Cara Membuat Website Gratis Lewat Hp

  • Whatsapp

Segala aktivitas internet kini banyak diakses melalui smartphone, bahkan kini Kamu bisa mencoba cara membuat website gratis lewat hp dengan mudah. Diantara banyaknya penyedia website atau blog gratisan, kita bisa mencoba menggunakan aplikasi untuk membantu membuat website gratis. Aplikasi tersebut ialah Blogger dan WordPress, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Nggak perlu lagi ribet masalah hosting atau domain sebab semuanya bisa didapatkan secara gratisan.

Jika Kamu ingin membuat sebuah website yang bagus, Kamu harus mempelajari tentang domain, web hosting serta cara menggunakannya. Selain itu, jika dulu ketika ingin membuat website gratis Kamu harus memakai komputer atau laptop, namun sekarang lebih cepat dan mudah lewat hp android. Sehinga Kamu dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja. Bahkan fiturnya pun cukup lengkap bahkan sama dengan versi PC-nya.

Cara Membuat Website Gratis Lewat Hp

Cara Membuat Website Gratis Lewat Hp
Membuat Website Gratis Lewat Hp

Tutorial Membuat Website Gratis via Hp

Ada banyak pilihan platform yang dapat digunakan dalam cara membuat website gratis lewat hp. Salah satunya melalui WordPress. Platform ini diperkenalkan pertama kali di tahun 2003 bahkan akan terus berkembang sampai sekarang. Selain itu, WordPress telah menjadi pilihan bagi banyak pengguna yang ada di seluruh dunia mengingat penggunaannya cukup mudah. Bahkan WordPress kini telah tersedia gratis di Play Store.

Tak hanya worpress, penyedia lain yang tak kalah populer ialah Blogger. Dimana Blogger sendiri biasanya lebih familiar jika diakses lewat desktop/PC. Namun ternyata blogger jugfa memiliki versi aplikasinya. Kelemahannya fitur yang ditawarkan pada versi aplikaisnya tak begitu lengkap, bahkan jauh dibandingkan dari versi desktopnya.

Terkait:  Cara Membuat Voucher Shopee

1. Tutorial Membuat Website Gratis Lewat Hp di WordPress

Cara yang bisa Kamu lakukan pertama kali ialah dengan memakai aplikasi Wotrdpres. Ada banyak fitur yang ditawarkan aplikasi WordPress, sama seperti versi desktopnya. Pemakaiannya pun dapat dikatakan sangat cocok dan mudah bagi pemula. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Install WordPress Apps di Google Play Store.
  • Jika sudah berhasil, langsung jalankan aplikasinya via hp andorid. Di halaman utama pada aplikasi, nantinya Kamu diminta mendaftar akun di platform WordPress lebih dulu. Kamu tka perlu bingung, sebab bisa melakukan reigstrasi akun memakai akun emailmu. Masukkan password akun WordPress lalu beri keterangan. Selain itu, pastikan Kamu memakai password dengan gabungan angka huruf kecil dan besar.
  • Namun jika Kamu sebelumnya sudah memiliki akun WordPress, Kamu bisa melanjutkan langsung dengan cara klik login. Inputkan password dan email yang telah dibuat.
  • Setelah itu, tambahkan Nama Pengguna dan Nama Tampilan pada akun WordPressmu. Silahkan isi tergantung keinginan, namun biasanya nama langsung tersedia default karena diambil lewat akun email yang telah didaftarkan.
  • Kini waktunya untuk membuat web pertama kalinya. Di halaman ini, cukup tekan Tambahkan Web Baru. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan pop up jika ingin membuat website. Dari sana, akant terdapat opsi “Buat WordPress.com” lalu “Tambahkan Self Hosted”. Sebab tujuanmu disini ialah membuat web gratis, sehingga Kamu bisa memilih pilihan pertama yaitu “Tanbahkan WordPress.com”. Sementara pilihan kedua diperuntukkan bagi yang telah memiliki hosting dan domain sendiri.
  • Setelah itu, Kamu akan diminta memilih jenis website yang akan dibuat. Hal tersebut akan berpengaruh pada jenis template yang diterapkan pada situs webmu. Sementara untuk versi yang umum, Kamu sebaiknya pilih “Blog” saja.
  • Kemudian Kamu diminta menjawab isi dari web yang ingin dibuat. Kamu bisa leluasa menjawabnya.
  • Inilah yang terpenting, di sini Kamu diminta membuat “Nama Situs” berikut Slogannya. Silahlkan sesuaikan nama web dengan isi atau tema yang akan Kamu tetapkan pada websitemu. Setelah itu, langsung ketuk “Buat Situs”.
  • Kini Kamu bisa mengisi websitemu melalui konten-konten hasil karya sendiri.
Terkait:  Cara Membuat Filter Instagram

2. Tutorial Membuat Website Gratis Lewat Hp via Blogger

Di samping WordPress, Kamu juga bisa melakukan cara membuat website gratis lewat hp di Blogger. Keunggulan blogger ialah fiturnya lengkap serta tak perlu lagi menyewa hosting apabila Kamu menautkannya pada domain berbayar. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan install Blogger di Play Store.
  • Jika sudah berhasil, jalankan aplikasinya.
  • Dari sini, Kamu dapat memilih mendaftar akun yang baru atau memakai akun Google milikmu. Masuk menggunakan akun Gmail serta password yang dimiliki.
  • Silahkan buat situs web yang baru menggunakan nama domain berdasarkan keinginan.
  • Selanjutnya tulis konten artikel menyesuaikan skill yang Kamu miliki. Sertakan pula gambar berdasarkan isi konten artikel.

Walaupun mudah dan gratis digunakan, sayangnya fitur yang tersedia tak selengkap versi PC-nya. Inilah yang banyak dikeluhkan pengguna kepada Google agar segera memperbaikinya.

3. Tutorial Membuat Website Gratis Lewat Hp dari Weebly

Weebly adalah sarana membuat website gratis. Kamu juga bisa memakai Weebly ke dalam pembuatan web gratisan lewat Hp. Namun sayangnya Weebly mempunyai format berbeda dari situs penyedia website lainnya. Jadi Kamu wajib mempelajarinya apabila ingin menggunakannya.

Adapun format yang dipakai pada Weebly sendiri adalah widget. Dimana format ini biasanya memungkinkan para penggunanya menyusun halaman dengan hanya lewat beberapa klik saja.

Jika ingin menambahkan konten berbentuk teks atau gambar, Kamu juga harus melakukan beberapa klik, menyeret dan menyimpan di halaman konten. Mengingat format itulah Weebly jadi cukup sulit jika dipakai lewat android. Sehingga jika Kamu menyukai Weebly, sebaiknya disarankan membuatnya lewat laptop atau PC.

Selain itu, format widget juga dirasa kurang tepat jika diterapkan ke dalam cara membuat website gratis lewat hp. Tapi Kamu tetap bisa memantau web pribadi lewat smartphone-mu. Tentu saja, hal tersebut tetap dapat Kamu manfaatkan lewat perangkat hp.

Terkait:  Cara Menghilangkan Green Screen Di Premiere

4. Tutorial Membuat Website Gratis Lewat Hp via Wagomu ID

Wagomu Id adalah platform yang berasal dari Indonesia, dan cocok bagi yang gemar menulis serta mempublikasikannya via internet. Keunggulan Wagomu dapat dilihat berdasarkan hasil SEO dan bisa dikatakan cukup baik jika dibandingkan hosting gratis yang lainnya. Jika konten web yang dipublish menarik serta mempunyai jumlah pembaca cukup banyak, tak menutup kemungkinan untuk menghasilkan uang via website. Misalnya saja lewat pemasangan iklan produk.

Bagi yang berminat memakai Wagomu Id, maka kamu dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk pembuatan situs webnya :

  • Masuk ke situs web resmi dari Wagomu Id, dari sini Kamu dapat memakai Google Chrome baik versi browser maupun mobile.
  • Di halaman utama, silahkan pilih daftar akun yang baru, dimana Kamu harus melakukan pengisian akun email pribadi, selanjutnya tekan “Lanjutkan”.
  • Setelah itu, Kamu diminta memasukkan password dan username yang akan dipakai ketika login menuju Wagomu Id.
  • Langkah berikutnya buat blog yang baru, caranya daftarkan subdomain dari link url blog, kemudian isi data terkait blog yang akan dibuat.
  • Isi seluruh data yang telah diminta, lalu ketuk “Daftar”.
  • Kini Blog Kamu telah siap dipakai atau diatur tergantung keinginanmu.

Dengan adanya cara membuat website gratis lewat hp di atas, tentu saja kini tak ada alasan lagi untuk tidak mempunyai website. Karena kini Kamu dapat membuatnya hanya dari hp saja.

 

Related posts