Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Bagaimana cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel? Telkomsel adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi, bahkan sudah eksis sangat lama di Indonesia. Dibandingkan dengan kompetitornya, Telkomsel terus melakukan gebrakan baru guna menambah jumlah pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini, Telkomsel dengan cepat merajai jaringan telekomunikasi terutama pada jaringan 4G, bahkan bisa disebut sebagai pioneer kebangkitan jaringan paling cepat. Hal ini tentu saja mengalahkan komtetitor lainnya yang cenderung bergerak lamban dibandingkan dengan Telkomsel itu sendiri.

Untuk pengguna baru, tentu saja masuk ke jaringan 4G LTE tak memerlukan proses aktivasi, karena secara otomatis akan masuk ke dalam jaringan tersebut. Kamu pun tinggal menikmati kecepatan akses berselancar di internet dengan leluasa dan bebas hambatan.

Namun hal ini berbeda dengan pengguna Telkomsel lama, bagi yang ingin meningkatkna kualitas akses internet ke jaringan 4G LTE, tentu saja ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Namun tak perlu khawatir, karena cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel bagi pengguna lama cukup mudah dilakukan.

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel
Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Panduan Mengaktifkan Layanan 4G LTE Telkomsel

Melakukan setting 4G antara android dengan ios sebenarnya panduannya berbeda. Oleh karena itu, Kami akan membagikan cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel bagi pengguna android dan iOS. Berikut ulasannya :

1. Mengaktifkan Layanan 4G LTE Telkomsel Pengguna Android

Berikut akan dijelaskan cara setting layanan 4G LTE bagi pengguna android, yang bisa Kamu lakukan di bawah ini:

  • Pertama – tama, kamu masuk ke dalam menu setting yang terdapat pada tiap perangkat hp. Namun jika sulit menemukannya, cari saja icon bergambar gear. Gambar tersebut menunjukkan icon settings.
  • Jika sudah masuk ke menu settings, kamu pilih sub menu network, disana ada berbagai macam pilihan seperti mobile networks, wi-fi, bluetooth, personal hotspot dan more. Kamu cukup klik mobile networks.
  • Ketika kamu sudah klik mobile networks, maka tampilan selanjutnya akan memperlihatkan menu baru yang cukup banyak. Menu tersebut diantaranya mobile data, international roaming, always receive SMS, access point names, preferred network type dan cellular networks. Maka kamu cukup klik saja preffered network type.
  • Pada menu preferred network type, ada 3 pilihan yang bisa kamu pilih yaitu prefer LTE, prefer 3G, dan 2G only (saves battery). Yang harus Kamu lakukan adalah dengan cara klik saja pilihan pertama yaitu prefer LTE.
  • Jika kamu sudah melakukan klik prefer LTE maka kamu secara otomatis sudah bisa menikmati jaringan 4G LTE.

2. Mengaktifkan Layanan 4G LTE Bagi Pengguna iOS

Bagi kamu pengguna ios, berikut langkah cara mengaktifkan 4G LTE yang bisa Kamu coba praktekkan,di bawah ini :

  • Buka menu settings yang terdapat pada hp berbasis ios.
  • Lalu cari bagian cellular dan pilih cellular tersebut dengan cara klik satu kali.
  • Pada menu selanjutnya, pilihlah cellular data options untuk masuk ke menu berikutnya.
  • Pada menu berikutnya ada dua pilihan yang bisa kamu pilih yaitu voice and data dan data roaming. Yang harus kamu pilih yaitu voice and data.
  • Pada menu selanjutnya, ada 3 pilihan jaringan yaitu LTE, 3G dan 3G. Kamu klik saja LTE.
  • Jaringan LTE kamu sudah siap untuk digunakan.

Cukup mudah bukan cara mengaktifkan 4G LTE di perangkatmu? Pada dasarnya setiap kartu Telkomsel sudah otomatis bisa menggunakan jaringan 4G LTE. Hanya saja, kamu tinggal melakukkan opsi pengaturan di hp saja.

Bagaimana Mengatasi Sinyal 4G LTE Tidak Muncul?

