Cara Membuat Podcast di Spotify

Spotity adalah platform yang digunakan untuk bisa mendengarkan podcast. Adapun podcast merupakan siaran non sreaming, dan biasanya disampaikan dalam bentuk audio. Jadi bisa dibilang mirip seperti radio, hanya saja ada perbedaan nyata antara podcast dengan radio. Dengan menggunakan podcast, kita akan mendapatkan manfaatnya seperti bisa sharing dengan berbagai pakar dan menambah wawasan. Lalu, bagaimana cara membuat podcast di Spotify?

Mengenal Podcast

Podcast merupakan salah satu platform digital, kemunculannya dimulai sejak tahun 2005, hanya saja baru berkembang pesat pada tahun 2011 sampai sekarang. Podcast sendiri adalah kependekan dari sistem iPod Broadcasting. Apple adalah perusahaan yang meluncurkan sekaligus mempopulerkan podcast sampai sekarang. Tidak hanya produk Apple saja, kini kita sudah bisa menikmati podcast dari perangkat smartphone apapun.

Podcast memang hampir mirip seperti radio. Walaupun keduanya mempunyai perbedaan mendasar. Adapun persamaan paling dasar antara radio dengan podcast ialah berbentuk audio, walaupun kini sudah banyak bermunculan platform podcast video.

Persamaan lainnya ialah Kamu dapat memilih topik atau kategori podcast yang akan Kamu dengarkan, sama halnya dengan mendengarkan radio. Oleh karena itu, Kamu dapat memilih kategori atau topik yang Kamu sukai untuk dapat didengarkan.

Sementara, perbedaan mendasar antara keduanya ialah dilihat dari perekaman. Adapun yang didengarkan dari audio podcast sendiri ialah rekaman, seedangkan audio pada radio biasanya berbentuk live atau langsung. Walaupun ada pula siaran radio yang berbentuk rekaman, namun sangat jarang terkecuali jika kondisinya sangat mendesak.

Terkait:  Cara Membuat Voucher Shopee

Selain itu, perbedaan lainya ialah pada podcast, biasanya Kamu tidak akan terganggu oleh iklan. Sementara pada radio sendiri, tiap beberapa menit akan ada iklan yang tayang.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa podcast mempunyai kelebihan tersendiri yang tak dimiliki Radio. Salah satunya podcast menawarkan banyak kategori untuk dipilih, bisa didengarkan kapanpun, tidak ada iklan, dapat meminta pemberitahuan ketika muncul episode yang baru.

Hal-hal yang Diperlukan Sebelum Membuat Podcast

Sebelum membahas cara membuat podcast di Spotify, ada beberapa hal yang harus Kamu ketahi terkait pembuatan podcast itu sendiri. Kamu harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu untuk menunjang podcast, diantaranya :

1. Mikrofon

Mikrofon merupakan alat wajib yang perlu disediakan apabila Kamu ingin membuat konten podcast berkualitas. Kamu harus memilih mikrofon yang berkualitas bagus tujuannya agar suaranya lebih jernih. Selain itu, Kamu juga dapat memilih mau menggunakan mikrofon analog atau USB.

2. Komputer atau Laptop

Kamu tentunya memerlukan komputer atau laptop jika ingin mengedit audio hasil rekamanmu. Ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan seperti pengeditan suara, pemotongan audio dan sebagainya.

3. Digital Audio Workstation

Ini merupakan software yang wajib Kamu miliki di komputer atau di laptop untuk mengedit rekaman agar hasilnya lebih halus. Perangkat lunak ini bisa Kamu upload gratis.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify
Membuat Podcast di Spotify

Tutorial Membuat Podcast di Spotify

Setelah mempersiapkan peralatan untuk pembuatan podcast, Kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum cara membuat podcast di Spotify. Silahkan simak ulasannya berikut :

1. Tentukan Topik yang Akan Dibahas

Langkah pertama, pastikan Kamu sudah menentukan topik yang akan dibahas terlebih dahulu. Silahkan pilih topik pembahasan sesuai pemahaman dan minat, agar Kamu bisa menguasai topiknya. Supaya lebih menarik, angkat topik tertentu yang masih belum banyak dibicarakan orang lain agar podcast yang Kamu buat lebih eksklusif.

Terkait:  Cara Membuat Intro Youtube

3. Buat Narasi Pembahasan

Jika Kamu sudah menentukan topik yang akan dibahas dalam cara membuat podcast di Spotify, pastikan Kamu membuat narasi pembahasan atau alur pembahasan pada podcast-mu. Narasi yang Kamu buat ini, nantinya akan memandu jalannya pembahasan supaya tetap lancar. Namun pastikan untuk tidak terlalu fokus terhadap pembacaan narasi. Kamu harus melakukan improvisasi supaya pembicaraanmu lebih natural.

