Cara Mencari Toko di Shopee

  • Whatsapp

Cara mencari toko di Shopee sebenarnya cukup mudah dilakukan, Kamu bisa melakukannya menggunakan nama toko atau username. Ketika mendaftarkan toko di aplikasi Shopee, biasanya kita harus memasukkan alamat seller sebagai syarat untuk aktivasi. Adapun tujuannya ialah untuk mempermudah sistem Shopee menghitung biaya pengiriman orderan ke alamat pembeli.

Dengan jarak yang semakin jauh antara lokasi seller dengan pembeli, tentu saja biaya ongkir yang dikenakna semakin besar. Maka dari itu, kebanyakan toko Shopee akan melakukan pengaturan lokasi toko yang ada di kota-kota besar dengan tujuan untuk lebih menghemat biaya ongkos kirim yang dibayarkan pembeli.

Maka dari itu, biasanya seller di aplikasi Shopee mengatur lokasi alamat toko mereka di kota-kota besar. Tujuannya untuk lebih menghemat ongkos kirim yang mesti dibayarkan pembeli.

Cara Mencari Toko di Shopee

Cara Mencari Toko di Shopee
Mencari Toko di Shopee

Ada banyak alasan kenapa seseorang harus mencari toko atau seller di Shopee. Sebagian dari kita mungkin pernah mengalaminya. Mungkin saja Kamu sebagai reseller dan ingin mengetahui lokasi toko tersebut berada. Selain itu, mencari alamat toko di Shopee juga penting, agar pembeli bisa memperkirakan ongkir yang dibebankan dengan jarak lokasi tempat tinggalnya.

Sebenarnya dalam cara mencari toko di Shopee sendiri, Kamu perlu mengetahui nama toko atau username. Lalu, simak beberapa panduan cara berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka Sh0opee dan klik “Pencarian” pada bagian atas.
  • Ketik username atau nama seller dan ketuk “Cari”.
  • Selanjutnya, ketuk opsi “Filter Pencarian”.
  • Silahkan cari toko di Shopee berdasarkan kota sesuai keinginan.
  • Apabila Kamu tak menemukan kota yang ada di dalam daftar/list, silahkan tekan “Lihat Lainnya”. Lalu ketikkan kota tertentu yang akan Kamu cari dan klik opsi “Konfirmasi-pakai”.
  • Setelah itu, Kamu akan melihat daftar toko sesuai dengan filter kota. Silahkan cari toko di Shopee yang ingin dikunjungi.
  • Tekan “Kunjungi Toko” jika ingin melihat deskripsinya.
Terkait:  Cara Jitu Jualan Online

Apabila Kamu membuka aplikasi Shopee melalui PC, maka Kamu dapat mencari Shopee melalui fitur pencarian di Google dan login memakai akun Shopee. Setelah itu, lakukan langkah serupa seperti mencari seller Shopee berdasarkan kota melalui aplikais untuk bisa menemukan toko Shopee yang dicari.

2. Mencari Toko Shopee Terdekat dari Lokasi Saya

Bagi seorang dropshipper atau reseller, mungkin Kamu ingin lokasi toko atau supplier yang terdekat supaya bisa menghemat ongkos kirim. Adapun cara untuk mencari toko di Shopee yang terdekat dengan lokasimu ialah sebagai berikut :

  • Buka Shopee, lalu tekan Pencarian pada bagian atas.
  • Ketik username atau nama toko dan pilih “Cari”.
  • Selanjutnya, tekan Filter Pencarian. Silahkan “Cari Kota” dari tempat tinggalmu. Lalu tekan “Konfirmasi-Pakai”,
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan list toko apa saja yang ada di sekitar kota tempat tinggalmu. Selanjutnya, silahkan riset toko terdekat berdasarkan dengan lokasi di bawah nama seller atau toko.

Sebenarnya cara mencari toko di Shopee yang sama juga dapat dilakukan melalui versi Browser Shopee. Akan tetapi, untuk mencari toko, Kamu harus melakukan login ke akun website Shopee terlebih dahulu.