Ada kasus lain dimana kamu sebenarnya sudah melakukan penyetalan dengan mengaktifkan jaringan ke layanan4G LTE namun tetap tidak bisa digunakan. Selain itu, notifikasi pada layar hp bagian atas tidak menunjukkan jaringan LTE melainkan hanya 3G. Ini disebabkan ada kasus – kasus tertentu yang menyebabkan hal itu terjadi. Misalnya seperti masalah pada penangkapan sinyal yang kurang baik hingga hp kamu yang bermasalah.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan satu per satu cara mengatasi masalah yang kerap terjadi mengenai tidak munculnya jaringan 4G LTE :

1. Pindah ke Tempat yang Memiliki Sinyal Internet Stabil

Pada beberapa kasus, ternyata di tempat terbuka seperti di lapangan atau halaman rumah sinyal yang diterima oleh hp jauh lebih baik ketimbang di dalam ruangan. Hal tersebut terjadi sinyal terhalang karena adanya tembok sehingga kekuatan sinyal menjadi lemah.

Jika Kamu penasaran tetap ingin mencoba untuk melakukan pengujian kekuatan sinyal di dalam ruangan. Adapun caranya adalah mencoba untuk melakukan pengecekan ke berbagai sudut ruangan di dalam rumah. Cara ini biasanya lebih efektif karena kamu akan tahu posisi sinyal paling kuat di dalam rumah terletak di mana.

2. Atur Sinyal Hanya 4G LTE Saja

Pada pengaturan hp, kamu akan mendapatkan pilihan default untuk mendapatka sinyal jika kamu tidak merubah sedikit pun settingan tersebut. Pilihan default berarti kamu melakukan penyettingan ke jaringan otomatis, yaitu jika ada sinyal 4G LTE maka akan langsung kamu gunakan. Akan tetapi, jika ternyata jaringan 4G LTE tidak tersedia, secara otomatis layanan jaringan akan berpindah ke 3G atau 2G.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu cukup pindahkan settingan tersebut hanya 4G LTE saja dengan klik pada jaringan tersebut untuk menikmati layanan 4G LTE dimanapun. Akan tetapi kelemahannya adalah apabila kondisi jaringan 4G LTE tidak tersedia, maka kamu tidak akan mendapatkan sinyal tersebut sama sekali. Bahkan kamu tidak akan mendapatkan jaringan 3G atau 2G karena Kamu hanya melakukan opsi pengaturan 4G LTE saja.

3., Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah salah satu fitur yang ada pada setiap hp baik android maupun iOS yang bertujuan untuk menonaktifkan semua aktifitas pada hp kamu. Tujuannya karena ketika kamu sedang bepergian dengan menggunakan pesawat tidak boleh menyalakan hp karenan akan mengganggu sinyal pesawat. Lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kecelakaan hanya karena sinyal pesawat terganggu oleh sinyal hp.

Lain kasus untuk meningkatkan jaringan 4G LTE, ternyata mode pesawat ini sangat bermanfaat karena fungsinya sama dengan melakukan penyegaran atau refresh jaringan. Cobalah untuk melakukannya ketika kamu sedang tidak masuk pada jaringan 4G LTE dengan klik sekali saja pada ikon mode pesawat. Sesaat kemudian klik lagi ikon mode pesawat tersebut dan lihatlah jaringan 4G LTE-mu. Jika sudah muncul dan Kamu pun bisa menggunakannya untuk melakukan berbagai macam aktifitas pada hp dengan jaringan 4g lte.

3. Mengganti Jaringan Sementara

Tujuan mengubah pengaturan jaringan sementara ialah untuk melakukan refresh jaringan di perangkat yang susah menampilkan layanan 4G LTE Caranya dengan melakukan dial up langsung dari hp kamu ke nomor *#*#4636#*#* lalu klik panggil.

Setelah itu ada 3 menu pilihan diantaranya informasi telepon, statistik penggunaan dan wi-fi information. Kamu pilih informasi telepon.

Selanjutnya masuk ke setingan jenis jaringan yang disukai, disana akan banyak sekali pilihan jaringan yang bisa kamu pilih. Kamu cari WCDMA only lalu klik. Tunggu beberapa waktu hingga jaringan berubah dan setelahnya ganti lagi ke jaringan sebelumnya. Jika berhasil maka sinyal 4G LTE akan muncul.

Beberapa cara di atas tentu saja sudah dalam tahap pengujian yang terbukti berhasil. Oleh karena itu cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel bisa kamu ikuti langkah – langkahnya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Related posts