Cara Bicara Dengan Google

Ingin mencoba gimana rasanya mengobrol dengan robot, meskipun hanya berupa audionya saja? Ya, Kamu bisa mencoba cara bicara dengan Google Assistant saat mengisi ‘kegabutanmu’ yang tak ada habisnya. Waktu senggang biasanya digunakan untuk menonton drama kesayangan, hangout, atau mungkin bermain game. Tapi jika terlalu banyak waktu senggang juga membuatmu merasa bosan dengan rutinitas. Berbicara dengan Google Assistant kini bisa menjadi rutinitas barumu yang menyenangkan.

Tapi jangan salah lho, fitur terbaru dari Google ini juga dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi yang ingin Kamu ketahui. Kamu bisa mencari informasi, baik itu mencari lokasi, menuliskan teks, dan lainnya dapat dilakukan memakai Google Asisstant.

Berbicara dengan Google Assistant memang seru, Kamu bisa bertanya apapun yang Kamu inginkan dan akan dijawab otomatis oleh robot Google alias Google Voice. Namun untuk mendapat jawaban yang tepat, tentu saja Kamu harus menggunakan tata bahasa dengan baik, dan cara ini bisabekerja ketika hpmu terkoneksi ke internet.

Kenali Apa Itu Google Assistant?

Google Assistant bisa dikatakan sebagai asisten virtual dari Google. Layanan ini telah didukung oleh teknologi Artificial Intelligent atau teknik kecerdasan buatan. Sehingga bisa membantumu mengetahui hal-hal yang diinginkan via android atau perangkat lainnya.

Kamu mungkin sudah pernah mengenal yang namanya Google Now. Nah, fitur di dalam Google Assistant juga memiliki fitur yang sama, tapi ebih disempurnakan. Sebab fitur yang satu ini telah mendukung sistem percakapan hingga 2 arah. Melalui teknologi AI yang secara rutin terus diperbarui, maka Google Assistant dapat menjawab segalah hal yang dikatakan penggunanya.

Terkait:  Cara Melamar Kerja Lewat Gmail

Menariknya lagi, fitur ini tak hanya mendukung layanan berbahasa Inggris, melainkan juga bisa melayani bahasa Indonesia. Fitur Google Assistant pada awalnya hanya tersedia di dalam perangkat smartphone di Google itu sendiri, yaitu Google Pixel. Akan tetapi, akhirnya Google telah merilis fitur yang satu ini di smartphone android lainnya.

Google Assistant sukses diluncurkan sejak tahun 2016 lewat acara Google I/O yang berlangsung di kawasan Mountain View, tepatnya di Amerika Serikat. Sejak kemunculannya, Google Assistant telah berpengaruh bagi gaya hidup orang-orang di zaman modern. Google Assistant mempunyai kemampuan mendeteksi hingga ratusan bahasa yang ada di dunia, guna melaksanakan tugas dan sudah terintegrasi pada sistem perangkat androidmu. Kamu bisa memberikan perintah dengan menanyakan apa saja di Google.

Apa Saja Perangkat yang Bisa Memakai Google Assistant?

Sebenarnya ada banyak pilihan perangkat yang dapat dipakai untuk berbicara bersama Google Assistant, khususnya perangkat teknologi dari Google. Diantaranya SmartTV, seluruh perangkat berbasis Google Home, smartphone android, smartwatch, dan lainnya.

Cara Bicara Dengan Google Assistant

Cara Bicara Dengan Google Assistant
Tutorial Cara Bicara Dengan Google Assistant

Bagaimana Sih Cara Bicara Dengan Google Assistant?

Sejumlah informasi di dalam sistem Google Assistant pastinya telah terintegrasi oleh search engine beserta aplikasi bawaan dari Google lainnya. Adapun beberapa panduan cara bicara dengan Google Assistant bisa dipraktekkan dengan memulai tahapan ini :

1. Siapkan Perangkat

Sebelum Kamu mulai menggunakan aplikasi yang satu ini, sebaiknya pastikan Kamu mengetahui apa saja perangkat yang dapat memakai Google Assistant Apps, diantaranya berikut ini :

  • Perangkan yang telah terintegrasi bersama Google Home
  • Smart display
  • Smart watch
  • Perangkat yang bisa merespon ‘Ok, Google’.

2. Tahan Tombol Tengah Pada Layar

Jika persiapan perangkat sudah dilakukan, Kamu bisa melanjutkan cara bicara dengan Google Assistant. Cukup dengan cara menekan tombol bertuliskan ‘Google Home’ kemudian tahan hingga beberapa detik. Dengan otomatis, Kamu akan langsung terhubung pada Google Assistant. Silahkan ucapkan ‘Ok Googole’, kemudian tunggu respont Google Assistant, setelah itu buat instruksi.

Terkait:  Cara Download Buku di Google Book

3. Buat Perintah

Perintah yang dimaksud sebenarnya bukan hanya mencari informasi yang ada di Google saja. Tetapi, Kamu bisa mengobrol langsung bersama Google Assistnt. Jika dipikir-pikir memang aneh, tapi itulah uniknya dan Kamu bisa mencobanya. Kamu bisa menanyakan hal apa saja di Google Assistant. Walaupun terkadang jawabanya tak selalu sesuai keinginan. Namun setidaknya Kamu telah mencobanya.

4. Ucapkan Perintah

Cara bicara dengan Google Assistant selanjutnya ialah Kamu bisa membuat perintah yang terhubung pada sistem perangkatmu. Contohnya, instruksi menyalakan alarm di jam-jam tertentu, kemudian membuka dokumen atau file, memanggil dan lain sebagainya. Berikut contoh percakapannya

  • “Lagi Ngapain?”
  • “Lagi melatih algoritme untuk tarik suara. Mau dengar?”
  • “Mau mau dengar”.
  • “Oh sayangku, oh sayangku, oh sayangku dirimu, aku kan ada untukmu menjadi Asistenmu’.
  • “Saya selesai”.
  • “Kita Selesai”.

Jikaa sudah, Google Assisstant pun akan langsung memberikan salam, serta aplikasi akan langsung tertutup otomatis.

Cara Mengirimkan Pesan Messenger Memakai Google Assistant

Salah satu keunggulan dari Google Assistant ialah, Kamu dapat mengirimkan pesan messenger, entah itu Telegram, WhatsApp atau lainnya memakai Google assistant. Tentu saja tanpa Kamu membuka aplikasinya. Contohnya saja, Kamu tertarik mengirimkan chat Whatsapp ke pacar atau temanmu. Kamu bisa buka aplikasi Google Assistant, caranya tekan home dis martphone dan akan muncul Google Assistant.

Selanjutnya tinggal mengucapkan saja “Kirim WhatsApp”, kemudian Google akan langsung membalasnya dengan menanyakan kepada siapa Kamu akan mengirimkan chat WhatsApp. Selanjutnya jawab, “Saya mau mengirimkan pesan ke Dina.”

Maka Google Assistant akan secara otomatis mencari kontak tersebut di kontak WhatsAppmu. Selanjutnya, Kamu tinggal mengirimkan pesan WA lewat Google Assistant saja. Bagaimana, mudah dan menarik bukan?

Terkait:  Cara Google Adsense Membayar Kita

Ini Dia Fungsi Google Assistant Untukmu

Selain cara bicara dengan Google Assistant di atas, Kamu juga bisa mendapatkan banyak fungsi Google Assistant. Diantaranya sebagai berikut :

1. Menjadi Reminder

Fungsi Google Assistant yang pertama ialah, Kamu bisa menjadikan Google Assistant sebagai pengingat atau remindermu. Sebab produk ini dapat terkoneksi dengan produk-produk Google yang lainnya, baik itu Google Keep, dan Google Calender.

Jika Kamu sering melupakan jadwalmu, atau bisa saja Kamu mempunyai banyak jadwal, Kamu pun bisa memakai salah satu manfaat Google Assistant. Kamu hanya perlu mengatakan, ‘Set a reminder for my weekly meeting‘.

2. Memberitahukan Kondisi Lalu Lintas

Jika Kamu sibuk serta selalu mengikuti aktivitas di luar ruangan, bisa juga ingin memerlukan waktu cepat selama diperjalanan, Kamu bisa memakai Google Assistant. Kamu tinggal memintanya untuk mendapatkan rute terbaik saat ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat, bahkan saat pulang sekalipun.

3. Memberikan Rekomendasi Pom Bensin dan Restoran Terdekat

Jika Kamu sedang diluar kota, maka Kamu tak perlu khawatir kesulitan mencari lokasi pom bensin dan makan. Kamu bisa menemukan hal tersebut dengan memakai Google Assistant. Kamu tinggal katakan saja “Ok Google” dan berikan instuksi “Tunjukan pom bensin terdekat”, maka hanya beberapa detik saja, Google akan langsung memberikan list lengkapnya.

Itulah beberapa keunggulan dan manfaat dari Google Assistant. Selain memberikan wawasan dan informasi sesuai perintahmu, Kamu juga bisa mengajaknya menyanyi dan bisa menghiburmu. Gimana, tertarik berbicara dengan Google Assistant? Silahkan praktekkan cara bicara dengan Google di atas!

 

 

Related posts