3. Mengetahui Pemilik Akun Shopee

Meskipun profil seller tidak ditampilkan dalam deskripsi toko, namun Kamu tetap dapat mengetahui pemilik dari akun Shopee tersebut. Caranya ialah dengan menanyakannya secara langsung ke penjual atau pembeli melalui live chat yang ada di Shopee. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, silahkan buka Shopee dan cari toko melalui fitur pencarian di akun Shopee.
  • Lalu temukan toko yang ingin dicari, tekan “Kunjungi Toko”.
  • Pada profil toko, tekan “Chat” jika ingin terhubung langsung ke seller toko melalui layanan “Live Chat“.
  • Silahkan tanyakan secara detail dan tujuanmu kenapa menanyakan profil dari pemilik toko, seperti misalnya karena ingin menjalin kerjasama.
  • Setelah itu, tunggu sampai pemilik akun dari Shopee membalas pesanmu dan menjelaskan pemilik toko secara detail.
Terkait:  Cara Jualan Produk Digital di Shopee

4. Melihat Toko Saya Pada Aplikasi Shopee

Di samping mengetahui detail mengenai profil maupun alamat dari pemilik toko di akun Shopee, sebenarnya Kamu juga dapat melihat tokomu sendiri via aplikasi Shopee. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka Shopee. Lalu tap opsi “Saya” tepat di samping kanan bagian bawah.
  • Lalu tekan “Toko saya” di samping kanan bagian atas profil di Shopee.
  • Di halaman Toko Saya, silahkan cek dan lihat profil tokomu.

Di samping melihat profil, maka Kamu dapat mengatur deskripsi toko dan produk sekaligus mengubah nama online shop-mu.

Sementara, jika memakai akun Shope milik teman untuk melihat tokomu, maka Kamu dapat melihat toko dengan fitur pencarian di aplikasi Shopee. Berikut caranya :

  • Buka Shopee, kemudian klik “Pencarian” pada bagian atas.
  • Solahan ketikkan username atau nama toko milikmu dan klik “Cari.
  • Sesudah menemukan toko milikmu, tinggal ketuk “Kunjungi Toko” jika ingin mencari atau menemukan profil toko secara detail.

Nah, itulah beberapa pilihan metode dan cara mencari toko di Shopee yang bisa dilakukan dengan mudah oleh para pengguna Shopee. Lalu, bagaimana jika kita tidak menemukan toko di pencarian Shopee?

Kenapa Toko Tidak Muncul Dalam Menu Pencarian Shopee?

Jika hal ini terjadi, ada beberapa faktor penyebab yang membuat nama toko tak muncul pada pencarian Shopee. Berikut ini :

  • Toko Baru saja Dibuat. Biasanya toko yang baru dibuat di Shopee membutuhkan beberapa waktu agar tampil pada opsi pencarian di Shopee. Sebab sistem Shopee sebenarnya masih memerlukan proses validasi pada toko baru tersebut, seperti menyesuaikan alamat toko dan riset pencarian.
  • Toko Sudah Dihapus. Pada toko di Shopee yang dihapus baik secara permanen maupun sementara, biasanya tak akan muncul dalam opsi pencarian Shopee.
  • Shopee Error. Faktor penyebab yang satu ini juga bisa saja terjadi. Aktivitas maintenance pada server Shopee, seringkali bisa membuat daftar pencarian tak bisa menampilkan beberapa toko.
  • Akun Shopee Bermasalah. Biasanya akun Shopee yang dibatasi atau yang sedang ditinjau dapat mengakibatkan sebagian maupun keseluruhan fitur pada Shopee tak dapat dipakai termasuk fitur untuk “Toko Saya”.
  • Koneksi Internet Tidak Stabil. Jaringan internet yang buruk bisa menyebabkan aplikasi Shopee menjadi lemot, karenanya fitur pencarian menjadi tidak maksimal.
Terkait:  Cara Merubah Nama Toko di Shopee

Tips Mencari Toko Supplier di Shopee

Jika Kamu ingin berjualan di Shopee dan ingin menemukan supplier asli di Shopee, ada beberapa tips yang bisa dilakukan :

1. Cek Penilaiannya

Toko yang biasanya dibuat otomatis menggunakan bot, menyediakan banyak pilihan barang hanya dalam waktu yang singkat, tujuannya semakin banyak item produk yang dijual semakin besar penjualannya. Akan tetapi, melalui banyaknya produk ini, tak langsung memperoleh reputasi yang baik dari pembeli dan jumpai penilaiannya sedikit sekali. Hal ini berbanding lurus bagi toko supplier walaupun produknya puluhan tapi penilaiannya banyak sekali. Kamu bisa mencoba cara ini jika ingin memilik toko suppplier.

2. Waktu Pengemasan produk

Toko dropship biasanya memiliki waktu pengemasan cukup lama, sebab harus mengontak supplier mereka terlebih dahulu. Sesudah dikontak dan stok barang dikonfirmasi mereka baru mengirimkan pesanannya. Ini tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Lain halnya dengan supplier, biasanya langsung mengirimkan pesanan ke konsumen karena tanpa perantara.

Nah, itulah beberapa cara mencari toko di Shopee, baik mencari toko yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kita, mencari toko sendiri, hingga mencari toko supplier asli dan bukan dropship. Semoga bermanfaat!

Related posts