Cara Membuat Giveaway Olshop

Cara Membuat Giveaway Olshop

Cara membuat giveaway olshop tentu saja harus diketahui para pemilik toko online itu sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan followers sekaligus sebagai strategi marketing dalam mendapatkan konsumen baru. Trend giveaway sendiri kini memang sedang populer di kalangan pengguna Instagram. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika ikut mencoba trend tersebut.

Meskipun istilah “giveaway” sudah familiar, namun terkadang ada saja pemilik toko online yang masih belum mengetahui cara membuat giveaway olshop.

Read More

Jenis-Jenis Giveaway

Ada 2 jenis giveaway dalam pelaksanaannya yang harus Kamu ketahui, berikut ini :

1. Self Giveaway

Maksud dari self giveaway disini ialah giveaway yang biasanya dilakukan dengan cara mandiri. Dimana ketentuan, promosi dan hadiahnya, Kamu yang mengaturnya. Biasanya self giveaway ini dilakukan oleh pengusaha yang berpengalaman, mempunyai banyak pembeli sampai mempunyai anggaran marketing khusus.

Wajar jika jenis giveaway ini dapat diselenggarakna secara beragam. Adapun persyaratannya juga berbeda-beda tergantung tujuannya. Seperti meminta peserta melakukan follow di akun sosmed atau dengan memberikan challenge seperti unggahan pada akun medsos.

Untuk hadiah yang diberikannya, bisa berbentuk produk fisik digital  tergantung dari jenis usaha yang dilakukan.

2. Sponsor Giveaway

Sponsor giveaway ialah giveaway yang biasanya diselenggarakan pihak ketiga, dinamakan host. Semua rangkaian acara atau event giveaway, dari informasi giveaway sampai pengumuman pemenang sepenuhnya diatur host. Kamu hanya perlu membayar jasanya saja.

Mengingat jenis ini umumnya diikuti beberapa brand, maka acara giveaway sendiri akan tampak besar. Selain itu, sponsor giveaway biasanya lebih banyak ditujukan untuk membangun engagement dan meningkatkan brand awareness. Jadi wajar jika persyaratan umum jenis giveaway ini ialah untuk mendapatkan partisipant sebanyak mungkin.

Kenapa Harus Mengadakan Giveaway?

Ada beberapa alasan yang harus Kamu ketahui, kenapa bisnismu harus mengadakan giveaway. Ini dia ulasannya :

1. Meningkatkan Leads

Manfaat giveaway yang pertama ialah dapat meningkatkan leads, yakni calon pembeli potensial. Kamu bisa menggunakan kontak leads yang beragam, mulai dari email, nomor WhatsApp dan Instagram. Melalui kontak inilah, Kamu dapat mengirimkan informasi terkait bisnismu. Seperti promo sampai perilisan produk yang terbaru.

2. Menjalin Engagement Lebih Dekat

Keuntungan mengadakan giveaway lainnya ialah meningkatkan engagementEngagement di sini ialah komunikasi yang terjadi antara konsumen dan Kamu sebagai pemilik usaha, yang terpenting ialah agar konsumenmu loyal. Melalui engagement yang terbentuk dengan baik, usahamu menjadi lebih gampang berkembang.

Engagement dapat dimanfaatkan untuk memperoleh feedback mengenai produkmu. Sehingga akan sangat berguna dalam mengembangkan produk. Di samping itu, biasanya engagement dapat membangun tingkat kepercayaan pelanggan melalui value yang telah diberikan.

3. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Jika Kamu memiliki pelanggan potensial yang memiliki banyak teman, maka semakin banyak pula orang yang akan diajak untuk menggunakan produkmu. Sehingga bisa mencapai tujuan mengenalkan brand Kamu. Brand awareness ialah tingkat kesadaran konsumen terhadap layanan atau produkmu. Seperti logo, nama, warna, tagline dan lainnya terkait dengan brand tersebut.

Biasanya giveaway sering dimanfaatkan agar brand awareness tercapai. Adapun alasannya yaitu karena bisa lebih gampang menjaring pembeli baru, membentuk konsumen/pelanggan yang loyal, dan membangun kepercayaan brand tersebut.

4. Promosi dari Mulut ke Mulut

Giveaway juga dapat dijadikan sebagai media promosi menguntungkan, yaitu salah satunya promosi dari mulut ke mulut. Faktanya, hampir sebanyak 90% orang membeli produk hasil rekomendasi temannya.

Dengan semakin sering produk tertentu diperbincangkan, maka produk tersebut akan semakin dikenal. Hingga akhirnya, hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan terhadap produkmu.

Cara Membuat Giveaway Olshop

Cara Membuat Giveaway Olshop
Membuat Giveaway Olshop

Bagaimana Membuat Giveaway Olshop?

