Cara Memperbaiki ATM Terblokir (3 Metode) Valid & Aman!

Cara Memperbaiki ATM Terblokir
Cara Memperbaiki ATM Terblokir

Kartu ATM digunakan untuk berbagai transaksi cashless yang kini makin meluas. Pengguna harus segera mencari tahu cara memperbaiki ATM terblokir supaya kebutuhan transaksi tidak terganggu.

Bank menyediakan kartu ATM saat nasabah membuka rekening. Fasilitas ini memudahkan proses transaksi perbankan sebab dengan adanya ATM nasabah tidak harus selalu melakukan transaksi melalui teller.

Read More

Cara Memperbaiki ATM Terblokir

Cara Memperbaiki ATM Terblokir
Cara Memperbaiki ATM Terblokir

Terblokirnya ATM bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebab yang paling umum yaitu pengguna lupa nomor PIN.

Sudah menjadi aturan dari keamanan bank bahwa kartu ATM akan terblokir jika pengguna salah memasukkan nomor PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Meski begitu, tetap saja banyak yang lupa nomor PIN.

Untuk memperbaiki ATM yang terblokir, ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan. Berikut informasi lengkapnya:

Memperbaiki ATM Terblokir, Masih Ingat PIN

Apabila kamu salah memasukkan PIN hingga 3 kali, maka kartu akan otomatis terblokir. Walau begitu, kamu bisa segera mengatasinya jika masih ingat PIN yang benar. Caranya yaitu dengan menghubungi call service bank penerbit kartu ATM kamu.

Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan beberapa data diri yang diperlukan untuk verifikasi identitas, yaitu KTP, buku tabungan, dan nomor kartu ATM yang terblokir.
  • Buka menu dial pada ponsel kamu, lalu hubungi nomor customer service bank. Nomor customer service tertera pada bagian belakang buku tabungan
  • Sampaikan bahwa kartu ATM kamu terblokir dan kamu ingin memperbaikinya.
  • Customer service akan melakukan beberapa verifikasi data diri nasabah. Jawablah pertanyaan yang diberikan dan berikan info data diri kamu, seperti nomor NIK dan nomor kartu ATM
  • Setelah memastikan data kamu sesuai, customer service akan menanyakan jika kamu masih ingat nomor PIN ATM yang terblokir. Kamu tidak perlu memberitahukan nomor PIN kepada customer service, cukup jawab masih ingat.
  • Customer service akan melakukan aktivativasi kartu dari pemblokiran. Biasanya kartu ATM bisa digunakan pada hari yang sama setelah aktivasi berhasil

Memperbaiki ATM Terblokir Lupa PIN

Jika kamu hendak memperbaiki kartu ATM yang terblokir tapi tidak bisa mengingat PIN yang digunakan, maka kamu perlu mendatangi kantor cabang bank penerbit kartu.

Berikut caranya:

  • Kunjungi kantor cabang bank penerbit kartu ATM kamu. Pastikan kamu membawa data diri berupa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM yang terblokir.
  • Siapkan juga sejumlah uang untuk biaya administrasi. Pengaktifan kartu yang terblokir biasanya perlu biaya mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribu, tergantung kebijakan bank.
  • Sesampainya di bank, ambil nomor antrian customer service.
  • Ketika giliran kamu tiba, sampaikan pada petugas customer service bahwa kamu hendak membuka ATM yang terblokir
  • Petugas akan meminta data diri kamu untuk verifikasi
  • Setelah itu, kamu perlu memasukkan nomor PIN baru sebanyak dua kali

Memperbaiki ATM Terblokir via Internet Banking

Sekarang banyak bank yang menyediakan fasilitas internet banking untuk mempermudah nasabah. Biasanya, bank memiliki aplikasi khusus yang memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan yang tersedia dengan mudah.

Kamu bisa melakukan aktivasi kartu ATM yang terblokir melalui aplikasi tersebut. Caranya mudah, buka aplikasi internet banking. Kemudian cari opsi chat customer service.

Sampaikan lewat chat bahwa kartu ATM kamu terblokir dan perlu dibuka kembali. Selanjutnya, customer service akan menyampaikan keluhan ke bagian yang berwenang untuk melakukan aktivasi kartu ATM.

Kamu juga harus tahu tentang cara memperbaiki ATM BRI terblokir, cara memperbaiki ATM BNI terblokir. Bagi nasabah CIMB, bisa baca cara mengaktifkan Go Mobile CIMB Niaga yang terblokir.

Itulah beberapa cara memperbaiki ATM terblokir. Kamu bisa memilih metode yang dirasa paling mudah. Semua metode untuk membuka kartu yang terblokir memerlukan verifikasi data diri, sehingga pastikan kamu sudah menyiapkannya terlebih dahulu.

Related posts