4. Rekam Audio

Apabila topik, narasi dan tema sudah Kamu persiapkan dengan matang. Kini saatnya melakukan perekaman audio dengan memakai alat penunjang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pastikan pula bahwa Kamu telah merekam audio dalam kondisi yang hening, tujuannya untuk mempermudah pengeditan. Selain itu, Kamu juga harus memastikan mikrofon telah terhubung pada laptop.

Apabila proses rekaman telah selesai, silahkan cek beberapa kali dengan cara mendengarkan hasil rekaman berulang-ulang. Jika dirasa sudah pas, lakukan penegditan sampai hasilnya benar-benar sesuai. Selain itu, Kamu juga harus memastikan file recording yang Kamu buat kurang dari 200 MB.

5. Menentukan Host Website

Cara membuat podcast di Spotify selanjutnya ialah Kamu harus menentukan host website. Poin ini cukup penting, tujuannya supaya podcast-mu bisa tersedia dalam berntuk format MP3 di internet. Apabila Kamu telah mempersiapkan host-nya, selanjutnya dapatkan Rich Site Syndication atau RSS feed apabila telah mengunggah podcast.

6. Menentukan , Cover Podcast dan Nama

Langkah berikutnya tentukan nama, cover podcast dan judulnya. Untuk nama sebaiknya kurang dari 20 karakter. Kemudian, persiapkan gambar yang akan Kamu pakai untuk cover podcast. Pastikan gambar atau logo yang digunakan tidak mempunyai copyright apapun.

7. Unggah Podcast ke Spotify

Cara membuat podcast di Spotify selanjutnya ialah mengunggah hasil podcast yang Kamubuat ke dalam Spotify. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut ;

  • Silahkan buka Spotify yang dikhususkan untuk podcaster, lalu login menggunakan akunmu.
  • Ketuk “Get Started” pada halaman bertuliskan “Submit your podcast”.
  • Setelah membaca detail terkait “Terms and Conditions”, silahkan centang kontaknya dan ketuk “Continue”.
  • Inputkan link RSS feed di kotak yang telah tersedia.
  • Kamu tinggal memasukkan cover podcast dan judul yang telah disediakan, lalu tekan “next”.
  • Selanjutnya tambahkan bahasa, nama negara, kategori maupun penyedia layanan pada opsi “Add Podcast Info”. Selanjutnya tekan “Next”.
  • Silahkan cek ulang podcast dan informasi mendetail yang akan Kamu unggah. Setelah dirasa yakin, tinggal tekan “submit”.

Itulah langkah-langkah cara membuat podcast di Spotify yang dapat Kamu pelajari jika ingin membuat podcast pertama kali.

Terkait:  Cara membuat Gmail tanpa nomor HP

Kenapa Harus Podcast?

Sebenarnya jika Kamu kreatif dan bisa menguliknya, podcast bisa menjadi salah satu sumber pendapatanmu. Ada beberapa alasan kenapa Kamu harus mencoba podcast sebagai penghasilan tambahan, diantaranya :

1. Opsi Lain Untuk Menyajikan Konten

Apabila Kamu memiliki blog atau wsbsite, dan ketika pengunjung di website-mu mulai jenuh, sebaiknya eksplor audience yang baru. Podcast adalah salah satu alternatif cara terunik untuk dapat mengeksplor audience yang baru. Kamu bisa mengubah kontenmu lewat bentuk podcast dengan sajian yang menarik.

2. Dapat Membangun Kredibilitas

Melalui podcast, tentu saja dapat dijadikan sebagai ajang penyalur hobi agar dapat didengarkan orang lain. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sampaikan konten atau materi yang berguna bagi pendengarmu. Caranya bisa dengan menyampaikan podcast dengan santai, humoris, atau bahkan serius.

3. Sebagai Alternatif TV dan Radio

Dengan kehadiran podcast, platform ini disebut-sebut sebagai alternatif yang baru dari televisi dan radio. Mungkin awalnya podcast hanya ditampilkan dalam bentuk audio, namun seiring waktu podcast tersedia lewat format video.

Dengan mengetahui manfaat dan keunggulan podcast yang Kamu buat, tentu saja jangan ragu memulai podcast-mu di Spotify. Ikuti tutorial cara membuat podcast di Spotify dengan sajian sekreatif mungkin. Semoga bermanfaat!

 

Related posts