Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Bagaimana cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100? Baterai ponsel adalah komponen terpenting karena berkaitan dengan sumber daya perangkat. Sekarang ini kapasitas baterai sendiri terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari pilihan kapasitas 3.000 mAh, hingga di atas 5.000 mAh. Semakin besar kapasitas baterai, maka akan semakin lama juga penggunaan HP yang dipakai. Selain itu, kalian kalian tidak akan kerepotan untuk selalu charge baterai beberapa kali setiap harinya.

Performa baterai adalah hal yang harus benar-benar diperhatikan, karena bagaimanapun juga sangat berpengaruh pada performa perangkat kalian. Hal ini juga berlaku bagi pemilik iPhone. Semakin lama digunakan, performa iPhone dan baterainya tentu akan semakin menurun. Apalagi jika sering mendapat perlakuan buruk, seperti bermain game atau menonton video sembari dicas atau lainnya, sehingga intensitas pengecasan baterai menjadi lebih lama.

Read More

Jika baterai hp iPhone kalian mengalami masalah yang sama, maka kalian harus tahu cara mengembalikan kesehatan baterai iphone ke 100%.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone Ke 100

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100
Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Di bawah ini ada beberapa pilihan cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 yang bisa kalian andalkan saat baterai iPhone mengalami penurunan performa. Ini ulasannya :

1. Charger Sebelum Lowbat

iPhone akan membeitahu penggunanya jika kapasitas baterai tinggal 20 % lagi, Bahkan ketika daya baterai kalian ada di bawah 10%, maka akan ada peringatan yang mengharuskan penggunanya untuk segera melakukan pengisian ulang hp sebelum iPhone benar-benar mati.

Terkait:  Cara Mengatasi Hp Macet
Sumber : underspy.org

Hindari kebiasaan charger Hp ketika baterai hp benar-benar habis, karena hal ini bisa memicu performa hp menurun. Oleh sebab itu, disarankan untuk charger hp setidaknya saat persentasenya paling sedikit 10%. Tujuannya, agar kesehatan komponen baterai iPhone kalian tetap terjaga dan tidak mudah rusak.

2. Langsung Cabut Kabel Charger iPhone Ketika Kapasitas Sudah 100 %

Sumber : applenovinky.cz

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 lainnya adalah dengan langsung mencabut kabel charger iPhone ketika persentase kapasitas iPhone sudah mencapai 100%. Mungkin ini berlaku di awal atau ketika iPhone tidak terlalu sering digunakan.

Akan tetapi sebaiknya, ketika iPhone dipakai secara intens, lakukan pengisian daya baterai tidak sampai melebihi 80%. Sedangkan penggunaan iPhone yang dimaksud adalah merekam video berdurasi lama atau mungkin digunakan untuk bermain game. Kondisi ini, secara otomatis membuat temperatur iPhone meningkat.

Belum lagi kalian mengisi daya ponsel dalam waktu lama. Alhasil temperatur iPhone menjadi meningkat. Sementara, paparan suhu yang ekstrem pada iPhone bisa berpengaruh pada kesehatan baterai iphone secara drastis.

3. Pergunakan Charger Original iPhone

Ingat, jangan pernah menggunakan charger yang dibeli sembarangan untuk mengisi daya baterai iphone Kalian. Mengapa demikian? Hal ini justru bisa membuat performa baterai iPhone menjadi lebih buruk.

Charger iPhone Original

Sebaiknya, gunakan charger iphone original untuk mengisi daya baterai iPhone agar kondisi kesehatan iPhone tetap terjaga. Selain itu, hanya pergunakan powerbank ketika kalian bepergian saja, jadi jangan terlalu sering.

4. Stop Menggunakan iPhone Ketika Sedang Mengisi Daya

Walaupun saat ini HP menjadi kebutuhan primer karena bisa digunakan selain untuk berkomunikasi saja. Namun bukan berarti kalian tetap memakainya meskipun iPhone sedang dicas. Hindari kebiasaan menggunakan iPhone ketika dilakukan isi ulang baterai. Sebab hal tersebut bisa membuat performa baterai iPhone kalian memburuk.

Sumber : itinyourhand.blogspot.com

Saat perangkat iPhone kalian dilakukan isi ulang baterai, sementara kalian melepaskan daya dengan membuka beberapa aplikasi di dalamnya. Lama kelamaan, hal ini bisa membuat suhu baterai meningkat, sehingga membuat komponen baterai menjadi rusak. Dengan permasalahan ini, maka sudah jelas kesehatan baterai menjadi berkurang.

Terkait:  Cara Hitung Zakat Emas

Hal yang bisa kalian lakukan adalah beristirahat sejenak dari aktivitas ponsel. Biarkan perangkat iPhone kalian mengisi daya baterai perangkatnya terlebih dahulu. Dengan metode ini, selain baterai iPhone kalian lebih awet, juga dapat mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100.

5. Kalibrasi Baterai iPhone

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 selanjutnya adalah dengan kalibrasi baterai iPhone. Paling tidak, kalian harus melakukan beberapa kalibrasi dengan intensitas perlakuan setiap 1 sampai 3 bulan sekali. Sebenarnya proses kalibrasi bertujuan untuk normalisasi baterai agar kapasitas daya baterai bisa terbaca sistem perangkat iPhone dengan benar dan akurat.

Sumber : Youtube

Proses tersebut dilakukan supaya terhindar dari kesalahan sistem. Apalagi ketika mendeteksi bagian baterai. Proses kalibrasi pada baterai iphone sebenarnya sangat mudah, sebab kalian hanya memerlukan beberapa waktu. Silahkan ikuti cara kalibrasi baterai berikut :

  • Lakukan charger HP sampai ada di angka 100% terlebih dahulu. Selama proses berlangsung, jangan pernah membuka iPhone agar pengisian baterai lebih optimal.
  • Setelah mencapai 100 %, cabut kabel chargernya dari iPhone.
  • Sebaiknya jangan langsung memakainya terlebih dahulu.
  • Jika sudah full terisi, kalian bisa mengulangi cara pertama yakni memakai iPhone sampai habis dan charger kembali sampai 100%.
  • Lanjutkan dengan mengulangi proses serupa.
  • Inilah yang dinamakan proses kalibrasi, selanjutnya kalian telah melewati proses tersebut.

Kalibrasi baterai adalah cara termudah untuk mengecek kesehatan baterai. Namun waktu yang diperlukan tentu saja lebih lama. Apalagi jika kondisi baterai bisa dibilang normal, dan tentunya waktu menghabiskan baterai menjadi lebih lama.

Kalian bisa mencoba cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 dengan kalibrasi secara berulang. Maka secara otomatis, perangkat iPhone dapat melakukan kalibrasi baterai dengan melakukan perbaikan.

Terkait:  Cara Backup Data Laptop Windows 10

6. Reset iPhone

Untuk membuat performa baterai iPhone lebih baik, maka kalian diminta mereset iPhone menyesuaikan setelan pabrik. Melalui cara inilah, data-data menumpuk secara otomatis akan dihapus. Hal tersebut dapat meringankan beban atau kinerja hp.

Reset iPhone

Namun sebelum reset iPhone, kalian harus backup data iPhone terlebih dahulu. Agar data-data pada iPhone tidak hilang.

7 Pembaruan Software Secara Rutin

Pembaruan software dan versi OS biasanya dapat  membawa fitur penting bagi iPhone. Di dalamnya termasuk fitur yang bisa mempertahankan kesehatan baterai perangkat iPhone agar tetap awet. Contohnya untuk pembaruan OS dari versi perangkat iOS 15 maupun versi lebih baru.

Selain itu, Apple telah menghadirkan fitur tertentu yang memungkinkan perangkat iPhone berhenti melakukan pengisian batreai otomatis saat dayanya telah mencapai 80% apabila perangkat dipakai secara rutin.

Jika memutuskan memakai baterai KW misalnya OEM KW, kalian harus menanggung resikonya.

8. Mengganti Baterai

Apabila kalian merasa kesehatan pada baterai iPhone bermasalah mengingat sering cepat habis bahkan memungkinkan pengisian tidak optimal, sebaiknya ganti baterainya. Akan tetap, pastikan kalian memakai baterai berstatus original dan bergaransi. Silahkan cari tempat jasa service berkualitas untuk meminta bantuan memasangkan baterai iphone tersebut.

Mengingat pentingnya peranan baterai bagi perangkat iPhone kalian, maka sayang sekali jika membiarkan kondisi baterai iPhone kalian menurun. Selain itu, hindari faktor-faktor yang membuat baterai iphone bermasalah. Seperti tidak terlalu memperberat kinerja iPhone karena bisa membuat baterai cepat panas atau seringkali membiarkan iphone mengisi daya hingga seharian.

Tapi jika performa baterai iPhone kalian memburuk, silahkan ambil satu cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 di atas yang paling efektif dan mudah dilakukan.

Related posts