Cara Membuat Toko Online di Facebook

  • Whatsapp

Tak sedikit pengguna Facebook yang memanfaatkan platform tersebut untuk dijadikan sebagai media penjualannya. Sebenarnya ada banyak alasan kenapa Facebook dijadikan sebagai media untuk berjualan, salah satunya karena Facebook memiliki pengguna yang paling banyak. Oleh karena itu, wajar jika Kamu harus mulai bersaing dengan kompetitormu lewat berjualan di Facebook. Cara membuat toko online di Facebook juga cukup mudah dilakukan.

Melalui toko online di Facebook ini, Kamu dapat menyajikan sekaligus melakukan penjualan produk baik di Facebook maupun Instagram. Bahkan pengunjung tokomu juga dapat menelusuri, membeli produk sekaligus dapat mengenal merek yang Kamu jual. Ingin tahu, cara membuat toko online di Facebook? Ini dia ulasannya!

Cara Membuat Toko Online di Facebook

Cara Membuat Toko Online di Facebook
Membuat Toko Online di Facebook

Panduan Membuat Toko Online di Facebook

Ada 2 cara membuat toko online di Facebook, diantaranya dengan Facebook Page dan aplikasi pihak ketiga. Simak lengkapnya di bawah ini!

1. Membuat Toko Online Dengan Facebook Page

Cara yang pertama, Kamu bisa memakai akun facebook sendiri untuk membuat toko online di platform ini. Adapun caranya ialah add shop to facebook page, lalu gante template ke dalam shopping template. Jika sudah, Kamu tinggal membuat katalog sendiri.

Ini adalah cara yang paling simpel yang bisa dicoba. Selain itu, fungsinya sendiri sebenarnya hanya untuk display produk, sementara aktivitas transaksi dan lainnya tak disediakan Facebook.

2. Memakai Aplikasi/Program Pihak Ketiga

Cara membuat toko online di Facebook selanjutnya ialah dengan platform pihak ketiga. Dalam artikel kali ini, kita bisa mencoba Shopify. Kenapa sih harus memakai Shopify? Karena Shopify selain gratis, juga tidak hanya menawarkan layanan toko online Facebook melainkan juga web online store. Sehingga Kamu bisa memiliki 2 online store sekaligus.

Terkait:  Cara Membuat Akun Gojek Driver

Untuk membuat online store di Facebook dengan Shopify adalah sebagai berikut :

  • Buka web resmi dari Shopify di link url berikut : https://apps.shopify.com/facebook-store. Setelah halaman terbuka, Kamu tinggal klik “free trial” jika ingin mendaftar sekaligus membuat akun yang baru di platform ini,
  • Masukkan akun email di kotak yang telah tersedia dan ketuk piliha “Get Started”, silahkan tunggu sampai tampilan pop up muncul di layar.
  • Silahkan isi lagi password, email berikut nama toko. Ketika mengisi email, sebaiknya pastikan akun tersebut masih aktif, sebab beberapa penawaran yang ada di Shopify nantinya dikirim melalui email.
  • Ada 2 opsi yang ditawarkan Shopify, opsi pertama yaitu online store sedangkan opsi kedua yaitu retail store. Silahkan pilih satu saja, kemudian lanjutkan dengan klik “Next”.
  • Inputkan mulai dari nama, nomor hp, dan alamatmu. Setelah semuanya terisi, ketuk “Next” jika ingin melanjutkan membuat toko online.
  • Ada 5 ipsi jenis produk, dalam contoh ini misalnya Kamu akan menawarkan produk Digital. Silahkan pilih “Enter my Store”
  • Dari sini, Kamu telah berhasil memiliki toko online di Facebook, untuk melihatnya ketuk “View your Website” yang baru dibuat. Selanjutnya buat toko online di Facebook.
  • Pada menu, tinggal pilih “Apps” selain Apps Facebook Store, Kamu juga dapat membuat blog dengan mengklik “blog”.
  • Lanjutkan dengan mengklik “visit the app store”, setelah itu, Kamu akan diminta untuk menghubungkan Shopify dengan akun Facebook.
  • Setelah itu, Kamu harus memasang Facebook Store Apps dair Shopify, caranya ketuk “Install Facebook Store’.
  • Silahkan sambungkan akunmu dengan Shopify.
  • Klik opsi “Add a facebook store” kemudian pilih fanpage mana yang akan Kamu instal Apps Facebook Store.
  • Lakukan pengaturan Facebook Store, dari sini Kamu dapat mengatur layout, gambar cover, sekaligus menambahkan Google Analytic. Tujuannya untuk melihat jumlah pengunjung yang ada di Facebook Store.
Terkait:  Cara Cek Stalker FB

Jika Kamu ingin melihat toko online di Facebook yang baru dibuat, maka Kamu tinggal mengklik opsi “View on Facebook”. Selanjutnya Kamu akan dibawa langsung ke fanpage Facebook Store.

Tips Sukses Berjualan di Fanpage Facebook

Setelah membaca ulasan cara membuat toko online di Facebook, Kamu juga harus tahu trik-trik agar sukses berjualan di fanpage Facebook. Bisa dikatakan bahwa Fanpage Facebook adalah paket lengkap untuk dijadikan sebagai toko online. Hal ini dikarenakan ada banyak fitur yang ditawarkan. Jadi wajar jika banyak pengusaha online profesional yang mempunyai Fanpage FB demi mendapatkan banyak pembeli.

Berikut ini ada beberapa cara untuk membantumu meningkatkan trafic pengunjung, pelanggan maupun pembeli, diantaranya :

1. Membangun Bisnis

Jika Kamu sudah mempunyai online shop atau website yang didalamnya ada berbagai macam usaha yang Kamu tawarkan. Tentu saja Kamu sudah mempunyai merk atau brand tertentu bagi bisnismu. Oleh karena itu, silahkan buat fanpage FB Kamu dengan nama brand yang kamu miliki. Tujuannya ialah untuk membangun atau memperkenalkan brand bisnismu.

2. Menarik Jumlah Fans atau Likers Lebih Banyak

Menariknya lagi, pengguna yang telah menekan like lewat Fanpage bisnismu, secara otomatis telah menjadi followers-mu. Selain itu, tentu saja mereka akan selalu mendapatkan update-an postinganmu di Fanpage Facebook. Di samping itu, banyaknya jumlah followers atua pengikut juga menampilkan status atau angka keberhasilan sebuah produk.

Apabila produk yang Kamu jual dibutuhkan oleh banyak orang, maka pastinya semakin banyak pula likers-mu di Facebook.  Untuk mendapatkan lebih banyak likers, Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut :

  • Mengundang teman
  • Melakukan update status bermanfaat untuk banyak orang
  • Membuat sebuah status viral dengan kemungkinan bakal di share atau disebar oleh banyak orang
  • Selalu update
  • Membalas pesan atau respon likers dengan cepat.
Terkait:  Cara Membuat Kartu Kredit BCA

3. Melakukan Promosi

Strategi berjualan di Fanpage Facebook berikutnya ialah Kamu harus melakukan promosi. Facebook sendiri, telah menawarkan fasilitas promosi yang dapat dinikmati oleh pengguna Fanpage Facebook. Jadi saat Kamu membayar untuk biaya promosi di Facebook, maka halamanmu akan langsung telrihat dimanapun. Ini artinya, online shop Kamu akan banyak dilihat orang. Sehingga semakin banyak orang yang melihat, maka potensi pasarnya pun akan semakin besar.

4. Harus Terlihat Profesional

Fanpage Facebook itu sendiri memang telah didesain melalui tampilan yang profesional. Tapi alangkah baiknya jika Kamu memakai foto berkualitas HD, entah itu kronologi atau foto profil. Seteah itu, buat konten menarik. Ingat, buat konten yang teratur, terstruktur serta sesuai bidang bisnis Kamu.

5. Konsisten Dalam Melakukan Facebook Marketing

Untuk mengolah fanpage Facebook, Kamu harus konsisten selalu mengupdate status melalui berbagai macam informasi penting. Hal ini bertujuan agar Kamu semakin dikenal. Sebaiknya luangkan waktu update status, setidaknya 6 kali dalam sehari. Apabila Kamu tidak sempat melakukanya, cari admin yang dapat menjalankan aktivitas tersebut agar fanpage Kamu tetap berjalan baik.

Mungkin trik berjualan di Fanpage Facebook di atas tidak mudah dijalankan, akan tetapi tak ada salahnya jika Kamu terus berusaha untuk konsisten agar memberikan hasil yang optimal.

Ya, semoga ulasan cara membuat toko online di Facebook dan trik berjualan lewat Fanpage Facebook di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts