Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terbuka

Tak jarang kita mengalami berbagai hal yang tak diinginkan terjadi ketika sedang lengah atau saat terburu-buru. Salah satunya mobil yang terkunci secara tiba-tiba dari dalam, sementara kuncinya masih ada di dalam mobil. Jika hal ini terjadi, siapapun pasti akan merasa panik. Tapi kini tak perlu khawatir lagi, karena Kami akan membahas cara membuka pintu mobil yang terkunci.

Seperti kita ketahui, mobil mempunyai berbagai macam komponen penting di dalamnya yang msti dijaga. Adapun salah satunya ialah kunci mobil. Kunci mobil sangat berguna ketika kita ingin membuka pintu, atau untuk menyalakan mobil. Jika Kamu tidak mempunyai kunci mobil, sudah tentu Kamu akan kesulitan membuka pintu kendaraanmu dan tidak dapat menyalakan mesinnya.

Karena bentuk dan ukurannya yang mungil, terkadang kunci mobil menjadi sangat rentan hilang. Tak sedikit orang bahkan pernah mengalami yang namanya kehilangan kunci. Demi mengatasi hal ini, alangkah baiknya Kamu menyimpan kunci cadangan mobil secara terpisah.

Tak hanya itu, persoalan yang umumnya dialami banyak orang ialah kunci mobil yang tertinggal begitu saja di dalam mobil. Terkadang orang lupa mnegambil kunci yang ternyata masih tergantung di mesin starter serta meninggalkannya di dalam begitu saja. Jika hal ini terjadi, tentu saja Kamu tidak dapat membuka pintunya apalagi menyalakan mesin mobil. Lalu, bagaimana sih cara membuka pintu mobil yang terkunci?

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci
Membuka PIntu Mobil yang Terkunci

Tutorial Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Sebenarnya ada beberapa metode untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Kamu bisa memilih salah satu cara yang memungkinkan sesuai kondisimu pada saat itu. Oke, langsung saja ini dia cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan mudah :

1. Buka Pintu Mobil Menggunakan Bola Tenis

Jika Kamu kebetulan memiliki bola tenis di rumah, atau mungkin ada tetangga yang memiliki bola tenis, bisa meminjamnya sebentar. Metode ini bisa Kamu lakukan hanya jika Kamu masih ada di sekitaran rumahmu. Sehingga tidak menyulitkanmu untuk mendapatkan bola tenis sebagai alat untuk membuka pintu mobil.

Selain itu, metode ini hanya dapat dilakukan untuk mobil yang memiliki kunci konvensional. Ini artinya, masih terdapat lubang kecil pada pintu mobil. Pasalnya bola yang telah dilubangi pada bola tenis ini berguna sebagai pompa yang akan mendorong udara pada lubang kunci mobil.

Sebagai antisipasi, Kamu tinggal mempersiapkan alat ini. Siapkan bola tenis, lalu buat lubang cukup dalam yang berukuran kecil. Jika ingin melubanginya, tinggal tusuk pada bola tenis tersebut menggunakan obeng yang sudah dipanasi memakai api dari korek gas atau kompor.

Obeng panas akan membuat permukaan pada bola tenis menjadi lunak ketika dilubangi. Silahkan tusuk secara perlahan hingga obeng tersebut tembus menuju bagian dalam rongga pada bola. Cukup buat satu lubang saja karena Kamu akan menggunakan dorongan udara yang terdapat dari dalam bola tenis yang berongga.

Silahkan arahkan lubang bola di depan bagian lubang kunci. Lalu tekan sekuat tenaga dengan cepat sampai bola tenis gepeng. Namun pastikan dorongan dari dalam bola masuk hingga menekan kuat bagian celah lubang pintu mobilmu. Kamu bisa menekan bola tenis menggunakan tekanan lebih cepat dan kuat, serta pastikan pula lubang udaranya telah mendorong bagian lubang kunci.

Jika cara ini tidak memungkinkan, atau justru Kamu harus mencari dulu tempat yang menyediakan bola tenis, Kamu bisa mencoba trik selanjutnya.

