Cara Menampilkan Lirik di Spotify

  • Whatsapp

Apakah Kamu gemar mendengarkan musik? Jika ya, tentu Kamu sudah berkenalan dengan aplikasi Spotify. Jauh sebelumnya, kita sangat familiar dengan Winamp sebagai program untuk mendengarkan lagu, namun kini banyak orang beralih menggunakan Spotify. Namun sayangnya, tak sedikit pengguna yang belum mengetahui cara menampilkan lirik di Spotify.

Spotify bisa dibilang sebagai layanan musik online atau streaming musik resmi. Karena aplikasi ini juga sekaligus menyediakan hak cipta berbasis digital terhadap semua lagu yang telah diunggah. Kemunculannya sejak tahun 2016, menyajikan hingga jutaan musik yang ada di seluruh dunia dnegan berbagai macam genre. Platform asal Swedia tersebut telah menyediakan 2 opsi berlangganan, diantaranya premium dan gratisan, dengan setiap opsi memiliki layanan berbeda.

Apa Saja Fitur yang Terdapat di Spotify?

Bagi Kamu yang belum familiar dengan aplikasi Spotify dan baru penasaran dengan aplikasi ini, tentu sayang jika belum mengetahui berbagai macam fitur di dalamnya. Spotify menyajikan segudang fitur menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, berikut ini :

1. Dapat Membuat Playlist

Di Spotify, para penggunanya mendapatkan kesempatan untuk membuat playlist. Melalui fitur yang ditawarkan inilah, Kamu dapat membuat list putar lagu sesuka hati tergantung dari preferensi musikmu. Selain itu, biasanya playlist berisikan bermacam-maca lagu yang disukai. Lagu tersebut bisa Kamu simpan, kemudian Kamu dapat mengaksesnya saat membuka Spotify. Melalui fitur ini, pengguna lebih mudah mencari atau lagu favorit mereka.

2. Layanan Radio

Menariknya lagi, Spotify menyajikan fitur hiburan lain selain mendengarkan musik yang diunggah. Salah satunya yaitu dengan menghadirkan layanan radio. Dengan kata lain, jika Kamu sudah kangen mendengarkan radio karena sudah tidak tersedia lagi di ponsel pintar, tinggal putar atau masuk ke aplikasi Spotifu. Kamu bisa mengakses layanan radio dan mendengarkan channel radio favoritmu di Spotify.

Terkait:  Cara Hitung PPH 21

Tak hanya itu saja, layanna radio Spotify juga bisa menjangkau siaran hingga stasiun radio terkenal di seluruh dunia. Tak hanya itu, di Spotify Kamu juga bisa menentukan jenis saluran atau musik yang disukai.

3. Opsi Lagu Lebih Beragam

Jika Kamu ingin mencari lagu-lagu legendaris di tahun 2000-an hingga lagu Korea di era TVXQ, maka Kamu bisa langsung menemukannya di Spotify.  Hal ini juga telah diklaim oleh pihak Spotify, yang menyebutkan jika layanan musik yang satu ini sudah menampung 20 juta lebih koleksi lagu yang ada di berbagai genre musik.

Sedangkan di tahun 2020 sendiri, pihak Spotify sukses menghimpun hingga 70 juta lagu, 4 miliar playlist dan 2,2 juta podcast. Wow, mengagumkan!

Inilah yang membuatnya menjadi sumber media musik yang sangat melimpah. Para pengguna hanya perlu mencari lalu memilih musik yang akan diputar dengan otomatis di Spotify.

4. Mode Offline

Bagi yang pulsanya sekarat, atau untuk berjaga-jaga agar lebih hemat kuota, Kamu bisa tetap mendengarkan lagu kesayanganmu di Spotify melalui mode offline. Eits, tapi mode ini nggak berlaku bagi pengguna reguler atau gratisan, karena mode offline hanya disajikan bagi pengguna premium saja.

Kamu bisa memutar atau menjalankan lagu secara offline dan ini tentu saja akan sangat berguna bagi Kamu yang kehabisan kuota. Selain itu, untuk mendengarkan lagu secara offline lainnya, alternatifnya ialah dengan mengunduh lagu kesukaan melalui cara download lagu di Spotify. So, Kamu tetap bisa mendengarkan musik favoritmu di Spotify tanpa akses internet!

5. Terhubung dengan Platform Sosmed

Fitur menarik lainnya dari Spotify ialah Kamu dapat berbagi lagu apa saja yang sedang Kamu putar ke teman-temanmu yang ada di jejaring sosial. Baik itu Facebook, Instagram, LINE, Telegram, SMS, Messenger dan lainnya. Caranya cukup klik “Share jika ingin membagikan lagu yang Kamu sukai di Spotify. Bagaimana, menarik bukan?

