPAIR#085612345678#.
  • Jika sudah, silahkan kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444. Nomor tersebut merupakan nomor official yang digunakan untuk menonaktifkan kartu Indosat.
  • Apabila telah berhasil, silahkan kirimkan SMS ke 4444, kemudian tinggal tunggu balasan SMS dari operator.
  • Kamu akan membutuhkan waktu selama beberapa saat untuk melakukan langkah-langkah di atas. Jika operator Indosat sedang sibuk, Kamu mungkin akan memerlukan waktu selama beberapa hari. Tapi jika sedang lancar, maka Kamu bisa mendapatkan balasan SMS langsung.

2. Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara menonaktifkan kartu Indosat selanjutnya ialah melalui layanan telepon kode dial up. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka opsi panggilan di hpmu.
  • Kemudian tekan kode dial up di nomor *123*4444# kemudian tekan OK.
  • Pengguna selanjutnya akan diminta untuk memilih opsi penawaran berupa cek status, registrasi, cek NIK serta hapus data pendaftaran.
  • Pilih lalu ketikkan angka 4 dan tekan OK.
  • Setelah itu, Kamu akan diminta melakukan konfirmasi ulang jika ingin menyetujui proses penonaktifan kartu Indosat dengan mengetikkan nomor 1.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya Kamu akan menerima notifikasi yang bertuliskan “UNPAIR Nomor Kamu berhasil”.

3. Menonaktifkan Kartu Indosat via Customer Service

Apabila operator Indosat tak bisa memproses penonaktifan kartu atau sedang sibuk, Kamu bisa mencoba alternatif cara lain. Kamu bisa langsung pergi ke gerai Indosat dan lakukan unreg SIM Card. Biasanya gerai Indosat telah tersedia di beberapa kota di Indonesia.

Sebelum Kamu mendatangi Gerai Indosat, sebaiknya pastikan Kamu mempersiapkan file atau dokumen yang dibutuhkan. Berkas tersebut diperlukan untuk melakukan unreg kartu.

Kamu bisa menuju customer service secara langsung kemudian minta bantuan unreg kartu. Caranya dengan menunjukkan kartu identitas dan dokumen yang telah dipersiapkan. Selain itu, ceritakan pula ke Customer Service bahwa Kamu sudah melakukan unreg melalui SMS tapi gagal. Biasanya CS akan langsung mengurus serta membantu proses unreg kartu Indosatmu.

4. Menonaktifkan Kartu Indosat yang Hilang

Kamu juga bisa melakukan unreg saat kartu Indosatmu hilang. Hal ini bertujuan agar kartu Indosatmu diblokir dan tidak dapat dipakai orang lain, Kamu cukup menghubungi CS di nomor (021) 30003000.

Kamu juga dapat langsung pergi ke gerai Indosat. Akan tetapi, sebaiknya persiapkan dokumen identitas diri seperti KTP yang dipakai saat Kamu mendaftar kartu Indosat pertama kali.

Kenapa Harus Unreg Kartu Indosat?

Proses menonaktifkan kartu SIM adalah hal terpenting yang mesti Kamu lakukan apabila kartu Indosat tersebut sudah tak digunakan kembali. Tujuannya untuk menghindari terjadinya data ganda di Dukcapil (Direktur Jenderal Kependudukan) ketika ingin mengganti nomor hp.

Terlebih lagi dengan adanya pembatasan maksimal hanya 3 nomor ponsel yang dapat diregistrasikan dengan memakai dokumen yang sama. Seperti nomor KK dan KTP telah dipakia untuk pendaftaran 3 kartu Indosat maupun kartu operator yang lainnya. Dengan begitu, salah satu SIM Card harus dilakukan unreg terlebih dahulu jika ingin memakai nomor lain dengan operator berbeda atau sama.

Kini hampir seluruh operator seluler di tanah air telah menawarkan fitur unreg. Dengan begitu sangat mempermudah penggunanya. Akan tetapi, pastinya dengan cara yang berbeda. Seperti halnya cara menonaktifkan kartu Indosat, yang melalui SMS, via telepon, internet, hingga gerai resmi Indosat.

Selain itu, Kamu juga harus tahu bahwa setiap nomor ponsel yang telah didaftarkan kemudian di unreg, maka Kamu tak akan bisa menggunakannya kembali. Ini artinya, kartu SIM tersebut tak akan dapat diaktivasi lagi memakai identitas yang sama.

 

Related posts