2. Mencongkel Pengait Pintu Bagian Tengah

Cara membuka pintu mobil yang terkunci selanjutnya ialah dengan mencongkel pengait pintu bagian tengah. Metode yang satu ini biasa digunakan bengkel, terutama untuk mobil-mobil sekelas Xenia dan Avanza. Tentu saja tak harus dari arah pintu depan, Kamu juga dapat menyiasatinya menggunakan pintu lain.

Silahkan buka karet pada sekat pintu kanan bagian belakang, sebaiknya jangan biarkan terlipat karena bisa rusak. Lalu, intip pada kaca mobil dan bodinya, pada bagian dalam akan terlihat besi yang telah terkait ke dalam plastik dan posisinya tepat di bawah door lock. Plastik yang berwarna putih inilah yang menghubungkan besi pada pengait tadi memakai kunci di samping pintu.

Pakai kawat kecil dengan bagian ujung yang sudah dibengkokkan untuk dijadikan pengait. Minimal panjang kawat yang digunakan sekitar 20 cm. Silahkan masukkan kawat diantara pembatas pintu dan jendela pada lapisan karetnya. Lalu geser kawat sampai menyentuh bagian tuas pengait untuk membuka mobil.

Kamu bisa menariknya sampai ke atas pengait secara perlahan, tapi jangan paksakan. Jika Kamu melihat bagian tuas kunci mulai bergerak serta ada suara “klek” ini artinya pintu mobil sudah terbuka. Mengail dengan pengait ini sebenarnya sangat ringan dan mudah, jadi jika keras artinya Kamu masih salah triknya.

3. Menggunakan Penggaris Atau Mistar

Untuk melakukan cara yang satu ini, siapkan mistar atau penggaris terlebih dahulu. Tapi sebaiknya gunakan penggaris berbahan besi, supaya lebih mempermudahmu membuka bagian pintu mobil. Selanjutnya lepaskan karet yang menempel di kaca mobil. Tak perlu panik melakukan hal ini, sebab karet kaca mobil memang sangat mudah dilepas pasang. Tujuannya supaya penggaris bisa masuk dengan mudah ke bagian bawah pada kaca mobil.

Setelah itu, masukkan penggaris ke dalam pintu. Kamu bisa merasakan titik panel pad akunci mobil dengan melihat adanya gerakan panel kunci. Apabila panel manual kuncinya terlihat bergerak, itu adalah bagian tuas panel yang digunakan untuk membuka mobil.

Tekan panel kunci tadi dan tarik sekuat tenaga hingga pintu terbuka. Apabila masih gagal, ulangi caranya sampai berhasil.

4. Menggunakan Tali Sepatu

Cara membuka pintu mobil yang terkunci lainnya, Kamu juga bisa memakai tali sepatu. Ini dilakukan saat Kamu benar-benar urgent dan bingung dengan alat yang harus dipersiapkan. Siapkan tali sepatu yang panjangnya sekitar 1 meter. Tali sepatu yang panjangnya 1 meter ini biasanya ada dalam sepatu boat. Sesudah mempersiapkan tali sepatu tersebut, silahkan ikuti langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan membuat simpul hidup di bagian tenga pada tali sepatu.
  • Lalu masukkan tali lewat celah jendela atau pintu mobil.
  • Kemudian gerakkan sampai ke bawah hingga mendapati tuas kunci mobil.
  • Selanjutnya kencangkan simpul tersebut lalu tarik tuas pada kunci.
  • Kini pintu mobilmu pun sudah dapat dibuka kembali.

5. Masuk Lewat Bagasi Mobil

Jika mobilmu masih memakai kunci manual, maka Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Karena dengan memakai kunci manual, kemungkinan bagasi tetap dapat dibuka walaupun pintu mobil sudah terkunci. Sehingga Kamu bisa masuk lewat pintu bagasi agar pintu mobil dapat terbuka. Cara yang satu ini tentu saja tak dapat diterapkan untuk mobil-mobil terbaru, karena saat ini sudah banyak mobil yang ditanamkan fitur-fitur mewah nan canggih di dalamnya.

Ya, itulah 5 opsi cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam yang dapat Kamu coba sesuai kondisi yang Kamu alami. Cara-cara di atas dapat dilakukan dengan mudah memakai alat-alat yang sederhana dan mudah diperoleh. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba salah satu atau beberapa trik di atas sampai mobilmu bisa terbuka kembali. Selamat mencoba!

Related posts