Jika Kamu sudah memahami alasan pentingnya giveaway olshop, kini saatnya untuk mengetahui cara membuat giveaway olshop itu sendiri. Ada beberapa tahapan cara pembuatan giveaway olshop yang dapat dilakukan, diantaranya :

1. Menentukan Tujuan Giveaway

Untuk membuat giveaway olshop pertama ialah dengan cara menentukan tujuan giveaway. Ada beberapa tujuan diadakan giveaway yang biasanya menjadi target pemilik olshop, diantaranya meningkatkan followers IG sampai menghasilkan engagement lebih banyak. Sehingga nantinya tujuan giveaway tersebut dapat membantumu menentukan hadiah apa yang diberikan ke pemenang.

2. Tentukan Hadiah Giveaway

Kamu juga harus menentukan hadiah giveaway yang ingin diberikan dalam cara membuat giveaway olshop. Untuk menentukan hadiah tersebut biasanya berkaitan dengan poin yang pertama, tentang tujuan diadakannya giveaway itu sendiri.

Misalnya, jika tujuanmu untuk menciptakan brand awareness, Kamu mungkin dapat memberikan hadiah yang berupa sebuah produk tertentu dari brand-mu.

Sementara apabila tujuannya ingin menambah jumlah followers, maka Kamu dapat bekerja sama bersama brand lain dan membuat hadiah terbatas dan unik. Dengan begitu audiens atau followers-mu menjadi semakin tertark mengikuti program serta memutuskan mengikuti akunmu.

Di samping berbentuk produk, Kamu juga dapat memberikan hadiah giveaway berupa layanan. Contohnya, seperti kesempatan meet and greet bersama artis terkenal, tiket gratis berlibur, dan lainnnya.

Walaupun demikian, disarankan tetap memberikan giveaway yang tetap berkiatan dengan usaha yang Kamu jalankan. Sebaiknya hindari memberikan giveaway yang tak ada kaitannya dengan brand kamu, apalagi yang hargaanya terlalu mahal. Karena hal ini justru berpotensi mengurangi followers-mu saat acara giveaway yang Kamu lakukan berakhir.

3. Tentukan Syarat dan Ketentuan

Cara membuat giveaway olshop berikutnya ialah dengan menetapkan ketentuan dan syarat yang akan diberlakukan saat mengadakan giveaway. Biasanya ada beberapa yang harus diketahui audiens terkait pelaksanaan giveaway, diantaranya :

  • Tenggat waktu, kapan acara giveaway dimulai serta kapan acara giveaway akan berakhir. Ini diperlukan untuk memberikan rasa urgensi pada diri audiens untuk ikut berpartisipasi pada event giveaway tersebut.
  • Tentukan tentang apa yang mesti dilakukan audiens dengan jelas saat mereka telah mengikuti event. Misalnya saja like postingan di akun IG, memposting foto pada story atau feed, menjawab pertanyaan dan lainnya saat memakai produkmu.
  • Menetapkan waktu pengumuman para pemenang dan cara menentukan pemenangnya, baik itu berdasarkan penilaian juri, secara acak, atau yang lainnya.
  • Jangan lupa pula untuk memberitahukan audiens tentang hadiah yang didapatkan saat menjadi pemenang.
  • Kamu juga dapat melakukan promosi hadiah tersebut. Buat persyaratan dan kriteria dengan jelas kepada peserta atau audiens yang ikut berpartisipasi.

4. Menentukan Hashtag Untuk Campaign Giveaway

Meskipun terdengar sepele, tapi membuat hasthtag untuk kampanye giveaway penting sekali untuk mencari ebuah konten yang dipromosikan dibagikan dan melakukan analisis kesuksesan kampanye.

Adapun cara yang dapat Kamu lakukan untuk membuat hashtag, yakni Kamu dapat mencoba membuat tag berhubungan dengan layanan, produk, tema, bisnis hingga kampanye yang Kamu lakukan. Di samping itu, pastikan pula hashtag kampanye Kamu bersifat mudah dieja, eksklusif serta mudah diingat audiens.

Kamu harus tahu bahwa hashtag unik dan menarik dapat membantu menyebarkan brand awareness pada program giveaway.

5. Coba Pertimbangkan Bekerjasama Dengan Brand Lain

Kamu juga bisa bekerjasama bersama brand lainya. Biasanya, program giveaway dilakukan oleh beberapa merek. Faktanya justru ini memberikan peluang kesuksesan cukup besar. Jadi tak ada salahnya untuk mencobanya. Jadi, coba bekerjsama dengan brand lain yang bisa memberikan keuntungan satu sama lain, entah itu ketika menjalankan program ataupun setelahnya.

6. Meluncurkan Giveaway

Cara membuat giveaway olshop terakhir ialah luncurkan program giveaway melalui persiapan matang. Ada 2 hal yang harus dipertimbangkan saat mengadakan giveaway, diantaranya promosi dan platform. Platform medsos seperti IG adalah platform giveaway yang terbaik dan seringkali dijadikan sebagai pilihan para pebisnis online itu sendiri.

Dengan 6 tahapan cara membuat giveaway olshop di atas, Kamu sudah dapat merencanakan program giveaway dengan matang.

Related posts