Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Apakah kamu sedang ingin membuat lagu karaoke tanpa vokal? Bagaimana cara menghilangkan vokal pada lagu? Artikel kali ini akan membantumu menghilangkan vokal pada lagu dengan berbagai cara.

Lagu Tanpa Vokal

Bagi banyak orang, mendengarkan musik mampu membantu fokus dan menenangkan fikiran. Namun, tahukah kamu ada hal yang lebih menyenangkan dari mendengarkan musik? Ialah menyanyi dan berdendang dengan iringan muik, sebuah kegiatan yang dinilai efektif menaikkan semangat dan kondisi mental seseorang. Dengan bernyanyi, kamu bisa melepaskan segala pikiran yang selama ini membebanimu. Apalagi jika kamu mengerti cara menghilangkan vokal pada lagu, sehingga sensasi bernyanyi menjadi lebih nyata.

Hal itulah yang dimanfaatkan oleh para pengusaha karaoke. Menyediakan lagu tanpa vokal, menawarkan pengalaman bernyanyi bagi pelanggan dengan sensasi seperti diiringi oleh full band. Namun sayang, biaya untuk bisa bernyanyi di tempat karaoke tidaklah sedikit. Hal ini biasa diatasi dengan cara membeli DVD karaoke. Namun tak semua lagu memiliki versi karaokenya dalam bentuk DVD. Kamu pasti memiliki lagu favorit yang sangat unik sehingga kamu harus menghilangkan vokal pada lagu secara mandiri.

Lagu tanpa vokal bisa kamu gunakan sebagai pengiring saat berdendang ria. Hal ini terasa lebih menyenangkan dibandingkan bernyanyi dengan musik yang masih terdapat suara vokal. Untuk itu, penting bagimu mengetahui bagaimana menghilangkan vokal pada lagu.

Tujuan Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Terdapat beberapa tujuan yang membuat seseorang menghilangkan vokal pada lagu, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Membuat musik karaoke. Kamu bisa menggunakan lagu tanpa vokal sebagai musik saat ingin berkaraoke. Daripada pergi jauh-jauh ke tempat karaoke, kamu bisa menggunakan cara ini. Apalagi, untuk menikmati fasilitas di tempat karaoke, kamu perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit. Membuat sendiri musik karaokemu bisa menghemat pengeluaran.
  • Membuat musik latar. Jika kamu sedang membuat video, kamu mungkin memerlukan beberapa musik latar agar suasana di dalam videomu lebih terbangun. Kamu bisa menggunakan lagu favoritmu untuk dijadikan musik latar dalam video. Namun, kamu perlu menghilangkan vokalnya terlebih dahulu sehingga hanya tersisa musik instrumennya saja. Musik instrumen lebih cocok dijadikan musik latar daripada musik dengan vokal. Video yang berupa slide show beberapa foto kadang membutuhkan lagu tanpa vokal. Baca cara membuat video dari foto dengan lagu disini.
  • Membuat musik instrument. Bagi beberapa orang, mendengarkan musik instrumen lebih menyenangkan daripada mendengarkan musik dengan vokal. Bila kamu ingin membuat musik instrumen dari lagu yang memiliki vokal, kamu perlu menghilangkan vokal pada lagu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan musik yang kamu inginkan.
Terkait:  Cara Log Out Smule

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu
Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Kamu tentu sudah mengetahui dengan jelas apa saja yang bisa kamu dapatkan dari menghilangkan vokal pada lagu. Sekarang saatnya untuk mencari tahu cara menghilangkan vokal pada lagu. Tak perlu risau, karena untuk menghilangkan vokal pada lagu bisa kamu lakukan dengan mudah dan dengan berbagai perangkat. Adapun dalam artikel ini akan dibahas berbagai cara, yaitu:

  • Menghilangkan vokal pada lagu dengan Android. Dengan mengikuti langkah ini, kamu bisa menghilangkan vokal pada lagu dengan menggunakan perangkat android milikmu.
  • Menghilangkan vokal pada lagu dengan PC. Jika kamu lebih nyaman bekerja dengan komputer/laptop, kamu juga bisa menggunakan aplikasi di PC untuk menghilangkan vokal pada lagu.
  • Menghilangkan vokal pada lagu tanpa aplikasi. Apakah bisa menghilangkan vokal pada lagu tanpa menggunakan aplikasi tambahan? Jawabannya tentu saja bisa.

Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan Android

Untuk menghilangkan vokal pada lagu dengan android, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi. Aplikasi tambhan banyak tersedia di Google Play Store. Kamu bisa memilih aplikasi yang kamu suka, namun pada artikel kali ini akan dibahas cara menghilangkan vokal pada lagu menggunakan aplikasi Vocal Remover.

Aplikasi yang memiliki nama panjang Vocal Remover for Karaoke ini meskipun memiliki rating yang tidak terlalu bagus, namun masih worth it untuk kamu gunakan. Itu karena aplikasi Vocal Remover for Karaoke ini lumayan mudah untuk digunakan. Adapun cara menghilangkan vokal menggunakan aplikasi Vocal Remover adalah sebagai berikut :

  • Download dan install aplikasi Vocal Remover dari play store, atau klik disini.
  • Buka aplikasi Vocal Remover.
  • Pilih lagu yang ingin kamu hapus vokalnya.
  • Tekan toggle pada Vocal Remover sehingga menjadi ON.
  • Sesuaikan pengaturan dengan cara menggeser slider di bawahnya.
  • Ekspor hasil lagunya.
Terkait:  Cara Glow Up Tanpa Skincare

Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan PC

Bagi kamu yang menggunakan PC untuk bekerja, kamu bisa sekalian menghilangkan vokal pada lagu menggunakan komputer/laptop milikmu. Ada banyak aplikasi untuk menghilangkan vokal pada lagu. Aplikasi tersebut antara lain Wavepad, Adobe Audition, Audacity, dan lain sebagainya. Namun pada artikel kali ini akan dibahas cara menghilangkan vokal dengan aplikasi Audacity.

Audacity adalah aplikasi editor audio yang tergolong sebagai sebuah freeware atau aplikasi yang bisa kamu nikmati secara gratis. Hal ini yang menjadi keunggulan Audacity dibanding aplikasi lain yang berbayar. Ditambah dengan user interface yang familiar, membuat audacity banyak digemari sebagai sebuah alat mengedit suara. Melalui audacity, kamu dapat menghilangkan vokal pada lagu dengan mudah.

Adapun cara menghilangkan vokal dengan audacity adalah sebagai berikut:

  • Download dan Install aplikasi Audacity. Download disini.
  • Klik File > Import > Audio untuk memasukkan file lagu yang ingin kamu hapus vokalnya.
  • Pisahkan lagu menjadi 2 dengan cara klik ikon segitiga di samping nama file, kemudian klik split stereo track.
  • Pilih salah satu track, kemudian klik menu Effect, pilih invert.
  • Kemudian pada masing-masing track, klik ikon segitiga di samping nama file, kemudian klik mono.
  • Play musik milikmu untuk mengetahui bahwa vokal sudah berhasil dihapus.

Menghilangkan Vokal Pada Lagu Tanpa Aplikasi

Jika melihat dua cara di atas, sepertinya untuk menghilangkan vokal pada lagu diperlukan aplikasi tambahan. Apakah bisa menghilangkan vokal pada lagu tanpa aplikasi? Tentu saja kamu bisa menghilangkan vokal pada lagu tanpa aplikasi. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet. Karena untuk menghilangkan vokal pada lagu tanpa aplikasi, kamu memerlukan situs web yang menyediakan fitur serupa.

Terkait:  Cara Daftar Go Mart

Untuk situs web yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu, antara lain:

  • X Minus Pro. Dengan situs ini, kamu bisa menghilangkan vokal pada lagu mono maupun stereo. Kamu juga bisa mengatur panning vocal hanya dengan menggeser slider. Dengan cara semudah itu, tak heran jika situs ini menjadi favorit untuk menghilangkan vokal pada lagu. Kamu bisa mengunjungi situsnya disini.
  • Audio Alter. Dengan situs ini, kamu bisa menambahkan beberapa format file audio seperti WAV, OGG, MP3, dan FLAC. Proses penghapusan vokal pada lagu dilakukan secara otomatis. Hal ini jelas memudahkanmu dalam proses menghapus vokal pada lagu. Kamu bisa mengunjungi situs Audio Alter disini.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghilangkan vokal pada lagu. Semoga bermanfaat.

 

Related posts