Cara Membuat Stiker LINE

Cara Membuat Stiker LINE

Salah satu keunggulan LINE sebagai aplikasi perpesanan yang banyak diminati saat ini ialah dikarenakan ada banyak fitur stiker menarik yang ditawarkannya. Fitur ini tentu saja bisa digunakan untuk mengekspresikan perasaan lewat stiker. Bahkan Kamu juga bisa membuat stiker dengan cara membuat stiker LINE yang akan Kami bagikan.

Cara Membuat Stiker LINE

Cara Membuat Stiker LINE
Membuat Stiker LINE Sendiri

Bagaimana Cara Membuat Stiker di Aplikasi LINE?

Jika Kamu tertarik membuat stiker LINE sendiri, kini Kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama creator LINE. Sebenarnya tahapan-tahapannya juga sangat mudah diikuti. Bila penasaran, cek ulasan cara membuat stiker LINE berikut ini!

1. Konsep atau Ide

Biasanya untuk menghasilkan sebuah karya harus dimulai dari konsep yang akan dibuat terlebih dahulu. Kamu harus mencari ide kreatif yang berbeda untuk membuat stiker di LINE, silahkan buat konsep menarik sebelum memulai cara membuat stiker LINE. Selain itu, berdasarkan prosedur yang ditetapkan LINE itu sendiir, Kamu harus menciptakan sebanyak 40 stiker.

Jangan asal hanya mendapatkan sebuah ide sematai, melainkan juga tetap hraus mengikuti ketentuan LINE untuk tata cara pembuatannya. Jangan sampai Kamu membuat stiker yang melecehkan pihak tertentu. Jika ingin lebih jelasnya, cek ketentuan dan prosedur pembuata stiker LINE di Guidlines LINE.

2. Mulai Menggambar

Jika Kamu sudah memiliki ide cemerlang, setidaknya Kamu sudah memiliki 10 gambar dalam setiap stiker itu sendiri. Sebab pada gambar yang berikutnya, Kamu tinggal melakukan modifikasi ekspresi atau bentuk wajahnya supaya lebih menghemat waktu. Namun jika tidak, Kamu dapat membuatnya langsung dari nol, Kamu mungkin ingin memiliki gambar stiker yang berbeda agar lebih keren.

Sebenarnya Kamu bisa menggambarnya langsung di PC/komputer. Jika ingin menggambar di PC/komputer, Kamu dapat menggambar menggunakan software apapun. Misalnya saja Corel Draw, Adobe Illustrator, hingga yang gratisan seperti GIMP. Jika sudah memiliki software tersebut, tinggal manfaatkan saja untuk mengkreasikan gambar yang Kamu buat.

3. Ikuti Prosedur LINE

Jika gambar yang Kamu buat sudah selesai dengan sebanyak 40 stiker, kini saatnya Kamu mengikuti peraturan LINE sebelum mengunggahnya. Adapun fungsinya ialah untuk tetap menjaga kualitas pada gambar sekaligus kualitas LINE-nya itu sendiri. Silahkan buka opsi LINE Creator Market atau di http://creator.line.me. Situs web tersebut khusus untuk membuat stiker. Jika sudah buka “Guidelines” di dalam menu utama.

Pada laman Guidelines, Kamu akan melihat ukuran yang akan diminta LINE. Adapun yang pertama, pada tampilan bertuliskan “Main Image” pada Line Store, Kamu harus memakai ukuran dengan height 240 dan width 240. Sementara untuk memberikan nama gambar sendiri, silahkan pakai “main.png”.

Langkah kedua, ukuran pada “Sticker Image” harus memakai ukuran maksimal height 320 dan width 370. Adapun pemberian namanya sendiri bisa memakai 2 digit angka. Selain itu, LINE juga merekomendasikan bahwa pada “Sticker Image” sebaiknya Kamu memberikan space atau celah antara gambarnya.

Ukuran pada “Chat Room tab Image” Kamu harus memakai ukuran dengan Height 74 dan Width 96, dengan pemberian nama memakai “tab.png”. Ukuran file maksimal sebesar 1 MB, sedangkan tipenya sendiri PNG.

4. Mendaftar LINE Creators

Langkah cara membuat stiker LINE selanjutnya, setelah menggambar, Kamu simpan gambar terakhirnya menggunakan tipe gambar sesuai rekomendasi. Kini Kamu harus membuat terleebih dahulu akun LINE Creator sebagai profilmu. Dimana profil tersebut tidak hanya untuk mengunggah stiker saja, melainkan juga untuk melihat statistik dari penghasilanmu dan jumlah pengguna yang mengunduh stikernya.

Kamu tinggal membuka “My Page”, dan Kamu tak perlu harus mendaftar kembali. Cukup sign in memakai akun chat LINE, lalu masukkan dan usahakan akunmu telah terintegrasi pada email. Namun jika tidak, Kamu wajib mengubah settingannya pada aplikasi LINE.

Terdapat tombol hijau dan besar bertuliskan “New Submission” silahkan tekan, jika sudah Kamu akan langsung dibawa menuju halaman yang berisi formulir. Ini biasanya untuk menggambarkan stikermu, sebaiknya isi formulir dengan lengkap, apabila ada formulir yang diminta tidak wajib atau opsional, Kamu bisa membiarkannya.

Setelah semua data yang dimasukkan sudah lengkap, tekan tombol berwarna hijau yang bertuliskan “Save”. Jika sudah menyimpannya, Kamu akan mendapatkan beberapa informasi terkait stikermu, kemudian kini tinggal unggah gambar dengan cara menekan tab “stiker Images.

LINE memiliki 2 cara untuk mengunggah gambar, yang pertama Kamu unggah dulu gambarnya dengan cara manual berisi tulisan dan angka seperti pada tampilan kalender. Kemudian yang kedua, Kamu tinggal menggabungkan semua stiker menggunakan file ZIP. Apabila kamu kurang mengerti tentang file ZIP, sebaiknya upload dengan cara manual, meskipun memakan banyak waktu.

5. Check Kemudian Submit

Jika semua data sudha dimasukkan dan sudah mengupload, silahkan cek prosedurnya, kemudian ukuran file-nya, data-data, dan lainnya. Sesudah dicek serta sudah memenuhi persyaratan, kini tinggal tekan “Submit” di atas bagian kanan berwarna hijau, kemudian selesai. Sesudah submit stiker, maka stikermu tidak akan langsung muncul pada LINE Store-nya.

Kamu harus menunggu review atau ulasan stikermu terlebih dahulu. Apabila stikermu kurang memenuhi syarat atau prosedur LINE, maka stiker tersebut tidak akan diterima. Selain itu, waktu tunggu tersebut cukup lama, apabila trafiknya sedang ramai, bisa saja Kamu menunggu sampai sebulan lebih.

Sebagai catatan, untuk menerima ual dari hasil penjualan. Pihak LINE biasana memakai pembayaran melalui Paypal. Jadi Kamu harus punya terlebih dahulu, jika sudah memilikinya Kamu tinggal mengisi email Paypal pada halaman pengaturannya.

Keuntungan Membuat Stiker LINE Kamu Sendiri

Setelah membahas cara membuat stiker LINE di atas, kini Kamu harus tahu bahwa ada banyak keuntungan yang didapat jika Kamu membuat stiker LINE sendiri. Berikut diantaranya :

1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Dengan membuat stiker LINE sendiri, Kamu bisa menjadikannya sebagai ajang penghasilan tambahan. Bahkan tak sedikit kreator stiker aplikasi LINE yang telah membuat berbagai jenis bentuk stiker menarik. Kebanyakan orang pembuat stiker LINE tersebut adalah orang yang juga sering menciptakan konten game. Maka dari itu, wajar apabila semua stiker buatan dari Indonesia dominan dengan karakter-karakter game.

2. Dapat Mengasah Kreativitas

Mengingat stiker LINE sendiri termasuk salah satu kreativitas elektronik, tentu saja untuk menghasilkan karya ini dibutuhkan tingat kreativitas tinggi. Melalui kreativitas tinggi inilah Kamu bisa membiuahkan karya yang berbeda dan pastinya mempunyai ciri khas yang unik.

3. Menciptakan Brand

Selama ini stiker LINE yang ada di pasaran merupakan salah satu media marketing cukup efektif. Misalnya saja, Kamu tentu ingin tahu bentuk stiker yang pertama kali ada di LINE. Walaupun kini, maskot untuk stiker LINE sendiri jarang digunakan, namun, kebanyakan orang masih mengenal maskot tersebut. Saat maskot tersebut dijumpai dimana saja, maka orang-orang akan langsung sadar apabila maskot tersebut memang bersumber dari LINE.

Itulah beberapa keuntungan membuat stiker LINE sendiri dengan cara membuat stiker LINE mudah yang sudah Kami bahas di atas. Jika Kamu ingin mencobanya, silahkan saja dan tentunya Kamu akan memiliki kepuasan tersendiri dengan membuat stiker LINE hasil karyamu.

Related posts