Cara Membuka Arsip di Instagram

  • Whatsapp

Instagram adalah salah satu platform sosial media yang banyak digunakan. Ada banyak fitur yang ditawarkan di Instagram, salah satunya adalah archive atau arsip. Agar Kamu bisa melihat berkas yang diarsip di IG, maka Kamu dapat mencoba cara membuka arsip di Instagram.

Dengan memakai Instagram, para penggunanya bisa memamerkan video atau foto mereka ke pengguna lain. Bisa dikatakan popularitas IG sekarang ini bisa mengalahkan para pesaingnya, diantaranya Twitter yang sudah populer lebih dahulu. Pada aplikasi Instagram di Smartphone, ada fitur yang bisa kita manfaatkan untuk mengarsipkan video atau foto, dan fitur inilah yang dinamakan archive.

Read More

Archive adalah fitur yang memungkinkan para penggunana menyimpan postingan berbentuk video atau foto tanpa bisa dilihat pengguna lain. Di samping postingan video dan foto, stories juga bisa ditambahkan pada arsip. Oleh karenanya Kamu bisa menyimpan postingan berbentuk video atau foto supaya bisa dilihat pengguna yang lain.

Tak hanya postingan video dan foto, stories juga bisa ditambahkan pada arsip. Oleh karena itu, Kamu bisa menyimpan story video dalam jangka waktu lama. Akan tetapi, sayangnya banyak yang masih belum tahu terkait cara membuka arsip di Instagram.

Cara Membuka Arsip di Instagram

Cara Membuka Arsip di Instagram
Membuka Arsip di Instagram

Mengarsipkan Postingan di Instagram

Mengarsipkan postingan di IG tentu saja Kamu sudah mengetahuinya, yaitu dengan hanya membuka video/foto da klik tanda titik tiga lalu pilih “Arsipkan”. Jika sudah mengarsipkannya, maka postingan berbentuk video atau foto tersebut tak akan dapat dilihat pengguna lain sebab telah hilang dari bagian feed. Hal ini dapat dijadikan alternatif saat Kamu mempunyai foto yang menurutmu kurang bagus, postingan yang terlalu privasi atau foto mantan.

Terkait:  Cara Mengetahui Password Instagram

Namun, jika Kamu ingin mengetahui cara mengarsipkan postingan di IG dengan lengkap, berikut ulasannya :

1. Mengarsipkan Semua Foto di Instagram Sekaligus

Kamu bisa mengarsipkan seluruh foto sekaligus di Instagram. Jika Kamu bisa mengarsipkan postingan satu persatu, tentu saja Kamu bisa mengarsipkan sekaligus semuanya dengan cepat. Ini dia tutorialnya :

  • Langkah pertama, Kamu harus login ke akun Instagram terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, tekan “Profil”, dari sana Kamu akan melihat beberapa positngan foto dan video yang sukses diunggah.
  • Selanjutnya, pilih video atau foto yang akan diarsipkan.
  • Silahkan tekan ikon titik tiga di samping kanan bagian atas pada video/foto.
  • Kemudian pilih “Arsipkan”.

Cara di atas, memungkinkanmu bisa mengarsipkan kiriman pada post IG. Jika Kamu ingin mengarsipkan Insta Story bisa dilakukan dengan cara di bawah ini!

2. Mengarsipkan Kiriman Story Instagram

Kini bahkan fitur arsip di Instagram telah merambah sampai ke story. Sehingga Kamu dapat mengarsipkan seluruh kiriman story ke dalam folder arsip IG. Adapun cara untuk mengarsipkan kiriman story Instagram berikut ini.

Dengan kata lain, Kamu hanay dapat mengaktifkan lewat pengaturan cerita di platform Instagram. Sebenarnya caranya sangat mudah, masuk ke opsi pengaturan dan pilih privasi kemudian pilih cerita. Jika sudah, pilih simpan ke dalam arsip jika ingin mengarsipkan post story Instagram selama kurun waktu sesudah 24 jam.

Dengan begitu, sesudah waktu yang telah ditentukan maka Insta Story akan habis selama 24 jam, kiriman story Instagram secara otomatis akan tersimpan pada folder arsip Instagram. Maka dari itu, jika Kamu ingin menyimpan video atau foto Insta Story, namun postingan tersebut tak ingin terhapus selama 24 jam. Kamu bisa mengaktifkan simpan pada arsip, selanjutnya jadikan sorotan pada profil IG-mu atau bagikan ulang.

Terkait:  Cara Mengganti Nama Pengguna di Instagram

Arsip tersebut sewaktu-waktu bisa Kamu kembalikan apabila memungkinkan dikembalikan pada waktu itu.

Tutorial Membuka Arsip Postingan di IG

Melalui fitur arsip ini, biasanya postingan tersebut hilang dengan sendirinya dari feed Instagram tanpa harus menghapusnya. Selain itu, sesudah mengarsipkan postingan IG tersebut, Kamu tetap dapat melihatnya kapan saja sesuai yang Kamu mau. Sehingga apabila suatu ketika Kamu ingin melihatnya, maka postingan IG tersebut tetap aman tersimpan pada akun IG-mu tanpa diketahui pengguna lain.

1. Membuka Arsip Postingan di IG Terbaru

Adapun cara membuka arsip di Instagram yang dapat Kamu coba, lalu mengembalikannya ke dalam feed di Instagram ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka kemudian jalankan apliksi IG di ponselmu.
  • Sesudah di beranda, Kamu bisa menuju profil langsung dengan cara tekan ikon profil tepat di sebelah kanan bawah.
  • Ketuk ikon garis tiga di sebelah kanan bagian atas dan klik “Arsip”.
  • Ketika membuka menu arsip pertama kali, biasanya muncul story Instagram atau arsip cerita yang pernah dibuat.
  • Jika ingin membuka arsip untuk postingan di IG, Kamu harus mengklik garis berbentuk segitiga yang menghadap ke arah bawah.
  • Selanjutnya akan ditampilkan 2 pilihan, diantaranya Postingan Diarsipkan dan Arsip Cerita. Selanjutnya, ketuk Postingan Diarsipkan jika ingin melihat arsip pada Instagram.
  • Dari sana Kamu pun akan melihat beberapa postingan yang sudah pernah diarsipkan.

2. Mengembalikan Postingan yang Telah Diarsipkan ke Profil/Feed

Sesudah melakukan cara membuka arsip di Instagram, maka pembahasan berikutnya ialah mengembalikan postingan Instagram yang diarsipkan supaya kembali tampil pada feed IG.

  • Untuk caranya, Kamu bisa mengikuti tutorial di atas yang sudah dijelaskan.
  • Kemudian, sesudah tampil postingan IG yang diarsipkan, Kamu bisa memilih salah satunya.
  • Lalu, tekan opsi titik tiga pada postingan video/foto.
  • Tekan “Tampilkan di Profil”.
  • Selesai, kini postingan IG yang diarsipkan muncul kembali di feed.

Fitur Menarik Lainnya di Instagram

Selain arsip, ada beberapa fitur menarik lainnya yang bisa kita nikmati di Instagram berikut ini :

Terkait:  Cara Mengambil Foto di Instagram

1. Menyembunyikan Status Online Pada Direct Message

Instagram menawarkan fitur kepada pengguna untuk bisa melihat waktu terakhir pengguna IG lainnya membuka IG. Pasalnya keterangan waktu ini biasanya akan muncul melalui Direct Message. Adapun status online ini biasanya menunjukkan jika pengguna sudah membuka aplikasi IG di foreground atau sedang dalam kondisi berjalan di layar hp. Sedangkan “last seen” sendiri diartikan sebagai waktu pengguna terakhir kali membuka IG.

2. Mengabaikan Komentar dari Pengguna IG Tertentu

IG menyediakan fitur yang bernama restrict, dimana fitur yang satu ini memungkinkanmu dapat memastikan jika pengguna yang lain tak bisa melihatmu saat online. Bahkan komentar beberapa pengguna lain pun dapat dibatasi. Ini artinya, komentar dari pengguna tersebut hanya terlihat oleh orang tersebut dan Kamu saja. Akan tetapi, Kamu juga bisa memilih melihat komentar dengan cara mengklik “See Comment.

3. Membuat Folder Untuk Menyimpan Posting

Saat ini, pengguna dapat membuat folder-folder penyimpanan di dalam menu saved. Sehingga, posting IG dapat disimpan di folder yang berbeda tergantung kategori. Contohnya, Kamu ingin menyimpan postingan produk sepati. Kamu hanya perlu membuat folder saja lalu menamakannya sesuai isi unggahan.

Itulah fitur-fitur lainnya yang menarik di Instagram dan bisa Kamu nikmati saat menggunakan aplikasi Instagram selain menggunakan arsip Instagram.

Demikian cara membuka arsip di Instagram dan fitur-fitur menarik yang bisa Kamu temukan di Instagram dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts