Cara Membuat Video Tik Tok

  • Whatsapp

Tik Tok termasuk aplikasi yang semakin hari kian banyak diminati. Tik Tok awalnya dianggap sebagai aplikasi kontroversial, karena menyajikan banyak konten sensitif. Namun sejak awal tahun 2020 lalu, banyak konten Tik Tok menarik dan interaktif. Bahkan pengguna Tik Tok disebut-sebut terbanyak di urutan kedua di dunia. Lalu, bagaimana cara membuat video di Tik Tok menarik agar cepat viral?

Aplikasi Tik Tok telah menciptakan ruang untuk para penggunanya dalam membuat banyak video kreatif lewat hp berdurasi 15 detik sampai 1 menit. Akan tetapi, membuat video saja masih belum cukup dilihat oleh banyak orang. Sebab banyak orang berkeinginan supaya video tersebut banyak dilihat dan menjadi viral. Namun tak perlu khawatir, sebab cara membuat video Tik Tok cukup mudah.

Kamu dapat menambahkan sentuhan efek, berupa transisi, stiker, dan berbagai macam lagu untuk meningkatkan keapikan video. Jika ingin membuat video Tik Tok yang viral dan menarik, simak tutorialnya di bawah ini!

Cara Membuat Video Tik Tok

Cara Membuat Video Tik Tok
Tutorial Membuat Video Tik Tok

Tutorial Membuat Video Tik Tok Agar Cepat Viral

Jika Kamu ingin video Tik Tok Kamu langsung disukai banyak orang dan viral, ada beberapa panduan cara membuat video Tik Tok berikut ini :

1. Ikuti Tren Saat Ini

Sama halnya dengan model baju yang terus mengikuti perubahan tren yang ada setiap waktu, hal ini juga berlaku bagi Tik Tok. Namun Kamu harus tahu apa saja video yang saat ini sedang tren. Untuk mengetahuinya, selain lewat aplikasi Tik Tok, Kamu juga dapat menemukannya lewat media sosial, baik itu seperti Facebook, Youtube, Twitter dan Instagram. Semua platform tersebut turut anil untuk membuat videomu viral di Tik Tok.

Terkait:  Cara Live Tiktok

Bagi yang selalu update mengakses layanan media sosial, maka tak menutup kemungkinan Kamu bisa mengetahui apa saja video-video yang sedang viral di Tik Tok. Bahkan tak jarang artis-artis populer sekalipun seringkali membuat video yang sedang viral di Tik Tok.

2. Mengikuti Hashtag yang Sedang Trending

Sebaiknya jangan meremehkan hashtag, mengingat ini merupakan salah satu metode yang dapat membuatmu terkenal lewat video-video di akun Tik Tok. Adapun pemberian hashtag #foryourpage bisa membawa kita ke halaman following dan for you, yang nantinya video tersebut berpotensi langsung muncul. Kamu juga dapat menambahkan hashtag yang lainnya menyesuaikan video yang Kamu buat.

3. Membuat Konten Original

Tak hanya memperhatikan konten populer, cara membuat video Tik Tok agar bisa viral selanjutnya ialah dengan membuat video original sendiri. Biasanya masyarakat menyukai video-video bernuansa lucu atau komedi. Apabila Kamu termasuk tipe orang dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, inilah peluang untuk menciptakan video viral atau bisa membuat video komedi.

Lewat video tersebut, Kamu dituntut untuk membuahkan kreativitas sendiri yang lebih fresh. Bahkan tak menutup kemungkinan videomu banyak disukai orang, alhasil tak sedikit pengguna yang juga meniru video tersebut.

4. Melihat Rekomendasi dari Video Tiktok Lain

Akan tetapi, jika masih belum memiliki gambaran untuk membuat video Tik Tok seperti apa, maka Kamu dapat membuka menu Home untuk mengecek rekomendasi video populer di Tik Tok. Kamu dapat mengikuti beberapa akun Tk Tok tertentu jika menyukai videonya. Dari sini, Kamu akan mendapatkan rekomendasi dan inspirasi seklaigus.

Jika sudah melakukan perekaman, silahkan edit sesuka hati dan sekreatif mungkin. Dengan semakin banyak Kamu berlatih, kemampuan serta hasil videonya juga menjadi semakin baik. Jika sudah terbiasa, lebih mudah lagi membuat video versi sendiri.

Terkait:  Cara Download Video TikTok

5. Harus Konsisten

Cara membuat video Tik Tok agar cepat viral selanjutnya ialah Kamu harus konsisten dan rajin. Semakin rajin Kamu mencari inspirasikonten yang baru, tentu saja semakin banyak pula karya video yang dapat dibuat di Tik Tok. Sama halnya ketika Kamu mulai konsisten membuat video. Selain itu, ada banyak orang yang bisa saja menunggu karya videomu selanjutnya. Jadi bukan masalah jika Kamu masih pemula atau justru profesional.

Sebab Tik Tok adalah ajang kreativitas diri untuk mengembangkan ide, dan selalu belajar tentang cara menciptakan video terbaik di Tik Tok.

6. Pakai Lagu yang Populer

Untuk mengusahakan agar konten video yang dibuat bisa masuk ke dalam FYP Tik Tok, Kamu juga dapat memakai lagu atau musik Tik Tok yang kini sedang viral. Musik atau lagu yang tengah populer bisa dijumpai lewat fitur suara/musik ketika sebelum Kamu meng-upload video Tiktok. Hanya lewat berbekal lagu/musik populer tersebut inilah, sudah bisa meningkatkan peluang agar kontenmu bisa masuk ke dalam FYP. Bagaimana, simpel bukan?

7. Memilih Waktu Posting Terbaik

Cara membuat video Tik Tok menarik dan viral lainnya ialah Kamu harus memperhatikan waktu posting terbaik. Waktu untuk mengunggah konten video adalah faktor tepenting dalam membuat video Tik Tok agar menjadi viral. Sebab, biasanya ada banyak orang memakai gadget-nya pada waktu tertentu. Apalagi untuk mahasiswa, pelajar dan pekerja sekalipun. Umumnya mereka mempunyai waktu terbaik memakai gadget.

Di waktu-waktu itulah, banyak orang mulai membuka video Tik Tok sebagai hiburan. Jadi pilihlah waktu yang benar-benar “pas” mengupload video, agar momentum yang Kamu dapatkan sesuai dengan orang banyak yang mengakses Tiktok bersamaan.

Terkait:  Cara Membuat Swipe Up di Instagram

Membuat Video Tik Tok Transisi

Salah satu cara untuk membuat video Tiktok yang menarik perhatian adalah dengan menciptakan video Tik Tok transisi. Adapun cara membuat video Tik Tok dengan efek transisi, adalah sebagai  berikut :

1. Mengatur Efek Pencahayaan

Langkah pertama yang perlu diperhatikan jika ingin menciptakan video Tik Tok yang memiliki efek transisi ialah segi pencahayaan. Melalui pencahayaan yang sempurna, tentu saja membuat videomu menjadi semakin berkualitas.

2. Pilih Lagu dan Efek Filter yang Baik

Kamu harus memastikan memilih lagu/musik yang cocok atau sesuai gerakan. Selain itu, tambahkan efek filter tapi tetap membuatnya senatural mungkin dan tidak berlebihan.

3. Kendala Membuat Efek Transisi Pada Vidoe Tik Tok

Hal yang perlu diperhatikan untuk membuat konten video Tik Tok melalui efek transisi ialah kesabaran. Bisa saja Kamu membuat konten video di Tiktok menggunakan efek transisi selama 5 menit tapi hasilnya mungkin biasa saja.

Namun dengan menghabiskan durasi 4 jam, membuat proses pembuatan konten video efek transisi ini lebih maksimal. Mulai dari proses pemilihan, editing lagu hingga pengambilan gambar membuat konten video Tiktok yang dihasilkan menjadi lebih menarik dan berkualitas.

Kemudian untuk menggabungkan video ke dalam musik akan menghabiskan lebih banyak waktu tergantung dari jumlah potongan dan tingkat kerumitan video itu sendiri. Kesulitan yang kerap dihadapi saat membuat konten video Tik Tok menggunakan efek transisi ialah ketika menyetting supaya transisi yang terjadi lebih mulus.

Ya, itulah tutorial langkah cara membuat video Tik Tok agar cepat viral dan trik penggunaan efek transisi untuk menghasilkan konten video yang berkualitas.

Related posts