Cara Aktifkan SMS Premium

Cara Aktifkan SMS Premium
Cara Aktifkan SMS Premium

Kehadiran aplikasi chatting memang sangat membantu pengguna, karenanya banyak pengguna ponsel yang lebih memilih memakai aplikasi ini buat komunikasi. Namun tidak menutup kemungkinan pula jika sebagian orang tetap memakai layanan SMS. Di sini kita akan bahas cara aktifkan SMS Premium dengan mudah.

Apa sih SMS Premium? ini adalah layanan yang memungkinkan penggunanya menerima atau mengirim pesan dengan tarif premium. Mungkin kita sudah terbiasa mengirimkan pesan ke nomor ponsel yang berjumlah 10-13 digit angka. Lantas, bagaimana dengan pengiriman SMS ke nomor hp yang memiliki 3-6 digit angka?

Biasanya, kamu akan gagal mengirimkannya sebab belum mengaktifkan layanan SMS premium. Jadi jika kamu sering mengirimkan pesan ke nomor yang jumlahnya 3-6 digit, wajib buat aktivasi layanan SMS premium ini.

Selain itu, perlu kamu tahu bahwa SMS premium memiliki tarif yang lebih tinggi daripada SMS biasa dengan biaya yang dikirimkan ke penyedia layanan seluler kamu.

Jangan lupa, pengguna Telkomsel kamu juga bisa coba cara kirim SMS gift Telkomsel dengan mudah seperti yang sudah dibahas sebelumnya!

Care Aktifkan SMS Premium

Cara Aktifkan SMS Premium
Cara Aktifkan SMS Premium

Jika kamu mau mengaktifkan SMS Premium, ada beberapa step yang wajib kamu lakukan berikut :

  • Hubungi penyedia layanan seluler yang kamu gunakan apakah mereka mendukung layanan SMS premium atau tidak, termasuk apakah nomor kamu sudah diaktifkan untuk layanan SMS premium atau tidak.
  • Setujui syarat dan ketentuan ketika akan menggunakan layanan SMS premium berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan telah membacanya dengan seksama sebelum menyetujui.
  • Konfirmasi aktivasi ketika telah menyetujui syarat dan ketentuan, kamu akan menerima pesan konfirmasi bahwa layanan SMS premium telah diaktifkan.

Pengaturan pada Perangkat HP

Sesudah berhasil mengaktifkan layanan SMS premium dengan cara aktifkan SMS premium di atas, maka ada beberapa pengaturan yang perlu kamu perhatikan pada perangkat HP, diantaranya :

  • Batasi akses otomatis : ada beberapa pengaturan yang wajib dilakukan bagi beberapa perangkat tertentu, untuk memungkinkan SMS premium dikirim atau diterima secara otomatis. Kamu dapat membatasi akses ini dengan care memeriksa pengaturan pesan di perangkat kamu. Pastikan opsi untuk menerima SMS premium secara otomatis dinonaktifkan terlebih dahulu atau diatur sesuai kebutuhan.
  • Blokir spam : SMS premium pada kasus tertentu digunakan sebagai sarana spam atau penipuan. Pastikan kamu memiliki aplikasi keamanan yang terpercaya lalu aktifkan fitur penyaringan spam untuk mencegah pesan yang tidak diinginkan.
  • Pantau penggunaan : Cek secara berkala riwayat penggunaan SMS premium di perangkat HP kamu. Hal ini akan membantu memastikan tidak ada penggunaan yang tidak sah atau biaya tambahan yang tidak terduga.

Cara Setting SMS Premium di Pengaturan

Selain cara aktifkan SMS premium di atas, pastikan juga kamu sudah mengatur SMS premium pada menu pengaturan di perangkat. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silakan buka terlebih dahulu menu Setelan pada HP kemudian pilih menu Sandi & keamanan.
  • Setelah berada di menu Sandi & keamanan. Selanjutnya pilih opsi Privasi.
  • Lanjutkan dengan memilih Akses aplikasi khusus.
  • Terakhir, silakan pilih Akses SMS Premium dan aktifkan.

Cukup mudah mengaktifkannya bukan? Secara umum aplikasi yang biasanya membutuhkan akses SMS premium yaitu aplikasi Message dari Google. Sedangkan aplikasi perpesanan yang dibuat sendiri oleh pihak vendor HP tidak memiliki pengaturan karena sudah otomatis akan aktif dan tidak bisa di nonaktifkan.

Itulah cara aktifkan SMS premium yang dapat kamu lakukan berikut informasi lainnya yang penting bagi kamu terkait SMS premium. Dengan mengaktifkan SMS premium memungkinkan penggunanya untuk menggunakan layanan berlangganan, voting suara, atau pembayaran melalui SMS.

Yang paling penting adalah pastikan kamu telah memahami syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum menggunakan layanan SMS premium dan tetap memantau penggunaan SMS premium untuk mencegah biaya tambahan yang tidak diinginkan.

 

Related posts