Terkait:  Cara Daftar Driver Anterin

Cara Menampilkan Lirik di Spotify

Cara Menampilkan Lirik di Spotify
Menampilkan Lirik di Spotify

Tutorial Menampilkan Lirik Lagu di Spotify

Seperti yang sudah kita singgung di atas, salah satu kendala yang mungkin dialami pengguna baru ialah tidak tahu cara menampilkan lirik di Spotify. Kita semua tahu pasti bahwa saat mendengarkan lagu, mungkin kita juga tertarik sambil bernyanyi mengikuti penyanyi aslinya. Tapi sayangnya, kita nggak hafal liriknya. Nah, jika hal ini terjadi, tentu saja Kamu harus tahu cara untuk menampilkan lirik di platform Spotify.

Yuk, langsung saja simak panduan cara menampilkan lirik di Spotify di bawah ini :

1. Menampilkan Lirik di Spotify Tanpa Aplikasi

Cara ini bisa dibilang sangat gampang diimplementasikan, selain itu mungkin Kamu hanya memerlukan waktu tidak sampai 2 menit. Untuk menampilkan lirik di aplikasi Spotify tanpa aplikasi pihak ketiga, ini dia caranya :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi Google Play Store. Jika belum memiliki aplikasi Spotify, silhakan download terlebih dulu di link berikut!
  • Tapi jika sudah menginstal aplikasi Spotify di perangkat, sebaiknya pastikan dulu aplikasi tersebut telah terupdate menggunakan versi terbarunya.
  • Buka aplikasi Spotify terbaru dan pilih lagu yang akan Kamu putar.
  • Di dalam pemutar musik, silahkan gulir layar ke bagian bawah.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan lirik musik/lagu yang Kamu putar.
  • Tekan kolom tersebut dan cek keseluruhan lirik lagu.

2. Menampilkan Lirik di Spotify dengan Aplikasi 1 Lyrics

Jika cara menampilkan lirik di Spotify di atas tidak bekerja, tak ada pilihan lain selain menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya ialah 1 Lyrics. Untuk lebih lengkapnya, simak tutorial di bawah ini :

  • Silahkan buka Google Play Store di hpmu. Ketik di dalam kolom pencarian dengan menuliskan “1Lyrics”, Kamu juga bisa mengunjungi tautannya lewat link ini!
  • Selepas mendownload aplikasi, pasang kemudian berikan izin akses aplikasi Spotify di perangkatmu.
  • Setelah itu, keluar dari Spotify.
  • Lalu buka Spotify, kemudian putar lagu favoritmu di Spotify.
  • Secara otomatis Kamu akan melihat lirik lagu yang muncul di Spotify.
  • Jika ingin melihat lirik lagu secara keseluruhan, masuk saja ke aplikasi 1 Lyrics. Pada halaman tersebut, Kamu akan langsung melihat lirik pada lagu yang tengah diputar. Selain itu, lirik tersebut secara otomatis tersimpan pada aplikasi 1Lyrics.
  • Namun jika aplikasi 1Lyrics belum tersinkronisasi pada Spotify, untuk melihat lirik selanjutnya, maka Kamu perlu menggulirkan lirik lagu sendiri secara manual.
Terkait:  Cara Cek Kuota XL Axiata

3. Menampilkan Lirik Lagu di Spotify Melalui Situs Genius

Selain cara menampilkan lirik di Spotify tanpa aplikasi dan dengan aplikasi, Kamu juga bisa melakukan metode ini dengan mengunjungi situs Genius. Walaupun tidak tersinkronisasi dengan aplikasi Spotify, namun situs yang satu ini bisa dikatakan cukup lengkap menyuguhkan berbagai macam lirik lagu. Adapun caranya  sebagai berikut :

  • Kunjungi web Genius di peramban Mozilla Firefox atau Google Chrome tergantung browser yang digunakan di perangkat.
  • Selanjutnya masuk ke kolom pencarian yang teletak di pojok sebelah kiri atas.
  • Silahkan ketikkan judul musik yang akan dicari.
  • Selajutnya situs akan langsung menampilkan lirik lagu favoritmu secara otomatis.
  • Setelah itu, buka Spotify kemudian putar musik yang akan Kamu dengarkan.
  • Silahkan kembali lagi ke web Genius dan lihat lirik yang sedang Kamu putar lagunya.

Ya, itulah 3 cara menampilkan lirik di Spotify yang bisa Kamu pilih. Apakah ingin menggunakan aplikasi, tanpa aplikasi atau justru via web Genius secara online? Pilihlah sesuai kebutuhan dan selamat mencoba!

 

 

Related posts